Tempat Wisata

Pantai Saba Gianyar Bali – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Menyatulah dengan keindahan alam Pantai Saba, Gianyar, Bali, spot populer untuk menikmati panorama matahari terbit dan terbenam sambil menyaksikan penangkaran penyu unik yang menambah pesona destinasi wisata ini.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Saba, kabupaten. Blahbatuh, Kab.Gianyar, Bali; Map: Periksa lokasinya

Banyak sekali pantai di Provinsi Bali yang menawarkan tempat yang indah, nyaman dan tenang untuk melepas kepenatan aktivitas sehari-hari.

Pantai yang sangat direkomendasikan adalah Pantai Saba di Gianyar, Bali. Pantai ini menawarkan panorama yang menakjubkan dan layak untuk dikunjungi.

Tak sedikit wisatawan yang mengatakan bahwa Saba merupakan salah satu pantai di mana Anda bisa segera memulihkan diri dari segala stres. Jika Anda datang ke pantai di Gianyar, jangan berharap suasana ramai dan ramai seperti Pantai Kuta.

Meski tak seindah Pantai Kuta atau kawasan pantai populer lainnya di Bali, namun ketenangan Pantai Saba menjadi daya tarik tersendiri. Jadi jika Anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Saba

Daya Tarik Pantai SabaSumber gambar: Google Maps Ralf Blaich

Tempat wisata yang tenang

Pantai Saba merupakan tempat liburan bagi penduduk lokal dan juga wisatawan mancanegara. Pantai ini wajib Anda jadikan salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi di Pulau Bali. Kabupaten Gianyar sendiri mempunyai beberapa tempat wisata dan rekreasi yang sangat indah.

Salah satunya adalah Pantai Saba yang merupakan kawasan pesisir Kabupaten Gianyar. Anda akan menemukan keistimewaan yang begitu berbeda dan unik dibandingkan pantai lainnya. Alam di pantai ini sungguh indah dan tenang.

Meski kawasan pantai ini belum sepopuler pantai wisata di Bali bagian selatan seperti Pantai Pandawa atau Pantai Kuta, namun keberadaan tempat wisata ini bisa memberikan alternatif tersendiri bagi Anda yang ingin menikmati suasana berbeda.

Matahari terbenam dan matahari terbit yang indah

Daya tarik berikutnya yang membuat Pantai Saba layak untuk dikunjungi adalah keindahan matahari terbenam dan terbitnya matahari. Apalagi keindahan matahari terbit terlihat begitu istimewa dan menarik di tempat ini.

Menyaksikan matahari terbit di pantai akan sangat berbeda dengan menyaksikan matahari terbit di Pantai Sanur yang biasanya banyak pengunjungnya. Menjelang sore hari, panorama rona jingga keemasan muncul dari balik pepohonan.

Di tepian Pantai Saba Anda akan melihat bangunan pura suci yang menjadi ciri khas kawasan tersebut. Pura yang ada di pantai ini bernama Pura Sukeluih. Bagi masyarakat setempat, pantai ini juga digunakan sebagai tempat upacara kremasi dan melasti

Terdapat tempat penangkaran penyu

Sesuatu yang mungkin tidak Anda temukan di semua pantai adalah adanya penangkaran penyu di sini. Penyu di Pantai Saba biasanya muncul pada bulan April. Mereka datang ke pantai untuk bertelur dan petugas kemudian mengambil telur-telur tersebut.

Telur penyu yang dikumpulkan kemudian disimpan di penangkaran. Ketika penyu tersebut menetas dan sudah cukup umur, petugas melepaskannya ke laut.

Inilah salah satu alasan mengapa pantai indah ini wajib Anda kunjungi agar bisa langsung melihat penyu yang baru menetas dari telurnya.

Panorama alam yang indah

Pantai Saba merupakan salah satu objek wisata yang belum begitu terkenal dikalangan wisatawan. Namun bagi masyarakat sekitar pantai ini, pantai ini menjadi tujuan liburan ketika datang ke akhir pekan bersama keluarga.

Anda pastinya tidak boleh melewatkan indahnya panorama alam yang ditawarkan pantai ini. Beberapa warga lokal, terutama yang sangat menyukai selancar, pasti akan menyempatkan diri berlibur ke tempat ini.

Diketahui ciri-ciri wilayah pantainya didominasi oleh pasir berwarna hitam dan hal ini juga berlaku di Pantai Saba. Pantai ini mempunyai pasir yang sangat hitam legam dan pada siang hari anda dapat melihat pasirnya terlihat indah dan memantulkan pancaran sinar matahari.

Panorama alam yang ada di tempat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Saat Anda berada di sana, Anda akan mendapatkan perasaan yang sangat berbeda.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai SabaKredit foto: Perusahaan Google Maps ООО МикRON-В

Pantai Saba Bali, sesuai dengan namanya, terletak di Desa Saba, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jika memulai dari Kota Denpasar, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 km untuk sampai ke pantai. Dan jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai harus menempuh jarak 30 km.

Jika Anda tiba di pusat kota Gianyar dan meninggalkan kota, pantai hanya berjarak 12 km. Pantai Saba dekat dengan kawasan wisata Ubud. Akses menuju pantai ini sangat bagus.

Bagi Anda yang berasal dari kota Gianyar pasti tidak akan lagi merasa bingung ketika harus mencari jalan menuju pantai tersebut. Namun lain halnya bagi anda yang berasal dari luar kota atau luar negeri pasti akan merasa kebingungan.

