Tempat Wisata

Gili Trawangan Lombok Utara, tiket, kegiatan rekreasi, atraksi dll

Gili Trawangan Lombok – Siapa yang tidak kenal Gili Trawangan? Tempat wisata Lombok yang sudah mendunia ini menawarkan keindahan alam yang sungguh menakjubkan. Bahkan keindahannya melebihi Pulau Dewata Bali.

Dalam bahasa Indonesia, Gili berarti pulau. Menurut Wikipedia, Gili Trawangan sendiri merupakan yang terbesar dari tiga pulau kecil atau gili di barat laut Lombok. Pulau ini sendiri memiliki panjang sekitar 3 km dan lebar 2 km. Trawangan berpenduduk sekitar 800 jiwa.

Jangan lewatkan juga: Liburan seru di pantai indah Kuta Lombok

Informasi Umum

  • alamat: Gili Indah, Kecamatan. Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar.
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Tiket masuk Gili Trawangan: 25.000 (anak dibawah 10 tahun gratis), sewa sepeda 50.000/hari
  • peta: Google Peta

Tidak boleh ada kendaraan bermotor di sini karena sudah menjadi peraturan masyarakat. Di sini wisatawan bisa menyewa sepeda untuk berkeliling. Wah pasti enak sekali disini, tidak ada polusi, udaranya pasti masih segar sekali.

Kehidupan malam di Gili TrawanganKehidupan malam di Gili Trawangan

Lokasi Gili Trawangan

Adapun lokasinya, Gili Trawangan terletak di Kecamatan Selamat, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Objek wisata Gili Trawangan ternyata menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia yang mampu menawarkan pengalaman wisata bahari yang luar biasa menyenangkan. Destinasi ini sangat jauh dari hiruk pikuk kota sehingga menawarkan pemandangan pantai yang mempesona dan keindahan alam bawah laut yang sungguh mempesona.

Secara administratif, objek wisata Gili Trawangan terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan di barat laut Pulau Lombok. Gili Trawangan sebenarnya adalah sebuah pulau kecil berukuran panjang 2 km dan lebar sekitar 1,5 km.

Anda bisa menjelajahi pulau cantik ini dengan berjalan kaki sekitar dua jam. Dan dibawah ini kami rangkum beberapa tempat menarik objek wisata Gili Trawangan Lombok yang patut anda ketahui.

Tempat menarik di objek wisata Gili Trawangan Lombok

Kontur pantai di Gili Trawangan tidak jauh berbeda dengan pantai wisata lain di Lombok, bahkan memiliki hamparan pasir putih yang lembut dan bersih, serta panorama pantai yang sungguh indah. Air laut di Gili Trawangan juga sangat jernih bahkan kaya akan biota laut.

Dari pinggir pantai Anda bisa bersantai sambil menikmati keagungan pegunungan Rinjani dan Agun dari kejauhan. Ini benar-benar pemandangan yang menakjubkan.

Salah satu aktivitas yang paling populer di tempat wisata Gili Trawangan Lombok adalah snorkeling dan diving. Menariknya lagi, di Gili Trawangan Anda bisa menemukan layanan menyelam berlisensi internasional yang berkantor di kawasan wisata, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan pemandu dan perlengkapan menyelam yang Anda butuhkan.

Ada beberapa dive site yang sangat populer di Gili Trawangan yaitu Jack Point, Halik Reef, Shark Point, Coral Fan Garden, Bounty Reef, Simon Reef, Trawangan Slope dan juga Turbo.

Dan favorit banyak pecinta travel lainnya tentang objek wisata Gili Trawangan Lombok ini adalah pesona matahari terbenam atau Sunset yang terlihat begitu indah di sebuah tempat bernama Sunset View yang berada di bagian barat pulau ini.

Sunset di Gili Trawangan LombokSunset di Gili Trawangan Lombok

Anda bisa sampai ke sana dengan berjalan kaki atau bersepeda, bahkan bisa naik kereta. Nantinya Anda akan menemukan banyak turis berkumpul di sana. Tempat ini sangat populer karena merupakan tempat paling nyaman untuk bersantai dan ngobrol sambil menunggu matahari terbenam.

