Tempat Wisata

Pantai Batu Nona Kupang – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Menyatulah dengan eksotisme Pantai Batu Nona Kupang yang penuh cerita mistis sambil menikmati 3 kolam renang yang menambah pesona liburan di pantai ini.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasinya

Provinsi Nusa Tenggara Timur menyimpan banyak rahasia keindahan alam untuk dijelajahi. Keindahan baharinya berbeda dengan pulau lain, termasuk Pantai Batu Nona di Kupang dengan keindahan bebatuan karangnya yang memanjakan mata.

Nama pantai ini berasal dari legenda yang ada di masyarakat. Dikisahkan pernah ada seorang wanita bernama Nona yang sedang jatuh cinta, hatinya hancur setelah putus dengan kekasihnya, dan akhirnya dia memutuskan untuk terjun ke pantai dan menjadi seorang wanita. Kisah inilah yang memberikan kisah mistis pada pantai indah ini.

Batu Nona letaknya persis berada di pinggir pantai, namun kini kondisinya sudah tidak terlihat lagi akibat terkikis gelombang laut, kini pihak pengelola telah membangun kembali patung wanita tepat di lokasi lompatan Nona.

Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai dan juga rahasia yang tersembunyi di dalamnya, yuk langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Batu Nona

Daya Tarik Pantai Batu NonaKredit foto: Google Maps Nyayu Chandra

Mistis tapi indah

Nama pantai ini memang memiliki nilai mistis, apalagi mengingat pengakuan warga setempat yang pernah menyaksikan seorang wanita bersujud dan menangis di atas karang di pinggir pantai.

Meski konon ada cerita mistis yang mungkin bisa dipercaya atau tidak, namun pengunjung yang berkunjung disarankan untuk tidak berada di kawasan Pantai Batu Nona pada malam hari, yaitu pukul 18.00 waktu setempat.

Dipercaya bahwa hantu biasanya berkeliaran di kawasan pantai setelah gelap. Sebenarnya dibalik rahasianya, pantai cantik ini masih banyak dikunjungi wisatawan yang ingin melihat langsung pantai yang masih asli dan alami ini.

3 kolam renang

Daya tarik utama Pantai Batu Nona adalah kolam renangnya. Kolam renang ini terbagi menjadi tiga area. Wisatawan bisa bersantai di kolam yang terletak tepat di pantai indah yang mempesona ini. Kedalaman kolam 2 hingga 1 meter.

Ada juga kolam untuk anak-anak yang selalu banyak bermain. Sembari menunggu anak-anak bermain di kolam, orang tua bisa mengagumi keindahan pantai. Kelebihan dari kolam renang adalah harga tiket masuk kawasan pantai ini sudah termasuk dalam harga tiket masuk kolam renang, sehingga pengunjung bisa lebih berhemat.

Ditemani dengan makanan dan minuman khas

Pengunjung bisa mencicipi makanan dan minuman khas Kupang di pantai populer ini. Masakan yang terkenal antara lain pisang epe dan juga minuman yang terbuat dari buah lontar.

Pisang epe adalah makanan yang terbuat dari pisang raja atau pisang kepok yang dipipihkan, kemudian dibakar dan dilumuri gula jawa. Rasanya yang manis dan gurih menjadikannya teman bersantai yang nikmat. Pisang epe banyak ditemui di daerah Makassar.

Buah palem mirip dengan kelapa, namun bentuknya seperti buah palem yang ukurannya cukup besar. Teksturnya mirip buah musim semi dan buah palem dengan air yang mampu menghilangkan dahaga kelapa.

Buahnya dapat dijadikan minuman dan airnya, disebut juga air Nira, dapat digunakan untuk membuat gula aren dan bahkan penduduk setempat menggunakannya untuk membuat minuman beralkohol.

Ombak pantai yang tenang

Keindahan eksotik Pantai Batu Nona semakin dilengkapi dengan ombaknya yang sangat tenang. Karena letaknya di teluk, ombaknya tenang dan ombak di pantai indah ini semakin besar saat angin barat datang.

Pengunjung disuguhi semilir angin sepoi-sepoi dan ombak laut yang tenang. Kegiatan rekreasi pun semakin seru dan menyenangkan. Namun angin terkadang bertiup kencang dan membawa butiran pasir, jadi pastikan untuk membawa kacamata saat bermain di kamar anak.

Akomodasi di dekat pantai

Di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, banyak destinasi alam yang tidak bisa dijelajahi dalam sehari. Pantainya mempunyai daya tarik yang berbeda. Wisatawan yang datang dari luar pulau maupun luar negeri dan mencari akomodasi dapat menemukannya di sekitar pantai.

