Tempat Wisata

Pantai Cemara Lombok – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Benamkan diri Anda dalam eksotisme alam Pantai Cemara Lombok yang nikmat dengan panorama pantainya yang mempesona dan sangat cocok untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam di tepi pantai.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pemongkong, Jerowaru, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Lombok merupakan salah satu daerah yang menawarkan destinasi wisata menarik. Lombok tidak hanya menawarkan destinasi wisata darat saja, namun juga destinasi wisata perairan yang hanya dikenal dengan nama pantai. Ada banyak pantai menarik di Lombok, salah satunya Pantai Cemara.

Masih sedikit peminat terhadap pantai ini karena jarang dikunjungi wisatawan. Namun hal ini menjadi sebuah keuntungan bagi anda yang ingin merasakan suasana tenang dan menyejukkan. Pantai cantik ini tidak hanya sepi namun juga menawarkan pemandangan yang menarik.

Pantai indah ini dinamakan Cemara karena banyak tumbuh pohon pinus di sekitar pantai. Pohon ini sangat indah, ditemani dengan helaian rumput hijau. Berikut beberapa ulasan singkat yang menarik untuk dibaca tentang pantai ini!!

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Cemara

Daya Tarik Pantai CemaraSumber gambar: Twitter Fahmi

Keindahan pantai

Pantai Cemara mempunyai ciri khas hamparan laut dengan warna kebiruan. Pasir putih pantainya terasa sangat lembut. Pantai yang jarang dikunjungi wisatawan ini terkesan dengan keindahan alamnya yang masih alami. Pengunjung bisa melihat dasar laut hanya dengan mencelupkan kaki.

Selain keindahan pasir dan air pantainya. Di sekitar pantai juga terdapat pohon-pohon pinus yang indah. Pohon ini tumbuh subur dan memiliki barisan yang indah. Pengunjung masih bisa memegang dedaunan pinus yang hijau atau menangkap beberapa pohon pinus yang tumbang di pasir pantai.

Di sekitar Pantai Cemara terdapat tebing batu yang menjulang tinggi, di sisi kanan dan kirinya. Tebing hitam ini berdiri kokoh. Anda bisa melihat tanaman-tanaman yang hidup di tebing berwarna kehijauan ini. Tumbuhan hijau ini cukup rimbun dan ditemani oleh beberapa hewan.

Tebing-tebing ini membentuk berbagai jenis bukit yang sangat indah. Pengunjung bisa mengambil foto bukit tebing tersebut. Sayangnya, akses menuju perbukitan tersebut belum bisa dilakukan karena perbukitan tersebut belum terjamah manusia sehingga Anda hanya bisa melihatnya dari kejauhan saja!

Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit di pantai

Daya tarik lainnya adalah menyaksikan indahnya matahari terbenam sore dan matahari terbit pagi hari di Pantai Cemara. Alternatif lain untuk menikmati kedua pesona tersebut adalah pengunjung dapat melakukan aktivitas berkemah di pinggir pantai dan menikmati suasana malam bersama rombongan atau keluarga.

Keindahan matahari terbenam memang menarik untuk disaksikan, apalagi Anda bisa melihatnya langsung di permukaan laut dengan pasir putih mewarnainya. Langit jingga dan suasana damai mampu memanjakan mata, pengunjung juga bisa mengabadikan momen tersebut di depan kamera.

Selain menyaksikan matahari terbenam, pengunjung juga bisa merasakan suasana cerah. Disarankan juga untuk bermalam di pantai jika ingin menyaksikan matahari terbit yang menarik. Suasana pagi hari yang paling ditunggu-tunggu adalah ketika melihat langit dipisahkan oleh bulan dan bintang dan digantikan oleh warna matahari yang sedikit demi sedikit menerangi langit.

Pesona karang

Menariknya, Pantai Cemara banyak memiliki bebatuan karang berwarna abu-abu tua. Batuan ini membentang di sepanjang tepi pantai. Tumpukan karang dengan ukuran berbeda. Pengunjung bisa memanjat bebatuan tersebut, duduk di atas karang dan menikmati keindahan pantai.

Tumbuhan hijau seperti alga, alga hijau, jamur dan rerumputan liar lainnya tumbuh di bebatuan tersebut. Tanaman ini tumbuh dengan baik. Anda juga bisa melihat lumut hijau di bawah karang. Siapa pun yang ingin memanjat karang disarankan untuk melepas sepatu atau bertelanjang kaki karena kondisi karang yang licin.

Anda bisa merasakan deburan ombak yang menghantam bebatuan sebelum mencapai bibir pantai. Ombak di pantai ini tergolong tenang karena ketinggiannya tidak mencapai 1 meter di atas permukaan laut. Namun ombaknya tetap terdengar nyaring saat menghantam bebatuan. Beberapa ikan juga tertangkap di antara karang.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai CemaraKredit foto: Instagram iyanti 86

Destinasi wisata menarik ini hanya bisa dikunjungi di Kota Lombok Timur yaitu Desa Seriwe, Kecamatan Jerowaru, Nusa Tenggara Timur.

Karena letaknya yang cukup jauh dari pusat kota, Pantai Cemara menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan panorama pantai yang menampilkan keindahan alam perairan.

Jarak tempuh dari Pulau Lombok menuju tempat wisata ini sekitar 50 kilometer dan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan dari Kota Mataram, Anda dapat menempuh jarak sekitar 22 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam untuk mencapai kota pantai tersebut.

