Tempat Wisata

Bunut Ngengkang, pemandian alam di Lombok Barat yang penuh pesona

Bunut Ngengkang merupakan sebuah resor alam menakjubkan di Lombok Barat yang menawarkan kekayaan pesona alam dan suasana asri yang menyegarkan.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Buwut Benar, Sesaot, Kecamatan. Narmada, Kab.Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Bunut Ngengkang, tempat wisata populer di Lombok Barat, menawarkan keindahan alam dan suasana yang indah. Konsep wisatanya unik, yaitu pemanfaatan air sungai yang sangat jernih.

Pengunjung bisa bermain atau berenang di air sambil menikmati keindahan alam. Lokasinya yang masih berada di lereng pegunungan sehingga terlihat asri.

Nama Bunut sendiri sebenarnya berasal dari pohon beringin besar yang mengelilingi tempat tersebut. Bentuknya yang agak terbelah memberinya julukan Ngangkang atau mengangkang.

Terlepas dari namanya, tidak dapat dipungkiri bahwa tempat wisata di Bali ini selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Masih baru, baru diresmikan pada tahun 2019. Namun pengelolaannya cukup baik dan profesional sehingga tersedia berbagai fasilitas lengkap.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Keberadaan spot foto menjadikan kunjungan ke tempat rekreasi lokal ini semakin berharga. Apalagi bagi Anda yang gemar fotografi, banyak pesona dan keindahan alam yang bisa dijadikan backdrop.

Daya Tarik Bunut Ngengkang

Daya Tarik Bunut NgengkangFoto oleh Mardi Kidang di Google Maps

Lombok Barat selalu menawarkan tempat wisata yang layak dikunjungi untuk memperkaya liburan Anda. Anda dapat mengunjungi tur ini dan menjadikannya prioritas utama. Pasti ada alasannya direkomendasikan, yakni karena daya tariknya.

Kolam alami yang jernih

Tempat wisata di Lombok Barat ini mengusung konsep kolam renang alami yang menyegarkan. Ini juga menjadi salah satu atraksi utama dimana pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas air yang menyenangkan.

Selain itu, arusnya tidak terlalu deras sehingga berenang relatif aman. Terdapat kolam yang dirancang khusus dengan air yang sangat jernih. Selain kolam alami, Bunut Ngengkang Lombok Barat juga memiliki kolam buatan yang tak kalah indahnya.

Aliran air pegunungan masih digunakan sehingga airnya tetap jernih. Kolam ini dilengkapi dengan pembatas yang menjamin air tetap penuh karena selalu mengalir. Wisatawan bisa memilih di kolam mana untuk berenang atau bermain tergantung kedalamannya.

Suasana yang bagus dan sejuk

Seperti disebutkan di atas, Bunut tidak lain adalah pohon beringin dalam bahasa setempat. Sungai yang mengalir indah ini dihiasi dengan pepohonan tinggi dengan dedaunan yang rimbun.

Selain itu, beberapa pohon dengan jenis berbeda juga turut melengkapinya, kondisi ini membuat tempat wisata tampil semakin asri dan menenangkan. Kawasan wisata Bunut Ngengkang terletak di dalam hutan sehingga tidak heran jika dikelilingi oleh banyak tumbuhan hijau.

Saat Anda mandi dan merasakan kesegaran airnya, Anda bisa melihat bagaimana suasana hijau menambah kesegarannya. Alhasil, objek wisata populer ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Jalur sepeda khusus

Di Bunut Ngengkang, Lombok Barat, tidak hanya terdapat kolam pemandian saja, namun masih banyak atraksi utama yang perlu Anda ketahui. Sebut saja jalur khusus bagi yang suka bersepeda rekreasi.

Anda bisa mengayuh sepeda secara perlahan sambil menikmati keindahan alam dan suasana hutan yang rimbun. Jalur ini mengikuti aliran sungai sehingga semakin menarik untuk dicoba.

Spot foto yang menarik

Daya tarik Bunut Ngengkang selanjutnya adalah terdapat beberapa spot foto yang bisa dijadikan background. Sebenarnya semua keindahan dan suasana di sini cocok untuk fotografi.

Sebut saja kerapatan hutan dengan berbagai jenis vegetasi hijau. Ada berbagai macam tanaman berbunga indah yang semakin mempercantik pemandangan.

Belum lagi terdapat spot foto berupa properti khusus. Meski terkesan sederhana, namun ayunannya membuatnya semakin cocok untuk fotografi.

Ayunan ini menghadap langsung ke sungai dan hutan rindang. Ada pula tempat khusus berupa rumah pohon yang lokasinya juga menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bunut NgengkangFoto oleh Dewi Suhendri di Google Maps

Bagi peminat dan pengunjung : Kawasan wisata Bunut Ngengkang terletak di Buwut Sejati, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Jauh banget, harus menempuh perjalanan jauh kalau berangkat dari Alun-alun Tastura. Jaraknya sekitar 27 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 50 menit.

