Tempat Wisata

Tiket dan Objek Wisata PANTAI WATULAWANG Januari 2024

Pantai Watulawang

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Pantai, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Tidak salah jika Kabupaten Gunungkidul di Yogyakarta disebut sebagai rumah bagi pantai. Ada berbagai pantai di sepanjang pantai selatan. Ada pantai populer seperti Pantai Indrayanti atau Pok Tunggal. Banyak juga pantai yang sepi seperti Pantai Seruni atau Pantai Ngetun. Jangan lewatkan itu Pantai Watulawang yang luas dan nyaman.

Berbeda dengan pantai-pantai kecil lainnya di Gunungkidul yang biasanya berukuran kecil dan cukup sempit. Pantai ini sebenarnya memiliki area yang luas dan nyaman. Dengan keindahan alamnya, sayang jika dilewatkan.

Biaya masuk Pantai Watulawang

Drop off point Pantai Watulawang disertai dengan gerbang masuk Pantai Indrayanti. Oleh karena itu berlaku harga tiket yang sama. Hanya dengan Rp 10.000, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan Watulawang.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas PANTAI JUNGWOK Gunungkidul

Jam buka Pantai Watlawang

Berwisata ke pantai berarti Anda tidak perlu khawatir untuk pulang. Pengunjung bisa datang pagi atau sore hari. Namun tidak semua warung di pantai ini buka 24 jam sehari. Pantai ini umumnya sepi sehingga nyaman untuk dikunjungi kapan saja.

Keindahan Pantai Watulawang

Pantai WatulawangPantai WatulawangPantai Watulawang adalah “harta karun” terpendam yang menyimpan beragam keindahan alam pantai – Foto: Google Maps/Arief Abdurrahman Hakim

Tak ada gunanya berdebat soal predikat pantai terindah di Gunungkidul. Hampir semua pantai menawarkan daya tarik tersendiri. Ada pula yang dihiasi bebatuan karang, dikelilingi perbukitan kapur dan menjamin ketenangan laut. Dari aksesibilitas yang mudah hingga peningkatan upaya yang dilakukan dalam berkunjung.

Meskipun Pantai Watulawang dikelilingi oleh pantai-pantai populer, namun pantai ini belum begitu terkenal. Padahal, pantai berpasir putih ini memancarkan pesona yang tak kalah dengan Indrayanti atau Pok Tunggal. Dikelilingi oleh pedesaan yang hijau, Watulawang bagaikan permata tersembunyi.

Baca: Tiket Masuk dan Objek Wisata PANTAI SEPANJANG Gunungkidul

Nama “Watulawang” sudah tidak asing lagi di kawasan Gunungkidul. Ada beberapa tempat wisata dengan nama serupa. Nama-nama ini biasanya memiliki arti yang sama. Ada “Lawang Watu” yang disebut juga “pintu batu”.

Dikelilingi perbukitan, pantai ini kaya akan bebatuan dan karang. Keberadaan batu karang yang menyerupai pintu memberi nama pada pantai ini. Selain memberikan kesan eksotis, bebatuan di Watulawang semakin menambah keindahan. Penasaran?

Benteng batu

Pemandangan di balik guaPemandangan di balik guaTerdapat sejumlah gua batu yang menarik untuk dijelajahi di sepanjang Pantai Watulawang – Foto: Google Maps/setyo pambudi

Memasuki kawasan Pantai Watulawang masih belum terasa praktis. Pintu masuknya berada di tempat parkir pantai yang berdekatan. Lebar jalannya tidak besar dan berjarak sekitar 300 meter dari Indrayanti. Oleh karena itu, wajar jika pantai ini sering sepi pengunjung.

Namun, melangkah ke Pantai Watulawang mungkin akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung harus melewati beberapa terowongan batu alam. Di balik bebatuan tersebut terletak Watulawang.

