Tempat Wisata

Gratis tiket, atraksi, wahana dan fasilitas Februari 2024

Jalur Hijau Kosambi

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11750

Ada kawasan hijau bernama Kosambi Green Route di dekat Kelurahan Duri Kosambi, Jakarta Barat. Ini bukan ruang terbuka biasa yang umum ada di kota Jakarta. Pemerintah setempat menyediakan berbagai fasilitas yang menjadikan RTH ini sebagai destinasi wisata keluarga. Fasilitas standar di sini antara lain jogging track yang mengelilingi taman dengan pepohonan rindang.

Ada berbagai wahana yang bisa dinikmati keluarga. Di antaranya perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan yang membuat anak-anak betah berada di sini. Remaja bisa bersantai sambil berfoto dengan latar belakang fasilitas yang ada. Sedangkan orang tua bisa menghibur diri sambil mengawasi anak bermain di wahana.

Ada hal lain yang membedakan Jalur Hijau Kosambi dengan ruang terbuka lainnya. Ada kandang burung di taman ini. Selain itu, terdapat semacam kebun binatang mini yang pasti akan menarik bagi anak-anak yang mengunjungi taman ini.

Baca: Tiket Masuk TEBET ECO PARK dan 5 Aktivitas Menarik

Harga tiket

Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk dan parkir untuk menggunakan taman dan fasilitas lainnya.

jam buka

Jalur Hijau Kosambi dibuka mulai pukul 07.00 dan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Daya tarik Jalur Hijau Kosambi

Jalur Hijau Kosambi dibuat berdasarkan konsep Bioflic. Penataannya terdiri dari empat bagian: taman interaktif, taman kebugaran, wisata edukasi, dan eksplorasi. Hal inilah yang membedakan taman ini dengan ruang hijau lainnya. Agar udara tetap sejuk, banyak pohon kayu yang ditanam di sini. Tak heran jika banyak orang datang ke sini untuk beristirahat dan melepas penat.

Biasanya warga datang berkelompok dan melakukan aktivitas bersama. Jalur Hijau Kosambi ini memiliki luas 2 hektar, suasana disini sangat asri dengan semak-semak berbunga beraneka warna dan beraneka ragam. Taman ini telah direnovasi dan pemerintah menambah fasilitas baru bagi penghuninya. Fasilitas tersebut antara lain taman bermain dan kebun binatang mini.

Fungsi lain warga yang memanfaatkan taman ini adalah sebagai sarana olah raga. Jalur joging dari blok yang juga digunakan sebagai jalan setapak. Tak jarang warga memanfaatkan taman tersebut untuk melakukan senam bersama di hari libur. Di bagian lain taman juga terdapat lapangan futsal yang bisa digunakan semua orang.

Taman bermain dan kandang burung

Taman bermain anak dengan berbagai wahana seperti perosotan dan ayunan di Jalur Hijau KosambiTaman bermain anak dengan berbagai wahana seperti perosotan dan ayunan di Jalur Hijau KosambiSeorang ibu menyaksikan anaknya bermain di slide, foto: Google Map, Ika Tri Wahyuni

Terdapat berbagai wahana permainan anak di taman bermain. Si Kecil bisa bermain di ayunan, perosotan, atau jungkat-jungkit. Ada pula wahana yang bisa melatih keberanian dan ketangkasan anak. Misalnya jembatan dan area persegi dengan tali-temali sebagai penyangganya. Perjalanan ini merupakan tantangan bagi anak kecil.

Jika anak-anak sudah bosan bermain di taman bermain, mereka bisa menuju ke kandang burung yang terletak lebih dalam di taman. Berbagai burung berwarna-warni beterbangan dari satu dahan ke dahan lainnya. Selain indahnya warna bulunya, pengunjung juga bisa menikmati kicauan burung hias tersebut.

Baca: LANGSAT PARK 5 Tempat Wisata

Kebun binatang mini

Area taman unggas dengan berbagai hewan seperti ayam, bebek dan unggas di Kosambi Green BeltArea taman unggas dengan berbagai hewan seperti ayam, bebek dan unggas di Kosambi Green BeltBeberapa koleksi unggas di Kebun binatang mini Jalur Hijau Kosambi. Foto: Google Maps, Indra Tjahyana

Kementerian Cipta Karya, Perencanaan dan Pertanahan sebagai kustodian menyediakan banyak kandang hewan. Di area berpagar, kandang menjadi rumah bagi berbagai jenis hewan. Beberapa hewan tersebut antara lain kelinci, ayam, bebek, angsa, dan babi guinea. Untuk melengkapi fasilitas kebun binatang mini, terdapat beberapa kolam retensi di sekitar kebun binatang mini.

