Tempat Wisata

Lihatlah pesona Curug Semirang, air terjun mistis di Semarang

Temukan keajaiban Curug Semirang, air terjun mempesona di Semarang yang menawarkan pesona alam menakjubkan dan dikelilingi berbagai mitos menarik.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Kecamatan Ungaran Barat, Kab.Semarang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Mendengar namanya Curug Semirang saja sudah bisa menggambarkan letak geografisnya yang menawan.

Sebagai destinasi wisata yang menarik perhatian warga sekitar dan pecinta alam, Curug Semirang di Ungaran Kota Semarang bukan lagi rahasia yang disembunyikan.

Tempat ini setiap hari menyambut ratusan orang yang datang kesini untuk menikmati keindahan dan kesegaran alam.

Mulai dari air terjun yang mempesona hingga aktivitas petualangan seperti trekking dan berkemah, Curug Semirang menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan.

Namun, penting bagi Anda untuk memilih waktu berkunjung yang tepat, terutama saat musim liburan ketika jumlah pengunjung bisa meningkat drastis, untuk menikmati sepenuhnya kejernihan dan keindahan alam yang ditawarkan tempat ini.

Daya Tarik Air Terjun Semirang

Daya Tarik Air Terjun SemirangFoto: Google Maps/Revannue Edward Allan

Kolam renang alami

Anda bisa menikmati keindahan air terjun atau berenang di kolam renang alami di sepanjang jalan menuju air terjun.

Pihak pengelola membangun dasar kolam dari batu sungai dan memanfaatkan aliran mata air di sekitar air terjun. Artinya airnya masih terasa segar dan bersih.

Air terjun penyembuhan

Salah satu mitos paling populer tentang air terjun ini adalah bahwa mata air tersebut memiliki kekuatan penyembuhan. Pengunjung yang percaya mitos ini mandi di mata air tersebut selama beberapa jam untuk mendapatkan efek penyembuhan.

Menurut warga setempat, banyak pengunjung yang datang untuk membuktikan kebenaran mitos tersebut. Para pengunjung ini datang untuk berenang dan mengemas air ke dalam botol atau wadah yang mereka bawa.

Air terjun yang tinggi

Air Terjun Semirang memiliki ketinggian 45 m, ketinggian tersebut menjadi salah satu ciri khas air terjun di kawasan Gunung Slamet. Kedua air terjun Lawe dan Benowo dekat Semirang juga cukup tinggi.

Bagi Anda yang menyukai aktivitas menantang, Anda bisa melakukan hiking di sekitar air terjun. Tentu saja, Anda dapat menghubungi manajemen terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang aman.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun SemirangFoto: Google Maps/Natania Nysa

Anda hanya perlu berkendara sejauh 27 km dari pusat kota Semarang menuju Desa Gogik di Jawa Tengah. Di sana Anda akan melihat papan reklame besar sekaligus tempat parkir kendaraan.

Setelah parkir, Anda perlu berjalan kaki sekitar 500 m menuju pintu masuk objek wisata. Anda harus berjalan 1 km lagi menyusuri sungai kecil yang jernih untuk mencapai air terjun.

Biaya masuk per orang adalah Rp.10.000,00. Sedangkan harga tiket parkirnya sebesar Rp5.000,00 untuk mobil dan Rp2.000,00 untuk sepeda motor. Anda bisa mengunjungi objek wisata ini setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan Air Terjun SemirangFoto: Google Maps/Syarif Hasan

1. Berkemah di dekat tempat wisata

Di Air Terjun Semirang terdapat area khusus yang bisa digunakan untuk berkemah. Karena berada di kawasan hutan lindung, banyak keluarga kecil yang juga berkemah di tempat yang sama.

Peralatan berkemah yang diperlukan dapat Anda bawa atau menyewanya kepada pengelola air terjun. Mereka menawarkan berbagai perlengkapan dasar berkemah seperti tenda, kasur udara dan berbagai perlengkapan lainnya.

2. Berenang di Kolam Air Terjun Semirang

Kolam di air terjun ini berbeda dengan tempat lain yang hanya terdapat kolam alami tepat di bawah air terjun. Di Curug Semirang, Anda bisa menikmati aliran air air terjun yang berbentuk seperti kolam renang modern.

Alurnya kolam ini menyerupai aliran alami sungai sehingga membuat Anda serasa berenang di kolam alami. Keunikan lainnya dari kolam ini adalah airnya yang berwarna hijau akibat pantulan dedaunan pepohonan di sekitarnya. Air kolam akan tetap terasa dingin meski cuaca terlihat bagus atau bahkan panas.

3. Bersantai di Café Semirang

Tempat usaha katering tidak bisa dipisahkan dari kawasan wisata. Seperti kafe Semirang yang ada di air terjun ini.

Anda bisa menikmati berbagai jajanan khas Semarang seperti tahu pong dan pisang goreng. Minuman panas dan dingin juga banyak tersedia untuk menyegarkan tubuh setelah hiking dan berenang.

4. Berfoto di rumah pohon

Salah satu objek menarik yang ada di kawasan wisata ini adalah rumah pohon yang bisa Anda jadikan tempat berfoto. Bentuk rumah yang unik dengan latar air terjun Semirang akan membuat foto Anda terlihat berbeda.

Hutan pinus yang mengelilingi air terjun membuat pemandangan di kawasan air terjun semakin indah. Kenangan bisa terus Anda abadikan saat berkunjung ke Semirang bersama keluarga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun SemirangFoto: Google Maps/Timotius Santika

Objek wisata ini memiliki fasilitas umum yang lebih lengkap dan kondisinya terawat. Mulai dari tempat parkir mobil dan motor yang cukup luas. Artinya, jumlah toilet tersebut mampu menampung ratusan pengunjung per hari.

Semirang juga memiliki musala untuk kebaktian gereja. Ada juga banyak tempat istirahat dan paviliun. Jika ingin rehat sejenak dari makan, Anda bisa mencoba makanan di Café Semirang.

Tempat perkemahan di kawasan ini juga cukup luas dan mampu menampung ratusan orang. Anda dapat membawa perlengkapan berkemah sendiri atau menyewanya di lokasi.

Hanya kurang dari satu jam perjalanan dari kota Semarang, Anda bisa menikmati air terjun dan wisata alam di Curug Semirang. Keindahan alam dan udaranya yang sejuk akan membuat Anda lupa kalau di jalur Pantura yang terkenal itu panas.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button