Tempat Wisata

Pantai Takari Bangka – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Terpesona dengan keindahan alam bawah lautnya yang eksotis, Pantai Takari di Bangka menawarkan panorama pantai yang indah dan mempesona sehingga menjadi destinasi menarik bagi pengunjung pecinta kehidupan bawah laut.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Rebo, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung; Map: Periksa lokasinya

Bangka Belitung memang sudah dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki pantai-pantai indah, salah satu contohnya adalah Pantai Takari yang ada di Kabupaten Bangka. Pantai cantik ini semakin populer karena selain keindahan alamnya, juga menawarkan beberapa spot foto yang menarik.

Spot foto yang paling disukai wisatawan adalah tempat dengan semacam bahan tenun berbentuk hati atau cinta berukuran besar serta bunga di setiap sisinya. Berkat spot foto ini, banyak wisatawan remaja yang mengunjungi objek wisata alam ini untuk mencari foto Instagrammable.

Selain spot foto tersebut, pantai di Desa Rebo ini sudah mempunyai alam yang super indah, sehingga wajar jika sedikit pemolesan saja sudah bisa menarik banyak wisatawan untuk berlibur. Berikut ini kami berikan gambaran singkat tentang Pantai Takari di Desa Rebo, Kabupaten Bangka.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Takari

Daya Tarik Pantai TakariKredit foto: Google Maps Dwi Hastuti

1. Tempat berfoto

Kita mulai dari atraksi pertama yang sudah sedikit kita bahas tadi, yaitu spot foto. Ada beberapa spot foto yang ada di lokasi pantai indah ini sendiri, seperti: B. Baper set ditempatkan pada beberapa pohon di pinggir pantai dan sebuah love spot berukuran besar yang menjadi daya tarik tersendiri untuk fotografi.

2. Pasir pantai

Daya tarik Pantai Takari selanjutnya adalah pantainya yang berpasir putih. Pasir putihnya tak hanya indah mempesona, tapi juga sangat lembut sehingga membuat wisatawan bisa bermain sepuasnya, mulai dari jalan-jalan di pinggir pantai hingga berfoto.

Aman meski tanpa sepatu karena saat berjalan tanpa alas kaki di pasir putih tidak banyak batu atau benda keras yang bisa melukai kaki. Anda bahkan bisa berbaring di atas pasir pantai ini tanpa alas untuk berjemur.

3. Ombak dan laut

Lanjut ke daya tarik berikutnya yaitu ombak dan laut, dimana ombak di pinggir Pantai Takari tergolong kecil sehingga membuat anak-anak maupun orang dewasa dapat bermain air sepuasnya. Selain itu air lautnya masih sangat bersih dan jernih sehingga badan anda tidak akan gatal saat bermain air laut di pantai Desa Rebo.

4. Deretan pohon cemara

Selain keindahan pantai dan lautnya, pantai di kabupaten Bangka ini juga banyak terdapat pohon pinus yang tumbuh subur. Pohon pinus ini memberikan perlindungan saat matahari berada pada titik tertingginya atau pada siang hari.

Wisatawan bisa berteduh di bawah pohon pinus ini sambil menyaksikan indahnya ombak yang bergulung-gulung di sepanjang tepian pantai. Anda juga bisa berbaring sambil merasakan nikmatnya angin laut di Pantai Takari dan mendengarkan suara deburan ombak yang mampu menenangkan suasana hati Anda.

5. Alam bawah laut

Tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar pantai di Kepulauan Bangka Belitung menawarkan alam bawah laut yang menakjubkan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang senang snorkeling atau menyelam ke dasar laut untuk melihat sendiri keindahan alam Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai populer Kabupaten Bangka ini juga menawarkan biota laut yang menakjubkan. Hal ini terbukti dengan banyaknya biota laut mulai dari terumbu karang, ikan, alga dan beberapa jenis biota laut lainnya yang mudah Anda temukan di dasar perairan sekitar pantai populer ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai TakariSumber gambar: Google Maps Sandy Trafonta

Pantai Takari terletak di Kecamatan Sungailiat, Desa Rebo, Kabupaten Banka, Provinsi Kepulauan Bangka-Belitung. Untuk itinerarynya bisa melalui Kantor Bupati Bangka di Jl. Ahmad Yani sebagai benchmark yaitu dari Jl. Ahmad Yani silahkan ambil jalur menuju Jl. Sungai Liat – Pangkalpinang.

Melalui Jl. Sungai Liat – Pangkalpinang terus lurus hingga menemukan pertigaan di Jl. Raya Sungai Liat, lalu belok kiri hingga masuk Jl. Raya Sungai Liat. Tetap di jalur utama hingga mencapai Jl. Pattimura dan terus mengikuti Jl. Pattimura sampai masuk Jl. Ir. H.Eko Maulana Ali.