Anak-anak terkadang melihat bebek dan angsa berenang di kolam. Tujuan dari kolam retensi sebenarnya untuk mengendalikan banjir. Terdapat banyak rawa di sekitar Jalur Hijau Kosambi. Inilah sebabnya mengapa banjir sering terjadi saat hujan deras.

Kebun binatang mini berfungsi sebagai lembaga pendidikan. Pengunjung dapat mempelajari gerak-gerik hewan dan menyukainya. Hewan minum, bermain air dan berenang di kolam ini. Area kebun binatang mini ini dipagari untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski demikian, pengunjung tetap bisa berinteraksi dengan hewan tersebut.

Baca: Tiket Masuk HUTAN KOTA GBK dan Objek Wisata

Kolam pemancingan dan tempat interaksi keluarga

Interaksi langsung dengan hewan tentu menjadi kegiatan yang sangat menghibur bagi anak. Biasanya balita sangat antusias memberi makan ikan yang ada di kolam ikan. Jenis ikan hiasnya bermacam-macam dan tentunya warnanya yang menarik juga beragam. Saat orang tua mengawasi anak-anak, mereka biasanya berbicara satu sama lain.

Tempat duduk dan kabin tersedia di seluruh taman. Tempat ini juga cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga dan teman. Para penggiat media sosial khususnya remaja pasti tidak akan melewatkan spot-spot menarik dan unik. Tempat ini adalah surga kecil bagi siapa saja yang suka berpose untuk postingan media sosial.

Baca: Tiket Masuk, Menu dan Objek Wisata URBAN FOREST CIPETE

Berbagai spot foto dan kesempatan olahraga

Danau dengan jembatan estetis berbentuk simbol cinta di Kosambi Green Belt ParkDanau dengan jembatan estetis berbentuk simbol cinta di Kosambi Green Belt ParkSeorang anak berpose di jembatan yang membelah kolam retensi. Gambar: Google Maps, Puu Puu

Terdapat kolam di tengahnya dengan area tempat duduk beton melingkar. Foto diambil dari luar kolam, sehingga subjek tampak seolah-olah sedang berpose di dalam kolam. Ada juga tenda dengan tiang bambu berbentuk kerucut dengan bangku kayu warna-warni di bawahnya. Dinding dengan mural sangat cocok bagi Anda yang menyukai seni grafiti.

Terdapat juga taman kecil dengan pajangan guci keramik di tepi kolam renang. Ini adalah spot foto dengan latar belakang rumah-rumah rendah. Selain itu Jalur jogingTerdapat lapangan futsal, lapangan basket, dan lapangan serbaguna. Banyak orang yang memanfaatkan lapangan serba guna ini sebagai tempat pertemuan dan acara.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Jalur Hijau Kosambi menyediakan lahan bagi pemilik usaha kecil setempat. Selain olah raga, pengunjung bisa berwisata kuliner atau sekedar piknik keluarga. Selain jogging, kelompok ibu-ibu biasanya juga memanfaatkan akhir pekan untuk senam. Jadi Jalur Hijau Kosambi sebenarnya sudah menjadi destinasi wisata keluarga di tengah kota.

Perabot

Meski hanya sekedar fasilitas ruang terbuka hijau, Jalur Hijau Kosambi memiliki fasilitas serupa destinasi wisata keluarga. Tempat parkir gratis ini menyediakan tempat parkir untuk kendaraan namun tidak terlalu luas. Tersedia juga toilet dan musala sehingga pengunjung tidak perlu bingung ketika hendak ke toilet atau salat.

Tempat ini mendukung UMKM setiap akhir pekan. Para pedagang menjual makanan dan minuman dengan harga pantas. Ada cukup banyak tempat duduk, gubuk dan kesempatan untuk mengambil foto dan selfie. Bahkan, fasilitas olah raga dan pertemuan juga tersedia bagi warga.

Lokasi

Jalur Hijau Kosambi terletak di Duri Kosambi, RT1/RW10, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Jarak dari kecamatan Duri Kosambi hanya sekitar 1 km. Dari Puri Indah Mall, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan mobil melalui Jalan Raya Duri Kosambi.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button