Tempat Wisata

Tebet Eco Park, taman kota dengan suasana sejuk dan asri di Jakarta Selatan

Nikmati keindahan alam perkotaan di Tebet Eco Park, sebuah taman kota yang menawarkan suasana sejuk dan asri dengan keunikan Jembatan Infinity Link yang menghubungkan pengunjung dengan alam secara keseluruhan.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasinya

Tebet Eco Park merupakan taman kota di Jakarta Selatan yang kini menjadi objek wisata alternatif. Tempat ini dibangun untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan meningkatkan kualitas udara.

Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti jogging track, taman bermain anak, area tempat duduk, dan area hijau untuk piknik.

Taman ini tidak hanya menjadi tempat rekreasi keluarga saja, namun juga dimanfaatkan untuk kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Taman ini sering dijadikan tempat berbagai kegiatan, seperti kelas yoga, kelas memasak, dan workshop lingkungan hidup. Banyaknya masyarakat yang berkunjung ke tempat ini karena di salah satu kawasan disediakan wadah khusus.

Jika dicermati, destinasi wisata keluarga alternatif ini ibarat oase di tengah gurun pasir. Pepohonan peneduh yang banyak tumbuh di kawasan tersebut sangat membantu menyerap polusi udara.

Dulunya tempat ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian utara dan selatan. Tapi sekarang sudah ada jembatan yang menghubungkannya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

➥ Cek tiket The Wave Pondok Indah Waterpark

Daya tarik Tebet Eco Park

Shutterstock Daya tarik Tebet Eco ParkFoto oleh Sariul Oktavianto di Shutterstock

Tebet Eco Park dibangun di atas lahan seluas lebih dari 7 hektar dengan berbagai area yang disediakan. Meski merupakan fasilitas umum, namun tempat ini memiliki banyak atraksi yang ditawarkan. Oleh karena itu banyak pengunjung yang datang, mulai dari warga lokal hingga luar kota.

1. Taman bermain anak

Taman ini diciptakan tidak hanya untuk menghijaukan kawasan pusat kota dengan berbagai pepohonan yang rimbun. Selain itu cocok juga sebagai alternatif wisata keluarga.

Bagi Anda yang memiliki anak, berkunjung ke taman yang berada di kawasan Tebet ini tidak ada salahnya. Pasalnya, banyak permainan anak-anak yang diperuntukkan bagi mereka.

Taman bermain di Tebet Eco Park sebagian besar didesain dengan konsep modern, meski dari segi permainannya tetap sama. Misalnya dengan perosotan, anak harus menaiki bangunan mirip rumah yang memiliki tangga sebelum dapat meluncur. Selain itu, terdapat dua terowongan berbentuk kapsul melingkar yang dihubungkan dengan jembatan.

Jenis permainan lain yang tidak kalah menariknya adalah bangunan berbentuk buaya. Bisa dikatakan bangunan atau permainan ini merupakan landmark dari taman wisata tersebut.

Bagaimana tidak, banyak anak-anak yang tertarik dengan kawasan ini dan ingin bermain di sana. Cukup besar sehingga anak-anak bisa masuk dari belakang dan keluar dari mulut buaya.

2. Area piknik

Daya tarik Tebet Eco Park selanjutnya adalah terdapatnya area khusus yang bisa digunakan untuk piknik. Seperti yang kita ketahui, piknik merupakan suatu kegiatan yang melibatkan berkumpul di tempat terbuka. Dengan suasananya yang nyaman dan semak belukar, bersantai sambil piknik dijamin menyenangkan.

Faktanya, tidak banyak pemandangan alam yang bisa dinikmati keindahannya. Tapi setidaknya banyak pepohonan yang bisa memberi keteduhan suasana.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai tanaman berbunga indah berwarna-warni. Di tempat yang sama terdapat rawa lain yang dulunya tampak kotor namun kini sangat bersih dan asri.

3. Keunikan Jembatan Infinity Link

Infinity Link Bridge menjadi daya tarik saya selanjutnya di Tebet Eco Park. Ini adalah jembatan yang menghubungkan taman selatan dan timur.

Jembatan ini terbilang unik karena pilar pemisahnya memiliki gradasi warna yang kontras. Gradien warna merah dan putih terlihat sempurna, apalagi jika dilihat pada malam hari.

Tidak ada alasan mengapa warna ini dipilih meskipun masih banyak warna lainnya. Pasalnya, ia beradaptasi dengan pepohonan Leda di sekitarnya.

Keunikan lainnya terletak pada bentuknya, berbeda dengan jembatan pada umumnya yang berbentuk lurus. Jembatan ini melengkung menyusuri pepohonan di sekitarnya hingga menyerupai angka delapan.