Dari pertigaan ini Anda perlu belok kanan hingga mencapai Jl. Ir. H. Eko Maulana Ali kemudian terus ikuti jalan tersebut hingga menemukan Pantai Takari di sisi kiri jalan. Panjang itinerary kurang lebih 12,8 km dan perkiraan waktu tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 18 menit.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati keindahan alam wisata bahari ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena biaya masuknya hanya Rp 5.000 per orang.

Kemudian wisatawan yang membawa kendaraan pribadi perlu menambah Rp2.000 untuk sepeda motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp10.000 untuk mobil besar.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menyenangkan di Pantai TakariSumber gambar: Google Maps Nata Bangka

Difoto

Kita mulai dengan aktivitas yang paling penting, yaitu mengambil foto. Hal ini cukup wajar karena terdapat beberapa spot foto menarik seperti Satzbaper dan Giant Love. Namun keindahan alam pantai populer ini menjadi salah satu alasan mengapa fotografi menjadi aktivitas terpenting yang bisa Anda lakukan saat berlibur di pantai indah ini.

Mengingat indahnya pasir putih pantai, birunya laut, dan puluhan pohon pinus yang tumbuh subur di pinggir Pantai Takari, jelas menjadi jawaban masuk akal atas pertanyaan kenapa Anda perlu berfoto di sini. Oleh karena itu, pastikan kamera yang Anda bawa terisi penuh dan masih memiliki memori kosong yang cukup.

Bermain di air

Kegiatan menarik selanjutnya kita lanjutkan yaitu bermain air laut. Bisa dikatakan kegiatan ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan selain berfoto, karena biasanya setelah wisatawan puas berfoto, mereka mulai terjun ke air laut untuk bermain air atau berenang bersama masyarakat yang datang. kepada mereka stand berikutnya.

Jangan khawatir dengan ombak karena Pantai Takari memiliki ombak yang kecil, sehingga anak-anak pun bisa dengan aman bermain air sepuasnya. Air lautnya juga bersih sehingga tidak akan terasa gatal jika terlalu lama berada di dalam air. Ada juga kamar mandi yang menyediakan air bersih sehingga Anda bisa bermain sepuasnya.

Snorkeling di Pantai Takari

Bagi yang hobi snorkeling atau diving juga bisa melakukan aktivitas tersebut di pantai Desa Rebo. Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan alam bawah laut karena ini merupakan tempat wisata yang terlindung dari penangkapan ikan. Selain itu, di pinggir pantai juga terdapat tempat-tempat yang bisa menyewakan peralatan menyelam jika Anda tidak membawa peralatan menyelam.

Nikmati pemandangan indah di sekitar

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa Anda lakukan di Pantai Takari adalah menikmati pemandangan sekitar yang indah. Duduk di bawah pohon pinus sambil merenungkan keindahan alam sekitar, mulai dari pasir putih pantai hingga keindahan laut, merupakan semacam kedamaian bagi seseorang.

Anda bahkan bisa bersantai dengan berbaring sambil mendengarkan suara deburan ombak dan merasakan sepoi-sepoi angin pantai. Matamu perlahan terpejam dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa sebagian wisatawan sengaja pergi berlibur hanya untuk mencari ketenangan batin.

Melihat matahari terbenam

Aktivitas menarik terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menyaksikan indahnya matahari terbenam. Momen ini terjadi setiap hari, namun keindahannya selalu mampu membuat seseorang terharu.

Duduk di tepian pantai berpasir putih ditemani orang-orang tercinta sambil menyaksikan matahari perlahan tenggelam di ufuk barat dan warna langit yang berubah dari biru menjadi kuning-merah merupakan kenangan indah tersendiri. Bisa dipastikan suasana romantis ini akan bertahan hingga Anda kembali ke rumah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai TakariSumber gambar: Google Maps Ida Gusti

1. Tempat parkir

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan di objek wisata alam ini adalah tempat parkir kendaraan. Fasilitas ini cukup luas dan mampu menampung berbagai jenis kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus wisata.

2. Toilet dan kamar mandi umum

Di Pantai Takari juga terdapat toilet umum yang bisa Anda gunakan untuk buang air besar dan kecil. Selain itu, terdapat juga kamar mandi dimana wisatawan dapat berganti pakaian dan membersihkan badan dengan air jernih setelah bermain air laut.

3. Pondok

Terakhir, terdapat gubuk tempat wisatawan bisa duduk-duduk di bawah naungan atau menyimpan barang bawaan. Namun untuk menggunakan fasilitas ini, Anda perlu membayar biaya sewa sebesar Rp 30.000 hingga Rp 50.000 per cottage tergantung besar kecilnya cottage.

Demikian ulasan singkat Pantai Takari, pantai cantik dengan spot foto Instagramable yang banyak digemari remaja. Dengan tiket masuk yang murah namun alamnya mempesona, tempat wisata cantik ini semakin populer di kalangan masyarakat Kabupaten Bangka dan sekitarnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button