Tempat Wisata

Pantai Mekaki, pantai yang menjadi rumah bagi beragam biota laut unik di Lombok Barat

Pantai Mekaki di Lombok Barat menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan pasir putihnya yang halus dan menjadi habitat berbagai biota laut yang unik.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Raya Mekaki, Kecamatan Pelangan. Sekotong, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Mekaki mungkin tidak sepopuler pantai lain di Sekotong. Misalnya Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Pantai Gili Trawangan. Meski demikian, bukan berarti keindahannya kalah dengan pantai-pantai yang disebutkan.

Di sini Anda bisa mengagumi segala pesona alam yang menakjubkan, mulai dari pasir putih hingga airnya yang jernih. Wisata bahari ini memang belum terlalu populer sehingga belum banyak pengunjung yang datang.

Namun pantai berpasir putihnya yang luas sungguh indah. Pasir lembut ini cukup lebar dan sedikit landai ke arah laut. Tidak ada sampah berserakan, hanya butiran pasir dan beberapa cangkang kecil kerang, siput dan bekicot.

Airnya begitu bersih, terlihat dari warna biru kehijauan yang memanjakan. Hembusan angin mengubah permukaan air menjadi gelombang. Anda dapat melihat potongan-potongan kecil busa mengambang di mana-mana.

Selain itu, karena belum banyak wisatawan yang datang, suasana di Pantai Mekaki Lombok Barat sangat damai dan menenangkan. Terkadang Anda bisa mendengar kicauan burung yang pelan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Pantai Mekaki

Daya Tarik Pantai MekakiFoto oleh Karnallill S. di Google Maps

Di Sekotong, Lombok Barat, tidak hanya ada satu atau dua pantai saja, melainkan puluhan.

Pantai eksotik ini salah satunya memiliki daya tarik yang beragam. Keindahan alam adalah salah satunya, selain itu masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui.

1. Keindahan alam yang menakjubkan

Pesonanya yang indah menjadi daya tarik tersendiri ketika Anda berkunjung ke pantai indah ini. Sebelum sampai di tempat wisata tersebut, Anda akan disuguhkan dengan berbagai keindahan.

Perjalanan terasa menyenangkan, diiringi pesona alam yang menakjubkan. Meski agak menanjak, namun Anda bisa mendekati pantai dengan kendaraan.

Saat mencapai puncak sebelum mencapai kawasan wisata Pantai Mekaki, Anda akan disambut dengan indahnya hijau persawahan, ladang, dan perbukitan.

Suasana terasa begitu asri, udara sejuk menyelimuti setiap sudut venue. Di puncak bukit ini Anda juga bisa menyaksikan pesona gugusan gili yang bahkan beberapa diantaranya belum terjamah oleh peradaban.

Keindahannya semakin memukau saat Anda sampai di pantai indah ini. Pasir putihnya terhampar luas, seolah menyambut Anda dengan gembira.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah laut biru dengan kondisi sangat jernih. Di sisi kanan dan kiri pantai diapit oleh perbukitan yang juga menjadi pembatasnya.

2. Berbagai biota laut unik yang indah

Pantai Mekaki Lombok Barat mempunyai air yang sangat jernih, kadang warnanya biru kehijauan, kadang hijau muda. Kondisi ini membuat tanah terlihat jelas berupa pasir dan beberapa batu.

Tak heran jika wisatawan yang mengunjunginya menilainya sebagai salah satu spot snorkeling terbaik.

Berbagai macam biota laut di sini, mulai dari ikan kecil hingga ikan besar. Mereka umumnya berkumpul di terumbu karang yang merupakan habitat aslinya.

Terumbu karang ini juga terlihat cantik dengan bentuk dan warnanya yang unik. Meski jumlahnya tidak banyak, ubur-ubur biasanya berenang dengan tenang ke arah penyelam.

3. Suasana damai dan kesan menyenangkan

Belum banyak wisatawan yang justru menjadi daya tarik tambahan Pantai Mekaki. Bagaimana tidak, kondisi seperti ini membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai.

Dibandingkan pantai lain di Sekotong, kondisi seperti ini jarang terjadi. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakannya sebagai stimulus penyembuhan.

Apalagi suasananya terkesan asri karena letaknya di balik perbukitan yang indah. Semak bukanlah hal yang aneh, itulah sebabnya udaranya tidak terasa kering.

Angin sepoi-sepoi membuat suasana semakin damai. Deburan ombak yang datang bagaikan nyanyian alam yang menghibur dan mendamaikan jiwa.

4. Tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam

Hampir semua pantai bisa dijadikan tempat mencari pesona matahari terbenam. Namun tidak semuanya bisa dikatakan terbaik seperti Pantai Mekaki.

