Tempat Wisata

Buffalo Hill, panorama alam eksotik dengan rerumputan hijau di Garut

Buffalo Hill menawarkan panorama alam yang eksotik di Garut, dihiasi padang rumput hijau yang mempesona dan kehadiran banyak kawanan kerbau menambah keaslian pengalaman wisata alam.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Desa Cigangsa, Desa, Situsari, Kecamatan. Cisurupan, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Menarik sekali menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi tempat wisata alam. Dari sekian banyak destinasi wisata di Jawa Barat, Buffalo Hill Garut sepertinya cocok bagi Anda yang ingin melihat hamparan rumput indah ditemani pemandangan awan tipis.

Tempat wisata di Garut ini terletak di ketinggian 1000 mdpl, sehingga cuacanya pasti sejuk dan menyenangkan. Pemandangannya pun luar biasa, tidak hanya berupa pepohonan, namun juga beberapa gunung yang berdiri kokoh.

Meski cukup sulit dijangkau karena harus berjalan kaki, namun hal ini tidak menyurutkan niat sebagian besar wisatawan.

Lokasi Bukit Kerbau berada di kawasan Gunung Puntang, sebuah gunung yang tidak jauh dari Gunung Papandayan.

Secara geografis, objek wisata indah ini merupakan kawasan berumput hijau yang menutupi hampir seluruh permukaan tanah. Terdapat pepohonan rindang di beberapa tempat, membuat suasana semakin asri dan nyaman.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan Buffalo Hill

Atraksi Buffalo HillFoto oleh Cahya Nugraha Supriyatna di Google Maps

Buffalo Hill adalah julukan yang diberikan kepada wisatawan dari luar Garut. Hal ini dikarenakan kerbau merumput di area berumput hijau dan mencari makan di sana. Penduduk setempat lebih mengenalnya sebagai Tegal Munding karena pesona dan daya tariknya.

Area luas dengan rumput hijau

Hal ini tidak mengherankan bagi warga sekitar, namun bagi wisatawan yang mengunjunginya menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Hamparan padang rumput membentang sejauh mata memandang. Warna hijau pasti menyejukkan mata dan menenangkan pikiran.

Udara di sekitar lokasi pasti sejuk dan menyegarkan karena bebas dari polusi asap pabrik dan kendaraan. Tumbuhnya pepohonan liar dengan berbagai ukuran menjadikannya pemandangan unik bagi pengunjung.

Jika beruntung, kawanan kerbau mencari makan dan minum di sungai kecil di tengah padang rumput.

Pemandangan indah Buffalo Hill

Sebagian besar daya tarik Buffalo Hill terletak pada pesona alamnya. Tak hanya hamparan rumput luas yang bisa disaksikan pengunjung, pengunjung juga disuguhi deretan pegunungan yang menghiasinya. Beberapa gunung yang terlihat jelas adalah Gunung Galunggung, Gunung Karcak, dan Gunung Cikuray.

Dari ketiga gunung tersebut, Gunung Cikuray paling menonjolkan keindahannya dengan bentuknya yang menyerupai tumpeng. Kontur pegunungan yang landai terlihat jelas ke kiri dan ke kanan.

Di sisi lain, pemandangan indah kota Garut terlihat jelas dari ketinggian tepat di bawah kaki Gunung Cikuray.

Sihir kabut tebal

Karena ketinggiannya, awan tebal dapat terlihat menutupi tempat tersebut. Buffalo Hill menjadi semakin eksotis dengan atraksi ini.

Anda tidak akan melupakan keindahannya begitu meninggalkan tempat itu. Apalagi saat matahari mencoba menembus gugusan awan, pesonanya tentu semakin luar biasa.

Dari dekat terlihat jelas kumpulan awan yang seolah mengaburkan pemandangan pegunungan. Namun ternyata hal tersebut tidak menghilangkannya, justru kehadiran awan membuat pemandangan semakin indah. Untuk menikmati pemandangan yang dimaksud, disarankan datang pada pagi atau sore hari.

