Tempat Wisata

√ Pantai Pacar (HTM, Rute & Review)

Tak mau kalah dengan provinsi lain, Jawa Timur juga punya banyak tempat wisata bertema pantai yang ditawarkan. Salah satunya adalah Pantai Pacar di Tulungagung, Jawa Timur. Konon dulunya pantai ini penuh dengan kawasan hutan yang ditumbuhi pepohonan dan tanaman lainnya.

Salah satu tanaman yang banyak tumbuh di kawasan pantai ini adalah tanaman henna. Dari sinilah asal mula pantai bernama Boyfriend. Seperti pantai-pantai lainnya, pantai ini juga memiliki segudang keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Pantai ini layak dijadikan tujuan liburan.

Pantai PacarPantai Pacar

Biaya masuk untuk tur

Pantai ini dikelola oleh pemerintah kota setempat untuk dijadikan tujuan wisata. Tentunya untuk menikmati keindahan pantai ini Anda harus membayar biaya masuk. Tak perlu khawatir, harga tiketnya dijamin tidak akan menguras kantong Anda.

Biaya masuk tur ini hanya berkisar Rp 3.000 pada hari validitas. Namun pada akhir pekan, harganya Rp 5.000. Harga tiket ini dapat meningkat tergantung keramaian dan acara liburan.

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa fasilitas lain di kawasan pantai. Tempat parkir disediakan oleh administrasi pantai. Meski akses jalan menuju pantai ini sempit, namun Anda bisa menggunakan sepeda motor asalkan harus sangat berhati-hati.

Rute menuju pantai Pacar

Rute menuju Pantai Pacar tergantung dari mana Anda berangkat. Meninggalkan kota Tulungagung, Anda bisa langsung mengikuti jalur menuju kecamatan Ngunut. Anda juga bisa menggunakan GPS atau menggunakan jasa ojek online.

Dari Kecamatan Ngunut, pasar Ngunut menjadi titik tujuan. Setelah sampai di Pasar Ngunut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Pasar Panjerejo. Kemudian kita lanjutkan ke desa Pucanglaban.

Belum sampai di situ, dari desa Pucanglaban Anda masih harus melanjutkan perjalanan menuju tambak udang. Lokasi Pantai Pacar tepat berada di sebelah tambak udang.

Namun, Anda tetap harus melewati jalanan sempit untuk sampai ke pantai ini. Anda tidak memerlukan kendaraan untuk sampai ke sana.

Hal menarik di Pantai Pacar

Keindahan Pantai Pacar tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur. Pantai ini cukup ramai karena dianggap sebagai objek wisata umum. Lalu apa saja tempat wisata menarik yang ada di sini? Berikut beberapa di antaranya:

Liburan belum lengkap rasanya tanpa mengabadikan momen tersebut dalam sebuah foto. Kamu bisa mengambil foto-foto super keren di pantai ini. Selain itu, terdapat tebing kapur yang super keren di sekitar pantai.

Selain berfoto dengan latar belakang tebing kapur, Anda juga bisa berburu dengan menggunakan ayunan yang disediakan pengelola objek wisata.

Di sana juga dibangun gardu pandang untuk menikmati pemandangan pantai dari kejauhan. Dari sudut pandang ini, pemandangannya dijamin sangat mempesona.

Salah satu hal yang paling menarik dan unik dari pantai ini adalah air terjunnya. Air terjun ini mengalir deras dari puncak bukit yang mengelilingi Pantai Pacar. Anda juga bisa menikmati airnya yang segar dan berkhasiat untuk mandi di sekitar area air terjun.

Biasanya banyak air yang jatuh saat musim hujan. Bukit di atas pantai tidak memiliki aliran sungai untuk mengalirkan air hujan. Artinya, banyaknya air yang mengalir langsung ke kawasan pantai.

Namun air terjun di sini tentu saja tidak semegah dan setinggi air terjun kebanyakan. Jumlah airnya juga tidak selalu deras. Pasalnya, sumber air terjunnya bukan di pegunungan, melainkan di tebing kecil di pinggir pantai.

Pasir di pantai ini berwarna putih dan halus. Tak heran jika banyak pengunjung yang lebih memilih bermain pasir saat berkunjung ke Pantai Pacar. Selebihnya, air lautnya sangat jernih dan mengundang Anda untuk bermain air.

