Tempat Wisata

Pantai Tirtayasa Lampung – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Tirtayasa, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Lampung, menawarkan panorama Pulau Permata yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Sukamaju, Kec. Telukbetung Timur, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Di zaman modern ini, setiap orang mempunyai permasalahannya masing-masing, dan permasalahan tersebut terkadang dapat menyebabkan kita jatuh sakit.

Oleh karena itu, berlibur dan refreshing bisa menjadi solusi yang tepat dan Pantai Tirtayasa di Bandar Lampung menjadi salah satu destinasi wisata yang akan membuat Anda merasa lebih tenang.

Di pantai cantik ini anda akan menemukan alam yang tenang dengan banyaknya pepohonan di sepanjang pantai, indahnya pasir pantai berwarna putih kecoklatan serta keindahan laut dengan suara deburan ombak yang tenang. Suasana alami inilah yang kemudian menciptakan ketenangan tersendiri bagi hati dan pikiran Anda.

Di sore hari Anda juga bisa menikmati matahari terbenam yang keindahannya sungguh menakjubkan. Momen matahari terbenam ini juga akan terasa lebih spesial jika Anda menyaksikannya bersama pasangan.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai pantai mempesona di pinggiran kota Bandar Lampung.

Tempat Wisata yang Ditawarkan Pantai Tirtayasa

Daya Tarik Pantai TirtayasaKredit foto: Google Maps Bagus Tri Pamungkas

Pantai

Kita mulai dari pantai yang menjadi daya tarik utama tempat wisata alam ini. Pasir pantainya sendiri berwarna putih kecoklatan dengan beberapa batu karang yang bisa Anda temukan di sekitar pasir pantai.

Kemudian air lautnya sendiri cukup jernih dan ombaknya tidak terlalu besar, sehingga anda bisa bermain dan berenang di air disini.

Lingkungan pantai

Daya tarik Pantai Tirtayasa selanjutnya adalah alam sekitar pantai yang banyak pepohonan besar dan rindang. Kehadiran pepohonan tersebut membuat udara di sekitar pantai menjadi lebih sejuk dan nyaman untuk bersantai, bahkan pepohonan tersebut mampu memberikan keteduhan bagi wisatawan di siang hari.

Oleh karena itu, Anda bisa bersantai di pantai yang mempesona ini sambil menikmati pemandangan indah dan menghilangkan penat. Selain itu, karena lokasinya di pinggiran kota Bandar Lampung, tidak banyak kebisingan.

Pemandangan Pulau Permata

Dilanjutkan ke atraksi selanjutnya yaitu pemandangan Pulau Permata yang terletak tidak jauh dari pantai lampung. Pulau Permata sendiri merupakan pulau tak berpenghuni dan juga salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Provinsi Lampung.

Pemandangan matahari terbenam

Daya tarik terakhir adalah pemandangan matahari terbenam atau terbenamnya matahari di sore hari. Momen terbenamnya matahari terjadi setiap hari, namun keindahannya selalu mampu memukau siapa pun dan membuat Pantai Tirtayasa yang memukau tetap ramai dikunjungi wisatawan di sore hari.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang ingin melihat keindahan matahari terbenam dari tempat wisata alam ini. Pasalnya pantai di Teluk Betung dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk melihat indahnya matahari terbenam di ufuk barat.

Alamat dan rute menuju pantai

Daya Tarik Pantai TirtayasaKredit foto: Google Maps Rizal Harits

Pantai Tirtayasa terletak di Teluk Betung Kota Bandar Lampung atau Jl. Laksamana RE Martadinata di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lempasing Kota Bandar Lampung.

Sebagai patokan, Anda bisa melihat ke Kantor Gubernur Lampung di Jl. Wolter Monginsidi nomor 69, lalu ambil jalur sampai pertigaan Taman Dipangga.

Dari pertigaan Taman Dipangga Anda perlu belok kanan menuju Jl. WR Supratman kemudian sampai di pertigaan Jl. DR.Setia Budi, lalu belok kiri.

Lanjutkan jalan ini hingga mencapai pertigaan di Jl. menemukan. Laksamana RE Martadinata dan ikuti Jl. Berkendara menyusuri Laksamana RE Martadinata hingga menemukan tujuan di sisi kiri jalan.

Panjang itinerary kurang lebih 7,4 km dan dapat ditempuh dalam waktu 18 menit dengan kendaraan pribadi. Jika bingung dengan petunjuk arah, Anda bisa mengambil jalur menuju Tempat Pelelangan Ikan Lempasing di Bandar Lampung karena lokasinya tidak jauh dari TPI.

Biaya masuk wisata bahari

Biaya masuk ke Pantai Tirtayasa adalah Rp 5.000 per orang. Wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir selain tiket masuk yaitu Rp 2.000 per kendaraan untuk sepeda motor dan Rp 5.000 per kendaraan untuk mobil.

