Tempat Wisata

Pantai Widodaren Gunung Kidul – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kecamatan. Saptosari, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Ternyata ada sebuah pantai di kawasan Yogyakarta yang terkenal keindahannya yaitu Pantai Widodaren. Keindahan pantai ini begitu mempesona dan sesuai dengan arti nama pantai ini yakni Bidadari. Keindahan alam pantai ini yang mempesona telah menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karena jarak Pantai Widodaren yang cukup jauh, pengunjung harus menempuh jarak minimal 53 kilometer. Waktu yang Anda perlukan untuk sampai di pantai ini sekitar 90 menit. Setelah sampai di lokasi, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 40 menit untuk mencapai pantai cantik ini.

Garis pantai yang sempit dan pasirnya yang indah menjadi ciri khas pantai di kawasan Yogyakarta ini. Terdapat tebing yang lebar dan perbukitan yang lebar sehingga pantai ini terlihat sangat indah. Bersantai di atas bukit saat permukaan air sedang tinggi merupakan aktivitas yang bisa dilakukan dan tentunya pengunjung harus selalu berhati-hati.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Widodaren

Shutterstock Daya tarik Pantai WidodarenFoto: Shutterstock/Youansmile

1. Suasana pantai yang sejuk

Berbagai jenis pohon seperti pohon kelapa dan pohon pandan tumbuh di pinggir tebing dan tentunya di kawasan Pantai Widodaren. Kesejukan alami pantai akan dirasakan pengunjung saat memasuki kota pantai ini. Angin sepoi-sepoi membuat pengunjung semakin betah berada di pantai mempesona ini.

Rasa lelah dan bosan dengan aktivitas sehari-hari akan langsung hilang setelah mengunjungi pantai yang sangat mempesona ini. Rasakan ketenangan dan kedamaian saat melihat deburan ombak dan pemandangan sekitar pantai. Bahkan tak heran jika pengunjung betah berlama-lama memandangi keindahan pantai ini dari atas tebing.

2. Perkemahan

Dihiasi dengan adanya tebing-tebing lebar dan bukit-bukit luas yang ditumbuhi rumput hijau di arah timur. Hal ini menjadikan Pantai Widodaren sebagai salah satu destinasi favorit untuk kegiatan berkemah.

Pengunjung bisa mendirikan tenda disini, tentunya berbagai perlengkapan seperti tenda, makanan ringan dan keperluan lainnya harus disiapkan. Siapkan tenda, dirikan lalu kita akan dimanjakan dengan sepoi-sepoi angin laut dan deburan ombak yang menenangkan

Berkemah di malam hari merupakan kegiatan yang sangat seru untuk dilakukan di pantai indah ini. Segala rasa lelah akan hilang ketika Anda melakukan aktivitas menyenangkan bersama orang tercinta di pantai ini.

3. Tebing batu

Liburan terasa belum lengkap tanpa berfoto selfie bersama orang-orang tersayang. Pantai Widodaren memiliki tebing berbatu dengan deburan ombak dan merupakan tempat populer untuk fotografi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai secara keseluruhan dari lokasi puncak tebing ini.

Selain itu kita juga bisa melihat keindahan Samudera Selatan melalui tebing ini. Deburan ombak yang kerap menghantam dinding bebatuan menambah eksotisme objek wisata ini.

4. Tepat di pantai

Meski pantainya tidak luas, namun keindahan pasirnya yang jernih dan bersih dipadukan dengan gemuruh air laut membuat siapa pun betah duduk bersantai di pinggir pantai ini. Suara deburan ombak juga terdengar oleh pengunjung sehingga menambah pesona Pantai Widodaren.

5. Batuan karang

Terdapat berbagai macam bebatuan karang di sekitar pantai. Pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan duduk dan bersantai di atas batu kerang. Pengunjung harus berhati-hati karena terdapat beberapa struktur batuan yang masih tajam. Pengunjung juga perlu berhati-hati terhadap ombak besar yang bisa datang secara tiba-tiba.

6. Perbukitan di sekitar pantai

Fenomena alam tersaji indah di Pantai Widodaren. Tak hanya lautnya yang mempesona, pesona negaranya pun tak kalah indahnya. Salah satunya adalah bukit yang ada di pantai ini. Dari bukit ini kita bisa menikmati beberapa pantai yang dekat dengan pantai.

Pepohonan yang memberikan keteduhan dan tumbuh subur dapat dijadikan alternatif untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keteduhan pepohonan yang ada.

Alamat dan rute menuju pantai

Shutterstock Alamat Pantai WidodarenFoto: Shutterstock/Youansmile

Yogyakarta memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Widodaren. Untuk mencapai pantai ini memerlukan perjuangan yang cukup memakan waktu karena akses menuju pantai indah ini belum memadai. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Kanigoro, Kabupaten Gunungkidul, Kecamatan Saptosari, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa memilih antara dua jalur yaitu lewat pantai Ngerehnehan. Perjalanan kemudian berlanjut ke timur selama 40 menit dan kemudian melewati beberapa bukit yang menantang. Pengunjung dihadiahi rute yang berkelok-kelok dan harus menguji nyali untuk sampai di kota pantai ini

Jalur kedua dimulai dari Pantai Ngerehnehan di sebelah timur dan kemudian melintasi jalan berbatu terjal. Jika memilih jalur berbatu akan memakan waktu sekitar 20 menit. Kemudian Anda sampai di tempat pantai ini. Rasa penat dan resiko perjalanan tiba-tiba hilang saat suasana pantai dan keindahannya menyambut Anda.