Baca: Tiket Masuk HEHA SKY VIEW Gunungkidul dan Berbagai Aktivitasnya

hijau dan biru

Pantainya luasPantainya luasDengan luas pantai yang luas, pengunjung bisa bermain leluasa di Watulawang – Foto: Google Maps/Dwi Pratomo

Bersiaplah menghadapi angin laut. Mata Anda akan langsung disuguhi hamparan pasir putih berkilau. Lautan biru yang luas membentang sejauh mata memandang. Arusnya cukup deras namun ombaknya tidak terlalu besar dan terlihat tenang.

Panorama pantai ini berpadu dengan lanskap hijau di seberangnya. Di sekitar pantai terdapat perbukitan berbatu yang ditumbuhi hutan pandan. Daripada terasa kering, menginap di Watulawang justru akan terasa sejuk. Selain lautnya yang indah, keindahan alam sekitar pun tak kalah menariknya.

Baca: Tiket Masuk Teras Kaca Pantai Nguluran dan Wahana Unik

“Berenang” di Watulawang

Serangkaian paviliun bergaya naturalSerangkaian paviliun bergaya naturalDeretan paviliun kayu beratap rindang memberi keteduhan dan mengundang Anda bersantai – Foto: Google Maps/M Yunus

Sesampainya di sini, jangan langsung tergila-gila bermain ombak! Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat di paviliun yang disediakan. Dengan pemandangan langsung ke arah laut, mata Anda akan terus dimanjakan dengan pesonanya.

Menikmati sepoi-sepoi angin laut diiringi suara deburan ombak yang merdu. Ada suasana tenang di Watulawang. Karena lokasinya yang agak tersembunyi, jarang dikunjungi wisatawan. Hanya wisatawan yang mencari kedamaian dan ketenangan yang bisa mencapai Watulawang.

Kawasan pantainya luas dan landai. Wisatawan bisa leluasa bermain ombak atau berjalan-jalan di sini. Rasakan sensasi hangat dan lembutnya pasir pantai sambil menunggu ombak pecah.

Baca: 30 Tempat Wisata Terbaik di Gunungkidul

Studio alam

Batu-batu berserakanBatu-batu berserakanBukit berbatu dengan batu-batu besar berserakan bisa menjadi lokasi fotografi yang estetis – Foto: Google Maps/Farkhi Muzaki M

Anda tidak perlu repot mencari spot foto di Watulawang. Hampir setiap sudutnya bisa dijadikan spot foto yang bagus. Wisatawan tinggal memutuskan: pemandangan laut atau pemandangan bukit? Panorama langit atau suasana pantai?

Pemandangan matahari terbenamPemandangan matahari terbenamIndahnya warna langit di ufuk barat Watulawang saat matahari terbenam – Foto: Google Maps/Agun Priyatna

Salah satu sudut yang menarik untuk dicoba adalah bukit berbatu di sisi timur. Pengunjung bisa mendaki dan bersantai di puncak sambil menikmati pemandangan dari pendopo. Di kaki bukit, bebatuan terisolasi bisa dijadikan sudut foto yang estetis. Temukan saja sudut dan cahaya yang tepat, dan voila, foto liburan Anda siap dibagikan!

Perabot

Fasilitas pendukung di Watulawang bisa dikatakan lengkap. Akses jalannya tidak terlalu lebar sehingga lahan parkir hanya cukup untuk kendaraan kecil. Fasilitas umum seperti toilet, toilet, shelter, warung makan, dan musala tersedia di sini. Ada sejumlah paviliun di sepanjang pantai

Lokasi Pantai Watlawang

Lokasi pantainya cukup tersembunyi namun tidak perlu khawatir. Pengunjung dapat mengaksesnya melalui jalan raya di tempat parkir Pantai Indrayanti. Watulawang berada di kawasan yang sama. Lokasi tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Untuk sampai ke sini, pilihlah jalur menuju Pantai Indrayanti. Wisatawan asal Yogyakarta bisa menuju Bintaos melalui Wonosari atau Panggang. Dari sini, cukup ikuti petunjuk sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button