Saat Anda berada di pantai di tempat wisata menawan ini, Anda juga bisa menyewa perahu untuk mengunjungi pulau kecil yang dekat dengan pantai indah ini. Harga sewa perahunya sendiri berkisar antara Rp 10.000 hingga 20.000 tergantung berapa banyak orang yang menaikinya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Pantai TirtayasaKredit foto: Google Maps Gustia Indra

1. Bermain air laut dan berenang

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Tirtayasa adalah bermain air laut dan berenang sepuasnya.

Kegiatan tersebut dimungkinkan karena air laut di pantai lampung ini memiliki ombak yang tenang dan air laut yang cukup jernih sehingga menarik banyak keluarga untuk bersantai di tempat wisata alam ini.

Karena rekreasi keluarga maka anak-anak juga ikut dibawa, dan jika melarang anak bermain air laut pasti akan depresi.

Oleh karena itu, biarkan anak-anak bermain air laut sepuasnya di pantai populer ini, namun Anda sebagai orang dewasa harus tetap mengawasinya agar tidak terjadi hal buruk.

2. Berfoto di Pantai Tirtayasa

Salah satu kegiatan wajib di Pantai Tirtayasa adalah fotografi. Yang jelas namanya liburan tidak jauh-jauh dari foto-foto yaitu mengenang momen-momen kebersamaan tersebut, dan momen-momen bahagia tersebut juga bisa anda posting di akun media sosial pribadi anda.

Selain itu, gambar alam yang indah seperti pantai indah dengan pasir putih kecoklatan, laut biru, alam penuh pepohonan hijau dan pemandangan pulau kecil dari kejauhan sangat cocok untuk foto alam. Jadi pastikan untuk membawa kamera favorit Anda agar bisa mengambil foto sebanyak yang Anda mau.

3. Bersantai di pantai untuk menghilangkan stres Anda

Lanjut ke aktivitas menarik berikutnya, yaitu bersantai sambil melepas segala beban pikiran. Kegiatan ini didukung dengan banyaknya pepohonan rindang yang memberikan udara sejuk dan segar.

Ditambah lagi hembusan angin laut yang tenang serta suara deburan ombak yang lembut menciptakan momen yang menyejukkan hati dan pikiran.

Oleh karena itu, cobalah untuk berbaring sejenak di bawah pohon, lalu hirup udara segar dan rasakan semilir angin pantai yang menenangkan. Kemudian dengarkan suara deburan ombak kecil yang selalu muncul di pinggir Pantai Tirtayasa dan suara angin yang bertiup melalui dedaunan.

Semua itu membuat Anda merasa lebih nyaman dan tenang, apalagi pantai indah ini terletak di luar kota Bandar Lampung sehingga Anda tidak akan merasakan adanya polusi udara dan suara.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk menyegarkan diri, Pantai Tirtayasa adalah pilihan yang tepat.

4. Menyaksikan indahnya matahari terbenam di Pantai Tirtayasa

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Momen ketika matahari mulai terbenam ke arah laut, mengubah warna langit dari biru menjadi kuning-merah, merupakan sebuah keajaiban yang sayang untuk dilewatkan.

5. Kunjungi pulau kecil

Aktivitas menarik yang terakhir adalah mengunjungi pulau kecil yang terletak tidak jauh dari Pantai Tirtayasa. Untuk mencapai pulau kecil ini, Anda perlu menyewa perahu milik para nelayan dan berlabuh di pantai berpasir putih kecoklatan di Lampung ini.

Harga sewanya juga cukup terjangkau, berkisar antara Rp 10.000 hingga 20.000, tergantung berapa banyak orang yang ingin menaikinya. Waktu perjalanannya sendiri sekitar 10 hingga 15 menit.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Aktivitas seru di Pantai TirtayasaSumber gambar: Google Maps Philippe Lefevre

1. Tempat parkir kendaraan

Fasilitas pertama di Pantai Tirtayasa adalah tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Fasilitas ini menampung berbagai jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Bahkan ada petugas yang menjaga seluruh kendaraan wisata untuk menjamin keamanan.

2. Pondok

Pilihan selanjutnya adalah terdapat beberapa kabin tempat Anda dapat menyimpan barang bawaan atau bersantai sambil menyaksikan pemandangan sekitar yang indah. Semua kabin ini gratis, jadi silakan cari tahu kabin mana yang paling nyaman bagi Anda.

3. Penyewaan tabung renang

Terakhir, ada fasilitas yang menyewakan tabung apung. Jadi jika Anda tidak bisa berenang atau ingin berenang dengan ban, Anda bisa menyewanya di fasilitas ini. Harga sewanya juga tergolong murah, antara Rp 10.000 hingga 20.000 tergantung besar kecilnya kolam renang.

Demikianlah ulasan singkat tentang Pantai Tirtayasa Bandar Lampung yang terletak di Jl. Laksamana RE Martadinata. Pantai indah ini buka setiap hari. Jadi putuskan sendiri kapan waktu yang tepat untuk liburan Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button