Tempat Wisata

Puncak Sawiyah, Nikmati panorama alam eksotis dari atas di Majalengka

Nikmati keindahan panorama alam yang eksotik dari ketinggian di Puncak Sawiyah, Majalengka, dengan tambahan area camping yang memungkinkan pengunjung merasakan keajaiban alam lebih dekat dan intim.

Harga tiket: Rp7.000, Jam beroperasi: 07.00 – 05.00 WIB, Alamat: Sangiang, Kec. Banjaran, Kab.Majalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Majalengka merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki beberapa tempat wisata indah. Mengunjungi tempat wisata ini akan sangat mengasyikkan bagi Anda, apalagi jika Anda berwisata bersama keluarga. Salah satu tempat wisata alam di Majalengka yang menjanjikan adalah Puncak Sawiyah.

Liburan anda akan semakin berkesan jika berkunjung ke Puncak, apalagi bagi anda pecinta puncak gunung yang sering mencapai puncaknya, sayang sekali jika tidak melintasi kawasan puncak ini. Wisata alam ini menawarkan keindahan alam dari atas seperti gunung, persawahan atau udara yang indah.

Meski objek wisata alam ini belum sepopuler tempat wisata luar negeri lainnya, namun dengan kondisi saat ini, objek wisata ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati dan digemari warga Majalengka. Inilah sebabnya mengapa Anda wajib mampir ke Puncak Sawiyah saat berada di Majalengka.

Daya tarik Puncak Sawiyah

Daya tarik Puncak SawiyahFoto oleh Mva Dolaemon di Google Maps

Daerah puncak

Sama seperti nama objek wisatanya, simbol Puncak Sawiyah menjadi pusat dari objek wisata yang akan Anda alami. Begitu sampai di kawasan puncak, Anda akan menyaksikan hamparan keindahan alam yang indah. Area hijau yang membentang di sekitar bidang penglihatan Anda.

Informasi yang diterima menyebutkan bahwa ketinggian puncaknya sekitar 1.600 meter di atas permukaan laut, sangat tinggi sehingga memungkinkan Anda melihat keindahan aduhai yang menanti Anda, seperti Gunung Papandayan, serta hamparan sawah yang luas. Anda juga bisa melihat Bandara Internasional Jawa Barat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Udara sejuk dan bersih di Puncak Sawiyah tidak akan Anda temukan di tempat lain. Selain itu tempat ini cukup dingin untuk suhu cuacanya, sehingga disarankan untuk memakai pakaian hangat agar tidak membeku saat terkena angin dingin yang anda rasakan.

Dari bukit yang tinggi ini menarik banyak pengunjung, apalagi dengan pemandangan yang patut diabadikan. Alamnya yang estetik mengajak Anda untuk berfoto dengan latar pemandangan ini. Tentu saja hal ini bisa Anda rasakan bersama keluarga dan teman, perjalanan yang sangat Instagrammable.

Air Terjun Sawiyah

Curug Sawiyah merupakan salah satu objek wisata yang memiliki air terjun. Tak hanya bisa mengagumi keindahan perbukitan Puncak Sawiyah saja, Anda juga bisa memanjakan mata dengan bermain air di air terjun ini. Menurut penduduk setempat, air terjun ini disebut juga Air Terjun Kerang karena konon kerang tumbuh di kawasan mulai dari Sungai Cigenclang hingga Air Terjun Sawiyah.

Selain itu, Anda juga akan melihat berbagai hasil pertanian yang dijual penduduk setempat, seperti sayuran, jagung matang, atau umbi-umbian yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh atau disimpan untuk dimakan. Tanaman ini terlihat segar karena berasal langsung dari kebun.

Tempat perkemahan

Puncak Sawiyah merupakan salah satu tempat wisata alam yang tidak hanya bisa dinikmati untuk sementara waktu, namun juga bisa mendirikan tenda atau camping bersama keluarga dan teman. Perasaan berbeda akan Anda rasakan karena menyatu dengan alam merupakan hal yang menyenangkan.

Panorama yang akan Anda nikmati pada pagi dan sore hari akan menjadi pengalaman berharga, apalagi saat Anda bersama orang-orang yang Anda sayangi. Karena di tempat ini agak dingin, pastikan untuk membawa peralatan yang diperlukan!

Suatu kawasan yang mengutamakan keselamatan, sehingga Anda tidak akan merasa takut atau cemas dalam mendirikan tenda. Banyak pengunjung juga yang mendirikan tenda dan Anda mengenal orang-orang baru yang memiliki tujuan yang sama untuk berkemah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak SawiyahFoto oleh Mei98 di Google Maps

Tempat wisata alam menarik Puncak Sawiyah ini terletak di Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Lokasinya berada di kawasan yang sangat strategis untuk anda kunjungi karena berada di kawasan pegunungan Cermai.

Namun, jika Anda bepergian dengan mobil, sayangnya Anda harus bersabar dan mengeluarkan sejumlah uang, karena kawasan ini sulit dijangkau dengan mobil karena koneksi jalan raya yang buruk. Oleh karena itu, lebih aman menggunakan sepeda motor.

Jika Anda datang dari pusat Majalengka, rute dari Majalengka menuju ke Jalan Majalengka. Kemudian ambil arah kiri dari SPBU Tegalsari. Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju desa Tejanulya.

