Tempat Wisata

Berikut adalah daftar 9 tempat wisata di Tegal

Tegal adalah nama sebuah kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Ibukota Kabupaten Tegal sendiri adalah Slavia. Ada 10 tempat wisata di Tegal yang bisa dijelajahi baik di Kabupaten Tegal maupun Kota Tegal. Salah satu tempat wisata di Tegal yang paling populer adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat musim kemarau.

Berikut adalah daftar 10 tempat wisata populer di Tegal yang sangat cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan.

10 hal yang dapat dilakukan di Tegal

Rangkaian wisata Tegal di bawah ini adalah yang sering dikunjungi warga sekitar.

Pemandian air panas Guci

Pemandian air panas GuciPemandian air panas Guci

Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat populer di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Pemandian air panas ini terletak di Dusun Pekandangan, Desa Rembul, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki keunikan berupa sumber mata air panas yang keluar dari kaki Gunung Slamet.

Pemandian air panas ini memiliki tingkat suhu yang berbeda-beda. Masyarakat percaya bahwa air yang berasal dari mata air panas Guci dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain pemandian air panas, pemandangan di sekitar Guci juga sangat menarik karena terletak di kaki Gunung Slamet. Sehingga rasa sejuknya udara pegunungan sangat terasa.

Pantai Purwamba yang indah

Pantai Purwamba yang indahPantai Purwamba yang indah

Letak Kabupaten Tegal yang berada di pinggir Pulau Jawa menjadikan kabupaten ini memiliki beberapa pantai yang beberapa di antaranya dijadikan sebagai tempat wisata karena pemandangannya yang indah. Salah satu objek wisata pantai di Tegal adalah Pantai Purwahamba Indah.

Pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap mulai dari waterpark, kolam renang, mini train, pedal boat, paviliun, cafe dll. Pantai Purwahamba Indah memiliki warna yang indah dimana air pantainya begitu biru jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar dan ombak yang tidak terlalu besar. garis pantai dengan pohon kelapa yang rimbun.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan lokasinya di jalan raya Tegal – Pemalang km 14.

Pantai alam yang indah (PAI)

Pantai alam yang indahPantai alam yang indah

Ada banyak hal yang alami dan indah untuk dilakukan di Tegal. Pantai alam yang indah ini juga menawarkan wisata yang asik di dalamnya. Beberapa fasilitas menarik telah dibangun di lokasi Kompleks Pantai Alam Indah, seperti Waterboom dan Monumen Laut.

Pantai alam yang indah ini terletak di Jalan Sangir, Desa Mintarag, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal. Lokasi sangat strategis dan view pantai yang bagus dan bersih menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, di kompleks ini terdapat museum bahari yang menjadi icon kota Tegal itu sendiri.

Jika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan menemukan sejumlah warung tenda di pinggir pantai yang menjual berbagai macam makanan khas Tegal seperti nasi lengko, kupat senang, tahu aci, sate kerang dan berbagai jenis minuman murah dan enak.

Kami menyarankan Anda untuk mengunjungi pantai ini di pagi dan sore hari karena tempat ini menawarkan pemandangan yang sejuk. Jika Anda berjalan di siang hari, terik matahari akan membakar tubuh Anda karena pantai ini terletak di Hot Coast yang terkenal.

Waduk Cacaban

Waduk CacabanWaduk Cacaban (c) @amelia_iswanto

Waduk Cacaban merupakan objek wisata yang indah di Kabupaten Tegal. Melihat ke dalam waduk ini adalah bangunan waduk yang dibangun sejak tahun 1952 dan peletakan batu pertama oleh Presiden Soekarno.

Waduk Cacaban sebenarnya memiliki fungsi utama sebagai sistem irigasi bagi persawahan di sekitarnya. Namun juga dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Tegal sebagai objek wisata yang sangat potensial.

Kemudian Waduk Cacaban berkembang menjadi objek wisata. Hal ini dibuktikan dengan dibangunnya beberapa fasilitas di sekitar waduk seperti camping ground, taman bermain anak, panggung hiburan, floating stand, boat tour, dll.

Air Terjun Putri

Air Terjun PutriCurug Putri (c) @eko_rudiyan13

Curug Putri juga memiliki pemandangan yang indah, berupa air terjun di tengah pepohonan yang rindang. Air terjun ini tidak setinggi Curug Cantel. Curug Putri tingginya hanya 25 meter.

Curug Putri terletak di perbatasan dua kabupaten, antara Tegal dan Brebes. Untuk mencapai Curug Putri sangatlah mudah. Bagi Curug Putri yang menjadi objek wisata di Tegal tidak pernah sepi pengunjung.

Curug Cantel Bumiyawa

Curug Cantel BumiyawaCurug Cantel Bumijawa (c) @dwiyulianto9024

Curug Cantel Bumijawa memiliki pemandangan indah berupa air terjun atau riam dengan ketinggian 60 meter. Pada ketinggian ini, air yang jatuh akan sangat deras. Tidak disarankan untuk mandi langsung di bawah air terjun.

Namun sayang, masyarakat umum tidak bisa menikmati keindahan Curug Cantel Bumijawa karena lokasi objek wisata ini tersembunyi. Curug Cantel Bumijawa terletak di Dusun Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa – Kabupaten Tegal. Akses menuju tempat wisata ini juga masih sulit karena Anda harus melacak hingga 400 meter dari jalan raya.

Baca juga: Bukit Baper Bumiyawa

Wahana air di Gerbang Mas Bahari

Taman Air Bahari TegalTaman Air Bahari Tegal (c) @bahari_wp

Waterpark Gerbang Mas Bahari merupakan salah satu objek wisata di kota Tegal. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga, terutama saat musim liburan. Di tempat-tempat tersebut terdapat berbagai jenis wahana yang siap dinikmati oleh anak-anak.

Hanya dengan tiket Rp 15.000 di hari biasa atau Rp 25.000 di hari Sabtu, Minggu dan hari libur, Anda sudah bisa menikmati berbagai permainan air seperti kolam renang, kolam ombak, kolam renang anak, dll. Lokasi tempat wisata di Tegal, kota ini terletak di sebelah terminal bus kota Tegal.

Danau Cempaka

Danau CempakaDanau Cempaka (c) @mhmmdbede_

Danau Cempaka terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Danau Cempaka memiliki suasana yang indah menghadap ke danau di tengah pepohonan yang rindang.

Tempat wisata ini cukup ramai pengunjung. Luas Danau Cempaka adalah 15 meter persegi dan digunakan oleh penduduk setempat untuk irigasi di persawahan di sekitarnya.

Gua Lawe

Wisata Gua Lawe di TegalGua Lawe (c) @geowisatagua7

Obyek wisata Gua Lawe ini terletak di desa Harjowinangun, Balapulang, atau sekitar 20 kilometer dari kota Slawi. Gua Lawe sendiri diyakini berusia ratusan tahun. Peneliti sejarah menyimpulkan bahwa Gua Lawe berfungsi sebagai tempat pertapaan para penguasa atau raja-raja di Kerajaan Mataram, sehingga tidak banyak orang yang mengunjungi gua ini.

Dari sekian banyak tempat wisata di Tegal, mana yang paling Anda sukai? Jika Anda sedang berkunjung ke Tegal atau punya teman di Tegal, jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi tempat-tempat indah yang disebutkan di atas.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button