Berita Wisata

Koalisi Tembakau minta calon PKB kontrak politik dengan petani tembakau

Warta Ekonomi, Jakarta –

Puluhan warga Jateng anggota Koalisi Tembakau Gus Muhaimin 2024 (KTFGM 2024), menggelar bedah buku Menonton Indonesia: Arah Kebijakan dan Peta Jalan untuk Kesejahteraan (2022) oleh Dr. HA Muhaimin Iskandar di Kawasan Wisata Alam Posong (Lereng Gunung Sindoro), Kledung, Merbabu, Jawa Tengah Kamis lalu.

Bedah buku bertajuk “Menyelamatkan Industri Tembakau untuk Rakyat” digelar di kawasan kebun tembakau dan mempertemukan para pelaku industri tembakau dari beberapa kota di Jawa Tengah. Dalam acara tersebut, muncul ide bahwa calon anggota legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus berani menandatangani kontrak politik dengan produsen tembakau.

Baca Juga: Tingkatkan Kemampuan Identifikasi Hama, Petani Tembakau Probolinggo Ikuti Pelatihan

Koordinator KTFGM 2024 Bambang Elf mengatakan kontrak politik calon PKB terhadap petani tembakau merupakan salah satu langkah strategis untuk mengangkat harkat dan martabat pelaku industri tembakau.

“Sehingga ke depan, ketika para politisi ini menduduki posisi strategis di pemerintahan, akan mudah bagi petani untuk mengumpulkan komitmennya untuk menghasilkan regulasi yang berpihak pada petani,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (1/10/). 2022).

Sebelumnya, salah satu nara sumber, Ahmad Dimyati, sempat menegaskan bahwa gagasan politisi harus bersama dan berani memperjuangkan nasib petani tembakau.

“Panjangnya mata rantai perdagangan IHT (industri hasil tembakau) justru merugikan petani. Akar permasalahannya banyak regulasi pemerintah yang tumpang tindih dan petani tembakau terkena imbasnya”, kata Dimyati.

Ketua HIPMI Temanggung Nur Ahsan mengatakan produksi tembakau di Temanggung menurun karena kurangnya keberpihakan masyarakat. pemangku kepentingan nasib industri rokok.

Bahkan, ada pegawai negeri yang tidak mengerti cara menangani tembakau. Bahkan, dia harus menjaganya. Menurutnya, petani dan pelaku industri tembakau harus siap mencoba berinovasi dan merebut peluang pasar yang masih terbuka.

“Kalau Cak Imin jadi presiden, saya yakin dia akan melindungi kita semua, nasib petani, nasib pedagang, dan nasib buruh tembakau agar mereka sejahtera,” ujarnya.

Baca juga: Nicho Silalahi Sentil Jokowi: Keajaiban Pancasila Cuma Omong kosong untuk membius Rakyat

Source: wartaekonomi.co.id

Related Articles

Back to top button