Tempat Wisata

Aneka Kegiatan Taman Kota Lumajang Square Januari 2024

Alun-Alun Lumajang

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Alun-Alun Utara, Rogotrunan, Jogoyudan, Lumajang, Lumajang, Jawa Timur, Indonesia, 67316

Alun-Alun Lumajang sebuah taman umum di tengah kota yang menawarkan berbagai aktivitas dan atraksi menarik. Menawarkan ruang terbuka hijau dengan taman yang terawat baik. Ada juga taman bermain dan wahana anak-anak.

Wisatawan bisa bersantai di alun-alun sambil menikmati pemandangan taman hijau. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas umum seperti jogging track dan pusat kebugaran. Fasilitas berupa wahana untuk anak-anak juga tersedia dan dalam kondisi baik. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di sekitar alun-alun.

Biaya masuk Alun-Alun Lumajang

Karena merupakan taman kota dan ruang publik, maka tidak ada biaya masuk untuk berkunjung ke sini.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Lumajang

Jam buka Alun-Alun Lumajang

Objek wisata ini bisa dinikmati kapan saja. Namun, tempat ini baru ramai sekitar pukul 10 malam.

Menikmati pagi hari di Alun-Alun Lumajang

Keindahan kawasan Alun-alunKeindahan kawasan Alun-alunKeindahan kawasan Alun-alun. Foto: Gmap/ahmad maulid

Pagi hari bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Alun-Alun Lumajang. Tempatnya hijau dengan pepohonan dan rerumputan yang memberikan tampilan menyegarkan. Apalagi kondisi tempatnya rapi dan bersih. Hal ini membuatnya lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu di lapangan.

Secara keseluruhan, persegi ini berbentuk persegi panjang dan tidak berbentuk lingkaran seperti biasanya. Bagian yang berbentuk lingkaran hanya ada di tengahnya, di mana terdapat pohon beringin berumur ratusan tahun. Area di sekitar alun-alun merupakan jalan setapak yang terbuat dari batu-batuan. Tempat yang nyaman untuk berjalan-jalan santai atau jogging sambil menikmati suasana.

Banyak pedagang makanan yang berjualan di sekitar alun-alun sejak pagi. Ada Pecel, Nasi Campur dan Soto yang buka sejak pagi. Kuliner ini biasanya populer di kalangan masyarakat dan wisatawan sebagai menu sarapan pagi. Pastinya menyenangkan untuk sarapan di kawasan ini sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar Anda.

Baca Juga : Tiket dan Objek Wisata HUTAN BAMBU Lumajang

Ikon pohon beringin berusia ratusan tahun di Alun-Alun Lumajang

Pohon beringin di tengah Alun-Alun LumajangPohon beringin di tengah Alun-Alun LumajangPohon beringin di tengah Alun-Alun Lumajang. Foto: Gmap/Robbie Agustus

Objek wisata ini erat kaitannya dengan pohon beringin yang ada di tengah alun-alun kota. Pohon ini konon berumur sekitar 141 tahun. Menurut Dinas Lingkungan Hidup, pohon ini sudah ada sejak tahun 1880-1920. Dalam bahasa Belanda disebut “Waringinbomen op de Alun-alun di Lumajang”.

Pohon ini tingginya sekitar 25 meter dan memiliki daun yang lebat. Pohon beringin ini selain memberi keteduhan, juga secara tidak langsung menjadi landmark alun-alun.

Sayangnya, pohon beringin berusia ratusan tahun ini tumbang beberapa waktu lalu dan terbelah menjadi tiga bagian. Hal ini terjadi akibat hujan deras dan angin kencang yang turun saat itu. Beruntung tidak ada korban luka dalam kejadian ini. Dan kini sisa batang pohon itu mulai mekar dengan dedaunan.

Baca juga: Tiket dan Kegiatan RANU KUMBOLO

Air mancur unik yang bisa menari

Air mancur di alun-alunAir mancur di alun-alunAir mancur di alun-alun. Foto: Gmap/Rachelania Pramesti

Di sisi tenggara alun-alun terdapat air mancur dengan aliran sungai di bawahnya. Air mancur ini mengalir dari bawah ke atas, tidak terlalu besar, tapi banyak. Dan terletak di kolam bundar dan teras.

Kini juga terdapat air mancur dengan tema berbeda di sisi timur laut. Air mancur di sisi selatan tidak banyak, hanya satu. Mengalir dari atas ubin dan dikelilingi oleh kolom asimetris berwarna-warni.

Air mancur ini dapat menari mengikuti irama musik. Saat malam tiba, sinar air mancur memantulkan serangkaian grafik unik. Dan itu menjadi salah satu atraksi paling populer bagi pengunjung.

Bersenang-senang bermain di taman bermain

Area taman bermainArea taman bermainArea taman bermain. Foto: Gmap/Machmoud Ali

Tempat ini juga menyediakan taman bermain untuk anak-anak. Mainan sederhana namun menyenangkan untuk anak-anak. Ada jungkat-jungkit, ayunan, perosotan dan masih banyak lagi.

Mainan-mainan di sini didesain dengan warna-warni agar menarik bagi anak-anak. Ukurannya yang kecil membuat anak lebih aman saat bermain. Namun tentunya harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Berlatih di lapangan

Tempat ini juga menawarkan wahana untuk berolahraga gratis. Wisatawan bisa jogging di jalur sekitar alun-alun. Sambil menikmati indahnya pemandangan hijau alun-alun. Jogging lebih menyenangkan di pagi atau sore hari saat matahari sudah tidak lagi bersinar terang.

Selain jogging track, terdapat pula pusat kebugaran dalam satu gedung. Bangunan ini bersifat semi terbuka sehingga memungkinkan pengunjung tetap nyaman dan berada di tempat teduh saat berolahraga. Setidaknya tersedia 10 mesin fitnes yang dapat digunakan secara gratis dan tidak terbatas. Perkakas terbuat dari besi yang kokoh dan tahan lama sehingga nyaman digunakan.

Taman senior untuk manula

Tak hanya memanjakan pengunjung dewasa dan anak-anak, namun juga lansia. Ada taman senior di sini, ruang ini tersedia untuk penghuni lanjut usia. Terdapat jalur berbatu untuk pijat refleksi kaki serta fasilitas pendukung lainnya. Taman senior juga memiliki area teduh untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna.

Terdapat juga beberapa area tempat duduk yang bisa digunakan untuk beristirahat. Terdapat jeruji besi di sisi jalan setapak dan jalan berbatu untuk memudahkan lansia berjalan.

Sudut keagamaan yang menenangkan

Di bagian barat alun-alun terdapat Masjid Jami. Masjid besar berada di sisi lain alun-alun. Kedekatannya dengan masjid memberikan sentuhan religius pada alun-alun. Alun-alun ini tepat di depan masjid, terdapat pojok keagamaan.

Sebuah area dengan motif religi yang menempati sudut trotoar. Di sini terdapat pintu berbentuk kubah dan Anda bisa melihat kaligrafi indah di pinggir jalan. Wisatawan sering singgah di sini setelah mengunjungi masjid. Atau mampir untuk mengambil foto dan mengabadikan momen tersebut.

Lokasi Alun-Alun Lumajang

Objek wisata ini terletak di Jalan Alun-alun Utara, Rogotrunan, Jogoyudan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Yang mudah dijangkau dengan transportasi pribadi atau umum.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button