Tempat Wisata

Kolam Alam Air Sanih, pesona berenang alam super jernih di Bali

Kolam Alami Air Sanih, perpaduan harmonis antara pesona kolam alami yang jernih dan kehadiran pura yang memberikan keanggunan Bali.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 07.00 – 17.00 WITA, Alamat: J L. Raya Air Sanih, Bukti, Kecamatan. Kubucepat, Cab.Buleleng, Bali; Map: Periksa lokasinya

Kolam Alam Air Sanih merupakan salah satu tempat wisata di Buleleng yang menampilkan sumber mata air tawar alami di pinggir Pantai Lovina. Air di kolam ini bersih dan jernih. Berasal dari sumber alami sungai bawah tanah. Wisatawan bisa menikmati sensasi kesegaran airnya.

Letak kolam alami ini berada di pinggir Pantai Lovina. Lebih khusus lagi di Buleleng Bali. Keberadaan kolam alami ini bukanlah hal baru. Penduduk setempat sudah mengetahui kolam ini sejak tahun 1930-an. Bahkan ada mitos yang mengatakan siapa pun yang mandi di air kolam alami ini akan mendapatkan jodohnya selamanya.

Itu sebabnya saat musim liburan Anda akan melihat anak-anak muda datang untuk merasakan sensasi segarnya air alami ini.

Wisatawan bisa mengagumi indahnya pemandangan alam di sekitar kolam yang ditumbuhi pepohonan hijau dan luasnya lautan sambil mandi di kolam. Nuansa yang menenangkan jiwa.

Daya tarik Kolam Alam Air Sanih

Daya tarik Kolam Alam Air SanihFoto Kolam Alami Air Sanih di Google Maps

1. Lokasi strategis

Kolam Alam Air Sanih terletak di Kabupaten Buleleng, Bali. Lebih spesifiknya terletak di kawasan Pantai Lovina. Pantai ini menyuguhkan pemandangan eksotis dan dihiasi dengan lumba-lumba yang melompat-lompat di tengah laut. Pantai Lovina memang menjadi habitat lumba-lumba, hewan yang lucu dan pintar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Saat Anda berkunjung ke Pantai Lovina, terdapat sebuah kolam renang tepat di depan pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Itu tepat di pantai. Ya, itulah kolam alami yang dimaksud.

2. Sumber alam

Umumnya air pada kolam renang diisi dari pipa. Namun berbeda dengan kolam alami yang satu ini. Sesuai dengan namanya, mata air alami muncul secara alami dari bawah tanah.

Mata airnya mengalir tiada henti dan memberikan rasa segar. Bebas klorin dan tidak mengandung klorin. Jadi air alami ini sangat menyehatkan. Anda bisa menikmatinya sambil berenang, berendam atau sekedar duduk-duduk di pinggir kolam sambil mencelupkan kaki ke dalam air.

3. Suasana wisata yang enak dan menyenangkan

Di pinggir kolam terdapat beberapa pepohonan hijau rindang yang menciptakan suasana asri. Sembari mandi atau berenang, wisatawan di Pantai Lovina juga menikmati pemandangan laut luas.

Bahkan di momen yang tepat, wisatawan bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba yang kerap muncul ke permukaan sambil melompat-lompat di tengah laut. Tentu saja pesona tersebut akan membuat liburan di Pulau Dewata semakin seru, terutama kolam-kolam alaminya.

4. Klik Tempat Foto

Ada beberapa spot fotografi kekinian yang bisa dijadikan backdrop fotografi. Misalnya di dekat bangunan pura, ada gapura bertanda “Kolam Alam Air Sanih”, pemandangan laut luas dan masih banyak lagi.

Yang terpenting persiapkan kamera terbaik untuk menghabiskan liburan Anda di kolam alami. Bagi wisatawan yang terbiasa memotret dan memotret, biasanya akan mudah menemukan spot foto yang bagus.

5. Air tawar secukupnya

Kolam alami di dekat Pantai Lovina ini memiliki cita rasa air yang segar. Secara umum mata air yang berada di dekat laut cenderung memiliki rasa yang asin. Namun berbeda dengan sumber mata air di Kolam Alam Air Sanih.

Inilah salah satu keunikan kolam alami. Oleh karena itu, tak heran jika wisata ini menambah rasa penasaran pengunjung. Dan digunakan sebagai tempat upacara sakral bagi umat Hindu. Keberadaannya patut untuk dilindungi dan dilestarikan.

6. Terdapat bangunan candi

Di sekitar Kolam Alam Air Sanih terdapat pura yang sering digunakan umat Hindu untuk beribadah. Pasalnya, kolam alami ini sering dijadikan tempat upacara keagamaan umat Hindu.

Namun komunitas muslim juga kerap mengunjungi objek wisata ini untuk merasakan segarnya air alami. Apalagi di hari kedua lebaran, banyak wisatawan muslim yang berbondong-bondong mengunjungi Kolam Air Sanih.

Bahkan, kolam yang memiliki sumber mata air alami ini sering dijadikan sebagai tempat silaturahim antara umat Islam dan Hindu. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Bali menjaga sikap kesetaraan atau toleransi antar umat beragama dan antar suku.

