Tempat Wisata

Berikut daftar 10 kuliner di Bogor yang sayang untuk dilewatkan

Bogor adalah kota yang terkenal dengan surga kulinernya. Kebanyakan orang hanya tahu bahwa Bogor dikenal sebagai kota hujan. Padahal Bogor juga punya beragam kuliner khas yang bisa menggugah selera dan bikin ketagihan. Jika Anda berkunjung ke Kota Bogor tidak lengkap rasanya tanpa mencoba 10 kuliner Bogor.

Nah, sajian khas Bogor ini hanya bisa dinikmati jika Anda berada di kota hujan. Saat berwisata ke beberapa tempat wisata di Bogor, Anda juga bisa menikmati kuliner khas Bogor seperti di bawah ini.Rekomendasi 10 Kuliner Bogor

1. Laksa Bogor

Kuliner Laksa BogorLaksa (c) @ayk9994

Laksa Bogor adalah makanan khas Bogor yang merupakan sejenis gulai ayam. Ada dua Laksa di Indonesia yaitu Laksa Bogor dan Laksa Betawi. Laksa Bogor memiliki Oncom dan Laksa Betawi memiliki udang rebon atau udang kecil sebagai spesialisasi.

Oncom sendiri merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari kacang tanah dan menjadi makanan favorit sebagian besar masyarakat di Jawa Barat. Bahan utama laksa sendiri selain oncom adalah lontong, bihun, tauge, telur rebus, tahu, daun kemangi dan laos.

Setelah itu, laksa ditambah dengan kuning telur atau telur rebus dan seluruh isinya disiram dengan santan dan dibumbui dengan bumbu kuning oncom. Laksa sangat cocok dinikmati saat masih panas. Laksa Bogor juga menjadi alternatif asyik jika Anda bingung berburu di Bogor untuk sarapan atau makan siang.

Adapun satu bertemu tempat makan jual Laksa Bogor adalah Laksa Aut Khas Bogor “Mang Wahyu” yang berlokasi di Jl. Surya Kencana, Gg. Gudang Mobil, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Tempat makan yang asik bersama keluarga di Rumah Air Bogor

2. Soto Kuning

Kuliner Soto BogorSoto Kuning Bogor (c) @ivokapoh84

Banyak orang datang ke Bogor dari Jakarta hanya untuk mencoba sup kuning khas Bogor. Dalam soto bogor kuning ini, Anda bisa memilih potongan daging seperti daging sapi dan jeroan kikil, babat, jeroan, lidah, limpa, otak dan lain-lain yang diolah dengan bumbu kuning khas kunyit dengan santan dan berbagai bahan lainnya Soto ini rasanya enak.

Apakah Anda penasaran untuk mencobanya? Anda bisa pergi ke Jl. Matahari Emas. Ada beberapa rumah makan di pinggir jalan yang menjual Soto Kuning. Tapi tempat makan paling populer karena enak dan murah adalah Soto Kuning Pak Yusup yang beralamat di Jl. Surya Kencana No. 103, Babakan Pasar Bogor Tengah, Kota Bogor.

Namun, jika Anda mencari Soto pada sore hari, Anda bisa mengunjungi Pak Salam yang berjualan Soto di depan Bank Mandiri Jl Siliwangi – Suryakencana. Harapkan antrean panjang pelanggan hanya untuk mencoba sup kuning, Pak Salam.

3. Toge Goreng

kuliner toge goreng bogorToge Goreng (c) @karrinatanjung

Akan sulit menemukan chef seperti Toge Goreng di kota lain. Toge Goreng Bogor merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar tauge yang direbus kemudian dicampur dengan mie kuning, potongan tahu dan kupat. Yang berperan penting adalah persiapan bumbu tauco dan penuangan oncom selanjutnya. Toge Goreng adalah singkatan dari rasa yang sedikit asam namun segar.

Ada banyak restoran yang menjual toge goreng di kota Bogor, beberapa restoran yang cukup terkenal dengan toge gorengnya adalah Warung Pak Inin. Warung Toge Pak Inin berlokasi di Jl Ir H Djuanda, Gg. Sukalaya, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Dolang Bogor

Kuliner Donclang BogorDonclang (c) @amania_organizer

Doclang Bogor adalah makanan khas Bogor lainnya. Biasanya doclang disantap untuk sarapan pagi. Doclang Bogor sendiri terdiri dari tahu goreng, kentang kukus, telur rebus, lontong kukus dan dibungkus dengan daun patat atau Phrynium capitatum. Daun ini memberikan rasa yang berbeda dari daun pisang biasa.

