Tempat Wisata

Tiket masuk dan objek wisata GROJONGAN SEWU Januari 2024

Air Terjun Grojongan Sewu

  • Biaya masuk: Rp 22.000
  • Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: 0812 2510 6600
  • Alamat lokasi : Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792

Berbicara tentang air terjun, kita langsung teringat akan untaian air yang jatuh dengan suara yang khas. Meskipun suaranya sangat menggelegar, namun sebenarnya menenangkan. Pengunjung akan merasakan hal ini ketika mereka tiba Grojongan Sewu Tawangmangu Karanganyar.

Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat kawasan ini sangat sejuk. Hutan yang mengelilingi kawasan ini membuat pemandangan menjadi sangat indah. Suasana seperti itu tentu membantu Anda melepas penat sehari-hari.

Dalam bahasa Jawa, “grojogan” berarti air terjun, sedangkan “sewu” berarti “seribu”. Disebut Grojongan Sewu karena banyaknya air yang jatuh di sana hingga tidak bisa dihitung. Ada juga yang mengira perekonomian tumbuh seribu kali lipat karena Grojogan ini.

Biaya masuk Air Terjun Grojongan Sewu

Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Grojongan Sewu, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya masuknya. Sebab pengunjung cukup membayar Rp 22.000 saja.

Baca : Tiket Masuk TAMAN BALEKAMBANG Tawangmangu dan Aktivitasnya

Jam buka kawasan Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini bisa dibuka setiap hari. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Kegiatan wisata di Grojongan Sewu

Berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat wisata ini. Terutama kegiatan yang berkaitan dengan alam dan lingkungan. Berikut beberapa di antaranya:

Wisata konservasi hutan

Monyet liar di sekitar kawasan wisataMonyet liar di sekitar kawasan wisataMonyet liar di sekitar kawasan hutan wisata. Foto: Google Maps/Nur Rosyid Fahmi

Air Terjun Grojongan Sewu menjadi daya tarik konservasi bagi wisatawan. Karena ada berbagai jenis tumbuhan yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah pohon pinus, kemlandingan gunung, beringin, gondang dan puspa.

Monyet vervet, tupai dan burung kini menjadi fauna yang paling umum. Sebagai objek wisata konservasi, satwa-satwa di sini bisa hidup bebas di alam liar. Pengelola melindunginya dengan membiarkan hewan berkembang biak secara alami.

Baca: Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu dan Aktivitas

Interaksi langsung dengan monyet liar

Bagi pengunjung yang menyukai binatang, Grojongan Sewu adalah tempatnya. Monyet vervet sering muncul di dekat pengunjung. Artinya pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kera-kera tersebut.

Interaksi di sini tidak serta merta melibatkan bergandengan tangan dan berfoto selfie. Tapi lebih seperti itu katakan halo hanya dari jarak yang cukup dekat. Sebab jika terlalu dekat, monyet bisa merampas barang milik pengunjung.

Baca: Tiket Masuk BUKIT MONGKRANG Lawu dan Berbagai Atraksi

Menikmati kesegaran air terjun

Air Terjun Grojogan SewuAir Terjun Grojogan SewuAir Terjun Grojogan Sewu. Foto: Google Maps/Dimanche Tangcity Biker

Karena merupakan daerah pegunungan, udaranya pasti sejuk dan tidak tercemar. Di kawasan itu juga terdapat air terjun, pastinya lebih segar. Namun ada larangan untuk berenang langsung di bawah air terjun.

Larangan ini sangat masuk akal karena air terjunnya kuat. Hal ini untuk mencegah benda keras terjatuh dan menimpa pengunjung yang berdiri tepat di bawah. Pengunjung bisa merasakan kesegaran air terjun melalui aliran sungai yang mengalir di bawahnya.

Menunggang kuda di Taman Wisata Grojongan Sewu

Menuju Grojogan SewuMenuju Grojogan SewuSelain kawasan hutan dan air terjun, pengunjung juga bisa mencoba berkuda di sini. Foto: Google Maps/Andreas Victor Hery Pratama

Jika pengunjung kesulitan menaiki tangga masuk, ada alternatif lain. Perusahaan persewaan kuda siap untuk ini.

Wisata di Taman Wisata Grojongan Sewu

Ketinggian air terjun yang mencapai 81 meter membuat kawasan ini cocok untuk berwisata. Salah satu acara outbound yang seru di sini adalah Flying Fox. Hanya dengan membayar Rp 11.000 pengunjung sudah bisa merasakan sensasi bermain skating di sungai.

Arung jeram merupakan wahana yang mengasyikkan dan sayang jika dilewatkan. Itu hanya tumpangan Arung jeram hanya pada hari-hari tertentu. Jadi kadang ada, kadang tidak.

Wisata Kuliner Sate Kelinci

Puas menjajal berbagai aktivitas, kini saatnya bersantai sambil menikmati makanan. Ada beragam masakan di kawasan resor ini. Namun ada satu masakan yang menjadi ikon di daerah ini, yaitu sate kelinci.

Serat lembut dari daging kelinci terasa sangat nikmat dipadukan dengan sambal kacang. Ditambah irisan cabai dan bawang merah semakin melengkapi kelezatan sate kelincinya.

Untuk menambah rasa kenyang, sate kelinci juga disajikan dengan sumber karbohidrat. Kalau nasi biasanya sumber karbohidrat, di sini nasi diganti dengan lontong.

Fasilitas di Grojongan Sewu

Kolam renang di kawasan wisata Grojongan SewuKolam renang di kawasan wisata Grojongan SewuSelain berenang di air terjun, di kawasan wisata ini juga terdapat kolam renang. Foto: Google Maps/IWAN-MUCHTAROM

Selain air terjun, ada juga fasilitas yang berhubungan dengan air yaitu kolam renang. Di sini juga terdapat banyak warung makan. Terdapat juga toilet, musala, dan pendopo untuk istirahat sejenak hingga Anda mencapai akomodasi.

Lokasi Grojongan Sewu

Kawasan wisata ini bisa dijangkau dari dua arah yaitu Solo atau Madiun. Dari Solo sekitar 45 km ke arah timur, dari Madiun 75 km ke arah barat daya. Lokasinya di Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button