Tempat Wisata

Taman Sabda Alam, wisata air terpopuler dengan berbagai wahana menarik di Garut

Temukan keunikan Taman Sabda Alam di Garut yang populer di kalangan pengunjung dengan beragam wahana menarik termasuk kolam bertema dinosaurus yang menawarkan petualangan tak terlupakan bagi para pecinta sejarah prasejarah.

Harga tiket: Rp 45.000, Jam beroperasi: 07.00 – 21.00 WIB, Alamat: Ranbranco, distrik. Tarogong Kaler, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Taman Sabda Alam Garut kini semakin populer di kalangan pecinta wisata. Bagaimana tidak, banyak hal seru yang bersifat atraksi sekaligus aktivitas menyenangkan.

Tempat wisata ini cocok untuk orang dewasa maupun anak-anak. Selain itu, lokasinya yang strategis sehingga tidak sulit untuk menjangkau destinasi wisata kali ini.

Objek wisata di Garut yang menjadi tema utama kali ini berupa wisata air seperti kolam renang. Namun karena banyaknya wahana yang ditawarkan, tempat ini selalu ramai pengunjung baik di hari kerja maupun akhir pekan. Selain itu, tidak hanya pengunjung lokal saja yang datang, namun juga dari luar Kota Garut.

Kabupaten Garut terkenal dengan cuacanya yang dingin karena letaknya yang berada di pegunungan. Hal ini juga menjadi alasan untuk berkunjung, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

Cuaca dingin dan udara sejuk pasti akan Anda rasakan saat berlibur. Jika Anda tidak tahan dengan cuaca dingin, sebaiknya kenakan pakaian tebal atau jaket.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Taman Sabda Alam

Atraksi Taman Sabda AlamFoto oleh Redi Rama di Google Maps

Setiap objek wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang dijadikan alasan bagi wisatawan termasuk Taman Sabda Alam. Berbagai atraksi kali ini masih berkaitan dengan wahana air, berikut ulasan lengkapnya!

Kolam bertema dinosaurus

Bukan sekedar kolam yang digunakan untuk berenang, namun objek wisata Taman Sabda Alam ini mempunyai tema yang berbeda dibandingkan tempat lainnya.

Temanya adalah dinosaurus, memberikan pengunjung perasaan hidup di zaman kuno. Berbagai patung dinosaurus menghiasi kolam ini dengan ukuran berbeda-beda.

Selain itu fasilitasnya juga cukup lengkap. Termasuk perosotan setinggi 12 meter dengan kecepatan penuh dan air mengalir.

Dekorasi lain yang melengkapi tema yang diberikan adalah air terjun buatan. Meski tidak terlalu besar, namun pengunjung merasakan keseruan saat berenang.

Kolam ombak

Taman Sabda Alam tidak hanya mengusung tema unik, tapi juga kolam ombak yang dijamin seru. Memang hanya ombak buatan, namun saat mandi di dalamnya, Anda serasa berenang di laut. Ada enam tingkat gelombang dengan waktu kemunculan acak.

Jenis gelombang tertinggi bisa berbahaya bagi anak-anak. Oleh karena itu, selalu temani mereka saat memasuki kolam ombak ini. Demi keamanan, disarankan agar Anda menggunakan ban untuk membantu Anda tetap bertahan meski dalam kondisi ombak besar.

Letaknya di kaki Gunung Guntur

Tak bisa dimungkiri, lokasi Taman Sabda Alam yang berada di kaki Gunung Guntur menjadikannya daya tarik tersendiri.

Cuaca yang sejuk dan menyenangkan dengan hiasan pohon rindang di sekitar lokasi membuat liburan semakin menyenangkan. Apalagi saat Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan dalam perjalanan menuju lokasi.

Selain pemandangan Gunung Guntur, ada juga Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray yang menghiasi indahnya pemandangan.

Meski cuacanya dingin, banyak pengunjung yang tidak kedinginan saat berenang di lokasi. Pasalnya, sumber air untuk mengisi kolam tersebut adalah air hangat Gunung Guntur.

Naik seluncuran air

Hampir setiap kolam renang dilengkapi dengan seluncuran air sebagai daya tariknya. Hal serupa juga terjadi pada pengelola Taman Sabda Alam Garut, bahkan lebih dari satu kali.

