Tempat Wisata

Tiket GUNUNG RAUNG dan jalur pendakian

Gunung Raung

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : -, -, Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Jawa Timur, Indonesia, –

Gunung Raung merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Pegunungan Ijen. Disini terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrim, bahkan disebut dengan jalur Shiratal Mustaqim. Selain jalur pendakian yang menantang, gunung ini juga memiliki empat puncak tertinggi. Kiat-kiat ini adalah: Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati.

Gunung ini merupakan gunung berapi aktif dan pernah mengalami beberapa kali letusan di masa lalu. Setidaknya pernah mengalami tiga kali letusan yaitu pada tahun 1586, 1597, 1638 dan terakhir pada tahun 1973. Tak heran jika gunung ini memiliki kawah terbesar kedua di Indonesia.

Biaya masuk Gunung Raung

Untuk memasuki Gunung Raung, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000. Terdapat biaya tambahan untuk ojek dari stasiun kereta menuju titik awal pendakian. Bagi yang membutuhkan pemandu dan porter juga tersedia disini. Dengan biaya tambahan terpisah.

Jenis tiket Harga
Tiket pendakian Rp.15.000

Biaya masuk ke Gunung Raung

Baca Juga: 5 Destinasi Gunung Terbaik di Jawa Timur

Jam buka Gunung Raung

Pendakian Gunung Raung dibuka untuk umum selama 24 jam.

Jalur pendakian tergolong ekstrim

Jalur pendakian yang ekstrimJalur pendakian yang ekstrimGunung Raung terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrim dengan ngarai di kanan dan kirinya. Foto: Instagram/raung.sejati

Gunung Raung terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrim. Bahkan ada jalur pendakian yang dijuluki “Jalur Shiratal Mustaqim”. Julukan ini melekat karena jalur ini hanya bisa digunakan oleh satu orang. Selain itu berbatasan dengan jurang di kanan dan kiri. Medan di jalur ini juga terdiri dari bebatuan dan harus dilalui dengan merangkak.

Faktanya, semua jalur pendakian menuju puncak gunung ini memiliki tingkat kesulitan yang hampir sama. Seperti menuju puncak 17, dengan jalur vertikal dan bebatuan besar disekitarnya. Tak jauh berbeda, jalur Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati juga sama ekstrimnya.

Jalur Pendakian Menuju Gunung Raung

Hingga saat ini, ada dua jalur yang sangat populer di kalangan pendaki untuk menuju puncak Gunung Raung. Jalur pertama lewat Sumberwringin, Bondowoso. Untuk sampai ke titik awal pendakian yaitu gubuk sepeda motor, pengunjung harus menempuh jarak 7 kilometer. Dari sini dapat dilanjutkan dengan sepeda motor sejauh 0,5 meter dengan arah selatan-barat daya. Pendakian kemudian dilanjutkan dengan mengikuti rute yang telah ditentukan.

Jalur kedua melalui Kalibaru,Banyuwangi. Jalur ini dinilai lebih menantang dan memacu adrenalin. Dan juga lebih populer dibandingkan rute lainnya. Sebab dari jalur ini pengunjung bisa mencapai tiga yaitu Puncak Sejati, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak 17.

Sewa pemandu pendakian

Mendaki Gunung Raung memerlukan jasa pemanduMendaki Gunung Raung memerlukan jasa pemanduJika belum tiga kali mendaki Gunung Raung, pengunjung harus menyewa pemandu. Foto: Instagram/raung.sejati

Untuk mendaki gunung ini pengunjung harus menyewa pemandu. Sebab, jalur tersebut dinilai ekstrem sehingga memerlukan protokol keselamatan lebih lanjut. Selain pemandu, pendaki juga dibekali APD (alat keselamatan diri) seperti helm pendakian, alat keselamatan dan lain-lain.

Bagi yang baru pertama kali mendaki gunung ini, menyewa pemandu adalah hal yang wajib dilakukan. Namun siapa pun yang sudah mendaki minimal tiga kali diperbolehkan mendaki secara mandiri. Peraturan ini diberlakukan untuk melindungi pengunjung.

Baca juga: Tiket Masuk, Rute dan Aktivitas GUNUNG ARJUNO

Pemberian air minum yang cukup

Untuk mendaki Gunung Raung Anda perlu membawa air minum yang banyakUntuk mendaki Gunung Raung Anda perlu membawa air minum yang banyakPengunjung harus membawa air minimal 6 liter untuk mendaki Gunung Raung karena di sini tidak terdapat sumber mata air. Foto: Instagram/raung.sejati

Saat mendaki gunung ini, pengunjung harus membawa air dalam jumlah banyak. Diperkirakan seseorang perlu membawa air minimal 6 liter. Pasalnya, di jalur pendakian ini tidak terdapat sumber mata air.

Baca Juga: Tiket Masuk PUNCAK MAHAMERU dan Berbagai Pesonanya

Pemandangan alam dari puncak gunung

Pemandangan kawah Gunung RaungPemandangan kawah Gunung RaungSalah satu pemandangan yang bisa kita lihat dari puncak gunung adalah kawah yang luas. Foto: Instagram/raung.sejati

Meski harus menempuh jalur ekstrim, rasa lelah Anda akan terbayar dengan indahnya pemandangan di puncak. Seperti pemandangan awan halus dan langit biru sejauh mata memandang. Inilah pemandangan yang didapat saat sampai di Puncak Tusuk Gigi. Selain itu, Anda juga bisa melihat bebatuan besar mengapit bebatuan kecil sehingga terlihat seperti tusuk gigi.

Selain itu pemandangan dari puncak Gunung Sejati pun tak kalah indahnya. Dari sini Anda bisa melihat kaldera Gunung Raung. Selain itu, Anda juga bisa melihat relief di sekitar kaldera. Pemandangan ini seakan mengimbangi rasa lelah para pendaki setelah melintasi medan terjal.

Fasilitas di Gunung Raung

Fasilitas yang ada di gunung ini antara lain tempat parkir yang luas. Selain itu, tersedia musholla bagi yang ingin salat. Fasilitas lainnya antara lain warung makan dan toilet. Semua fasilitas tersebut tersedia di titik awal pendakian. Selain itu, penyewaan porter untuk transportasi air dan layanan pemandu pendakian juga tersedia.

Lokasi Gunung Raung

Gunung Raung terletak di Jawa Timur, tepatnya di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, gunung ini terletak di antara perbatasan Kabupaten Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Untuk sampai ke sini, pengunjung harus naik ojek dari Stasiun KA Kalibaru menuju titik awal pendakian. Selanjutnya kita naik ojek lagi menuju pos pendakian 1.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button