Ada banyak kawanan kerbau

Wajar jika banyak terdapat kerbau di Buffalo Hill Garut karena tempat wisata ini dijadikan sebagai tempat penangkaran kerbau. Siapa sangka kehadiran mereka akan memberikan pemandangan yang unik? Tak sedikit wisatawan yang mendekat dan memanfaatkannya sebagai kesempatan berfoto.

Ada kalanya mereka membenamkan diri di genangan air yang menyerupai sungai kecil. Letaknya yang dikelilingi rerumputan hijau membuat sungai ini sangat indah. Berhati-hatilah saat menyusuri objek wisata eksotik ini karena banyak terdapat kotoran kerbau dimana-mana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Buffalo HillsFoto oleh Henhen Suhendro di Facebook

Buffalo Hill terletak di Jl. Cigangsa situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena ada tiga rute yang bisa dipilih.

Tiga jalur yang dimaksud adalah jalur Bayongnbong, Cisurupan, dan Sukaresmi. Dari ketiga jalur tersebut sangat direkomendasikan untuk mengambil jalur menuju kawasan Sukaresmi.

Jika Anda bepergian dari luar kota Garut dan menggunakan kendaraan umum, mulailah perjalanan Anda dari Alun-Alun Tarogong. Lanjutkan dengan angkutan umum menuju Pasar Samarang.

Kemudian naik angkutan umum lagi menuju Desa Dangdeur dan turun disana. Mulai saat ini silahkan mencari tukang ojek untuk mengantarkan anda menuju tempat wisata.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, harap mengambil rute yang sama dengan angkutan umum yang dijelaskan di atas. Namun sesampainya di pangkalan ojek, lanjutkan perjalanan hingga mencapai Kampung Pelag di Desa Sukalilah.

Jalannya tidak terlalu bagus dan banyak bukit yang harus dilalui. Jika masih bingung silahkan gunakan aplikasi Google Maps.

Biaya masuk Buffalo Hill

Seperti tempat wisata pada umumnya, Buffalo Hill memungut biaya masuk bagi pengunjungnya. Namun bisa dipastikan harga tiket masuknya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan pesona alamnya. Untuk satu orang 10.000 rupiah, namun belum termasuk biaya parkir.

Bagi yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor wajib membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Kini harga mobil dua kali lipatnya yakni 10.000 rupiah.

Di tempat wisata ini Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan karena keamanannya terjamin. Bahkan banyak pengunjung yang meninggalkan tempat itu seharian karena harus bermalam dengan berkemah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Buffalo Hill

Harga tiket di Buffalo HillFoto oleh Charlie di Facebook

Kunjungan ke Buffalo Hill menjadi semakin menarik karena banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Faktor inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian pengunjung datang.

Mulai dari pemandangan alam hingga camping, semuanya bisa Anda lakukan di tempat wisata cantik ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai objek wisata tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pelacakan lokasi

Mengemudi dengan mobil hanya membawa Anda ke tempat parkir. Artinya, Anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai ke objek wisata utama, Buffalo Hill.

Setidaknya pendakian memakan waktu sekitar 2 jam dengan medan yang tidak terlalu bagus. Kegiatan ini menuntut namun cukup menarik bagi mereka yang menyukai tantangan.

Medan pertama yang harus dilalui adalah bebatuan dan tanah yang menghiasi setiap perjalanan. Kondisi ini sangat memungkinkan seseorang terpeleset jika tidak hati-hati, apalagi saat musim hujan. Pemandangannya kurang bagus karena hampir didominasi pemukiman penduduk.

Setelah sekian lama, pemandangan berubah menjadi area perkebunan lokal. Inilah saat yang ditunggu-tunggu sebagian besar wisatawan karena aktivitas pendakian tidak terlalu menonjol. Bagaimana tidak, di sini Anda bisa melihat berbagai tanaman, terutama sayuran, yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

2. Camping seru bersama rombongan

Aktivitas seru di Buffalo Hill selanjutnya adalah camping yang pastinya seru jika dilakukan secara berkelompok. Mereka yang melakukan aktivitas ini umumnya ingin merasakan berada di luar pada malam hari. Selain itu tujuan lainnya adalah menunggu matahari terbit dengan pesonanya yang indah.

