Berita Wisata

Tempat Wisata Terpopuler di Mojokerto Yang Wajib Dikunjungi

Merdeka.com – Rekomendasi tempat wisata di Mojokerto berikut ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkunjung ke sana. Mojokerto merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang letaknya tidak jauh dari Surabaya. Mojokerto juga dikenal sebagai kota terkecil di Indonesia, karena hanya memiliki luas 16,47 kilometer persegi.

Meski tergolong kota kecil, Mojokerto tetap menawarkan nilai wisata yang tidak kalah dengan kota besar lainnya. Seperti diketahui, Mojokerto juga memiliki beragam tempat wisata yang ikonik dan instagramable, cocok untuk para pecinta petualangan dan selfie. Jadi, tidak perlu khawatir bosan saat berkunjung ke sini!

taboola di tengah artikel

Dilansir dari berbagai sumber, dibawah ini kami akan memberikan 6 rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang layak untuk Anda kunjungi. Semoga membantu!

2 dari 4 halaman

1. Bukit Putih Kayoe

Tempat wisata rekomendasi pertama di Mojokerto adalah tempat yang bernama Bukit Kayoe Putih. Bukit Kayoe Putih merupakan tempat wisata yang baru dibuka pada Juni 2021 di kota ini. Tak heran, banyak wisatawan yang penasaran dan pergi ke sana.

Bukit Kayoe Putih menawarkan pemandangan indah berupa taman hijau yang asri dan menyejukkan mata. Pemandangan alam yang berpadu dengan spot foto yang instagramable, ditambah resto dan kolam renang menjadikannya tempat nongkrong yang populer.

Di sini pengunjung bahkan bisa melihat proses pembuatan minyak kayu putih. Terletak di Desa Kupang, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Bukit Kayoe Putih buka setiap hari dengan harga tiket yang terjangkau yaitu sepuluh ribu rupiah untuk dewasa dan lima ribu rupiah untuk anak-anak.

2. Maha Vihara Mojopahit

Maha Vihara Mojopahit adalah wisata rekomendasi kedua di Mojokerto yang harus Anda kunjungi. Area pemujaan Buddha yang sakral dan dihormati ini istimewa karena memiliki patung Buddha berbaring raksasa.

Patung Buddha ini menjadi magnet untuk menarik wisatawan, karena bentuknya hampir mirip dengan Thailand dan Nepal. Terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tempat ini tidak boleh Anda lewatkan.

3 dari 4 halaman

3. Masjid Raya Al-Fattah

Jika Anda menyukai wisata spiritual seperti ini, jangan lewatkan Masjid Raya Al-Fattah. Sebagai masjid tertua di kota Mojokerto, bangunan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1877 M, mengutip laman mojokertokota.go.id.

Masjid Agung Al-Fattah dibangun pada masa pemerintahan Kromodjojo Adinegoro III atau Raden Ersadan. Ia diangkat oleh pemerintah kolonial Belanda menjadi bupati pertama (bupati zaman penjajahan Belanda) Mojokerto yang memerintah pada tahun 1866-1894.

Perpaduan budaya Islam Timur Tengah dan Majapahit masih bisa Anda lihat di bangunan masjid ini. Terletak di seberang Alun-Alun Kota Mojokerto, tepatnya di Desa Kauman, Kecamatan Prajurit Kulon, Masjid Raya Al-Fattah mampu menampung hingga 5.500 jamaah.

4. Tahura Raden Soerjo

Tempat wisata di Mojokerto yang direkomendasikan keempat adalah Tahura Raden Soerjo. Taman Hutan Raya atau Tahura Raden Soerjo merupakan kawasan pelestarian alam (KPA) yang terletak di kompleks pegunungan Arjuno-Welirang-Anjasmoro. Taman hutan ini memiliki udara yang segar dan pemandangan hijau yang asri, cocok untuk dijadikan tempat sembuh.

Di Tahura Raden Soerjo terdapat sumber air panas, air terjun dan sejumlah satwa liar seperti kera dan burung, mengutip laman tauraradensoerjo.or.id. Tahura ini mencakup beberapa kabupaten di Jawa Timur. Diantaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu.

Dari masing-masing kelurahan dan kota tersebut, masing-masing memiliki akses yang berbeda untuk menuju Tahura de Raden Soerjo, termasuk Mojokerto. Terkenal sebagai tempat rekreasi pendidikan, Tahura Raden Soerjo juga berstatus hutan lindung.

4 dari 4 halaman

5. Taman Air (Waterland Mojokerto)

Waterland Park (Taman Air Mojokerto) adalah tempat wisata rekomendasi kelima di Mojokerto yang bisa dikunjungi. Tempat wisata akuatik ini sangat cocok bagi anda yang membawa anak-anak. Dijamin, liburan akhir pekan bersama si kecil makin seru di sini.

Menjadi salah satu destinasi rekreasi favorit bagi penduduk Mojokerto dan sekitarnya, Waterland Mojokerto menawarkan berbagai wahana air, mulai dari waterpark, taman bermain hingga tempat kuliner untuk mengisi perut yang lapar setelah bermain seharian.

Beralamat di Jl. By Pass Mojokerto No. Km. 54, Kedungpring, Jampirogo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Waterland Mojokerto buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB. Biaya masuknya tiga puluh ribu rupiah per orang.

6. Taman Ghanjaran

Tempat wisata di Mojokerto yang direkomendasikan keenam adalah Taman Ghanjaran. Terletak di Jl. Raya Tretes – Trawas No.88, Sukorame, Ketapanrame, Mojokerto, Taman Ghanjaran merupakan destinasi wisata yang cukup populer digemari oleh masyarakat sekitar.

Ada banyak spot selfie yang tersedia, cocok untuk kamu yang ingin mempercantik postingan media sosial. Anda juga dapat melihat Gunung Welirang dan Gunung Penanggung sebagai latar belakang lanskap taman di siang hari dan lampu warna-warni di malam hari.

(mdk/edl)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: m.merdeka.com

Related Articles

Back to top button