Tempat Wisata

Air Terjun Siluman, pesona alam alami dan eksotik di Langkat

Air Terjun Siluman, keajaiban alam yang eksotik dan natural di Langkat, memukau dengan keindahan telaga biru yang mempesona dan menambah daya pikat keindahan alamnya yang luar biasa.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Desa Rumah Galuh, Kecamatan. Jadilah Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Mendengar nama Air Terjun Siluman tentu terlintas hal mistis dan menakutkan di benak.

Namun, ternyata tidak demikian. Nyatanya, keindahan alam itulah yang Anda rasakan saat mengunjungi salah satu air terjun di Langkat. Pesonanya terletak tak jauh dari struktur air terjun itu sendiri dan cekungan tempat air terjun.

Kabupaten Langkat, Sumatera Utara terkenal memiliki destinasi wisata alam yang mempesona. Sebagian besar berupa gunung, bukit, dan air terjun. Kondisi ini disebabkan letak geografisnya yang lebih banyak terdapat dataran tinggi yang berupa pegunungan dibandingkan dataran rendah.

Seperti halnya di pegunungan, tentunya terdapat air terjun yang berbeda-beda, yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Siluman bukan satu-satunya objek wisata alam yang patut dikunjungi di Langkat.

Namun masih banyak lagi yang memiliki panorama alam yang indah. Kali ini tidak boleh dianggap remeh karena ada keunikan yang mungkin tidak ditemukan di tempat lain.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya tarik Air Terjun Siluman

Daya Tarik Air Terjun SilumanFoto oleh Tito di Instagram

Nama lain dari air terjun cantik ini adalah Air Terjun Namo Belanga. Ada juga sebagian warga yang menyebutnya Air Terjun Bidadari. Terlepas dari namanya, faktanya banyak sekali tempat wisata yang membuat wisatawan rela menempuh jarak jauh untuk melihat pesonanya.

1. Keindahan Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman mempunyai keindahan yang tak kalah dengan air terjun di tempat lainnya. Bahkan mungkin memiliki keindahan yang tak tertandingi karena unik. Bayangkan batu tempat air mengalir tampak seperti bongkahan batu.

Artinya, batu-batu tersebut terlihat seperti bertumpuk, bukan utuh. Anda bisa melihat dengan jelas tumpukan batu yang menimbulkan gelombang kecil saat air mengalir melewatinya. Tumbuhan liar tumbuh di antara tumpukan batu dan tidak dapat bertahan lama. Pasalnya, tanaman tersebut akhirnya hilang terbawa aliran air.

Lain halnya dengan tanaman di kiri dan kanan tebing batu yang menjadi jalur utama aliran air. Tanaman ini tumbuh subur dan menutupi hampir seluruh bagian tebing, seolah tak ingin memperlihatkan keindahannya. Tumbuhnya lumut membuat pemandangan di sekitar air terjun tampak hijau menyegarkan.

2. Telaga Biru yang Mempesona

Aliran air yang mengalir melalui Air Terjun Siluman nantinya ditampung dalam sebuah wadah yang disebut kolam. Mempesona, bisa dibilang begitu saat mengunjunginya.

Warnanya biru jernih sehingga dasar danau terlihat jelas. Meski bagian terdalam danau ini sekitar 2 meter, namun bebatuan di bawahnya masih terlihat jelas.

Saat cuaca sedang cerah dan matahari bersinar terik, kolam cantik ini terlihat semakin memukau. Sinar matahari yang menyinari permukaan kolam tampak seperti kembali dan sulit terlihat kejernihannya.

Pesona ini bisa Anda saksikan meski tidak ada pengunjung yang berenang, karena dasar kolam yang terbuat dari tanah dan batu ini tidak ditinggikan.

3. Air terjun musiman

Umumnya air terjun memiliki air yang selalu mengalir setiap saat sepanjang tahun. Namun berbeda dengan Air Terjun Siluman yang merupakan air terjun musiman. Artinya aliran air tersebut tidak selalu ada, kadang muncul dan kadang hilang. Munculnya air yang mengalir dipengaruhi oleh musim.

Pada musim kemarau, aliran air biasanya tidak terlalu deras bahkan mungkin hilang pada musim kemarau yang lebih panjang. Namun saat musim hujan, aliran air tentu deras dan tidak hanya menggenangi kolam atau danau saja, melainkan juga wilayah sekitarnya. Keunikan tersebut rupanya mengundang rasa penasaran wisatawan untuk mencoba peruntungan.

4. Manfaat Air Kolam

Percaya atau tidak, Air Terjun Siluman memiliki air kolam yang konon berkhasiat. Khasiat yang dimaksud adalah dapat mengobati berbagai macam penyakit, terutama penyakit ringan.

Kolam di air terjun eksotik ini dulunya berfungsi sebagai tempat mandi para bidadari. Atas dasar itulah muncullah nama Air Terjun Bidadari sebagai nama lain.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SilumanFoto oleh Travelingsumut di Instagram

Objek wisata cantik ini terletak di Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Jika berangkat dari Binjai, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Jarak yang harus ditempuh sekitar 30 kilometer dan kondisi jalan kurang baik setelah memasuki kawasan pegunungan.

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Siluman sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua. Ada dua titik pemberhentian yang harus dilewati.