Fasilitas yang diberikan standar, harga bervariasi tergantung tipe kamar dan fasilitas yang Anda terima. Karena lokasinya yang tidak jauh dari kota, akomodasi pantai indah ini sangat digemari wisatawan.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat di pantai Batu NonaKredit foto: Google Maps Wishnu EW

Pantai Batu Nona terletak di Jalan Timor Raya km 10. Pantai indah penuh rahasia ini terletak di Desa Oesapa yang termasuk dalam Kecamatan Kelapa Lima. Pantai populer ini merupakan salah satu tempat wisata di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Warga Kupang biasanya datang ke Pantai Menawan untuk melepas kepenatan sehari-hari. Pengunjung dari luar daerah yang ingin datang dapat menggunakan jalur angkutan umum dari Kupang menuju Tarus yang akan membawanya ke Jalan Timor Raya dan turun di pertigaan Jalan Nunsui.

Setelah sampai di Nunsui, perjalanan dilanjutkan dengan ojek yang menunggu di pertigaan. Ojek mengantarkan wisatawan hingga ke gerbang masuk.

Sedangkan jika menggunakan kendaraan pribadi, cukup arahkan kendaraan ke Jalan Timor Raya di Kilometer 10 dan berbelok ke arah pantai. Ada tanda jalan menuju ke pantai.

Bagi wisatawan yang datang dari luar Pulau NTT, tersedia tempat di dekat pantai yang bisa dijadikan akomodasi. Harga sewa per malamnya tidak akan menguras dompet, pemandangan yang ditawarkan menghadap langsung ke pantai. Harga kamar disesuaikan dengan fasilitas yang ada.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk ke pantai ini sebenarnya gratis alias gratis, namun dikenakan biaya bagi wisatawan yang ingin mencoba wahana di kolam renang. Biaya masuk kolam renang bervariasi tergantung usia. Biaya masuk untuk anak-anak sebesar Rp 10.000 per orang dan untuk dewasa sebesar Rp 15.000.

Catatan: Biaya masuk sudah termasuk biaya berenang di kolam renang. Biaya parkir kendaraan belum termasuk dalam harga tiket masuk.

Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Pada tanggal merah tarif masuknya naik, dan bila musim liburan tiba besarannya tergantung kebijakan pihak pengelola.

Jam buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Penduduk setempat mengatakan pengunjung tidak diharapkan untuk tetap berada di pantai setelah jam 6 sore waktu setempat untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Batu NonaSumber gambar: Google Maps Kaka Yermi

1. Berenang di kolam renang

Berenang di kolam renang dengan pemandangan laut, siapa yang bisa menolak aktivitas ini? Kolam renang ini mempunyai tinggi 2 meter, 1 meter dan merupakan kolam renang anak.

Bagi yang bisa berenang bisa mencoba berenang di kedalaman 2 meter, dan bagi yang pemula bisa berenang di kedalaman 1 meter. Di sini pun anak-anak mempunyai aktivitasnya masing-masing.

2. Bersantai di pantai

Pantai dengan terumbu karang dan tebing di pinggirnya ini menjadi tempat yang sejuk untuk bersantai. Angin yang cukup kencang dan ombak yang tenang menambah ketenangan.

3. Makan pisang epe dan minum lontar

Aktivitas menarik di Pantai Batu Nona yang sayang untuk dilewatkan adalah menikmati makanan pisang epe dan minuman berbahan dasar buah lontar. Kelezatan manisnya pisang bakar dipadukan dengan segarnya minuman buah enau menjadikan santapan nikmat di pantai indah ini.

4. Jangan lupa berburu foto

Jika Anda senang berenang, menikmati keindahan pantai dan mencari kuliner, jangan lupa untuk mencari foto-foto. Di pantai cantik ini, titik utama Batu Nona terletak di atas tebing. Berfoto dengan latar belakang laut lepas yang indah akan melengkapi koleksi feed Instagram Anda.

5. Bermain air

Pantai dengan air laut biru ini dikelilingi tebing dan karang. Di pinggir pantai, pengunjung bisa bermain pasir.

Anda juga bisa bermain air, aliran air di pantai ini ditinggalkan oleh terumbu karang, begitu indahnya genangan air ini, seolah-olah Anda memiliki kolam kecil dengan ikan dan kerang yang berbeda-beda.

6. Menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pantai Batu Nona

Pantai Batu Nona menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah ditemani angin sepoi-sepoi saat matahari terbenam. Waktu terbaik mengunjungi pantai indah ini adalah sore hari menjelang matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Batu NonaSumber gambar: Google Maps Wishnu EW

Pantai Batu Nona memiliki fasilitas seperti tempat parkir, kolam renang, toilet, pendopo, akomodasi dan warung makan.

Kolam renang menjadi daya tarik tersendiri karena jarang sekali pantai yang memiliki kolam renang. Diakui pengunjung, kolam renang ini sangat cocok dijadikan tempat bermain anak-anak yang seru.

Warung makan di sini juga unik karena tidak menyajikan hidangan seafood melainkan pisang epe dan minuman panas. Menu yang disajikan bisa menjadi teman camilan di sore hari menjelang makan malam.

Inilah pesona Pantai Batu Nona yang misterius namun menyenangkan. Banyak aktivitas seru disini, daya tarik utamanya adalah patung batu Nona dan kolam renang. Biaya masuknya sangat terjangkau dan ramah di kantong.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button