Tempat Wisata

Pulau Permata Lampung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pulau Permata di Lampung merupakan sebuah pulau kecil yang mempesona dengan pantai pasir putihnya yang eksotis, menawarkan pengunjungnya panorama matahari terbenam yang indah.

Biaya tur: Mulai dari Rp 10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Laksamana REMartadinata, Sukajaya Lempasing, Kab. Padang Cermin, Kota Bandar Lampung, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota yang mampu menawarkan tempat wisata alam yang begitu indah. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi selama berada di kota ini adalah Pulau Permata.

Pulau ini dulunya merupakan pulau yang belum banyak diketahui wisatawan, bahkan hingga saat ini belum terlalu populer. Hal ini wajar saja, karena dulunya pulau ini hanyalah pulau biasa yang banyak menyimpan cerita misterius di kalangan penduduk setempat.

Namun seiring berjalannya waktu, pariwisata yang dipromosikan di Kota Bandar Lampung akhirnya menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata yang sangat populer.

Ada banyak atraksi dan keseruan yang sayang untuk dilewatkan selama berada di Kota Bandar Lampung.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Permata

Daya Tarik Pulau PermataSumber gambar: Google Maps Syarifah SR

1. Pasir putih

Salah satu daya tarik utama Pulau Permata adalah pasir putihnya. Di sana Anda akan menemukan pemandangan pasir putih dan air laut yang tampak begitu jernih dengan warna hijau yang indah.

Meski luas pulaunya tidak cukup luas, namun keindahannya patut diacungi jempol. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin memancing atau bersantai bersama keluarga. Apalagi saat hari libur tiba, kesempatan untuk berkunjung ke sana tidak boleh Anda lewatkan.

2. Banyak spot foto

Pesonanya tak hanya sebatas indahnya pasir putih saja, Pulau Permata juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti ayunan dan gazebo. Oleh karena itu bagi anda yang menyukai fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Pemandangan alam yang begitu indah tentunya akan mampu menciptakan karya seni fotografi yang memukau setiap orang ketika melihatnya. Banyak sekali spot foto yang keren dan menarik, salah satunya adalah jembatan kayu yang cukup panjang dan menjorok ke arah pantai.

Di beberapa tempat di jembatan kayu tersebut dipasang paviliun tambahan tepat di atas air laut, sehingga nantinya dapat dibangun gubuk atau restoran yang menarik di sini. Pemerintah pulau bahkan akan menyediakan tempat penangkaran penyu.

4. Pulau kecil

Pulau Permata di Provinsi Lampung adalah sebuah pulau kecil dan mungil. Dibandingkan pulau-pulau lain di sana, pulau ini terbilang sangat kecil. Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk mengelilingi pulau ini.

Hal inilah yang pada akhirnya menjadikan pulau ini unik dibandingkan pulau lainnya. Jika kebetulan Anda terbang ke tempat ini dengan menggunakan drone, Anda bisa melihat dari atas atau juga melihat panoramanya melalui Google Map.

Pulau ini mempunyai bentuk yang sangat unik, bahkan bisa dibilang mirip dengan kecebong. Bagian pulaunya akan terlihat seperti tubuh kecebong, sedangkan bagian pasirnya akan terlihat seperti ekornya.

5. Pantai yang penuh bebatuan karang

Anda pasti tahu kalau Pantai Mutiara merupakan pantai yang penuh dengan karang. Hal inilah yang pada akhirnya menjadikan pantai ini berbeda jika dibandingkan dengan pantai lainnya. Perpaduan pasir putih dan bebatuan karang menciptakan keunikan tersendiri yang bisa Anda rasakan di sana.

6. Panorama matahari terbenam yang indah

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan Pulau Permata adalah Anda bisa menikmati panorama matahari terbenam yang indah. Meski keindahan pulau lain yang sudah populer mungkin kalah, Anda akan menemukan sesuatu yang baru di sana.

Suasana matahari terbenam di tempat ini layak untuk dinikmati dan diabadikan dengan kamera. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera saat berkunjung ke tempat ini.

Alamat dan rute menuju pulau

Alamat Pulau PermataSumber gambar: Google Maps Lucky ST

Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Permata harus segera menuju Kota Bandar Lampung. Jarak pulau ke daratan sendiri hanya sekitar 500 meter. Letak pulau ini tidak jauh dari Pulau Pasaran dan Pantai Puri Gading.