Saat bermain air di pantai ini anda harus berhati-hati dan tetap waspada karena ombak di pantai ini bisa besar maupun kecil. Khusus bagi Anda yang membawa anak kecil diharapkan selalu berhati-hati.

  • Menikmati indahnya senja

Pantai di Tulungagung Jawa Timur ini tidak kalah dengan Pantai Kuta di Bali dan memiliki nuansa yang sangat sejuk bahkan saat senja. Saat senja tiba, warna langit berubah menjadi oranye.

Anda bisa duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi dan pemandangan matahari terbenam yang indah. Sungguh sayang jika pemandangan ini dilewatkan. Bahkan banyak pengunjung yang rela bermalam demi menikmati indahnya matahari terbenam.

Suasana pantainya yang begitu indah sangat cocok dijadikan tempat berkemah atau camping bersama teman atau keluarga. Pantai Pacar tergolong pantai yang juga menyediakan fasilitas berkemah.

Namun, Anda juga bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri. Jika ingin menyewa tenda, pihak pengelola pantai menawarkan berbagai pilihan tenda dan kasur. Untuk tenda berkapasitas 6 orang, harga yang dihitung sekitar Rp 35.000.

Sedangkan harga tenda berkapasitas 4 orang hanya berkisar Rp 25.000 saja. Harga sewa kasur hanya Rp 5.000 saja. Sangat terjangkau bukan?

Soal makanan dan minuman, Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai banyak terdapat warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Selain bisa menikmati keindahan kawasan pantai, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di sekitar kawasan pantai sana. Ada berbagai jenis masakan khas Tulungagung yang bisa Anda nikmati.

Meski untuk mencapai pantai ini cukup sulit karena jalannya sempit, namun keindahan pantai akan membuat semua hal terbayar. Anda akan terkesima dengan keindahan pantainya yang jernih dan tebing kapur yang menjulang tinggi, ditambah lagi terdapat air terjun yang melengkapi pantai ini.

Tulungagung dikenal memiliki banyak tempat wisata tak kalah dengan kota lain di Jawa Timur. Namun Pantai Pacar bisa jadi salah satu destinasi wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga.

Ulasan pengunjung

Gooby P

10:16 19 November 21

KELEBIHAN : – view bagus buat yang suka foto bagus banget – HTM murah, hanya 5 km – akses jalan tidak terlalu sulit KEKURANGAN : – panas, tempat sedikit teduh, pendopo hanya dua pohon jarang – fasilitas umum kurang bagus, maklum masih baru – jika akhir pekan sibuk, maaf. Saran Kalau kesini sebaiknya hindari keramaian di hari biasa, ganti lokasi foto kalau lagi ramai, bawa bekal dari rumah, atau belanja di mini market yang tempat jarang jualan padahal ada, harganya berbeda

Nurul Fitri

06:45 21 November 21

Pantainya bagus, tapi jalannya belum sepenuhnya beraspal dan masih beberapa meter tanah. Jika bepergian dengan mobil, sebaiknya naik mobil besar seperti Avanza karena agak licin saat hujan dan berbatu. Semoga kedepannya LG bisa lebih memperbaikinya lagi. Yuk, coba jalan-jalan ke sini

Nona Rindy

02:56 24 November '21

Pemandangan pantainya bagus banget.. Jalan dari Trenggalek panjang banget, 2 jam pakai sepeda motor. Untuk jalannya pun mudah untuk dilalui, apalagi akan ada jalur penyeberangan selatan yang juga keren banget

Uswahh

06:27 21 November '21

Follow aku di Instagram @uzwahchasa Asyik banget kesini, cukup bayar parkir saja, terlepas dari jalan sesampainya di tempat. Next ke sana semoga ada yang becek diperbaiki jj

Sindi Ludvitasari

09:42 29 Agustus '21

Sangat kecewa jalan diperbaiki dan ditutup.. Saya tidak bisa ke Pantai Pacar. Semoga cepat selesai. Jangan ke sana dulu biar tidak kecewa, tapi pemandangannya sangat indah dan kamu tidak akan kesana

Source: tempat.info

Related Articles

Back to top button