Tempat Wisata

Pantai Oesapa Kupang – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Pantai Oesapa merupakan destinasi liburan yang menjadi tujuan populer para pengunjung di waktu senggang. Pantai estetik ini menawarkan lingkungan yang berbeda dengan destinasi alam lainnya.

Di kawasan tersebut, wisatawan bisa melihat kursi-kursi yang dihias dengan payung warna-warni. Bahkan, setiap orang kerap berkumpul di kursi ini bersama kerabatnya.

Ombak pantai di sini dikenal tidak ganas karena juga cukup aman untuk berenang. Selain itu, pasir putihnya yang lembut juga menjadi salah satu panorama indah di Kupang. Wisatawan kerap mampir ke pasir dan mengabadikan beberapa momen seru sambil bermain.

Diketahui, di kawasan rekreasi ini banyak terdapat tanaman yang memberikan suasana sejuk. Ada banyak pohon berbunga di sekitar pantai.

Tanaman ini juga mempunyai fungsi mencegah abrasi. Jadi persiapkan diri Anda untuk waktu yang tepat untuk sekedar pergi ke pantai populer ini agar Anda bisa merasakan langsung keindahannya.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Oesapa

Daya Tarik Pantai OesapaKredit foto: Instagram tanti_balitosca

Tempat estetis

Pantai Oesapa dikenal sebagai destinasi yang cukup estetis karena area tempat duduknya yang berwarna-warni. Wisatawan kerap duduk di kursi tersebut sambil berburu kuliner karena sangat nyaman.

Bahkan dari sana Anda bisa menyaksikan pasang surut air laut. Banyak juga pengunjung yang bersantai di kursinya dan berburu foto.

Keunikan pantai sebagai objek wisata yang estetis kerap memikat hati para pelancong. Bahkan, sejumlah wisatawan dari luar negeri datang ke pantai populer ini. Hal ini membuktikan bahwa Oesapa mempunyai daya tarik yang berbeda dan jarang ditemukan.

Suasana yang menyenangkan

Suara deburan ombak dan hembusan angin sepoi-sepoi menciptakan suasana yang menyenangkan. Wisatawan yang memiliki banyak hal dapat mengunjungi pantai ini untuk bersantai.

Suasana alam di destinasi cantik ini dikenal mampu membuat tubuh rileks. Selain itu, propertinya yang luas memastikan Anda tidak akan ramai saat berlibur.

Biasanya masyarakat yang datang ke Pantai Oesapa lebih memilih duduk-duduk di atas pasir sambil menyaksikan suara deburan ombak. Kegiatan seperti ini sering dilakukan karena nuansa alam yang terpancar di pantai mampu membuat betah bagi semua orang. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan berlibur ke pantai ini ketika Anda mempunyai waktu luang.

Panorama alam

Panorama alam yang terlihat jelas di Pantai Oesapa adalah hamparan pasir dan laut yang sangat jernih. Pada siang hari, panoramanya mengejutkan para tamu karena tampak utuh. Bahkan air laut memperlihatkan corak warna biru terang dan biru tua saat dipantulkan sinar matahari.

Jika Anda pergi ke kawasan lain, Anda akan menemukan sejumlah pepohonan dan area tempat duduk yang menambah keindahan. Sangat menarik untuk dijadikan tempat liburan karena banyak pemandangan alamnya. Hal ini pula yang mendorong wisatawan untuk mengambil foto dengan mengabadikan latar belakang panorama yang ada.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat di pantai OesapaKredit foto: Instagram Swiss-Belcourt Kupang

Pantai Oesapa terletak di kawasan Kelapa Lima, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Meski tak terlalu dekat dengan kota, namun akses jalannya dikenal cukup mudah untuk dilalui.

Bahkan, semua kendaraan diperbolehkan mengambil jalur tercepat menuju destinasi alam ini. Bagi Anda yang takut tersesat, Anda juga bisa menyewa pemandu wisata dan jasa perjalanan agar merasa aman saat berkunjung ke pantai ini.

Pengunjung yang menempuh perjalanan dari Kota Kupang hanya membutuhkan waktu sekitar 21 menit saja. Anda harus mengikuti serangkaian rute yang dimulai dari Jalan Polisi Militer.

Belok ke kawasan Jalan WJ Lalamentik dan menuju Jalan Frans Seda. Kemudian tak jauh dari jalur ini para tamu bisa melintasi Jalan Timor Raya yang jaraknya sangat dekat dengan tempat wisata ini.

Wisatawan bisa mengakses Google Maps jika ingin mengetahui lokasi secara detail. Selain itu, penduduk sekitar sangat ramah dan memberikan informasi mengenai lokasi pantai indah ini.

Anda hanya perlu menyiapkan kendaraan yang ingin dibawa berlibur. Bahkan di akhir pekan, pastikan untuk datang lebih awal agar tidak terjebak kemacetan di jalan raya.

Biaya masuk wisata bahari

Pantai cantik ini menjadi objek wisata yang sering diincar wisatawan. Selain itu, tidak ada tiket masuk karena destinasi indah ini gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

Anda bisa datang bersama teman-teman terdekat Anda sejak pantai buka hingga malam hari. Meski lokasinya selalu penuh pada hari libur, pihak administrasi tetap tidak mewajibkan tiket masuk.

