Tempat Wisata

Keindahan bunga yang berbeda-beda di Taman Bunga Kutabawa Purbalingga

Taman Bunga Kutabawa merupakan objek wisata di kaki Gunung Slamet yang dibuka pada bulan Maret 2017. Seperti namanya, Taman Bunga Kutabawa merupakan taman bunga yang menjadi salah satu tempat wisata andalan di Purbalingga.

Wanita mana yang tidak menyukai bunga? Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Miracle Garden di Dubai atau Taman Bunga Nusantara di Cianjur dan menikmati beragam bunga.

Situs tersebut terletak di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Jika Anda pernah mendaki Gunung Slamet, maka tempat wisata ini berada di awal jalur pendakian. Desa Kutabawa merupakan jalur pendakian menuju Gunung Slamet melalui Pos Bambangan.

Untuk menuju Kutabawa, Anda bisa menggunakan angkutan umum seperti minibus dari Terminal Purbalingga atau bisa juga menggunakan kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju Desa Serang.

Setelah menemukan Telkom Puncak anda akan menemukan pertigaan lalu anda bisa belok kanan. Selanjutnya anda akan menemukan pasar Kutabawa, kemudian anda bisa belok kanan hingga menemukan masjid.

Terdapat pintu masuk ke Taman Bunga Kutabawa di dekat masjid. Perjalanan dari pusat kota Purbalingga menuju Taman Bunga Kutabawa dapat ditempuh dengan jarak 28 km atau 1 jam.

Suasana tempat wisata ini mirip dengan Lembang, Bandung, Jawa Barat karena terletak di daerah dataran tinggi. Oleh karena itu, pemerintah setempat terinspirasi untuk mengembangkan wisata taman bunga, seperti Taman Begonia di Lembang atau Taman Bunga Nusantara di Bogor.

Pemda Purbalingga tidak tanggung-tanggung menggelontorkan dana untuk mewujudkan objek wisata ini dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai bagi pengunjung. Hingga saat ini (Januari 2018), objek wisata ini masih dalam tahap pengembangan. Masih ada beberapa dekorasi yang masih dipesan dan akan dipasang di area taman bunga. Berikutnya, pihak pengelola ingin membangun beberapa wahana dan vila anak di kawasan wisata tersebut.

Di sini Anda dapat menemukan warna berbagai jenis bunga. Berdasarkan informasi yang kami terima dari pemilik objek wisata ini, setidaknya ada 18 jenis bunga yang ditanam dan ditata di terasering tersebut. Pemiliknya bahkan tanpa henti mendatangkan bibit bunga dari Bandung dan melakukan studi banding ke Taman Bunga Begonia Bandung untuk mencari inspirasi.

Meski masih dalam tahap pengembangan, namun masyarakat sangat antusias mengunjungi Taman Bunga Kutabawa. Toh, sekitar 400 pengunjung datang ke tempat wisata ini setiap harinya.

Biaya masuk untuk menikmati keindahan berbagai jenis bunga di Kutabawa Flower Garden adalah Rp 5.000. Sangat terjangkau bukan? Harga yang sangat terjangkau untuk menikmati berbagai jenis bunga di tengah sejuknya udara pegunungan.

Jika Anda ingin mengambil selfie, jangan khawatir! Beberapa spot telah disediakan agar foto Anda lebih menarik dan meningkatkan minat wisata di kalangan anak muda. Selain spot foto, pemerintah juga menyediakan fasilitas umum seperti tempat bersantai seluruh keluarga, warung makan dan kopi, tempat parkir, kamar mandi/WC, dan penginapan.

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan wisata anda dan keluarga. Selain jalan-jalan, Anda juga bisa mengajari si kecil tentang jenis-jenis bunga yang ditanam di Taman Bunga Kutabawa.

Jika Anda ingin membuat taman bunga seperti Taman Bunga Kutabawa, Anda bisa membeli oleh-oleh berupa tanaman pot untuk dibawa pulang. Anda juga bisa membeli sayur-sayuran dan buah-buahan segar sebagai oleh-oleh.

Source: piknikasik.com

Related Articles

Back to top button