Perjalanan dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Selain tersedia juga angkutan umum, pengunjung juga dapat menggunakan angkutan umum yaitu terdapat beberapa jalur bus yang akan mengantarkan anda menuju kawasan Pantai Cemara.

Selama perjalanan anda akan melihat perbukitan hijau luas disertai rerumputan khas bukit. Sebelum memasuki kawasan pantai, Anda juga bisa melihat beberapa pohon pinus tersebar di sepanjang pantai dan beberapa hewan juga terlihat bergelantungan di pohon seperti monyet.

Bagi wisatawan yang baru datang kesini, disarankan untuk tetap menggunakan aplikasi Google Maps selama perjalanan. Hal ini akan membuat perjalanan menjadi lebih lancar sehingga tidak tersesat karena masih banyak pantai lain di beberapa tempat yang juga memiliki daya tarik tersendiri.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk Pantai CemaraSumber gambar: Google Maps Loetfi Ono

Untuk menikmati keindahan Pantai Cemara di Lombok, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun karena pihak pengelola tidak menawarkan harga tiket khusus untuk wisatawan. Namun, tetap disarankan untuk menjaga kebersihan pantai!

Sedangkan untuk jam operasionalnya, pantai ini buka 24 jam dari hari Senin hingga Minggu. Pengunjung bisa datang kapan saja untuk menikmati keindahan pantai.

Sayangnya, belum ada akomodasi khusus di sekitar pantai, sehingga pengunjung bisa berkemah tepat di pinggir pantai jika ingin bermalam dan merasakan sensasi bermalam di pantai ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Pantai CemaraSumber gambar: Twitter Fariz

1. Berenang

Pengunjung dapat melakukan aktivitas ini dengan membawa perlengkapan berenang seperti snorkeling. Anda bisa melihat pemandangan ekosistem bawah laut seperti terumbu karang yang hijau, padang rumput laut yang tumbuh subur dan beberapa hewan laut seperti ikan yang berenang dengan cepat.

2. Santai

Meski fasilitas di Pantai Cemara masih kurang memadai, namun terdapat beberapa pondok khusus wisatawan di pantai ini.

Anda bisa beristirahat di kabin sambil menikmati pemandangan pantai. Dari pondok Anda bisa melihat seluruh area pantai. Pengunjung juga bisa makan di gubuk-gubuk yang disediakan.

3. Memancing

Pengunjung bisa memancing di pantai atau di karang. Sayangnya, Anda harus membawa peralatan memancing sendiri termasuk umpannya, karena belum ada persewaan peralatan memancing untuk wisatawan di kawasan pantai.

4. Ambil foto

Menarik sekali untuk mengabadikan momen yang jarang Anda lakukan, seperti mengambil foto. Pengunjung bisa berfoto di spot pantai yang menarik.

Ada beberapa tempat menarik yaitu di pesisir pantai yang berpasir putih. Anda juga bisa berfoto sambil menunggu matahari terbenam di bawah langit sore yang jingga atau di bawah rimbunnya pepohonan pinus.

5. Sepanjang Pantai Cemara

Pengunjung dapat menjelajahi Pantai Cemara dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai. Rasakan keindahan pantai yang dikelilingi hamparan luas air laut biru jernih. Terdengar juga kicauan burung yang melintas di atas awan, beberapa kawanan burung berhenti di pasir putih pantai.

6. Perburuan kerang

Banyak terdapat kerang hidup di pantai berpasir putih tersebut. Pengunjung bisa berburu kerang-kerangan yang kerap muncul di permukaan pasir. Kerang ini seringkali berakhir di permukaan pasir. Kegiatan ini tentu bisa menambah keseruan apalagi jika dilakukan bersama-sama.

7. Berkemah

Pemandangan pantai ini memang menarik untuk disaksikan. Sayang sekali jika tidak bermalam di tepi pantai dan menikmati indahnya panorama malam Pantai Cemara. Pengunjung bisa mendirikan tenda di kawasan pantai dan menikmati pemandangan langsung laut yang tertutup pasir putih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai CemaraSumber gambar: Google Maps Loetfi Ono

Sayangnya Pantai Cemara saat ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini terlihat dari masih kurangnya upaya pengelolaan untuk mempertahankan pantai sebagai objek wisata. Saat memasuki kawasan, parkir hanya tersedia untuk kendaraan, namun tidak tersedia fasilitas lain.

Terdapat beberapa toilet di sekitar pantai, namun sayangnya toilet tersebut tidak terawat karena kurangnya petugas yang bertugas. Jika tidak maka tidak akan tersedia warung makan dan minuman, pengunjung disarankan membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Meski demikian, masih tersedia beberapa pendopo atau gubuk di sekitar pantai. Gubuk ini terbuat dari kayu berbentuk segitiga sama sisi dengan bagian atas lancip dan lantai khas bambu. Pengunjung bisa beristirahat di kabin sambil menikmati suasana pantai.

Pantai Cemara Lombok merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Meski fasilitasnya kurang memadai, namun sepadan dengan pemandangan pantai yang indah. Suasana tenang dan damai akan anda rasakan, cocok bagi anda yang mencari kedamaian dan ketenangan. Maka dari itu, pantai ini cukup bagus untuk mengisi liburanmu!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button