Namun untuk memilih rute yang lebih mudah, Anda hanya perlu menggunakan dukungan navigasi ponsel cerdas Anda. Anda dapat menggunakan Google Maps untuk menemukan rute termudah dan tercepat.

Karena konektivitas jalan raya yang cukup baik, Anda dapat menggunakan angkutan umum atau kendaraan pribadi selama berkunjung.

Namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar perjalanan lebih leluasa. Nanti bisa kesana dengan menggunakan sepeda motor atau mobil.

Biaya masuk wisata bahari

Tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi tempat wisata di Provinsi Bali. Pantai Saba tidak memungut biaya apapun bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alamnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa Anda harus selalu menjaga kebersihan selama menginap.

Jangan membuang sampah sembarangan, jangan sampai tempat tersebut menjadi kotor dan merusak keindahannya. Bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata budget, mengunjungi pantai cantik ini memang merupakan keputusan yang tepat.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal seru yang bisa dilakukan di Pantai SabaSumber gambar: Google Maps TS

1. Santai

Daya tarik yang ditawarkan Pantai Saba adalah ketenangannya. Bagi Anda yang mempunyai waktu untuk menyendiri, melepas kepenatan dan menjauhi hiruk pikuk kota, pinggir laut di Desa Saba adalah solusinya.

Tempat wisata ini menawarkan nuansa alam yang sangat indah, damai dan tenang. Oleh karena itu tempat ini menjadi alternatif yang sangat menarik bagi anda yang ingin menikmati liburan dengan tenang dan damai.

Di kawasan wisata ini Anda akan menemukan sejumlah pepohonan yang bisa dijadikan tempat berteduh. Selain itu, terdapat pula gazebo kecil untuk bersantai menikmati panorama alam laut yang tenang dan indah.

Menghabiskan liburan di Pulau Bali bersama orang tercinta atau keluarga tentunya sangatlah istimewa.

Oleh karena itu, jangan sampai tingginya pengunjung suatu objek wisata mengganggu liburan Anda. Kamu wajib segera kesana agar liburanmu semakin seru.

2. Menikmati indahnya matahari terbit di Pantai Saba

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menyaksikan indahnya matahari terbit di Pantai Saba. Di pantai ini Anda akan bisa menghilangkan segala penat Anda.

Suasana alam sekitar pantai sangat mendukung anda dalam melakukan aktivitas menyegarkan pikiran sehingga dapat mencari inspirasi baru untuk memulai beraktivitas.

Pasir pantainya yang hitam legam dan segala aktivitas serunya akan sangat menghibur Anda selama menginap. Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih menakjubkan, sebaiknya datang ke tempat ini pada pagi hari.

Karena dengan begitu matahari terbit terlihat begitu indah. Dan tentunya momen ini tidak boleh dilewatkan. Anda wajib menyaksikan matahari terbit di Pantai Saba.

3. Lakukan aktivitas pasir

Setelah puas menikmati indahnya matahari terbit di tepi pantai, Anda bisa menghabiskan waktu di atas pasir.

Anda cukup bermain pasir, berjalan-jalan santai di pantai atau berenang. Jogging di atas pasir lembut patut dicoba.

Jika Anda ingin berenang di air laut di pinggir pantai, sebaiknya hanya dilakukan di kawasan pantai saja. Pasalnya, ombak di pantai ini tidak dapat diprediksi. Terkadang Anda akan melihat ombaknya sangat tenang, namun ada kalanya ombaknya sangat besar.

Oleh karena itu, tidak sedikit pecinta selancar yang menjajal sensasi ombak di Pantai Saba Gianyar. Jadi jika memang ingin berenang, pastikan tidak jauh-jauh dari bibir pantai.

4. Menunggang kuda

Kegiatan terakhir yang tak kalah menariknya adalah berkuda. Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktunya di pantai ini dengan berjalan-jalan santai menikmati panorama alam yang ditawarkannya. Menariknya, keindahan ini bisa Anda nikmati sambil berkendara.

Tidak semua pantai di Bali menawarkan aktivitas ini. Berkuda di pinggir pantai pasti akan menjadi pengalaman seru dan tak terlupakan selama berkunjung ke Pantai Saba. Jadi pastikan untuk mengambil foto saat Anda berkendara di pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai SabaSumber gambar: Google Maps Ralf Blaich

Pantai Saba bukanlah pantai populer seperti Pantai Kuta atau Pantai Pandawa. Hal ini menyebabkan pantai ini masih belum dikelola secara maksimal. Meski demikian, Anda tetap bisa menemukan beberapa fasilitas pendukung ketika berkunjung ke tempat ini.

Anda dapat dengan mudah menemukan kamar mandi atau ruang ganti di sana. Selain itu, bagi Anda yang datang dengan kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir yang luas dan aman. Cara lain untuk menuju ke sana adalah dengan adanya warung makan.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu repot membawa bekal makanan dari rumah karena beragam menu khas yang lezat bisa Anda nikmati di sana. Beberapa akomodasi bisa Anda temukan di tempat ini jika ingin menginap di sana.

Itulah gambaran singkat Pantai Saba di Gianyar Bali yang perlu Anda ketahui. Sangat disarankan bagi Anda dan keluarga untuk mengunjungi pantai ini ketika musim liburan sudah dekat. Kawasan wisata ini begitu sepi sehingga Anda akan langsung bersantai disana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button