Liburan ke Pantai Oesapa tidak akan lengkap jika langsung pulang tanpa mencari kuliner. Hidangan terkenal di sana berkisar dari makanan laut, jagung bakar, hingga minuman kelapa.

Semua hidangan tersedia dengan harga terjangkau. Selain itu, tersedia juga sejumlah pilihan persewaan peralatan bermain dengan harga yang aman untuk dompet Anda.

Sedangkan pemudik yang membawa kendaraan harus mengeluarkan uang untuk parkir. Harga tiketnya Rp 3.000 untuk sepeda dan Rp 5.000 untuk mobil atau bus.

Para tamu tidak perlu khawatir karena budget yang dibutuhkan sangat sesuai dengan keindahan pantai. Bahkan banyak orang yang sering datang ke sana karena harganya yang murah.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai OesapaKredit foto: Instagram tanti_balitosca

1. Berburu Foto

Dikenal sebagai tempat wisata yang indah, Pantai Oesapa memiliki sejumlah spot yang Instagramable. Banyak sekali background menariknya, mulai dari payung warna-warni, kursi pantai, hingga air jernih.

Wisata ini sangat populer karena lokasinya yang sangat bagus. Anda bahkan bisa mengambil foto dari sudut area pasir karena tampilannya cukup unik.

2. Berkemah

Area pesisir pantai dikelilingi oleh kursi-kursi yang berjejer rapi. Namun, ada juga tempat lain di mana Anda bisa bermalam sambil mendirikan tenda.

Tamu yang ingin camping bersama keluarga dapat membawa bekal dari rumah. Berkemah di pinggir pantai akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Berburu Kuliner

Menikmati kuliner berbahan dasar jagung bakar menjadi favorit wisatawan karena banyak pedagang yang menjualnya. Selain itu, terdapat juga toko makanan laut di area sekitar Pantai Oesapa yang merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati.

Minuman dingin hingga hangat mudah ditemukan di warung-warung. Jadi Anda tidak perlu takut kelaparan selama berlibur di kawasan resor ini.

4. Saksikan matahari terbenam

Biasanya para pelancong menunggu kesempatan melihat matahari terbenam langsung dari kursi pantainya. Langit yang perlahan berubah warna menjadi oranye kerap dijadikan latar belakang foto karena estetikanya.

Pemandangan matahari terbenam pun membuat suasana di pantai populer ini semakin romantis. Oleh karena itu, nikmatilah liburan pantai hingga sore hari untuk menikmati panorama matahari terbenam.

5. Cobalah bermain pasir

Terdapat pantai yang sangat indah dengan pasir lembut di sepanjang tujuan. Pengunjung sering mencoba bermain layang-layang dan bola voli di area tersebut.

Selain itu, ada juga yang sengaja membawa bentuk untuk membangun istana pasir. Selain itu, tidak ada bebatuan atau puing-puing di pasirnya sehingga membuat aktivitas Anda semakin menyenangkan.

6. Berjemur di Pantai Oesapa

Menikmati sinar matahari di pagi hari sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pantai yang mempesona ini menawarkan berbagai macam tempat bagi wisatawan yang ingin berjemur.

Anda bisa menikmati aktivitas tersebut sambil merasa tenang. Udara yang berhembus di sini juga terasa segar sehingga cocok untuk menemani pengunjung saat berjemur.

7. Santai

Kursi pantai yang tersebar di sepanjang pantai terlihat unik karena memiliki corak warna-warni. Kursi-kursinya bahkan terdapat payung yang mirip dengan pantai di Bali.

Karena kursi berlengan menghadap langsung ke air laut, Anda bisa bersantai dengan nyaman di kursi berlengan. Nikmati suasana pantai sambil duduk dimana saja dan mendengarkan suara deburan ombak disana.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di pantai OespanaSumber Gambar: Instagram Blogger Vlogger Bengkulu

Pantai Oesapa menawarkan berbagai fasilitas yang membuat wisatawan betah. Parkir kendaraan berbayar terletak tepat di depan pintu masuk.

Kalaupun datang dengan bus, Anda bisa parkir di tempat parkir ini. Terdapat musala di dekat area gerbang masuk, menyediakan tempat yang bersih dan nyaman.

Banyak stand dengan kuliner lezat yang menawarkan menu bervariasi. Masakan yang dimasak dijamin bikin ketagihan traveler.

Di sepanjang destinasi Anda akan menemukan kursi santai dengan payung untuk berfoto dan bersantai. Payung memastikan cuaca tidak terlalu panas karena para tamu dapat mencari perlindungan pada waktu yang sama sepanjang hari.

Toilet yang khusus disediakan untuk umum mempunyai ruangan yang bersih. Tersedia juga beberapa rental jika ingin bermain air laut.

Untuk menjamin kebersihan pantai, tersedia tempat sampah. Fasilitas yang lengkap wajib digunakan untuk menunjang kegiatan dan tidak boleh rusak selama berada di kawasan wisata.

Inilah yang menjadikan Pantai Oesapa unik dan Instagrammable. Banyak tamu yang merasa nyaman dan ingin kembali ke destinasi alam ini setelah berlibur.

Saat berkunjung kesana anda merasa nyaman sekali karena tempatnya terlihat berbeda dengan pantai lainnya. Oleh karena itu, pengunjung tidak boleh lupa untuk datang ke pantai populer di Kupang ini bersama kerabatnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button