Setelah dibungkus, Doclang ditaburi saus kacang yang renyah dan manis lalu ditaburi bawang goreng. Bisa dibilang Doclang hampir mirip dengan Kupat Tahu di Bandung, namun Doclang menggunakan kentang rebus dan bumbu serta mendapat sentuhan tauco.

Bumbu kacang memang sengaja tidak dihaluskan, melainkan dituang di atas lontong, tahu goreng, dan kentang rebus. Doclang terletak di kawasan Jembatan Merah, Jl. Mantarena dan Pak Odih di Jl. pasir kuda.

5. Cunging

Kuliner Bogor CungringCungkring (c) @ratyadiwinata

Cungkring merupakan makanan khas Bogor yang belum banyak diketahui oleh masyarakat Bogor. Cungkring terdiri dari kikil dan kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning kemudian disantap dengan lontong dan sedikit bumbu kacang manis.

Tempe goreng kering juga bisa menemani pengalaman bersantap unik ini. Sajikan dengan daun pisang dan tusuk sate untuk kenikmatan yang lebih baik dari hidangan ini. Cungkring dapat ditemukan di Jl pada pagi hari. Surya Kencana, dekat pertigaan Gang Aut.

Baca juga: Tempat wisata di Bogor hari ini “Devoyage”

6. Soto Mie

Kuliner Soto Mie BogorSoto Mie Bogor (c) @dapurkeke12

Sepertinya Soto Mie adalah kuliner Bogor yang paling terkenal di kota-kota lain. Jelas, kota-kota lain seperti Jakarta juga punya banyak mie kuah. Sebenarnya soto mie itu seperti kuah bening, tapi ada campuran mie kuning dan bihun ditambah daging sapi dan risol goreng.

Jangan lupa tambahkan cabai dan jeruk nipis untuk menambah rasa segar. Tempat jualan Soto Mie bisa Anda temukan di Jalan Juanda, Jalan Sudirman dan lain sebagainya.

7. Es Krim Pala

kuliner es krim pala bogorEs Krim Pala (c) @bukit_tajhal

Nah, kesegaran khas kota Bogor bisa dinikmati dalam segelas es buah pala. Es krim ini terdiri dari buah pala yang diiris tipis dicampur dengan air dan di atasnya diberi es batu dan gula. Selain rasa manis dan asam, Anda juga bisa merasakan sensasi soda dengan es pala ini.

Menariknya, es kenari kini dijual dalam kemasan fast food sebelum melintasi Indomaret Gg Aut dan Surya Kencana. Namun jika ingin menikmatinya langsung dari penjualnya, Anda bisa membelinya di Resto de’Leuit di Jalan Pakuan. Resto de’Leuit adalah tempat makan romantis ini di Bogor.

8. Asinan Bogor

kuliner asinan bogorAsinan Bogor (c) @doyancake2

Sensasi yang dibawakan oleh sambal asam pedas khas Bogor Asinan membuat masyarakat sangat antusias dan menikmati kulinernya. Saus ini ditaburkan di atas sayuran atau potongan buah-buahan, disertai dengan kerupuk kuning dan kacang sebagai pelengkap. Asinan Bogor yang paling terkenal ada di Jl Binamarga bernama Bogor Asinan Ibu Yenny.

9. Sup Lodaya Duren

Kuliner Soto Duren Lodaya BogorSop Duren Lodaya (c) @pekanbarukuliner

Sop Duren Lodaya atau Sop Duren adalah es krim buah. Duren atau durian adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia, yang memiliki aroma yang kuat dan rasanya yang lezat. Sop Duren disajikan dengan kacang hijau matang dan ditaburi irisan roti pandan. Sop Duren Lodaya bisa Anda temukan di Jl. Lodaya I No.8, Babakan, Bogor Tengah, Kota Bogor.

10. Roti Unyil

Kuliner Roti Unyil BogorRoti Moca Unyil (c) @jktfoodbang

Roti Unyil adalah roti kecil. Nama “Unyil” berasal dari karakter utama serial televisi anak Indonesia yang terkenal. Roti Unyil hadir dalam berbagai rasa, baik manis maupun gurih, seperti cokelat dan keju, ayam asap, serta nanas dan kelapa. Roti Unyil tersedia dari Ruko V Point, Jl. Raya Pajajaran No. 1, Sukasari, Kota Bogor.

Baca juga: Daftar tempat wisata keluarga di Bogor

Dari 10 kuliner Bogor, Mana yang paling kamu suka? Saat berada di Bogor, pastikan Anda tidak melewatkan makanan khas Bogor di atas.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button