Untuk menempuh jalur ini anda bisa menggunakan mobil, namun ketika sampai di belok kiri jalan didominasi tanjakan dan jalan menjadi lebih kecil.

Karena tidak baik terus berkendara dengan mobil, Anda bisa berinisiatif dan melanjutkan perjalanan dengan sepeda motor. Waktu tempuh anda dari Majalengka menuju objek wisata ini sekitar 60 menit perjalanan.

Biaya masuk ke tempat wisata

Wisata alam ini tidak memerlukan biaya yang mahal karena tiket masuknya hanya seharga Rp 7.000 saja. Dengan harga yang sangat terjangkau, Anda sudah bisa menikmati fasilitas dan suasana indah yang menjanjikan.

Kemudian tarif parkir sepeda motor hanya Rp 2.000, sedangkan tarif parkir mobil hanya Rp 7.000. Puncak Sawiyah buka pada jam operasional mulai pukul 07:00 WIB pagi hingga pukul 05:00 WIB pagi hari. Kunjungan dapat dilakukan dari Senin hingga Minggu.

Kegiatan yang menarik

Puncak Sawiyah, Nikmati panorama alam eksotis dari atas di MajalengkaFoto oleh Heru Febrianto di Google Maps

1. Bersepeda

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Puncak Sawiyah adalah bersepeda. Bersepeda merupakan aktivitas yang banyak dilakukan pengunjung. Anda bisa bersepeda mengelilingi puncak gunung bersama keluarga. Ada jalan yang biasa digunakan sepeda. Terdapat beberapa tanaman di sisi kiri dan kanan jalan.

Tumbuhan hijau ini merupakan jenis rumput yang merambat. Selain tanaman hijau, Anda akan melihat hamparan sawah yang luas. Sawah ini milik petani setempat. Selain sawah, masih banyak tanaman lain seperti pisang, jagung, sawi dan lain-lain.

Waktu yang paling cocok bagi Anda untuk bersepeda adalah pagi dan sore hari. Menyaksikan matahari terbenam dan matahari terbit di puncak merupakan kegiatan yang sangat menarik. Untuk itu, Anda perlu menyiapkan pakaian tebal karena cuaca cenderung dingin terutama di pagi hari.

2. Spot foto yang menarik

Tentunya salah satu alasan mengunjungi objek wisata alam yang indah ini adalah untuk mengabadikan momen-momen tersebut dalam kenangan yang dapat dicetak dan dilihat. Salah satu pilihannya adalah mengambil foto. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda jadikan backdrop bersama keluarga atau teman.

Ada banyak spot foto menarik seperti Puncak Sawiyah. Tentu saja sesuai dengan nama tempatnya, fokus utamanya adalah mengambil foto langsung di atas sambil memandangi hamparan sawah dan pegunungan yang masih sangat asri.

Waktu pagi dan sore hari menjadi foto highlight yang paling diminati pengunjung. Anda dapat menggunakan kedua waktu tersebut untuk mendapatkan hasil yang lebih estetis. Lokasi di puncak ini memang sangat indah, areal persawahan hijau sangat luas, serta banyak juga pepohonan dan rerumputan yang memanjakan mata.

Selain puncak, Anda juga bisa berfoto di Rumah Balon dan Jembatan Cinta. Kedua tempat ini memang menarik dan selalu menjadi spot favorit pengunjung, apalagi jika membawa pasangannya. Selanjutnya Anda bisa mengambil foto elang raksasa tersebut. Seperti monumen elang buatan berukuran besar, sangat indah untuk fotografi.

3. Berkemah di Puncak Sawiyah

Kegiatan menarik ini memerlukan perlengkapan lebih yaitu berkemah. Anda bisa membawa tenda dan mengajak keluarga serta teman Anda untuk berkemah di lantai atas. Selain tenda, Anda juga perlu membawa perlengkapan lainnya. Jangan lupa untuk memastikan Anda tidak meninggalkan apa pun!

Setiap bulannya banyak pengunjung yang berkemah di puncak, jadi tidak perlu khawatir karena banyak orang yang mendirikan tenda dan pada malam hari suasana terlihat asri. Anda juga dapat mengabadikannya untuk fotografi. Perkuat kembali ikatan kekeluargaan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak SawiyahFoto oleh Mukhyi Bagus Arjuna di Facebook

Seperti halnya tempat wisata alam lainnya, Puncak Sawiyah juga mempunyai fasilitas yang memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Mulai dari tempat parkir kendaraan yang luas. Begitu sampai di puncak, Anda tidak akan kesulitan untuk memarkir kendaraan.

Selain itu, terdapat beberapa pendopo untuk pengunjung bersantai. Terdapat juga kantin di sekitar puncak sehingga Anda dapat dengan mudah mencari makanan dan minuman. Terdapat toilet yang bagus dan bersih di sebelah kantin.

Khusus bagi pengunjung yang beragama Islam, tersedia tempat khusus seperti musala yang bisa digunakan untuk menunaikan shalat agar tidak datang terlambat dan khawatir dalam menunaikan kewajiban. Tempat wisata alam ini sangat bersih dan asri karena selalu diawasi oleh beberapa petugas keamanan.

Puncak Sawiyah merupakan salah satu wisata alam yang masih belum diketahui masyarakat umum. Tempat ini wajib Anda kunjungi bersama keluarga, apalagi jika Anda memasukkannya ke dalam daftar liburan Anda. Selain pemandangan pegunungan yang indah, Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button