Tempat Wisata

Pantai Tebing Lombok – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terpesona dengan eksotisme Pantai Tebing di Lombok Utara yang memukau dengan pasir hitamnya dan pesona tebing-tebing yang menjulang tinggi di sepanjang pantai, menyuguhkan pemandangan menakjubkan bagi pengunjung.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Rempek, Kec. Gangga, distrik. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasinya

Pantai Tebing merupakan destinasi wisata bahari di Lombok Utara dengan hamparan pasir hitam lembut. Sesuai dengan namanya, di pantai ini Anda akan menjumpai sebuah tebing karang yang menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar 22 meter. Tebing ini berwarna putih kecoklatan seperti batu kapur. Desainnya juga terlihat natural seperti garis-garis.

Keberadaan tebing ini muncul akibat letusan dahsyat Gunung Rinjani Tua di masa lalu yang dikenal dengan nama Samalas. Pada tahun 1257, terjadi letusan dahsyat di Gunung Rinjani, yang muntahannya membentuk tebing setebal sekitar 50 meter.

Meski belum begitu dikenal di kalangan wisatawan, namun keindahan Pantai Tebing ibarat surga yang tersembunyi. Pantainya bersih dan belum banyak tercemar aktivitas manusia, air lautnya berwarna kebiruan, ombaknya memanjakan kaki, dan suasana pantainya tenang. Sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama keluarga.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Tebing

Daya Tarik Pantai TebingKredit foto: Google Maps Pantai Tebing

1. Pesona tebing di lokasi pantai

Keberadaan tebing di tepi pantai ini menjadi saksi terjadinya letusan Gunung Rinjani Tua beberapa tahun lalu. Skala letusannya meninggalkan tebing tinggi berkapur di Pantai Tebing.

Wisatawan yang berkunjung bisa melihat eksotismenya. Namun tidak disarankan untuk memanjat tebing tersebut, meski terlihat kokoh. Hal ini untuk mencegah material batuan runtuh karena tidak adanya dinding pengaman.

2. Pemandangan pantai yang menakjubkan

Saat pertama kali memasuki Pantai Tebing, wisatawan akan merasakan pemandangan berbeda yaitu tebing-tebing yang menjulang tinggi di tepi pantai dan pemandangan perbukitan rendah yang hijau. Letaknya di kiri dan kanan pantai.

Selain itu, wisatawan yang berkunjung juga bisa dihitung. Terutama di hari kerja. Artinya, Anda bisa leluasa melakukan aktivitas yang membuat suasana liburan semakin seru.

3. Gelombang lambat

Ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Sehingga wisatawan bisa menikmatinya tanpa khawatir muncul ombak besar secara tiba-tiba. Ombak membentuk buih putih bergulung menuju bibir pantai. Pemandangan yang sungguh menenangkan jiwa.

Bahkan terkadang Anda bisa merasakan lembutnya deburan ombak yang menerpa telapak kaki Anda di Pantai Tebing. Menyusuri pantai juga bisa merasakan sensasi ombak yang sangat bersahabat. Seolah ingin mengajak Anda bercanda dan bermain. Sungguh keindahan alam yang membuat Anda takjub.

4. Pasir hitam yang eksotis

Jika pasir pantai pada umumnya berwarna putih kecoklatan, Pantai Tebing kini memiliki sebagian pasir berwarna hitam lembut. Meski demikian, pandangan yang disajikan tetap memiliki daya tarik yang luar biasa.

Wisatawan bisa merasakan lembutnya pasir dengan berjalan menyusuri bibir pantai sambil merasakan deburan ombak berwarna putih. Seperti memanjakan kaki dan membuat jiwa terasa lebih tenteram.

5. Memiliki pantai yang bersih

Pantai tebing indah ini bisa dibilang masih alami karena belum banyak wisatawan yang singgah ke sini. Oleh karena itu, kebersihan di sekitar pantai masih terjamin.

Berkat kondisi pantai yang bersih, pengunjung pasti akan merasa nyaman berada di sini. Namun kebersihan tersebut tentunya harus tetap dijaga meski banyak pengunjung yang datang. Kami sangat berharap wisatawan semakin sadar akan pentingnya lingkungan yang bersih.

6. Lokasi foto yang bagus

Tingginya tebing sekitar 22 meter membuat pemandangan semakin Instagrammable. Wisatawan bisa berfoto dan menikmati gaya dengan latar tebing yang indah ini.

Selain itu, pemandangan laut yang luas dengan air yang jernih dan bersih juga bisa menjadi area populer untuk hasil pencitraan yang fantastis. Jadi jangan lupa membawa kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikan momen penting di sini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai TebingKredit foto: Google Maps Pantai Tebing

Pantai Tebing terletak di Lombok, tepatnya di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga. Situs ini hanya berjarak sekitar 50 km dari Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Jika menggunakan transportasi darat, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 1,5 jam.

Untuk memudahkan menuju lokasi, sebaiknya gunakan aplikasi Google Maps. Masukkan alamat tujuan menggunakan rute tercepat. Anda kemudian akan diarahkan ke lokasi dengan petunjuk rinci.

Biaya masuk wisata bahari

Wisatawan yang berkunjung ke pantai indah ini tidak perlu membayar tiket masuk. Pasalnya, tidak ada biaya tiket. Di lain waktu, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai secara gratis.

