Tempat Wisata

Pantai Ngrumput Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Pantai Ngrumput yang menjadi destinasi camping populer di Gunung Kidul ini memukau dengan panorama matahari terbenamnya yang mempesona disertai terowongan dan tebing goa yang menambah keindahan alamnya yang spektakuler.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Ngrumput. Pantai ini mempunyai keindahan yang tiada tara, kondisi alamnya yang masih alami dan belum banyak diketahui wisatawan sehingga terlihat sangat indah. Karena kurang populer, tidak banyak wisatawan yang datang ke sini.

Meski begitu, panorama yang ditawarkan pantai ini tak kalah menarik dengan pantai-pantai lain di kawasan tersebut. Bahkan bisa dibilang pantai ini merupakan surganya yang tersembunyi, terutama bagi anak muda yang gemar menjelajah kawasan wisata. Pantai ini menawarkan pemandangan yang eksotis.

Anda akan menyaksikan pantai dengan pasir putih dan halus, dipadukan dengan bebatuan karang yang tersebar luas di sepanjang pantai, membuat pemandangan di sekitarnya tampak semakin asri dan asri. Untuk itu kunjungan ke Pantai Ngrumput di Gunung Kidul sangat direkomendasikan di awal liburan.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Ngrumput

Shutterstock Daya tarik Pantai NgrumputFoto: Shutterstock/Rembolle

1. Panorama Bukit Kosakora

Pantai Ngrumput menawarkan banyak atraksi. Salah satu daya tariknya adalah panorama Bukit Kosakora yang bisa Anda temukan di tempat wisata. Bukit ini terletak di sebelah timur pantai, dari sana Anda bisa menikmati panorama laut dan pemandangan pantai dengan lebih leluasa.

Tak jarang wisatawan yang berkunjung menjadikan tempat ini sebagai spot foto populer karena mampu menampilkan panorama pantai yang lebih lengkap. Bukit Kosakora sebenarnya merupakan tempat wisata lain namun karena letaknya yang dekat.

Oleh karena itu, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga menyempatkan diri untuk datang ke Bukit Kosakora. Secara tidak langsung, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas berupa pendakian santai ke Bukit Kosakora.

2. Pemandangan laut yang indah

Jangan kaget jika melihat indahnya pemandangan laut di pinggir Pantai Ngrumput. Warna birunya tampil natural sehingga banyak pengunjung yang akhirnya mengabadikan momennya dengan foto laut sebagai latarnya.

Selain itu, laut di tempat ini juga bisa dikatakan bersih. Keindahan birunya laut di pantai ini terletak pada kawasan ini yang masih begitu alami dan asli. Laut di sana masih belum tercemar oleh sampah, limbah atau bahan kimia dari pabrik.

Sehingga ekosistem laut tetap terjaga dengan baik. Tumbuhan laut dan hewan laut dapat dengan mudah Anda temukan di sana

3. Pemandangan laut yang surut

Daya tarik selanjutnya yang tak kalah memukau bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Pantai Ngrumput di permukaan laut yang rendah. Saat laut surut, panorama pantai yang eksotik terlihat jelas. Di sana Anda bisa mengamati banyak hewan dan tumbuhan laut yang indah.

Rumput laut di bebatuan karang begitu segar dan eksotik. Beragamnya jenis hewan laut seperti bintang laut, ubur-ubur, teripang, dan lain-lain juga menimbulkan kesan yang sangat indah.

Panorama ini sangat langka karena hanya sedikit pantai yang air lautnya rendah seperti ini. Karena itulah Anda pasti perlu menyiapkan kamera di sini untuk mengabadikan momen pemandangan pantai yang sedang surut.

4. Pasir putih dan halus

Seperti yang sudah disebutkan di atas, pasir di pantai ini berwarna putih. Bukan hanya warnanya saja yang membuat pasirnya begitu menarik, tapi pasirnya juga terasa begitu lembut dan bersih.

Selain itu, pemandangannya semakin lengkap dengan adanya bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai. Jika Anda membawa si kecil, mereka juga bisa bermain pasir di sana.

Kebersihan Pantai Ngrumput sangat terjamin karena banyak petugas di sana yang setiap hari membersihkan sampah. Pejabat juga membebankan biaya kepada wisatawan yang ingin berkemah. Biaya tersebut dimaksudkan untuk menutupi biaya pembersihan pantai.

5. Ada tempat perkemahan

Atraksi ini pasti akan sangat digemari oleh anda yang suka camping atau mungkin anda yang tergabung dalam kelompok pecinta alam. Di pantai ini Anda akan menemukan tempat perkemahan yang sangat nyaman. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk datang ke tempat ini bersama keluarga.

6. Gua dan tebing

Daya tarik terakhir yang membuat Pantai Ngrumput menarik untuk dikunjungi adalah Anda akan menemukan tebing dan terowongan di sana. Daerah sekitar pantai banyak terdapat bebatuan. Batu-batu ini juga seolah menjadi aksesoris pantai. Tebing-tebing yang terlihat di pantai ini cukup tinggi.