Tempatnya masih sulit dijangkau dengan kendaraan dan perjalanan dari pusat kota Wonosari memakan waktu sekitar 45 hingga 60 menit. Jadi pengunjung harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk waktu dan tenaga. Itinerary yang masih dikelilingi hutan, perbukitan dan jalan setapak menjadi bukti bahwa tempat wisata ini sangat membutuhkan pihak terkait untuk menyediakan fasilitas yang lebih memadai.

Biaya masuk wisata bahari

Pantai Widodaren masih dalam tahap pengembangan sebagai objek wisata. Harga tiket yang dipatok pihak manajemen saat ini adalah Rp 5.000 untuk setiap orang. Biaya ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Harga cukup terjangkau bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Harga tiket ini relatif murah dibandingkan pantai lain di kawasan Yogyakarta. Namun karena biaya masuknya yang murah, pantai ini selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur.

Aktivitas yang menyenangkan

Shutterstock Aktivitas pantai WidodarenFoto: Shutterstock/Youansmile

Berburu foto di pantai Widodaren

Kegiatan ini sering dilakukan oleh pengunjung Pantai Widodaren yang indah. Keindahan pantainya akan menggoda siapapun untuk sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan pantai yang indah.

Spot terbaik bisa ditemukan di pantai yang artinya bidadari ini. Koleksi foto pribadi Anda juga akan bertambah saat ini dengan foto Instagenik.

Setiap sudut pantai cantik ini menjadi tempat menarik bagi pengunjung untuk menikmati momen liburannya. Siluet pantai, deburan ombak, dan aneka karang bisa dijadikan background foto.

Duduk di pantai

Kesejukan pantai dan suasana yang sangat menyenangkan menjadi kesan yang akan anda dapatkan selama menginap di Pantai Widodaren. Pasirnya yang bening dan bersih serta deburan ombak membuat pengunjung betah berada di pantai ini. Pengunjung bisa duduk, meregangkan kaki, dan bermain pasir

Nikmati keindahan alam

Keunggulan pantai cantik ini adalah tebingnya yang tinggi. Keindahan alam pantai terlihat jelas ketika kita berada di atas tebing pantai ini. Duduk dan bersantai di atas tebing sambil menikmati keindahan alam menjadi suguhan tersendiri bagi pengunjung.

Pantai merupakan tempat terbaik bagi siapa saja yang ingin mencari ketenangan. Deru ombak dan semilir angin menciptakan sensasi tubuh yang istimewa. Di pantai ini keindahan alam yang disuguhkan mengingatkan kita akan kebesaran Tuhan dalam menciptakan Pantai Widodaren.

berkemah

Pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai pada malam hari dapat memilih aktivitas berkemah. Tebing lebar dan perbukitan berangin yang ditumbuhi rerumputan hijau sangat cocok untuk berkemah. Anda bisa pergi berkemah bersama orang yang Anda cintai.

Menikmati suasana malam di sekitar pantai ini tentu akan menciptakan kenangan tak terlupakan bagi siapapun yang pernah berkunjung ke pantai ini. Sejuknya angin laut di malam hari menambah kesegaran udara di sekitar pantai.

penangkapan ikan

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah memancing. Kegiatan ini mengharuskan pengunjung menyiapkan kail dan umpan. Terdapat banyak biota laut yang berbeda-beda di sekitar Pantai Widodaren. Bagi para pemancing gila, tebing tinggi adalah tempat yang sangat mengasyikkan untuk menekuni hobi memancing.

Berbagai perlengkapan memancing perlu disiapkan, terutama perlengkapan memancing pribadi. Lokasi puncak tebing merupakan spot yang populer bagi para pemancing, namun terkadang ombaknya besar sehingga pemancing harus selalu berhati-hati terhadap ombak yang tidak dapat diprediksi.

Bermain dengan pasir

Jernihnya air laut dan pasir yang bersih di tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung, terutama anak-anak, untuk bermain pasir. Bermain pasir merupakan salah satu latihan untuk meningkatkan keterampilan anak khususnya motorik kasarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Shutterstock Fasilitas Pantai WidodarenFoto: Shutterstock/Youansmile

Meski Pantai Widodaren letaknya cukup jauh dari pusat kota, namun dilengkapi dengan beberapa fasilitas, yaitu:

1. Tempat parkir

Tempat parkir disiapkan untuk kendaraan pribadi pengunjung, baik roda dua maupun roda empat. Namun sayangnya tidak ada angkutan umum di tempat ini dan hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi.

2. Warung Sederhana

Terdapat warung sederhana yang menjual makanan dan minuman di sekitar Pantai Widodaren. Tentu saja harganya terjangkau sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan

Alangkah baiknya jika pengunjung membawa bekal jajanan dari rumah agar bisa langsung dinikmati sesampainya di pantai indah ini.

3. Penyewaan tikar

Bagi pengunjung yang tidak membawa perlengkapan seperti tikar, pengunjung dapat menggunakan persewaan tikar di lokasi ini. Keset ini berfungsi sebagai alas untuk duduk atau bersantai sambil menikmati keindahan alam pantai.

4. Toilet

Karena belum ada toilet di pantai ini, disarankan untuk menggunakan toilet di sekitar pantai yang juga berfungsi sebagai tempat parkir. Fasilitas yang ada masih terbatas, mudah-mudahan hal ini bisa menjadi kendala bagi pemerintah daerah khususnya toilet.

Pantai Widodaren merupakan pantai dengan keindahan yang unik dan mempesona. Suasana sejuk dan alami membuat pengunjung bisa menikmati pesona pantai ini. Meski letaknya cukup jauh, namun pantai ini tidak pernah sepi. Daya tariknya berhasil memukau pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button