Tempat Wisata

Harga menu dan tiket

Wisata Puncak Sosok Bantul – Salah satu tempat wisata yang bisa Anda coba di Yogyakarta adalah menikmati malam hari di Puncak Sosok Bantul. Pariwisata di Yogyakarta sangat menarik dengan suasananya yang mendukung.

Tempat Kopi Puncak SosokKedai Kopi Puncak Sosok, gambar oleh @gagahiman

Dibuka pada Januari 2018, fasilitas rekreasi ini kini ramai dikunjungi ratusan wisatawan, terutama pada malam hari di akhir pekan. Tak hanya pemandangan matahari terbenam yang memesona, penampilan akustiknya juga memastikan suasana malam di Puncak Sosok tetap romantis.

Objek wisata Puncak Sosok

Wisata Puncak SosokWisata Puncak Sosok, gambar oleh @bylaurasoe

Tempat ini bukanlah objek wisata, melainkan hanya hamparan bukit dekat rumah penduduk. Menariknya, tempat ini sering dikunjungi oleh para pesepeda sehingga lama kelamaan tempat ini semakin ramai.

Selain itu, wisatawan yang datang kerap mendokumentasikan momen tersebut dan membagikannya di media sosial. Ringkasnya, kawasan tersebut telah diatur oleh warga setempat dan dijadikan objek wisata sejak tahun 2018.

Saat hari cerah, wisatawan bisa menikmati panorama alam khas perbukitan yang mempesona. Panorama alam yang hijau tentu mampu memanjakan setiap mata. Menariknya, pihak manajemen telah mengisi spot-spot untuk foto-foto yang terlihat Instagrammable.

Ada pula salah satu spot foto yang paling digemari wisatawan, yakni jembatan kayu di sisi barat. Jika Anda mengambil foto pada titik ini, Anda pasti akan mendapatkan latar belakang yang indah dan indah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi fasilitas rekreasi ini adalah malam hari. Namun, jangan datang terlalu larut malam. Kami menyarankan Anda tiba paling awal pada jam 4 sore dan mencari tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam.

Pastinya asyik menikmati live music di Puncak Sosok dengan latar indahnya lampu kota Jogja. Pertunjukan musik akustik ini biasanya berlangsung pada akhir minggu kecuali jika hujan. Siapa pun dapat mendaftarkan bandnya sebagai pemain ke manajemen.

1. Ambil foto

Puncak Sosok Bantul terletak di dataran tinggi dan menawarkan pemandangan indah kepada pengunjungnya. Pengelola setempat yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor juga memperbanyak ornamen foto yang menarik.

Posisi selfie di Puncak Sosok juga banyak. Panorama alamnya yang mempesona dari ketinggian membuat tangan Anda terasa gatal untuk segera mengeluarkan kamera dan mengambil foto.

Salah satu spot foto yang paling digemari wisatawan Puncak Sosok adalah jembatan kayu di sebelah barat. Bentuk jembatan yang istimewa dengan latar belakang pemandangan yang jelas mengundang banyak orang untuk berfoto di sini.

Wisatawan juga bisa berfoto dengan pemandangan yang tidak biasa, yakni Piyungan Final Repository (TPA). Meski terkesan kotor, TPA tersebut terlihat seperti gundukan pasir karena jaraknya yang mencapai satu kilometer.

2. Makanan ringan di stand

Fasilitas pendukung wisata di Puncak Sosok cukup lengkap. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah tempat makan. Beragam makanan dan minuman bisa dipesan di sini sehingga sahabat bisa menikmati indahnya pemandangan malam.

Makanan yang dijual di sini antara lain tahu walik, bakso sate, sempol ayam, siomay, sate lemak babi, cilok krispi, dan jagung bakar. Minumannya meliputi teh, jeruk, dan kopi.

Kenikmatan suatu hidangan tidak hanya bisa dicicipi di kursi yang disediakan oleh chef. Wisatawan juga bisa memesan karpet dan bersantap sambil meregangkan tubuh dan menikmati panorama alam dengan alunan musik akustik.

3. Nikmati musik akustik

Mayoritas wisatawan Puncak Sosok yang datang umumnya bersantai dengan alunan musik akustik. Bahkan, manajemen telah menyediakan panggung terbuka serta sound system dan perlengkapan musik agar semua orang bisa terlihat.

Pertunjukan akustik biasanya diadakan rutin pada akhir pekan saat tidak hujan. Pada malam akhir pekan, panggung akustik biasanya dibuka dari sore hingga malam hari. Perlu diketahui bahwa pemandangan malam di sini juga sangat mempesona.