Saat berlibur ke Gili Trawangan, Anda juga akan menemukan penangkaran penyu yang letaknya sangat dekat dengan pelabuhan Gili Trawangan. Bayi penyu dipelihara di sini dan kemudian dilepasliarkan ke laut lepas agar bisa berkembang biak dengan leluasa.

Satu lagi akomodasi di Gili Trawangan yang bisa dikatakan terbaik. Sejumlah kafe dan bar di Gili Trawangan biasanya menyuguhkan pertunjukan musik live. Hal ini tentu menjadi salah satu pilihan hiburan paling menarik ketika berkunjung ke Gili Trawangan. Kafe dan bar di Gili Trawangan juga merupakan tempat populer untuk menikmati malam yang menyenangkan di Lombok.

Artikel terkait: 41 Pantai Terindah di Bali Yang Wajib Dikunjungi

Alasan berlibur ke Gili Tarawangan

Gili Trawangan sudah sangat mendunia, pulau ini masih sangat bersih dan alami sehingga tidak heran jika wisatawan datang dari berbagai daerah bahkan dari berbagai negara untuk menikmati liburan yang tak terlupakan.

Selain keindahan alamnya yang memukau, Gili Trawangan dijadikan sebagai tujuan liburan karena merupakan pulau wisata termurah dari segi pengeluaran sehari-hari (termasuk akomodasi, makan, layanan pijat, dll) dibandingkan pulau wisata lainnya di Asia Tenggara. bahkan pulau Bali.

Berikut beberapa alasan mengapa kita harus berlibur ke Gili Trawangan:

1. Panorama pantai yang menakjubkan

Yang pertama tentu saja karena Tampilan Gili Trawangan yang indah ini akan memikat hati semua orang. Pulau ini memiliki pantai yang sangat indah sejauh mata memandang.

Wisata Gili TrawanganWisata Gili Trawangan

Selain panorama pantai yang memadukan langit biru, gemerlap air laut berwarna biru kehijauan, dan pantai berpasir putih yang tak berujung, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam dalam satu hari.

Wisatawan yang ingin menyaksikan eksotisme matahari terbit bisa menuju pantai yang menghadap ke timur. Jadi jika ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam, Anda bisa langsung menuju pantai yang menghadap ke barat. Wah, menarik sekali bukan?

Coba tebak, mana yang lebih sibuk? Apakah pantainya menghadap ke timur atau barat? Jadi pantai yang ramai dikunjungi wisatawan dan penduduk lokal ini menghadap ke timur karena dekat dengan dermaga dan menjadi pusat kegiatan perekonomian di pulau tersebut. Berbeda dengan pantai di sisi barat yang lebih sepi.

Namun jangan salah, meski pantai barat sepi, kita tetap bisa melakukan aktivitas seru di sini. Wisatawan bisa bersantai di hammock di pinggir pantai sambil membaca buku atau sekadar menikmati suara deburan ombak dan semilir angin sepoi-sepoi? Kapanpun Anda ingin berenang, Anda hanya perlu mengambil satu langkah karena laut adalah taman Anda! Saat malam tiba, silakan duduk santai dan tunggu matahari terbenam bersama orang yang Anda cintai.

2. Alam bawah laut? Sangat wah!!!

Selain panorama pantainya yang indah, Gili Trawangan juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang sungguh menakjubkan. Jika anda berlibur ke Gili Trawangan, jangan mencoba paket liburan diving. Pasalnya keindahan alam bawah laut di sini begitu mempesona.

Air laut di sini sangat jernih dan bebas polusi, sehingga makhluk laut dapat hidup dengan sangat nyaman dan tidak terganggu. Selain biota lautnya yang sangat terawat, arus di sini juga bisa dikatakan cukup tenang sehingga membuat keseruan menyelam Anda semakin seru.