Alamat dan rute menuju lokasi

Daya tarik Kolam Alam Air Sanihfoto dari Berita perjalanan Bali di Twitter

Kolam Alam Air Sanih terletak di Pulau Bali, Kabupaten Buleleng, Kecamatan Kubucepatn. Tepatnya di Jalan Air Sanih, Desa Bukti. Saat Anda mengunjungi Pantai Lovina Anda akan menemukan kolam yang mempesona ini. Anda hanya perlu berjalan kaki dari pantai menuju kawasan wisata.

Kolam Air Sanih terletak di sebelah timur kota Singaraja, berjarak sekitar 17 kilometer. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk mencari rute mudah menuju lokasi.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin menikmati air kolam alami ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk Kolam Alam Air Sanih cukup terjangkau.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Nikmati sensasi kesegaran air yang jernih dan alami. Selain itu, pihak pengelola juga memisahkan kolam untuk dewasa dan anak-anak. Jadi siapapun yang berenang pasti akan merasa nyaman.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Kolam Alam Air SanihFoto Kolam Alami Air Sanih di Google Maps

Berenang

Berenang sepertinya menjadi suatu keharusan saat memasuki kolam alami ini. Rasa segar air yang bersih, jernih, dan bebas bahan kimia tentu sayang jika dilewatkan begitu saja.

Wisatawan bisa berenang sepuasnya. Anda juga bisa sekadar bermain air dengan berendam atau mencelupkan kaki dari tepian kolam. Sambil bermain air, Anda tentunya bisa menikmati pemandangan sekitar yang menakjubkan. Apalagi di Pantai Lovina yang memiliki pasir putih.

Perburuan Foto

Setiap momen liburan Anda pasti akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Salah satu cara untuk mengabadikan kenangan tersebut adalah melalui fotografi. Ada beberapa spot foto menarik di lokasi Kolam Alam Air Sanih.

Biasanya wisatawan tidak melewatkan spot foto di papan beton yang bertuliskan “Kolam Renang Alam Air Sanih Buleleng Bali”. Latar belakang laut yang sejuk dan luas tidak hanya menjadi ciri khas tempat wisata, namun juga menjadi daya tarik untuk diabadikan.

Berjalan menuju pantai

Karena Kolam Alam Air Sanih terletak di dekat Pantai Lovina, wisatawan juga bisa menikmati suasana pantai. Usai beraktivitas di kolam alami, wisatawan bisa berjalan kaki menuju pantai untuk menikmati suasana berbeda sambil merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

Nikmati pemandangan laut

Terbayangkah rasanya berenang sambil menikmati pemandangan hamparan pasir putih dan laut luas yang menenangkan? Ini sungguh hal yang sangat memanjakan.

Pikiran yang semula penat karena aktivitas sehari-hari seakan sirna seketika saat melihat sejuknya keindahan alam. Bahkan, Anda akan betah berlama-lama.

Santai

Usai berenang atau bermain di kolam renang, wisatawan dapat duduk santai di area relaksasi yang telah disediakan. Anda bisa menikmati makan siang sambil bercanda bersama sanak saudara.

Momen liburanmu pasti akan semakin seru. Rasanya seperti datang ke tempat yang sama untuk kedua kalinya.

Nikmati kuliner yang nikmat

Bukan hanya pesona keindahan alam yang terletak di lokasi kolam alami tersebut. Wisatawan juga bisa mencoba makanan khas Bali atau aneka hidangan ikan di restoran terdekat. Anda tidak perlu khawatir tentang harganya. Dealer menawarkan harga terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas kolam alami dari Air SanihFoto oleh Ria Sukma Sari di Google Maps

1. Lokasi parkir

Tempat parkir di Kolam Alam Air Sanih ini cukup luas. Banyak wisatawan yang datang menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

2. Kamar mandi

Fasilitas sanitasi yang ada di lokasi kolam ini dapat digunakan wisatawan untuk mandi setelah mandi di sumber air alami. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sekali menggunakan toilet.

3. Loker gudang

Kegiatan berenang tentunya tidak memerlukan perlengkapan pribadi apapun. Oleh karena itu, agar barang bawaan Anda tetap aman, sebaiknya Anda menyewa loker untuk menyimpan barang bawaan Anda. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk menyewa pintu loker.

4. Sewa mobil

Wisatawan yang tidak bisa berenang tak perlu bersedih. Anda bisa menyewa pelampung dengan harga terjangkau. Yakni pembayaran Rp 15.000 per pelampung.

5. Restoran

Terdapat beberapa restoran di sekitar kolam renang yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Karena letaknya yang dekat dengan pantai, bahkan ada menu memancing.

6. Akomodasi

Jika Anda kurang nyaman menjelajahi kawasan ini, Anda bisa menyewa akomodasi. Karena lokasinya yang dekat dengan Pantai Lovina, wisatawan juga bisa menemukan beberapa resort dengan harga berbeda-beda.

Demikian review hotel di Kabupaten Buleleng Bali. Semoga menjadi referensi bagi anda yang ingin mengunjungi kolam alami ini. Rasa segar dan pemandangan yang mempesona patut untuk dicoba. Liburan yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button