Tempat Wisata

Pantai Piwang, pantai indah di Natuna yang kaya akan budaya Melayu

Pantai Piwang merupakan destinasi pantai indah di Natuna yang menawarkan keindahan alam mempesona dengan nuansa budaya Malaysia yang kental.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L.Soekarno, Kota Ranai, Kecamatan. Bunguran Timur, Cab.Natuna, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasinya

Nama Pantai Piwang mungkin masih asing di telinga sebagian wisatawan, terutama yang tinggal jauh dari pantai ini. Pasalnya, nama tersebut baru diberikan Wakil Bupati Natuna pada 2019 lalu.

Penetapan tersebut telah dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan pihak terkait, meski masih ada yang mempertanyakan alasannya.

Terlepas dari perubahan namanya, terlihat jelas bahwa pantai ini memiliki beragam pesona untuk dinikmati. Pantainya sangat panjang, bahkan bisa disebut terpanjang di Natuna.

Airnya cukup jernih, meski tidak berwarna kebiruan atau hijau kehijauan. Di sebelah Pantai Piwang terdapat taman dengan fasilitas dan taman bermain anak.

Wisatawan bisa menyaksikan luasnya lautan sejauh mata memandang. Pantai ini tergolong pantai yang tenang, jarang terjadi ombak tinggi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun tidak banyak pengunjung yang berenang di pantai ini. Ada yang memilih bersantai sambil menikmati pesona alam yang indah, ada juga yang bermain di taman.

Daya Tarik Pantai Piwang

Daya Tarik Pantai PiwangFoto oleh Nurfiana Noviana di Google Maps

Pantai ini tidak pernah sepi setiap harinya, jumlahnya semakin bertambah saat hari libur. Tak heran jika wisata bahari banyak diminati.

Daya tariknya tentu beragam, baik dari keindahan alam, suasana pantai, hingga taman yang berdekatan.

Pesona Indah Pantai Piwang

Objek wisata yang ditawarkan mungkin tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang unik, ada yang lembut dan ada yang berbutir.

Biasanya pengunjung memanfaatkan pasir ini untuk berjalan-jalan santai di sepanjang pantai atau sekadar bermain.

Meski tak sepenuhnya jernih, Pantai Piwang Natuna dihiasi air laut yang bersih. Tak heran jika biota laut mudah ditemukan, baik berupa terumbu karang maupun ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya.

Bagi Anda yang ingin menyelam ditemani biota laut, tersedia lokasi menyelam atau snorkeling. Pemandangan menjadi semakin indah ketika laut terbentang sejauh mata memandang.

Tidak ada yang menghalangi keindahan dan pesonanya kecuali garis batas antara laut dan langit. Ini disebut garis horizon dan juga menjadi batas saat matahari terbenam.

Ombak yang datang relatif tenang, angin bertiup pelan, seolah menjadi berkah bagi seluruh wisatawan yang datang.

Taman luas dengan fasilitas lengkap

Seperti yang sempat disinggung di awal, ada sebuah taman besar di sebelah Pantai Piwang di Natuna. Desainnya menarik dan terlihat sangat bersih.

Taman ini biasanya digunakan wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada juga yang sekedar duduk santai sambil menikmati suasana.

Taman ini cukup mudah dikenali karena di atasnya terdapat lingkaran ikonik bertuliskan “Natuna”. Tak jarang pengunjung memanfaatkannya sebagai objek foto.

Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang cukup bersih meski jaraknya tidak terlalu dekat. Jadi Anda punya dua pilihan saat berkunjung: bermain di pantai atau di taman.

Nuansa budaya melayu yang kental

Daya tarik Pantai Piwang selanjutnya adalah budaya Melayu yang masih kuat hingga saat ini. Hal tersebut sangat terasa ketika berkunjung, baik pada kebiasaan masyarakat setempat maupun pada beberapa bangunan yang ada di sekitar objek wisata.

Kebudayaan Melayu erat kaitannya dengan nilai dan aturan yang diwariskan secara turun temurun. Misalnya saja dari segi busana, sebagian perempuan masih mengenakan kebaya. Atraksi ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi.

Anda bisa melihat sendiri budaya apa saja yang masih dilestarikan di sana. Tak heran jika tidak hanya pengunjung lokal, wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong datang ke pantai eksotis ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai PiwangFoto oleh Yoseph Arif Putra di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Piwang letaknya sangat strategis, dekat sekali dengan pusat kota. Wisatawan hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer jika memulai dari Park City.

Anda bisa menuju ke sana dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi. Karena banyaknya angkutan umum, akses menuju pantai indah ini bisa dikatakan sangat mudah.

Alamatnya sendiri adalah Jalan Soekarno, Kota Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Jika Anda bukan penduduk lokal, pastikan untuk menggunakan taman kota sebagai patokan utama Anda.