Namun konektivitas jalannya sangat baik dan memadai, dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau penyedia jasa travel.

Rute terbaik dan tercepat saat meninggalkan pusat kota adalah menuju Jalan Gajah Mada terlebih dahulu. Selanjutnya silakan menuju Jalan Puyung lalu Jalan Raya Mantang hingga tiba di Taman Narmada.

Jalur selanjutnya menuju Bunut Ngengkang adalah mengikuti jalur sepanjang Jalan Suranadi lalu menuju Jalan Sesaot dimana objek wisata tersebut berada.

Meski tidak terlalu padat, namun terdapat pemukiman warga di sekitar lokasi. Oleh karena itu disarankan untuk bertanya langsung kepada warga sekitar yang terkenal ramah.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata populer di Lombok Barat ini baru dibuka pada tahun 2019 ini dengan tujuan yang sangat mulia. Warga sekitar memanfaatkan aliran sungai yang jernih untuk menarik wisatawan.

Dana yang diperoleh nantinya akan digunakan untuk membangun musala sebagai tempat ibadah. Oleh karena itu, harga tiket masuk Bunut Ngengkang di Lombok Barat sangat terjangkau. Anda hanya perlu menyediakan sejumlah uang sebesar 2.000 rupiah per orang.

Biaya tambahan hanya berlaku bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi. Siapkan uang 5.000 rupiah jika membawa sepeda motor, sedangkan untuk mobil 10.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Bunut NgengkangFoto oleh Putu Sutari di Google Maps

Berdasarkan pembahasan mengenai objek wisata di atas, dapatkah anda membayangkan kondisi dan situasi objek wisata tersebut? Dari segi aktivitas tentu banyak hal yang bisa dilakukan. Anda bisa bermain air, mencari spot foto, berjalan-jalan bahkan bersepeda santai.

1. Menikmati pesona alam yang indah

Tidak dapat dipungkiri jika Bunut Ngengkang mempunyai keindahan alam yang mempesona di antara daya tariknya. Keadaan ini sayang jika dilewatkan begitu saja, pasti harus menikmatinya.

Anda bisa duduk santai di paviliun, berjalan-jalan di sekitar venue atau menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

2. Berenang merasakan kesegaran di Bunut Ngengkang

Siapapun yang datang ke Bunut Ngengkang pasti tidak akan bisa menolak airnya yang sangat jernih dan menyegarkan. Tujuan sebagian besar wisatawan tidak lain adalah berenang dan bermain air.

Selain itu, terdapat dua pilihan kolam yaitu kolam alami dan buatan. Silakan sesuaikan kedalaman air dengan kemampuan atau kemampuan berenang Anda.

3. Bersepeda santai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kawasan wisata Bunut Ngengkang menawarkan jalur khusus bagi Anda yang gemar bersepeda. Aktivitas ini bisa Anda lakukan sambil menikmati udara segar dan suasana asri.

Anda tidak perlu membawa sepeda sendiri karena Anda dapat menyewanya dari staf. Jalur yang menyusuri sungai membuat aktivitas ini semakin seru.

4. Carilah spot foto

Kesempatan berfoto yang ditawarkan objek wisata populer di Narmada ini semakin melengkapi aktivitas yang tersedia. Pesona alamnya layak dijadikan background konten foto atau video.

Anda bisa menggunakan ayunan sambil bersantai dan sedikit berpose. Anda juga bisa menggunakan gazebo unik beratap jerami atau rumah pohon.

5. Berjalan-jalan di sekitar tempat wisata

Aktivitas menarik berikutnya di Bunut Ngengkang Lombok Barat adalah jalan-jalan keliling tempat wisata. Padahal, pengunjung umumnya lebih suka berenang, mandi, atau bermain air.

Ada juga yang tujuan utamanya mengabadikan momen secara sadar. Namun, tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan di lokasi dan menikmati suasana segar dan asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bunut NgengkangFoto oleh 태양과달 di Google Maps

Meski baru dibuka beberapa tahun dan dikelola secara mandiri oleh warga sekitar, namun fasilitas di sini cukup lengkap. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda bisa memanfaatkan lahan parkir yang luas.

Terdapat pula musala yang dibangun dari hasil kolam alami ini. Fasilitas lainnya antara lain toilet, warung, spot foto dan masih banyak lagi.

Saya rasa hanya itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Lombok Barat yang paling populer ini. Bunut Ngengkang menawarkan beragam obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Selain itu, harga tiketnya murah, fasilitasnya lengkap, dan banyak juga aktivitas menarik dan seru yang bisa Anda lakukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button