4. Taman komunitas

Tebet Eco Park memiliki taman masyarakat yang terletak di area selatan taman. Ini adalah lahan pertanian yang dikelola oleh masyarakat setempat dan digunakan untuk mengajarkan dan mempromosikan pertanian organik kepada masyarakat. Selain itu, Anda bisa memanen sayuran dan buah-buahan segar serta membeli produk organik dari kebun.

Ada juga program pendidikan lingkungan untuk anak-anak dan remaja di kawasan ini. Tujuannya adalah untuk mempromosikan keanekaragaman hayati dan menjaga kelestarian ekologi.

Program ini tidak hanya sekedar pembelajaran, namun juga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi dan keberlanjutan.

➥ Periksa tiket taman trampolin Bounce Street Asia

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Shutterstock Tebet Eco ParkFoto oleh Adomon di Shutterstock

Mencari lokasi Tebet Eco Park tentu tidak sulit karena terletak di pusat kota. Lokasinya sangat strategis, dekat dan dekat dengan pusat kota.

Dari Jakarta Selatan hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menempuh jarak 9 kilometer. Alamat lengkapnya Jalan Tebet Barat Raya, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Jika Anda berangkat dari Jakarta Selatan, silakan ambil Jalan Prapanca Raya lalu menuju Jalan Wijaya I dan Jalan Kapten Tendean. Destinasi Anda selanjutnya adalah Monumen Patung Dirgantara. Jarak antara tempat wisata dan titik ini sekitar 1 kilometer. Silakan gunakan papan petunjuk untuk menuju lokasi.

Tebet Eco Park juga bisa dijangkau dari arah lain, namun tetap disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Misalnya saja dari Jakarta Pusat bisa melalui Tol Dalam Kota dan keluar di pintu Tol Kuningan Barat. Selanjutnya ambil arah Jalan HR Rasuna Said, Jalan Gatot Subroto dan Jalan MT Haryono.

Mengunjungi taman ini gratis. Namun Anda tidak bisa ikut serta begitu saja karena harus mendaftar terlebih dahulu.

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi JAKI. Anda kemudian akan menerima barcode sebagai tanda masuk yang valid. Lokasi ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari, mohon disesuaikan waktunya.

➥ Penawaran Hotel di Jakarta Selatan

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Shutterstock Tebet Eco ParkFoto oleh Wulandari Wulandari di Shutterstockss

Pasti Anda tahu kalau Tebet Eco Park bukan satu-satunya taman indah yang ada di Jakarta. Namun karena banyaknya atraksi, wisatawan lebih memilihnya sebagai tempat liburan. Selain itu, banyak kegiatan yang bisa dilakukan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Berjalan-jalan melalui Tebet Eco Park

Karena luasnya yang sangat luas, tempat ini cocok untuk aktivitas apa pun, misalnya berjalan-jalan di taman. Udaranya yang sejuk karena ditumbuhi banyak pepohonan membuat kegiatan ini semakin menyenangkan. Jangan lupa untuk menjelajahi rawa jika ingin pengalaman yang lebih seru seperti petualangan di alam liar.

Petualangan di taman bermain

Bagi anak-anak, pastikan untuk mengunjungi area bermain khusus di Tebet Eco Park. Ada banyak jenis permainan yang bisa digunakan. Kebanyakan digunakan untuk melatih keterampilan anak.

Selain di atas, ada juga konsep mainan berupa bukit yang tidak terlalu tinggi yang bisa didaki dan meluncur dengan gembira oleh anak-anak.

Belajar bertani

Keberadaan taman masyarakat semakin melengkapi aktivitas yang bisa Anda lakukan. Fungsi utama dibentuknya komunitas ini adalah sebagai pusat pembelajaran.

Pembelajaran yang dimaksud adalah pertanian atau yang berhubungan dengan tanaman. Selain sharing, Anda juga mendapatkan pemandu yang berpengalaman di bidangnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Shutterstock Tebet Eco ParkFoto oleh Wulandari Wulandari di Shutterstock

Tebet Eco Park memiliki banyak fasilitas yang membuat kunjungan semakin berkesan. Tempat parkirnya cukup luas. Silakan pilih tempat duduk yang nyaman untuk kendaraan Anda. Tersedia juga toilet untuk Anda buang air besar atau sejenisnya. Fasilitas lainnya antara lain musala, alat fitnes, dan tempat penyewaan booth.

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang salah satu alternatif wisata keluarga di Jakarta. Dari seluruh ulasan di atas, tempat ini layak untuk dikunjungi dan masuk dalam daftar wisata utama Anda saat berlibur. Tak hanya atraksinya yang banyak, tiket masuk ke Tebet Eco Park pun tidak dipungut biaya alias gratis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button