Pesona matahari terbenam muncul dengan sendirinya di sini dengan begitu sempurna sehingga tidak ada yang menghalangi. Anda bisa melihat matahari menghilang hingga benar-benar tak terlihat, seolah ditelan cakrawala.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MekakiFoto oleh Adhista Raw di Pexels

Sulit untuk mengunjungi pantai indah ini. Jarak yang ditempuh cukup jauh dengan berbagai rintangan.

Sambungan jalan sangat baik dan memadai, walaupun banyak tanjakan dan turunan terjal dalam perjalanan menuju pantai. Jangan khawatir karena kerja keras Anda dijamin akan membuahkan hasil begitu Anda tiba di lokasi.

Kawasan wisata Pantai Mekaki terletak di Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Mataram cukup jauh, sekitar 65 kilometer dari pusat kota.

Karena tidak ada angkutan umum di kawasan tersebut, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa menyewa mobil touring atau sejenisnya.

Jika Anda datang dari Mataram, silakan ambil jalur yang mengarah ke Jalan Bypass Internasional Lombok. Selanjutnya menuju bundaran Tugu Lombok lalu menuju Jalan Raya Selamat hingga tiba di Jalan Datoq Kedaro.

Tujuan selanjutnya adalah Jalan Raya Sekotong, Jalan Raya Pelangan dan kemudian Jalan Raya Mekaki dimana objek wisata tersebut berada.

Biaya masuk dan jam buka

Tentunya untuk menikmati segala keindahan dan daya tarik Pantai Mekaki Lombok Barat ini membutuhkan biaya. Namun tidak perlu khawatir karena harganya cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu menabung terlebih dahulu.

Seorang pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Jika membawa sepeda motor dikenakan biaya tambahan sebesar 5.000 rupiah. Kalau bawa mobil atau roda empat tarifnya 10.000 rupee sedangkan untuk bus 20.000 rupee.

Terdapat beberapa akomodasi di sekitar lokasi dengan harga berbeda-beda. Wisatawan bisa berkunjung kapan saja, kapan saja, selama 24 jam.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai MekakiFoto oleh Ondřej Doležal di Google Maps

Aktivitas menarik bisa dilakukan dari pantai indah ini, tak jauh dari objek wisata tersebut di atas. Sebagian besar terkait dengan perairan, karena juga mencakup wisata bahari. Anda bisa berenang, bermain air, snorkeling dan masih banyak pilihan lainnya.

Menikmati keindahan alam pantai

Sekilas mungkin Anda tidak akan berbuat apa-apa, namun menikmati pemandangan alam Pantai Mekaki memiliki banyak manfaat. Pengunjung bisa melihat hijaunya vegetasi yang tentunya tumbuh di perbukitan.

Pasir putihnya terkesan kontras namun menciptakan kombinasi warna yang sempurna. Belum lagi birunya air laut membuat pesonanya semakin indah.

Berenang dan bermain air di Pantai Mekaki

Pantai Mekaki memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk berbagai aktivitas air. Misalnya, Anda bisa memilih perairan dangkal saat berenang agar lebih aman.

Jika masih ragu, bermain air di tepi pantai juga seru. Kegiatan ini biasanya digemari wisatawan sambil berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Lihatlah dari dekat pesona biota laut

Tak hanya ombaknya yang tenang, Pantai Mekaki Lombok Barat juga memiliki air yang sangat jernih. Anda dapat melihat tanah karena sangat jernih dan kebiruan.

Kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh para penggemar snorkeling. Hanya dengan alat sederhana Anda dapat melihat berbagai biota laut dengan ciri khas dan keunikannya.

Saksikan matahari terbenam yang mempesona

Salah satu daya tarik wisata Pantai Mekaki adalah dijadikan sebagai tempat yang ideal untuk berburu matahari terbenam. Hal itu tidak salah, karena pantai ini cocok untuk melakukan aktivitas tersebut.

Wisatawan bisa menikmati indahnya pesona matahari terbenam tanpa hambatan apa pun. Saat bersantai di pasir putih, Anda mungkin tidak akan cepat melupakan pesona indahnya matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai MekakiFoto oleh Aji Bangun di Google Maps

Memang tidak terlalu ramai, namun bukan berarti tidak ada fasilitas di pantai indah ini. Tempat parkir yang tersedia cukup luas bahkan mampu menampung beberapa bus.

Tidak banyak perbedaan dengan pantai pada umumnya. Fasilitas lainnya antara lain pendopo, toilet, musala, warung makan, shelter dan lain sebagainya.

Lombok Barat memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Masing-masing memiliki daya tarik yang menjadikannya sebuah pilihan.

Misalnya saja Pantai Mekaki dengan keindahan alam dan suasana damai yang menjadi daya tarik utamanya. Selain itu, berbagai aktivitas seru bisa dijalani sehingga semakin layak dijadikan tujuan utama berlibur.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button