Jika Anda ingin menampilkan pertunjukan akustik, Anda hanya perlu menemui pengelolanya. Selanjutnya, pastikan agendanya juga mencakup kegiatan lainnya. Panggung terbuka ini juga dapat digunakan sebagai panggung tari tradisional.

4. Nikmati pertandingan sepak bola

Puncak Sosok merupakan salah satu tempat berlangsungnya kegiatan kelompok pada saat pertandingan besar seperti final Liga Champions atau Piala Dunia. Jika Anda bingung memilih tempat nonton bareng di Jogja, tempat rekreasi ini bisa jadi destinasi Anda.

Pihak pengelola akan menyiapkan layar lebar agar wisatawan yang datang menonton bersama bisa menikmati film tersebut. Menonton kompetisi besar bersama-sama tentu akan lebih menyenangkan dibandingkan menontonnya sendirian di rumah.

5. Menikmati suasana malam hari

Untuk menggunakan properti rekreasi ini, Anda sebenarnya akan dikenakan biaya masuk. Namun istimewanya, pembayaran yang harus Anda lakukan adalah pembayaran yang jujur, jadi tidak ada pembayaran khusus.

Saat matahari terbenam berlalu, besar kemungkinan pesona malam di Pucuk Wujud akan menampakkan keindahannya. Sinar cahayanya mempercantik latar kerlap-kerlip lampu kota Yogyakarta seolah menjadi kombinasi sempurna.

Anda pasti membutuhkan fitur yang memadai untuk bisa memotret keindahan malam dari Puncak Sosok. Secara umum kamera DSLR atau mirrorless mampu memotret panorama malam dengan cara yang benar, yaitu long exposure.

Harga menu Puncak Sosok

Wisata Puncak di BantulWisata puncak di Bantul, gambar oleh @bansmarwanto

Tempat rekreasi ini telah berjejer rapi warung-warung makan. Konsep yang dihadirkan pun tampil istimewa dengan atap jerami dan material bangunan bambu. Terdapat juga gubuk-gubuk yang menjual berbagai menu makanan dan minuman.

Beberapa menu makanan dan minuman yang ada di Puncak Sosok antara lain sate bakso, sempol ayam, tahu walik, berbagai jenis minuman hangat dan lain-lain dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 15.000. Berikut beberapa daftarnya:

TIDAK. Daftar menu
1. Susu segar
2. jus buah
3. jus jeruk
4. Wedang jahe

Jam buka Wisata Puncak Sosok

Seperti yang sudah dijelaskan, waktu terbaik berkunjung adalah pada malam hari hingga jam tutup. Lebih tepatnya pada pukul 16.00 WIB hingga 23.00 WIB. Namun pada pagi hari, kawasan rekreasi lokal ini lebih banyak dikunjungi oleh para pesepeda.

Fasilitas Umum Puncak Sosok

Puncak BantulPuncak Sosok Bantul, foto oleh @gagahiman

Sebagai properti resor yang dikelola dengan baik, Puncak Sosok Bawuran juga memiliki fasilitas yang cukup untuk memanjakan wisatawan, antara lain:

  • Tempat makan
  • Taman yang luas
  • Toilet
  • Tempat berdoa
  • Tempat foto yang bagus
  • Jalur menurun

Lokasi Puncak Sosok Bantul

Tempat bersantai di Puncak SusokTempat bersantai di Puncak Sosok foto oleh @taufiqrhmn19

Alamat Puncak Sosok terletak di Desa Jambon, Dusun Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791. Kawasan resor ini terletak sekitar 16 kilometer dari Kota Yogyakarta, jarak tempuh hanya kurang dari 45 menit.

Untuk rutenya silahkan naik angkutan jurusan Pleret-Patuk. Sebelum jalan masuk menuju Cino Mati, ambil arah utara. Di sana Anda akan melihat tanda yang menunjukkan jalan menuju Puncak Sosok. Sesampainya di Desa Jambon, Anda harus melintasi jalan cor yang menanjak.

Tak hanya menanjak, jalannya juga tergolong kecil dan hanya bisa dilalui satu mobil. Meski terbilang jauh, namun Anda akan disuguhi keindahan perbukitan hijau di sepanjang perjalanan.

Itulah penjelasan dari Puncak Sosok Bantul beserta harga tiket dan menunya. Tempat ini bisa menjadi rekomendasi bagi anda yang ingin menikmati suasana nyaman dan sejuk. Ajak teman dan keluarga menikmati keindahan alam Bantul.

Kunjungi juga:

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button