Namun jika membawa kendaraan tentunya dikenakan biaya untuk parkir di lokasi yang tersedia. Biaya parkir per kendaraan pun terkesan murah sehingga Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek terlalu dalam.

Namun, ketentuan tiket dapat berubah sewaktu-waktu. Tergantung pada keputusan manajemen. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksa ulang sebelum berkunjung, terutama jika Anda berencana membawa rombongan ke pertemuan.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Cliff BeachSumber gambar: Google Maps Deb King

Jelajahi Pantai Tebing

Sesampainya di pantai, hamparan pasir hitam dengan tekstur lembut menanti Anda. Selain itu, deburan ombak yang ada di pantai ini seakan mengundang wisatawan untuk menjelajahi pantai tersebut.

Berjalanlah di sepanjang jalur berpasir dari satu ujung ke ujung lainnya, rasakan angin sepoi-sepoi. Seolah itu membuatmu merasa lebih damai. Setelah penat sehari-hari bekerja, pikiran kembali segar.

Foto di Tempat Keren

Salah satu tujuan wisatawan saat berlibur ke tempat termasuk Pantai Tebing Lombok adalah untuk mengambil foto-foto keren. Nah, di lokasi pantai ini terdapat spot foto alam yang berbeda dengan pemandangan pantai pada umumnya.

Anda dapat mengambil foto di jalur berpasir dengan latar belakang tebing tinggi. Gaya sesuai selera untuk mencapai hasil yang diinginkan. Selain pemandangan tebing, Anda juga bisa melihat pepohonan hijau yang terhampar di kedua sisi pantai sebagai latar belakang.

Bersantai di pantai

Relaksasi umumnya menjadi hal yang banyak dilakukan wisatawan setiap kali berkunjung ke pantai. Nah, hal ini tentu saja bisa dilakukan di Pantai Tebing. Namun, ada keunikan lain saat Anda bersantai di sini. Salah satunya bersantai sambil menikmati pasir hitam pantai.

Di pinggir pantai terdapat tebing-tebing tinggi berwarna putih kecoklatan. Tampaknya menciptakan gradasi warna indah yang mengundang Anda untuk menikmatinya.

Anda juga bisa bersantai sambil menikmati kuliner khas Lombok. Yang terpenting, jangan lupa untuk mencoba segarnya air kelapa yang bisa Anda pesan di restoran sekitar pantai.

penangkapan ikan

Suasana pantai yang belum begitu banyak pengunjungnya bisa Anda manfaatkan untuk memancing. Apalagi bagi wisatawan yang hobi memancing pasti akan merasa nyaman menunggu kailnya tertangkap ikan.

Selain ombaknya yang tenang, pemandangan pantainya yang mempesona juga membuat wisatawan betah. Hingga rasanya waktu berlalu dengan cepat. Tiba-tiba hari menjadi gelap.

Berenang

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tebing bisa berenang. Sebab, ombaknya tidak terlalu besar. Saat Anda berendam di air laut yang bersih, Anda akan langsung merasakan kesegaran air laut.

Hamparan terumbu karang di destinasi pantai eksotik ini masih tetap mempertahankan keindahannya. Oleh karena itu, ada harapan agar pantai tetap bersih. Agar tidak merusak ekosistem laut, jangan membuang sampah sembarangan.

Berjemur

Jika biasanya turis asing berjemur di bawah terik matahari, maka Anda cukup melakukannya di pagi hari sebelum cuaca menjadi terlalu panas. Kegiatan ini dapat menyehatkan tubuh karena mendapat vitamin D gratis dari sinar matahari pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Tebing LombokKredit foto: Google Maps Pantai Tebing

1. Lokasi parkir

Anda yang membawa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua dapat menitipkan kendaraannya pada tempat parkir yang tersedia. Cukup bayar tiket parkir antara Rp 2.000 hingga 5.000 dan Anda sudah bisa parkir dengan nyaman.

2. Toilet

Kalaupun fasilitas toilet belum memadai, wisatawan bisa memanfaatkannya bila diperlukan.

3. Restoran

Berwisata tentu belum lengkap tanpa mencicipi kuliner yang ada di sekitar tempat wisata tersebut. Tenang saja, di sekitar Pantai Tebing banyak terdapat warung yang menawarkan berbagai kuliner lezat.

Anda bisa langsung mengunjungi restoran yang letaknya tidak jauh dari pantai. Tersedia berbagai makanan lezat dan minuman menyegarkan seperti es krim kelapa muda.

4. Tempat berfoto

Spot foto di pantai cantik ini terlihat sangat alami dan unik. Terdapat tebing-tebing tinggi yang indah di pinggir pantai, sedangkan hamparan perbukitan hijau segar terlihat di kanan dan kirinya.

5. Akomodasi

Jika ingin menikmati suasana di malam hari, Anda bisa menyewa akomodasi di dekat pantai. Ada beberapa hotel atau resort yang menawarkan harga berbeda. Anda dapat memesannya sesuai anggaran Anda.

Itulah sekilas keindahan Pantai Tebing Lombok Utara yang belum begitu dikenal di kalangan wisatawan. Menjelang musim liburan, kami berencana mengunjungi pantai yang mempesona ini. Semoga liburanmu bersama orang tercinta semakin tak terlupakan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button