Pulau Mutiara terletak di tengah Selat Lampung dan jarang dikunjungi wisatawan apalagi di hari biasa, sehingga kedamaian dan ketenangan bisa Anda temukan di sini.

Bagi anda yang menyukai tempat wisata yang benar-benar tenang dan sepi, sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini.

Mayoritas wisatawan yang datang ke tempat ini adalah untuk memancing karena tempat ini memiliki banyak jenis ikan laut yang begitu mempesona.

Geografi pulau ini cukup unik. Di satu sisi terdapat pantai dan di sisi lain terlihat tebing-tebing karang yang menjulang tinggi ke laut.

Biaya masuk wisata bahari

Pulau cantik ini menjadi salah satu destinasi wisata termurah yang bisa Anda temukan di kota Bandar Lampung. Untuk menikmati segala keindahan dan keseruan di sana, Anda hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 10.000.

Perlu anda ketahui bahwa untuk menuju pulau ini anda harus menyeberangi laut terlebih dahulu dengan menggunakan perahu. Karena tempat ini tidak jauh dari tempat pelelangan ikan, di sana Anda akan menemukan banyak perahu yang akan membawa Anda ke Pulau Permata.

Untuk penyeberangannya sendiri dengan perahu, Anda hanya dikenakan biaya Rp 15.000 untuk sekali perjalanan. Jadi Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 30.000 untuk setiap orang yang mudik ke tempat ini.

Bagi Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi, di lokasi ini tersedia tempat parkir yang dapat memarkir dan menjaga kendaraan Anda. Biaya parkirnya sendiri relatif murah.

Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000, sedangkan bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp15.000. Tidak perlu khawatir dengan keselamatan Anda sendiri karena tempat ini sangat aman.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menyenangkan untuk dilakukan di Pulau PermataKredit foto: Google Maps kurniawan deddy22

penangkapan ikan

Ada banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan di Pulau Permata. Salah satu kegiatan tersebut adalah memancing. Pulau Mutiara mempunyai luas 5 hektar dan merupakan pulau yang tidak berpenghuni, namun pulau ini merupakan surganya para pemancing.

Di tempat ini Anda akan melihat banyak karang yang menjadi habitat berbagai jenis ikan laut. Oleh karena itu wajar jika banyak pemancing yang datang ke tempat ini karena pastinya banyak jenis ikan laut yang menunggu disana.

Santai

Tidak hanya cocok bagi Anda yang gemar memancing, namun juga bagi Anda yang menyukai aktivitas santai, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tepat. Tempat ini terbilang masih sangat alami, seolah belum terjamah tangan manusia.

Sesampainya di sana, Anda akan menemukan kawasan yang begitu sepi dan anginnya sejuk sehingga semua orang bisa langsung bersantai. Kepenatan aktivitas kerja sehari-hari langsung hilang saat Anda duduk bersantai di tempat ini.

Hunting foto di Pulau Permata

Tentu saja, aktivitas ini tidak boleh Anda lewatkan selama berkunjung. Seperti yang sudah disebutkan di atas, banyak sekali spot foto yang menarik dan keren. Itu sebabnya Anda tidak boleh lupa membawa kamera dan mengabadikan setiap momen indah selama berada di sana.

Sebagai saran, Anda bisa mengunjungi tempat ini pada sore hari. Sebab saat ini Anda bisa menyaksikan keindahan pantai secara maksimal dengan semburat warna jingga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau PermataSumber gambar: Google Maps April Narendra

Meski Pulau Permata Lampung bukanlah pulau yang populer, namun fasilitas di tempat ini sudah cukup memadai. Di sana Anda akan menemukan tempat istirahat berupa penginapan.

Selain itu, di pulau ini terdapat dua kantin yang menjual berbagai kuliner cepat saji. Bagi Anda yang tidak membawa perbekalan dari rumah, Anda bisa membeli bahan makanan di sana. Bagi Anda yang memang hobi fotografi, ada banyak spot foto menarik di sana.

Fasilitas umum lainnya antara lain toilet dan ruang ganti. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk segera mengunjungi tempat ini, apalagi saat musim liburan sudah dekat.

Demikian ulasan lengkap Pulau Permata di Bandar Lampung yang wajib untuk Anda ketahui. Jika anda berencana berlibur ke kota Bandar Lampung, sangat disarankan untuk mampir sejenak ke pulau ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button