Era teknologi digital saat ini semakin memudahkan pencarian lokasi, terutama dengan menggunakan aplikasi Google Maps.

Setelah sampai di kawasan wisata ini, Anda bisa menuju tempat parkir dengan menggunakan kendaraan pribadi. Karena tidak ada portal atau gerbang masuk, bisa dipastikan tidak akan ada penjualan tiket.

Wisata bahari ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa dipungut biaya masuk. Namun waktu terbaik adalah pagi dan sore hari saat cuaca cerah.

Biaya masuk dan jam buka

Harga masuk ke Pantai Piwang Natuna ini sungguh luar biasa, bisa dibilang unlimited bahkan gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun per orang. Faktanya, tiket masuknya gratis. Namun, Anda disarankan untuk membawa dompet untuk berjaga-jaga.

Biaya masuk yang bisa dibilang gratis ini pasti akan menarik minat banyak pengunjung dan tentunya tidak akan menguras anggaran Anda. Keindahan yang dihadirkan begitu memukau sehingga tempat ini menjadi pilihan tepat untuk berwisata tanpa merasa rugi.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Pantai PiwangFoto oleh Nurfiana Noviana di Google Maps

Berkunjung ke pantai biasanya tidak membosankan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Tak ada salahnya, apalagi pantai yang kita bicarakan kali ini dilengkapi dengan taman kota. Tentu saja kegiatan menarik lainnya bisa dilakukan dengan cara ini.

1. Menikmati keindahan alam laut

Pantai Piwang sangat indah sehingga banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjunginya.

Termasuk wisatawan mancanegara yang ingin menikmati indahnya pesona lautan dengan ombak pasir putih dan air jernih. Suasana menjadi lebih tenang seiring angin sepoi-sepoi bertiup masuk dan membelai permukaan kulit.

2. Bermain air di Pantai Piwang

Airnya yang jernih mengundang seluruh pengunjung untuk berenang atau sekedar bermain air. Aktivitas ini juga cukup aman di pantai yang ombaknya tenang.

Namun, sebaiknya jangan pergi terlalu jauh ke tengah karena di sana bisa jadi cukup dalam. Supaya aman, sebaiknya bermain air di pinggir Pantai Piwang, karena tak kalah serunya.

3. Berjalan-jalan di sepanjang pantai

Aktivitas menarik berikutnya yang dapat dilakukan di Pantai Piwang Natuna adalah berjalan-jalan menyusuri tepian pantai. Sebelumnya dikatakan bahwa pantai indah ini cukup panjang meski tidak terlalu lebar. Butuh waktu lama untuk menjelajahi setiap sudut.

Berjalan-jalan santai akan membuat Anda menikmati suasana dan lembutnya pasir putih yang meninggalkan kesan begitu Anda menginjaknya.

4. Menyelam atau snorkeling

Pantai Piwang di Natuna tidak hanya cocok untuk berenang atau bermain air, tapi juga menjadi salah satu spot diving terbaik. Pasalnya, airnya jernih dan ombaknya relatif tenang.

Siapkan saja perlengkapan menyelam atau snorkeling anda. Anda bisa menyelam di dasar laut yang dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

5. Bermain di taman

Tak hanya di pantai saja, masih banyak aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Pantai Piwang. Karena terdapat taman kota yang mengelilingi lokasi, Anda dapat bermain dan berjejaring di sana.

Ajak keluarga dan anak-anak Anda karena terdapat area bermain yang cukup seru. Misalnya saja perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Berburu Spot Foto

Selagi masih berada di area taman kota, tempat ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari spot foto. Salah satu spot yang paling populer adalah lingkaran ikonik berlabel Natuna.

Bisa dikatakan setiap pengunjung menjadikan tempat ini sebagai sebuah kenangan. Spot foto di pantai ini pastinya pesona alam yang ditawarkan dan luasnya laut lepas.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai PiwangFoto oleh Mursandri di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Piwang dikunjungi wisatawan setiap harinya, dan jumlahnya semakin meningkat di akhir pekan. Selain daya tariknya, fasilitasnya juga sangat lengkap.

Semua yang dibutuhkan pengunjung tersedia di sini, mulai dari parkir, toilet, hingga restoran. Beberapa tempat dilengkapi dengan tempat sampah, dan juga terdapat bangku-bangku di taman kota.

Tempat wisata berupa pantai masih banyak diminati untuk mengisi liburan. Bukan tanpa alasan, karena banyak atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan.

Selain itu, untuk mengunjungi Pantai Piwang di Natuna yang kita bahas kali ini tidak dipungut biaya apapun karena gratis. Selain itu juga memiliki taman kota dengan berbagai fasilitas.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button