Untuk menggunakan permainan ini harus sesuai usia. Pasalnya, seluncuran air tergolong wahana berbahaya bagi anak-anak pada usia tertentu.

Kolam busa

Bagi yang bosan bermain air atau berenang, objek wisata keluarga ini menyediakan kolam busa. Sesuai dengan namanya, isi utama kolam bukanlah air, melainkan busa.

Tak sedikit pengunjung yang asyik menyemprot temannya dengan busa. Jika Anda membawa anak-anak, bisa dipastikan liburan mereka akan semakin seru dengan wahana busa ini.

Sayangnya wahana ini hanya dibuka pada tanggal merah saja. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mandi busa bersama rombongan, ada baiknya Anda memutuskan sehari sebelum kunjungan Anda. Selain itu, kolamnya tidak terlalu luas sehingga bisa ramai jika pengunjungnya banyak.

Alamat dan rute menuju lokasi

Harga tiket Taman Sabda AlamFoto oleh Sugiarto K Sarip di Google Maps

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lokasi Taman Sabda Alam cukup strategis yaitu di Ranbranko, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat. Karena letaknya yang strategis, banyak rute yang bisa dipilih. Misalnya jika Anda datang dari Bandung, silakan gunakan jalan tol yang mengarah ke kawasan Rancaekek.

Dari tempat ini lanjutkan perjalanan hingga mencapai Nagrek. Jika menemui pertigaan menuju Tasikmalaya, ambillah jalur yang benar menuju Garut.

Tak jauh dari titik ini, terdapat pertigaan yang mengarah ke Kecamatan Tarogong. Dari lokasi ini, silakan ikuti rambu di seberang jalan hingga tiba di tempat wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Sesampainya di Taman Sabda Alam, jangan lupa menyiapkan sejumlah uang untuk membeli tiket masuk. Jika Anda datang pada hari aktif dan hari libur, terdapat perbedaan harga. Untuk hari aktif atau weekdays, tiket yang berlaku adalah 45.000 rupiah. Jika Anda datang berlibur, siapkan uang sebesar 60.000 sebagai tiket masuknya.

Perlu diketahui bahwa tiket masuk hanya berlaku untuk orang dengan tinggi badan di atas 80 cm. Jika Anda datang membawa anak-anak yang tinggi badannya di bawah tinggi yang ditentukan, mereka dapat masuk secara gratis tanpa membeli tiket.

Sebenarnya harga tersebut tidak terlalu mahal mengingat wahana yang ditawarkan cukup lengkap dan bisa Anda nikmati semuanya hanya dengan sekali pembayaran.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Taman Sabda AlamFoto oleh Saepudin Saepudin di Google Maps

Ada banyak aktivitas seru baik untuk anak-anak maupun orang dewasa saat berkunjung ke Taman Sabda Alam. Anda mungkin mengira semua aktivitas masih melibatkan air, padahal tidak demikian.

Ada beberapa aktivitas yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan air. Di bawah ini ikhtisar lengkap aktivitas seru yang bisa Anda lakukan!

1. Bersenang-senang berenang dan bermain air

Aktivitas menarik pertama tentu saja berenang. Tujuan utama para pengunjung yang datang pastinya untuk merasakan sensasi berenang di tempat wisata keluarga Taman Sabda Alam.

Apalagi jika kolam renang yang disediakan lengkap. Untuk anak-anak harap menggunakan kolam khusus yang airnya dangkal.

Untuk orang dewasa atau orang dengan tinggi badan cukup, gunakan kolam dewasa yang lebih dalam. Setiap kolam dilengkapi dengan fasilitas tersendiri.

Kolam renang anak misalnya, memiliki seluncuran air mini dan ember penampung. Ada lagi pancuran yang dijamin seru dan bikin banyak anak senang berada di bawahnya.

2. Cobalah pengalaman kolam ombak

Kegiatan selanjutnya di Taman Sabda Alam adalah mengikuti tantangan kolam ombak. Keunikan wahana air ini terletak pada desainnya yang menyerupai pantai.

Pengunjung yang memasukinya serasa sedang berenang di tepi pantai, dengan hiasan bebatuan mirip karang di tepinya.

Meski kolamnya tidak terlalu dalam, ombak yang datang menciptakan ombak yang besar, cukup untuk menjatuhkan orang dewasa.

