Tempat Wisata

Pantai Empu Rancak Jepara: Objek wisata, petunjuk arah, tiket dan aktivitas

Atraksi, Petunjuk Arah, Tiket dan Aktivitas – Pantai Empu Rancak Jepara merupakan keajaiban alam yang daya tarik utamanya adalah keindahan pantai yang mempesona dan terumbu karang yang eksotis.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Kabupaten Karanggondang. Mlonggo, Kab.Jepara, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Empu Rancak yang masih menawarkan panorama alam membuat pengunjung terpesona. Suasana pantai yang tak pernah membosankan selalu menjadi pilihan liburan.

Biasanya para pelancong datang ke pantai mempesona ini saat liburan akhir pekan. Meski banyak hal yang terjadi di sini, Anda tidak perlu khawatir akan ramai karena garis pantainya yang luas.

Kawasan wisata pantai populer ini menawarkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan. Air laut yang bersih dengan pantai berpasir menjadi tempat utama untuk melakukan aktivitas liburan.

Wisatawan sering bersantai di dekatnya dan menghirup angin sepoi-sepoi. Suasana alam yang terpancar dari pepohonan hijau menjadi daya tarik banyak pengunjung.

Anda bisa berlibur ke pantai dengan membawa perlengkapan seperti kamera. Disana kamu bisa melihat tempat-tempat indah yang sayang untuk dilewatkan sebagai koleksi foto. Tamu yang mampir ke Pantai Empu Rancak juga akan disuguhi tempat untuk berolahraga. Oleh karena itu, jangan ragu lagi dan nikmati keindahan wisata di pantai populer di Jepara ini.

➥ Opentrip 3D2N Karimun Jawa Jepara

Daya Tarik Pantai Empu Rancak

Daya Tarik Pantai Empu RancakFoto: Google Maps / Rifqi Yulianto

Keajaiban terumbu karang

Pantai di Jepara ini sangat indah karena banyak terdapat pecahan karang di kawasan tersebut. Wisatawan yang ingin melihat terumbu karang di bawah air bisa menyelam dengan peralatan sendiri.

Ikan-ikan kecil dengan corak warna-warni juga sering muncul di pesisir pantai saat permukaan laut sedang rendah. Wisatawan bisa mengamati biota ketika mencoba bermain air.

Di sudut lainnya terdapat pohon pandan yang cukup tinggi sehingga menambah keindahan. Panorama pantai semakin rindang dengan beragam tanaman.

Anda yang berada di kawasan tersebut tentu bisa menikmati panorama pepohonan dan terumbu karang. Artinya liburan Anda tidak akan lama, meski Anda datang dari pagi hingga sore hari.

Perahu Memancing

Air pantainya terkenal sangat bersih dan berpasir putih sehingga membuat warna wisatanya semakin indah. Ombak putih di Pantai Empu Rancak pun memberikan efek menenangkan karena tidak terlalu besar meski air sedang pasang. Hal ini menyebabkan banyak warga sekitar yang menjadi nelayan dengan mencari ikan di wilayah laut.

Jika ke kawasan pantai mana pun, pengunjung bisa melihat pelabuhan mini. Banyak perahu nelayan yang berlabuh dan berjejer rapi. Perahu biasanya juga dijadikan spot foto karena sangat melengkapi keindahan air laut.

Budaya pantai

Pantai Empu Rancak masih dipengaruhi budaya Jawa dan Jepara. Hal ini dibuktikan dengan sudah adanya bangunan pendopo dengan motif budaya tersebut. Selain itu, gerbang selamat datang dirancang khusus untuk menampilkan budaya.

Pertunjukan budaya biasanya berlangsung di kawasan wisata pada hari-hari tertentu. Wisatawan yang datang bisa menyaksikan pertunjukannya sambil juga mengagumi replika lain seperti payung khas Jawa.

➥ Tur satu hari Karimunjawa Jepara

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Empu RancakFoto: Google Maps / Teguh Gepeng Prasojo

Pantai Empu Rancak terletak di Desa Karanggondang, Jepara, Jawa Tengah. Kawasan pedesaan tempat pantai ini berada cukup mudah untuk dilalui.

Meski masih ada beberapa jalan yang belum beraspal dan beraspal, Anda tak perlu ragu untuk menuju ke sana. Biasanya angkutan umum masih sedikit, jadi lebih baik membawa mobil atau sepeda.

Penduduk setempat yang tinggal di desa akan menunjukkan rutenya. Wisatawan bisa mencapai Jalan Mlonggo Bondo sekitar 20 menit dengan mobil.

Kemudian belok dan Anda akan menemukan Jalan Empurancak yang letaknya sangat dekat dengan desa. Jalan lurus hingga memasuki desa melalui pintu gerbang yang berada di tengah pantai.

Perjalanannya tidak terlalu jauh, meski bisa dijangkau dari pusat kota. Selain itu, Google Maps banyak digunakan oleh wisatawan saat menuju kawasan resor.

Jika ingin merasakan segarnya suasana pantai, sebaiknya datang pagi hari. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari kemacetan yang biasa terjadi di dekat pantai di kota Jepara.

➥ Hotel murah di Jepara

Tiket masuk Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak menjual tiket masuk dengan berbagai pilihan harga. Pada hari Senin hingga Kamis, tiket masuk diperkirakan gratis karena tidak ada petugas di loket.

Pada hari libur Jumat hingga Minggu, harga tiket hanya Rp 3.000. Wisatawan dapat mengecek harga tiket tetap kepada petugas karena dapat berubah sewaktu-waktu.