Wisatawan yang beruntung juga bisa melihat koleksi biota laut yang cantik seperti: Ikan badut, atau biasa disebut ikan Nemo. Selain itu, Anda juga bisa melihat terumbu karang berwarna-warni yang dapat membantu Anda menghilangkan stres dalam kehidupan sehari-hari di tempat Anda tinggal.

Dunia bawah laut Gili TrawanganDunia bawah laut Gili Trawangan

Wah, tunggu apa lagi? Saya yakin Anda sudah tidak sabar untuk terbang langsung ke Lombok bukan?

3. Bebas dari kemacetan dan polusi kendaraan

Nah, itu yang jarang Anda dapatkan jika tinggal di kota. Saat kita berlibur disini pada dasarnya tidak ada kemacetan dan kebisingan kendaraan, karena seperti yang sudah admin sampaikan di atas, kendaraan bermotor tidak diperbolehkan disini, alat transportasi satu-satunya adalah sepeda.

Selain sepeda, warga juga menggunakan Cidomo, kereta kuda khas Lombok, Nusa Tenggara Barat.

CidomoCidomo

Di sini Anda bisa menyewa kendaraan tersebut dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 75.000 per hari. Sedangkan Cidomo biayanya sekitar Rp75.000 hingga 100.000 untuk sekali perjalanan tergantung jarak yang akan ditempuh. Kereta ini mampu mengangkut hingga enam penumpang dan mudah ditemukan di kawasan tengah pulau, khususnya di sekitar pasar seberang dermaga.

4. Warga yang ramah dan bersahabat

Oh ya, selain faktor alam, faktor manusia tentunya menjadi salah satu alasan kenapa kita harus berlibur ke Gili Trawangan.

Dimana masyarakat disini sangat ramah terhadap semua orang, terutama para “tamu” yang datang. Masyarakat lokal yang ramah pasti akan membuat Anda semakin nyaman dan betah selama berlama-lama di sini.

Bagi wisatawan yang ragu mencari alamat atau akomodasi, warga setempat dengan senang hati memberikan petunjuk arah.

5. Akomodasi murah

Hal seru lainnya yang membuat semua orang betah berlibur di Gili Trawangan adalah harga akomodasi di sini yang sangat terjangkau. Ada banyak pilihan hotel atau akomodasi berbeda untuk dipilih.

Anda dapat memilih antara hotel, resor, atau vila tepi pantai. Bahkan dari jendela kamar hotel Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam di cakrawala! Misalnya saja Ombak Sunset Hotel yang letaknya di pinggir barat pulau. Hotel bintang empat ini menawarkan pemandangan malam yang menakjubkan.

Akomodasi di Gili Trawangan LombokAkomodasi di Gili Trawangan Lombok

Selain itu, wisatawan yang menginginkan suasana liburan lebih tenang bisa mencoba menginap di La Cocoteraie Ecolodge yang menawarkan konsep glamping atau glamor camping dimana Anda menginap di tenda mewah dengan nuansa khas tropis di pinggir pantai dengan pasir putih dan pohon kelapa. teduh.

La Cocoteraie Ecolodge terdiri dari 8 tenda pribadi dan menawarkan fasilitas mewah seperti WiFi gratis, restoran, dan peralatan snorkeling gratis. Alat selam ini bisa Anda gunakan secara gratis untuk menikmati keajaiban bawah laut di perairan sekitar ketiga Gili (Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air).

Karena lokasinya yang jauh dari pusat keramaian dan ditambah dengan suasana penginapan ala padepokan di pinggir pantai, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam bersama teman, pasangan, atau keluarga tercinta.

Masih banyak pilihan akomodasi lainnya, seperti Intan Inns Hostel yang menawarkan hotel murah mulai dari Rp 249.000. Hotel ini terletak di dekat pantai.

Ada pula Bale Sasak Bungalows, penginapan budget mulai dari Rp 200.000 yang memiliki kolam renang dan Wi-Fi gratis.

Menutup

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami bagikan mengenai tempat wisata Gili Trawangan Lombok. Semoga bisa menjadi inspirasi liburan anda selanjutnya. Jangan lewatkan juga: Liburan seru di objek wisata Pantai Senggigi Lombok

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button