Tempat Wisata

Pusuk Buhit, tempat terbaik menikmati keindahan Danau Toba di Samosir

Pusuk Buhit Samosir menawarkan panorama Danau Toba yang menakjubkan dari atas, menjadikannya destinasi sempurna untuk menikmati keindahan alam.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pardugul, Kec. Pangururan, Cab.Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Ingin menikmati keajaiban Danau Toba? Pusuk Buhit adalah tujuan wisata yang sempurna. Tempat ini merupakan destinasi wisata pegunungan yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Danau Toba Samosir di Sumatera Utara.

Selain itu, gunung ini dianggap sebagai tempat lahirnya suku Batak sehingga memiliki nilai sakral bagi masyarakat setempat. Hal ini memberikan kesan misterius pada gunung sekaligus menjadi daya tarik yang unik.

Dikelilingi oleh pohon pinus dan bebatuan besar, terdapat pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, pastikan untuk membaca ulasan lebih lanjut terlebih dahulu.

Daya Tarik Pusuk Buhit

Himbauan Pusuk BuhitFoto oleh Simson Salouw di Google Maps

Beberapa tahun terakhir, objek wisata ini menjadi tujuan utama sebagian besar wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Pasalnya, puncak gunung merupakan tempat menarik untuk menikmati keindahan Danau Toba dari atas. Sebab, ada sejumlah objek wisata yang menarik untuk dijelajahi diantaranya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Keindahan Kaldera Toba

Kawasan wisata Pusuk Buhit terletak di Kabupaten Samosir, begitu pula dengan Bukit Holbung yang juga sangat indah. Puncak gunung ini berada pada sekitar tahun 1972 MDPL dan merupakan puncak tertinggi di sekitar Danau Toba.

Dari puncaknya Anda bisa melihat mahakarya Sang Pencipta berupa Kaldera Toba yang terbentuk beberapa tahun lalu akibat rangkaian letusan Gunung Toba.

Dari atas, Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan Danau Toba, tapi juga melihat bukit-bukit yang menjadi latar belakang danau tersebut.

2. Memiliki kaitan yang kuat dengan sejarah suku Batak

Salah satu daya tarik Pusuk Buhit Samosir adalah adanya kaitan dengan sejarah suku Batas. Banyak orang yang percaya bahwa Si Raja Batak diutus ke bumi oleh Mulajadi Nabolon di kaki gunung Khayangan.

Tak heran jika sebagian besar masyarakat menganggap gunung ini sebagai tempat suci. Karena diyakini dapat memberikan perlindungan dan keberkahan bagi yang menjenguk dan melantunkan doa.

3. Keindahan alam yang sangat mempesona

Daya tarik lainnya adalah keindahan yang disajikan yang luar biasa mempesona. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisatawan bisa mendapatkan panorama Danau Toba dari atas dengan latar belakang perbukitan yang dijamin memanjakan mata.

4. Tunjukkan keindahan matahari terbit

Setelah meluangkan beberapa menit berkendara menuju puncak, Anda pasti tidak akan kecewa. Sebab bukit ini juga menjadi tempat paling cocok untuk melihat keindahan matahari terbit juga dikenal sebagai matahari terbit.

Keindahan dari matahari terbit Apa yang ditampilkan juga sangat tidak biasa dan akan meninggalkan kesan magis tersendiri. Jangan lupa abadikan momen indah matahari terbit dengan kamera kesayangan Anda.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pusuk BuhitFoto oleh Hardiyan di Google Maps

Kawasan wisata Pusuk Buhit terletak di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk mengunjungi kawasan ini, Anda bisa menetapkan titik awal, dimulai dari kota Medan.

Setelah itu bisa menuju Kabupaten Karo, lalu dilanjutkan ke Sidikalang di Kabupaten Dairan, dilanjutkan ke Menara Tele dan menuju Pangururan. Perjalanan harus dilakukan melalui jalur laut untuk mencapai kota Parapat.

Selanjutnya Anda bisa menuju pelabuhan Tigaraja untuk menuju pelabuhan Tomok. Gunakan jalur bus darat untuk sampai ke Pangururan. Kemudian Anda mencapai tujuan Anda.

Biaya masuk dan jam buka

Hampir seperti tempat wisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, wisatawan juga dikenakan biaya masuk. Biaya masuk per orang relatif terjangkau, Rp 10.000.

Selain tiket masuk, terdapat biaya lainnya yaitu Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp 10.000 untuk parkir mobil. Tiket masuk dan biaya parkir dapat berubah, sehingga Anda harus menghubungi pihak yang berwenang.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Pusuk BuhitFoto oleh Rudi Chandra Sambas di Google Maps

Ada sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di puncak gunung. Jika Anda bingung, perhatikan beberapa aktivitas berikut ini:

Trekking

Trekking merupakan aktivitas paling populer di Pusuk Buhit Samosir. Perjalanannya sendiri cukup menantang dan berkelok-kelok untuk menuju puncak gunung sehingga menjadi tantangan tersendiri.

Tapi jangan khawatir! Selama melakukan aktivitas trekking Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Dengan cara ini kami menjamin kelelahan akan dibayar secara tunai.

Berkemah di sekitar Pusuk Buhit

Jika ingin menikmati keindahan Pusuk Buhit dengan cara berbeda, ikutilah kegiatan berkemah. Dengan udara yang segar dan suasana yang damai, Anda pasti akan tidur nyenyak saat berkemah.

Difoto

Belum lengkap rasanya sudah sampai ke puncak namun tidak mengabadikan momen berada di sana. Selain itu, hampir setiap sudut puncak menawarkan panorama yang estetis sehingga sangat cocok untuk digunakan latar belakang difoto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pusuk BuhitFoto oleh Najam di Google Maps

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata dan sekitarnya relatif lengkap sehingga dapat menunjang aktivitas wisata pengunjung. Misalnya saja ada toilet, musala, dan restoran.

Ada juga akomodasi dengan harga berbeda. Saat menginap di penginapan tersebut kamu akan dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa, sehingga dijamin tidak akan pernah bosan.

Selama berlibur di tempat ini, wisatawan diimbau untuk selalu menjaga sikap. Selain itu, tempat ini juga dianggap suci oleh masyarakat setempat karena diyakini sebagai tempat lahirnya suku Batak.

Keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir sudah dikenal mendunia sehingga banyak yang menjadikannya sebagai tujuan wisata. Jika Anda ingin menikmati keindahannya dengan cara lain, silakan datang ke puncak Pusuk Buhit di Samosir dan persiapkan daya tahan tubuh Anda untuk pendakian.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button