Biaya lain yang terkait dengan bermain di pantai ini antara lain sewa ban dan permainan lainnya. Sewa ban mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 tergantung ukuran yang disewa.

Pengunjung yang menggunakan toilet di kawasan wisata juga harus membayar Rp3.000. Biaya yang ditentukan pun tidak mahal, sehingga semua orang bisa berlibur ke sana.

Selain itu, tilang yang teridentifikasi disesuaikan dengan jenis kendaraan wisata. Parkir mobil dikenakan biaya Rp5.000, sepeda motor gratis, dan bus dikenakan biaya Rp10.000 jika parkir di lokasi.

Harga yang tercantum digunakan oleh manajer pengembangan destinasi. Anda juga tidak akan rugi apa pun dengan datang karena hemat biaya.

Aktivitas seru di Pantai Empu Rancak

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Empu RancakFoto: Google Maps / Widodo Ramadyanto

1. Cobalah makanan laut

Pantai Empu Rancak yang kaya akan biota laut sering digarap dan dijual oleh warga sekitar. Di sepanjang pantai, para tamu akan menemukan warung makanan laut.

Olahan makanan lautnya wajib kamu coba, mulai dari kepiting, kerang, hingga ikan. Rasanya yang gurih dan lezat dijamin akan membuat wisatawan senang, apalagi makanan lautnya masih segar dari laut.

2. Joging

Kawasan pantai ini menyediakan tempat khusus jogging track bagi siapa saja yang ingin berolahraga. Pengunjung bisa datang pada pagi hari jika ingin jogging karena udara masih terasa sejuk dan tidak panas.

Biasanya ada beberapa wisatawan yang bersepeda di jalan ini. Suasana pantai di Jepara memang cocok dijadikan sebagai tempat olah raga santai.

3. Lihat matahari terbit

Wisatawan yang ingin melihat matahari terbit di pagi hari bisa menginap di Pantai Empu Rancak yang indah. Matahari yang terbit perlahan menjadi keindahan wisata seiring dengan munculnya kejernihan air laut.

Pengunjung wajib mengambil foto keindahan langit saat matahari terbit. Jika tidak, Anda harus membawa pakaian tebal karena udara pantai terasa dingin di pagi hari.

4. Berenang

Berenang di tepi pantai merupakan kegiatan wajib yang selalu dilakukan baik oleh tua maupun muda. Selain itu, air lautnya yang jernih memiliki ombak yang kecil dan tidak terlalu ganas.

Banyak pengunjung yang berenang dari siang hingga malam hari. Bagi yang masih takut berenang di air laut sebaiknya menyewa ban yang disediakan pengelola setempat.

5. Berburu Foto

Pantai eksotis ini menawarkan spot Instagram yang bagus untuk fotografi. Pemandangan alam di kawasan tersebut menjadi backdrop utama yang selalu dicari.

Selain itu, warna awan saat terang benderang kontras dengan air pantai. Inilah sebabnya mengapa wisatawan selalu ingin mencari tempat berbeda untuk mengambil foto.

6. Santai

Wisatawan yang menikmati deburan ombak sembari menghirup udara segar membuat wisatawan merasa lebih tenang saat berkunjung. Bersantai di tepi pantai memang menjadi pilihan tepat jika ingin rehat sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Anda bisa memilih spot dimana saja untuk menikmati panorama sambil bersantai. Para tamu juga dapat memutar musik saat liburan.

7. Bermain dengan pasir

Bermain pasir di Pantai Empu Rancak menjadi salah satu aktivitas yang wajib Anda coba. Pengunjung bisa menyiapkan cetakan pasir dan bola voli karena area pasirnya tampak begitu luas.

Pasir yang tersebar di sepanjang pantai juga tidak kotor, karena tidak lain adalah sampah. Petugas kerap memantau kebersihan pasir agar para tamu merasa nyaman bermain di sana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Empu RancakFoto: Google Maps / Mbk Puji

Pantai Empu Rancak menawarkan beberapa fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Di kawasan wisata tersedia persewaan ban untuk bermain air laut.

Pengunjung yang kurang pandai berenang di laut bisa menyewa ban berukuran kecil atau besar. Terdapat tempat mencuci yang dijaga khusus oleh petugas pantai.

Kendaraan pribadi yang membawa wisatawan dalam perjalanan menuju destinasi populer ini dapat diparkir di depan properti. Tempat parkirnya terlihat sangat lengkap dan mampu menampung kendaraan apa pun.

Terdapat cottage yang menghadap ke laut di seluruh area rekreasi. Anda bisa duduk dan bersantai di sana bersama kerabat Anda karena jumlahnya banyak.

Pantai yang mempesona ini juga terkenal dengan restoran khas seafoodnya. Penjualnya menjual olahan makanan laut yang masih segar karena langsung dari laut.

Di setiap pantai juga terdapat spot foto dengan latar belakang berbeda-beda. Terdapat musala, namun Anda juga bisa salat di beberapa warung yang banyak tersedia di sana.

Demikian informasi singkat tentang Pantai Empu Rancak yang masih alami di Jepara. Wisatawan yang ingin bermain air dan menikmati panorama bisa menjadikan tempat rekreasi ini sebagai pilihan wisata.

Suasananya memberikan efek menenangkan dan dapat dijadikan tempat bersantai. Itu sebabnya Anda harus mengundang keluarga Anda saat datang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button