Tempat Wisata

Sejarah, Tanaman & Tiket Masuk

kebun Raya Bogor atau KRB adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang bisa anda pilih jika berkesempatan berwisata ke kota hujan.

Di sana Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam dari ribuan jenis tumbuhan dan pohon, tetapi juga belajar banyak tentang sejarah, flora dan fauna.

kebun Raya Bogor

kebun Raya Bogor merupakan kebun raya yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat pelestarian berbagai jenis tumbuhan, tetapi juga sering dijadikan tujuan liburan oleh wisatawan lokal di Bogor dan daerah lain di Indonesia.

Dengan luas sekitar 87 hektar dan sekitar 15.000 jenis tumbuhan, taman yang menyatu dengan Istana Bogor ini akan menjadi tempat yang sangat luas dan nyaman untuk bersantai bersama anggota keluarga.

Bogor-Bogor-2019

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan kebun Raya Bogor Ini. Meski sebagian besar wilayahnya dipenuhi dengan taman bunga dan pepohonan, jangan berasumsi bahwa Anda hanya bisa duduk dan memandangi bunga atau pepohonan sepanjang waktu.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan, selain kawasan dengan bunga dan tanaman serta pepohonan, Kebun Raya Bogor juga berisi berbagai jenis hewan yang masih hidup dan telah dilestarikan.

Selain itu, ada juga bangunan dan benda bersejarah yang dapat menambah pengetahuan kita tentang peristiwa masa lalu sebelum kemerdekaan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa Anda akan memiliki pengalaman liburan yang benar-benar lengkap di kebun raya ini.

Sebagai informasi, Kebun Raya Bogor memiliki tiga cabang, yaitu: Kebun Raya PurwodadiKebun Raya Ciboda dan Kebun Raya Bali.

Sejarah Kebun Raya Bogor

Ini adalah cerita panjang yang telah menjadi cikal bakal berdirinya Kebun Raya Bogor. Beberapa tokoh penting dan berpengaruh pada masa penjajahan bahkan terlibat langsung dan menggagas ide pembangunan kebun raya yang saat ini menjadi salah satu simbol dan kebanggaan warga. kota bogor Ini.

Jika Anda pernah membaca cerita sejarah, khususnya cerita tentang pendudukan Kompeni di pulau Jawa, maka Anda pasti tahu bahwa pendirian kebun raya ini pada mulanya diprakarsai oleh seorang Jerman bernama Georg Karl Reindwardt.

Cerita Kebun Bogor Bogor

Reindwardt sendiri adalah seorang profesor botani dan, sebelum ekspedisi ilmiahnya ke Indonesia, juga menjadi rektor sebuah universitas di Belanda.

Bahkan, Reindwardt tidak hanya menyumbangkan ide, tetapi juga mulai membangun dan mengumpulkan serta menanam bibit tanaman baru di Kebun Raya Bogor.

Sekarang sebagai pengakuan atas pekerjaan yang telah dilakukan Reindwardt di wilayah tersebut kebun Raya Bogor mendirikan tugu peringatan atau tugu peringatan yang disebut tugu peringatan Reinwardt.

Selain itu, karakter lain yang juga memainkan peran utama dalam pengembangan kebun Raya Bogor hingga menjadi seperti yang kita lihat sekarang ini adalah seorang Belanda bernama Johannes Elias Teijsmann.

Seperti Reinwardt, Teijsmann adalah seorang ahli botani yang senang mempelajari ilmu-ilmu alam, terutama tumbuhan dan hewan.

Gambar Taman Bogor Bogor

Sepeninggal Reinwardt yang harus kembali ke negara asalnya pada tahun 1823, Teijsmann-lah yang melanjutkan mimpi dan cita-cita Reinwardt untuk membangun dan mengembangkan Kebun Raya Bogor.

Akhirnya dengan keuletan dan kerja keras seorang Teijsmann kebun Raya Bogor perkembangan pesat dengan isi ribuan tumbuhan dan pohon yang dikelompokkan berdasarkan jenis dan jenisnya.

Oleh karena itu, di Kebun Raya Bogor, Anda juga akan menemukan sebuah monumen yang disebut Monumen Teijsmann, selain Monumen Rendwardt, sebagai pengakuan atas jasa-jasanya.

Alamat dan rute menuju Kebun Raya Bogor

kebun Raya Bogor ini satu Tempat wisata di Bogor terletak di Jalan Ir. Juanda Nomor 13, Paledang, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat.

Untuk menuju tempat ini dari pusat kota Bogor, Anda perlu menempuh jarak hingga 2,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 11 menit dengan melalui jalan tol Jogorawi dan jalan Iskanddinata.

Bogor Bogor Bogor alamat

Anda dapat mengatur rute menuju Kebun Raya Bogor ke posisi atau titik awal.

Cara termudah untuk menemukan rute tercepat ke Kebun Raya Bogor adalah dengan menggunakan aplikasi peta Google di ponsel android.

Baca juga: Gunung Pancar Bogor

Jam buka Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor terbuka untuk kunjungan wisatawan setiap hari. Waktu operasional mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

Tapi ingat beberapa wahana dan fasilitas wisata di kebun raya bogor Masing-masing memiliki waktu aktifnya sendiri. Jadi jam buka di atas adalah jam buka umum Kebun Raya Bogor.