Makanya tadi dikatakan lebih baik menemani anak-anak saat bermain di kolam ombak. Jika tidak, tidak disarankan untuk tetap berada di tepian, jika tidak, Anda dapat menabrak penghalang.

3. Terapi kolam ikan

Taman Sabda Alam Garut tidak hanya menawarkan wahana air yang menyenangkan tetapi juga menyehatkan. Hal ini dibuktikan dengan adanya kolam ikan terapi yang berada tidak jauh dari lokasi kolam renang utama. Anda bisa melakukan terapi ikan dengan mencelupkan kaki Anda ke dalam tangki khusus yang berisi ikan-ikan kecil.

Ikan tersebut menggigit sela-sela kaki dan beberapa tempat yang dianggap kotor. Umumnya hewan air ini memakan sel kulit mati, yang pada akhirnya membuat kaki menjadi lebih sehat. Terapi ini dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah dan memberikan relaksasi pada tubuh, terutama kaki.

4. Nikmati panggung hiburan

Selain pemandangan alam dan keceriaan anak-anak, Anda juga bisa menikmati hiburan musik di panggung khusus.

Letaknya tidak jauh dari kolam renang, sehingga Anda dapat dengan mudah melihatnya sambil berenang. Jenis hiburan musiknya kebanyakan dangdut, namun ada juga yang pop meski jarang.

5. Temukan keunikan air mancur menari

Saat ini air mancur menari banyak terdapat di beberapa tempat, seperti alun-alun kota atau tempat wisata lainnya. Tak perlu jauh-jauh, Taman Sabda Alam juga menawarkan pemandangan unik ini. Keunikan air mancur ini adalah aliran airnya mengikuti irama musik.

Yang membuatnya semakin unik adalah kedekatannya dengan panggung hiburan. Musik yang diputar dari panggung seolah mendikte ritme air mancur menari. Bentuknya sederhana berbentuk lingkaran, tidak terlalu besar, Anda bisa masuk dan menikmati alunan musik air mancur.

6. Rasakan keseruan Flying Fox di Sabda Alam Park

Seperti disebutkan di atas, Sabda Alam Park tidak hanya menawarkan wahana yang berhubungan dengan air saja. Buktinya adalah adanya Flying Fox yang bergelantungan dari satu puncak ke puncak lainnya.

Berbeda dengan Flying Fox di tempat lain yang kebanyakan disuguhi pemandangan pepohonan, kali ini Anda seolah melintasi kolam dengan kecepatan cukup tinggi.

7. Pacu adrenalin Anda dengan Sasak Rawayan

Dalam bahasa setempat, Sasak berarti jembatan. Jadi Sasak Rawayan itu jembatan Rawayan, lebih tepatnya jembatan gantung. Dengan panjang rute 35 meter, wahana ini digemari semua kalangan.

Selain itu, kegiatan ini sangat seru dan dapat memacu kadar adrenalin. Menyeberangi jembatan ini membutuhkan keseimbangan karena jembatan tersebut sepenuhnya ditangguhkan.

Bagian dasar jembatan terbuat dari anyaman bambu. Tidak ada pegangan pada jembatan ini karena ujung-ujungnya hanya berupa tali-tali kecil yang bentuknya seperti pagar.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sabda AlamFoto oleh Shufi Salafy di Google Maps

Objek wisata tidak akan menjadi menarik jika tidak ada fasilitas yang dapat membantu wisatawan. Hal inilah yang menjadi fokus perhatian pengelola Taman Sabda Alam. Untuk itu mereka menawarkan berbagai fasilitas penting yang dijamin bermanfaat bagi pengunjung.

Tersedia tempat parkir mobil yang luas dan aman untuk fasilitas wajib karena selalu dijaga oleh petugas. Toilet merupakan fasilitas yang wajib ada pada setiap objek wisata.

Jika Anda ingin menunaikan kewajiban agama, silakan gunakan musala. Fasilitas lain yang dapat digunakan antara lain ruang cuci piring dan ruang ganti yang terletak dalam satu ruangan.

Selain fasilitas yang telah disebutkan, terdapat pula restoran dan hotel yang dibuka bagi siapa saja yang ingin menikmati hidangan atau bermalam.

Tempat ini juga memiliki ruang pertemuan yang mampu menampung maksimal 125 orang. Dengan segala fasilitas tersebut, Taman Sabda Alam di Garut semakin layak untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button