Meski pemandangan pegunungan yang indah sudah tidak terlihat lagi, namun bintang dan bulan menjadi pemandangan lain yang bisa dinikmati.

Banyak suara alam di malam hari, terutama suara serangga. Jangan lupa suara pepohonan yang ditipu angin juga menjadi musik malam yang layak untuk disimak.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak diperbolehkan sekadar mendirikan tenda di Tegal Munding. Terdapat tempat khusus bagi wisatawan yang ingin bermalam. Lokasinya dikenal dengan nama Tegal Kedua dan letaknya tidak jauh dari lokasi utama. Bagi pecinta alam, kegiatan ini tentu wajib dilakukan.

3. Melihat matahari terbit dan terbenam

Menyaksikan matahari terbit menjadi aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Buffalo Hill. Wajar jika keindahan matahari yang baru mulai terlihat jelas karena ketinggiannya yang cukup tinggi. Perlahan tapi pasti sinarnya naik dan menyebar ke permukaan rerumputan hijau.

Pengunjung yang ingin menikmati indahnya panorama alam disarankan untuk menginap semalam terlebih dahulu. Bukan tanpa alasan kemungkinan besar Anda akan terlambat melihatnya karena perjalanan yang jauh. Jika tidak memungkinkan, ada baiknya juga menikmati matahari terbenam.

Anda bisa datang pada sore hari saat matahari sudah tidak terik lagi untuk memulai perjalanan. Inilah saat yang tepat untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Pasalnya durasinya sekitar 2 jam dan itu juga tergantung perjalanan yang Anda tempuh. Jika sering berhenti, tentu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai klimaks.

4. Cari titik foto

Mencari spot fotografi di Buffalo Hill pastinya cocok bagi Anda yang ingin mengabadikan momen. Kegiatan ini banyak dilakukan wisatawan, terutama anak muda, untuk pamer di media sosial.

Hampir semua titik menyuguhkan panorama alam yang indah. Sebut saja deretan pegunungan yang menjadi latar fotografi yang indah.

Jika ada awan tebal, jangan lewatkan kesempatan berfoto ini. Pantulan sinar matahari memberikan tampilan eksotis pada foto Anda.

Jangan lupakan area berumput luas yang dijadikan sebagai latar belakang. Tidak diperlukan keahlian khusus untuk mengambil foto yang menarik, karena pada dasarnya tempat wisata ini indah.

5. Menikmati pemandangan alam

Setiap pengunjung yang datang pasti ingin menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi Buffalo Hill Garut. Kegiatan ini terbukti mampu meredakan suasana cemas bahkan menyegarkan pikiran. Rerumputan hijau, pegunungan, pepohonan, dan awan tebal hanyalah sebagian dari pemandangan yang bisa dinikmati.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Buffalo HillsFoto oleh Charlie di Facebook

Sayangnya, Buffalo Hill masih kekurangan fasilitas yang tersedia. Saat ini belum terdapat toilet di sekitar lokasi yang dapat digunakan untuk buang air kecil.

Anda bisa menemukannya di dekat rumah atau di tempat parkir. Fasilitas tersebut antara lain pendopo sebagai tempat istirahat di beberapa tempat.

Dari segi keamanan, objek wisata eksotik ini cukup mumpuni. Dari waktu ke waktu ada patroli untuk memeriksa keselamatan pengunjung.

Selain itu, terdapat juga penggembala kerbau yang siap meminta bantuan jika membutuhkan sesuatu. Parkir juga tersedia dengan harga tiket di atas.

Luas Bukit Kerbau Garut setidaknya dua kali luas lapangan sepak bola. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di kawasan ini untuk mengisi waktu liburan Anda. Namun sebelum melakukannya, pastikan Anda dalam keadaan sehat karena perjalanan yang harus Anda tempuh cukup jauh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button