Nah, berikut ini adalah daftar jam operasional beberapa wahana khusus di Kebun Raya Bogor:

kendaraan jam operasional
Rumah kaca 08.00 – 15.00 WIB
toko cendera mata 08.00 – 15.00 WIB
Museum Zoologi 08.00 – 16.00 WIB
herbarium 08.00 – 15.00 WIB
Perpustakaan 08.00 – 15.00 WIB

Baca juga: Taman Burung Bali

Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Berlibur ke Kebun Raya Bogor tidak membutuhkan banyak persiapan. Bahkan untuk tempat wisata yang memiliki keindahan serta wahana dan fasilitas yang cukup lengkap seperti kebun raya ini, harga tiket yang ditawarkan bisa dikatakan sangat terjangkau.

Untuk memasuki kawasan wisata Kebun Raya Bogor, Anda hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp. 15.000 per orang. Untuk turis asing, harga tiketnya Rp 25.000.

Tiket masuk Taman Bogor Bogor

Coba bandingkan harga tiket masuk Kebun Raya Bogor dengan tiket masuk tempat wisata lainnya. Dengan fasilitas dan wahana yang sama atau bahkan kurang, harga tiket biasanya menjadi lebih mahal.

Hanya saja jika Anda membawa mobil dan berniat berkeliling kebun raya dengan mobil, Anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 30.000. Namun, ini opsional tergantung pada keinginan pengunjung.

Baca juga: Taman Budaya Sentul

Fasilitas dan Wahana di Kebun Raya Bogor

Sebagai tempat wisata yang menjadi icon dan andalan kota Bogor, kebun raya ini tentunya dilengkapi dengan fasilitas dan wahana yang cukup lengkap.

Di Kebun Raya Bogor Anda akan menemukan beberapa fasilitas umum seperti tempat parkir, tempat ibadah, toko suvenir, penjual makanan dan minuman, perpustakaan hingga mobil wisata.

Fasilitas Taman Bogor

Begitu pula dengan wahana wisata yang ditawarkan. Seperti yang telah disebutkan, kebun raya ini tidak hanya berisi tanaman dan pohon, tetapi juga berbagai jenis hewan, bangunan, dan benda bersejarah.

Nah, dari sekian banyak wahana wisata di Kebun Raya Bogor, ada beberapa wahana yang cukup ramai sehingga dikatakan sebagai wahana favorit para pengunjung.

Wahana tersebut antara lain:

Baca juga: Bali Zoo Gianyar

1. Danau Gunting

Taman Bogor Bogor Danau Gunting

Saya tidak tahu di mana atau untuk alasan apa danau ini dinamai Danau Gunting. Tentunya danau ini merupakan salah satu tempat paling populer yang selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Di sini pengunjung biasanya menghabiskan waktu duduk-duduk dan menikmati pemandangan danau yang terlihat sangat alami. Selain itu, ada juga beberapa pengunjung yang menggunakan objek Scissor Lake sebagai background foto.

Baca juga: Ilusi Bogor

2. Suka merusak jembatan

Taman Bogor Bogor Bridgebreaker Love

Dari namanya diketahui bahwa jembatan ini dikaitkan dengan masalah cinta.

Namun, jika Anda melewati jembatan ini dengan pasangan Anda, hubungan cinta Anda gagal dan berakhir dengan perpisahan.

Saya tidak tahu apakah itu benar atau tidak, tetapi ternyata banyak orang percaya. Meski begitu, jembatan ini memiliki pesona arsitektur tersendiri, sehingga banyak yang memilihnya sebagai tempat berfoto. Dan tentunya orang-orang ini adalah pengunjung yang tidak percaya dan tidak takut dengan mitos jembatan putus cinta.

Baca juga: Glamping di tepi danau

3. Patung Tangan Tuhan

Taman Bogor Bogor Patung Tangan Tuhan

Wahana populer berikutnya di Kebun Raya Bogor adalah patung berbentuk tangan mengangkat patung laki-laki, menghadap ke atas dan mulut terbuka.

Dengan latar belakang gedung Istana Bogor di belakangnya, patung yang juga dikenal dengan nama The Hand of God ini terlihat begitu unik dan sepertinya menjadi lokasi foto yang cukup bagus juga.

Baca juga: Ladang Kuntum Bogor

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi Kebun Bogor

Museum ini berisi berbagai jenis kerangka dan tubuh hewan yang telah diawetkan. Faktanya, Anda dapat menemukan kerangka paus biru, yang dikatakan sebagai hewan terbesar di dunia Museum Zoologi Kebun Raya Bogor.

Selain itu, di museum ini juga sering dipentaskan diorama yang menceritakan kehidupan satwa di habitat aslinya. Jadi, selain bentuk kerangka atau tubuhnya, Anda juga bisa mengetahui bagaimana hewan ini hidup di habitatnya masing-masing.

Baca juga: Museum Geologi Bandung

5. Taman Meksiko

Bogor Garden Meksiko

Taman ini berisi ratusan spesies sukulen dengan ukuran berbeda. Yang membuat taman ini unik dan menjadikannya salah satu tempat paling menarik di Kebun Raya Bogor adalah adanya 3 patung yang memakai topi Meksiko yang dikenal dengan topi sombrero.

Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati kesejukan halaman taman, tapi juga berfoto dengan tiga patung khas Meksiko.

Simak juga dan baca: Taman Safari Bogor

Selain cantik dan memiliki fasilitas dan wahana yang lengkap, itu tidak bisa dipungkiri Tiket masuk Kebun Raya Bogor yang sangat terjangkau menjadi salah satu alasan mengapa banyak pengunjung datang ke kebun raya ini setiap hari. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata tersebut, saat musim liburan Anda tidak boleh melewatkan Kebun Raya Bogor.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button