Selain itu, terdapat lorong-lorong gua yang terlihat sungguh menakjubkan. Selain itu juga terdapat karang-karang besar yang berlubang sehingga membuat suara ombak menjadi lebih kencang, indah, dan alami. Tentu saja semua keindahan ini akan sayang jika tidak dilihat.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai NgrumputFoto: Shutterstock/Rembolle

Siapa pun yang merencanakan liburan sebaiknya mempertimbangkan untuk berkunjung ke Pantai Ngrumput. Pantai ini terletak di Jogja yaitu di kawasan Gunung Kidul. Arah untuk menuju pantai ini sama dengan Pantai Drini. Akses pantai sangat bagus.

Anda bisa membawa kendaraan pribadi baik itu roda dua maupun roda empat. Namun perlu diketahui bagi anda yang membawa kendaraan roda dua atau empat, sebaiknya memarkir kendaraan di lokasi Pantai Drini. Setelahnya Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju kota pantai.

Tempat wisatanya tepatnya di desa Ngestirejo kecamatan Tanjungsari. Bagi Anda yang masih ragu dengan rutenya, Anda bisa memanfaatkan bantuan aplikasi di ponsel pintar Anda. Hal ini akan memudahkan Anda menemukan lokasi dari pinggir pantai.

Namun untuk menuju tempat wisata tersebut sebenarnya cukup mudah. Jika anda berangkat dari sini dari pusat kota Jogjakarta, anda harus mengarahkan kendaraan anda menuju kawasan Cipayung. Kemudian lanjutkan perjalanan menuju kawasan Patuk dan sesampainya di bundaran BPD tinggal lurus ke arah timur.

Setelahnya tiba di kawasan Wono Sari dan melanjutkan perjalanan menuju pos tol Pantai Gunung Kidul. Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Pantai Drini dan Anda tinggal mengikuti petunjuknya hingga akhirnya sampai di tempat tujuan wisata Anda.

Biaya masuk wisata bahari

Sebelum bisa menikmati keindahan dan hiruk pikuk Pantai Ngrumput, Anda harus membayar biaya atau tiket masuk. Pajaknya sendiri sebesar Rp 10.000 per orang. Bagi Anda yang kebetulan bepergian dengan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir juga.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000. Namun untuk kendaraan roda empat tarif parkirnya hanya Rp 5.000 saja. Perlu Anda ketahui bahwa harga tiket yang tertera di atas sudah termasuk tiket mengunjungi pantai lainnya. Seperti Pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Kukup, dan Pantai Indrayanti.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas Pantai NgrumputFoto: Shutterstock/Rembolle

Menikmati indahnya matahari terbenam dan matahari terbit

Pemandangan matahari terbit dan terbenam memang bisa membuat siapapun terpesona. Apalagi saat menikmati pemandangan di Pantai Ngrumput. Pantai cantik ini terkenal menawarkan panorama indah matahari terbit dan terbenam.

Saat berada di sana, Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil foto. Nantinya, Anda juga bisa mengagumi keindahan Sunset dan Sunrise dari puncak Bukit Kosakora. Bukit ini selalu menjadi tempat berfoto yang populer bagi para pengunjung tempat ini.

Berburu foto di Pantai Ngrumput

Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak spot foto menarik dan Instagramable di Pantai Ngrumput. Pasti rugi besar jika tidak mengabadikan momen selama berada di sana.

Oleh karena itu, jangan lupa membawa perlengkapan berupa kamera jika Anda memutuskan berlibur ke Pantai Gunung Kidul.

berkemah

Bagi Anda yang ingin bermalam di tempat wisata Pantai Ngrumput, Anda bisa mendirikan tenda dan melakukan aktivitas berkemah. Nantinya Anda bisa menyewa tenda yang disediakan pihak pengelola atau membawa tenda sendiri dari rumah.

Bagi pengunjung yang kebetulan tidak membawa tenda, maka harus membayar Rp70.000 hingga 80.000 untuk menyewa tenda. Nantinya Anda juga bisa melakukan aktivitas pembakaran sambil berkemah di sana.

Anda tidak perlu repot mencari kayu bakar karena tersedia kayu bakar dengan harga Rp 10.000 yang bisa Anda beli. Selain itu pihak administrasi juga mengenakan biaya kebersihan bagi anda yang ingin mendirikan tenda di tempat ini. Biaya ini cukup terjangkau, hanya Rp 15.000 saja.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas pantai NgrumputFoto: Shutterstock/Rembolle

Seperti pantai Gunung Kidul lainnya, Ngrumput memiliki fasilitas yang memadai. Selama berada di sana, Anda tidak akan kesulitan menemukan toilet atau warung makan. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi membawa perbekalan dari rumah.

Selain itu, tempat parkir yang disediakan objek wisata ini cukup luas dan aman. Bagi Anda yang sangat suka berkemah, tersedia juga area yang bisa digunakan. Selain itu, pemerintah juga menyediakan tempat penyewaan bagi wisatawan yang tidak membawa tenda.

Berkemah di lokasi ini sudah menjadi kegiatan yang sangat digemari. Pastikan Anda benar-benar memperhatikan kebersihan selama menginap. Anda bebas melakukan aktivitas apa pun selama tidak melanggar standar. Selain itu, aktivitas yang bisa dilakukan di sana akan sangat menyenangkan dengan adanya fasilitas yang ada.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata yang alami, bersih dan menawarkan panorama yang sangat indah, berkunjung ke Pantai Ngrumput Jogjakarta sangat direkomendasikan. Apalagi menjelang hari raya, berkumpul bersama anak dan kerabat adalah ide yang tepat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button