Untuk menuju pos pertama ini, lahannya tidak terlalu luas dan hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Jika terpaksa membawa kendaraan roda empat, harap meninggalkannya di stand dan menggunakan jasa ojek yang ada di sekitar tempat wisata.

Perjalanan dari pos pertama ke pos kedua memakan waktu yang cukup lama. Sesampainya di pos kedua, Anda harus memarkir kendaraan dan berangkat dengan berjalan kaki. Agar lebih aman dan situasi tetap terkendali, disarankan untuk menyewa pemandu.

Pasalnya, jalan yang akan dilalui cukup sulit karena tanjakan dan permukaan licin. Apalagi jika baru pertama kali datang pasti belum tahu dimana letak Air Terjun Siluman.

Pendampingan satu atau lebih pemandu oleh tamu lokal merupakan suatu keuntungan, namun harus dibayar dalam jumlah yang disepakati.

Biaya masuk ke tempat wisata

Dari segi harga sebenarnya berbeda dengan air terjun di tempat lain, kali ini bisa dibilang cukup mahal. Umumnya wisata air terjun hanya mematok harga tiket masuk sebesar 5.000 atau 10.000 rupiah. Namun air terjun di Langkat ini dibanderol dengan tiket masuk sebesar 50.000 per orang.

Biaya masuk Air Terjun Siluman sudah termasuk pemandu untuk mengantarkan Anda ke tempat tujuan. Itu tidak mutlak, Anda masih bisa bernegosiasi jika dirasa terlalu mahal. Yang datang bersama rombongan biasanya diuntungkan karena mendapat harga 150.000 untuk lima orang.

Aktivitas menarik di Air Terjun Siluman

Aktivitas menarik di Air Terjun SilumanFoto oleh Tito di Instagram

Sayang sekali kalau pesonanya dilewatkan, apalagi banyak hal seru yang bisa dilakukan di sana. Layaknya wisata air terjun, ini merupakan kegiatan yang menarik. Buat kamu yang baru pertama kali datang, aktivitas berikut ini bisa jadi inspirasi!

Berenang dan bermain air

Kedalaman air di kolam air terjun Siluman sekitar 1,5 hingga 2 meter. Kedalaman ini sangat tidak aman bagi mereka yang tidak bisa berenang dengan baik. Jika Anda salah satunya, ada baiknya Anda bermain air di pinggir kolam. Kedalaman di tepiannya cukup dangkal dan tidak terlalu berbahaya untuk sekedar bermain air.

Sebaliknya jika Anda pandai berenang, silakan berenang sepuasnya di kolam yang konon digunakan sebagai tempat mandi para bidadari. Anda bisa betah berlama-lama di air tawar sambil meningkatkan kemampuan berenang Anda.

Sayangnya kolam tersebut tidak bisa digunakan untuk lompat tebing karena hampir tidak ada batu besar di pinggir kolam. Kalaupun ada, dipenuhi lumut dan cukup sulit untuk didaki.

Menikmati keindahan Air Terjun Siluman

Tidak perlu bermain atau berenang di air, jika karena alasan tertentu Anda tidak ingin melakukan kedua aktivitas tersebut, silakan nikmati pemandangan yang indah. Pepohonan hijau, kolam biru, dan air terjun yang eksotis akan memanjakan mata. Selain itu, suasana sekitar sangat asri saat cuaca sejuk.

Perburuan Foto

Jangan terlalu terpesona dengan keindahan Air Terjun Siluman hingga lupa mengabaikannya. Kegiatan ini harus diselesaikan selama jadwal liburan Anda. Selanjutnya kali ini anda akan datang ke salah satu tempat wisata alam terbaik di Langkat. Tentu sayang jika semua panorama yang tersaji dilewatkan begitu saja.

Bersantai dengan wisata kuliner

Jika Anda sudah cukup beraktivitas baik itu berenang maupun berfoto dengan tujuan untuk mengisi konten media sosial, silakan mampir sejenak di booth yang telah disediakan.

Jumlahnya tidak banyak, saat ini hanya ada dua stand semi permanen. Namun, Anda bisa menikmati hidangan di sana, baik mengenyangkan maupun sekadar sebagai camilan.

Menu yang biasa ada di warung Air Terjun Siluman adalah mie instan. Jika beruntung, ada juga gorengan dan jajanan tradisional. Minuman juga tersedia, baik dingin maupun hangat. Disarankan untuk menikmati minuman hangat karena kondisi cuaca di sana cukup dingin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun SilumanFoto oleh Yanhzs di Instagram

Fasilitas yang ada di tempat wisata alam ini belum banyak. Hanya pemerasan yang disebutkan di atas yang ditemukan di situs utama. Begitu pula toiletnya yang masih menempel di kotaknya. Bagi yang ingin melakukan hal serupa, ada baiknya membawa perlengkapan sendiri dari rumah, termasuk sajadah.

Fasilitas Air Terjun Siluman yang cukup lengkap terletak pada bagian tempat parkir yang juga merupakan fasilitas wajib suatu objek wisata. Masih banyak warung lain yang menjual aneka makanan. Terdapat juga toilet yang lebih nyaman di area ini jika Anda perlu membersihkannya.

Meski peralatannya masih minim, setidaknya ada alternatif yang bisa digunakan. Dengan demikian, objek wisata cantik ini masih layak untuk dikunjungi dan menduduki peringkat teratas daftar kunjungan wisatawan.

Bagi Anda yang saat ini berada di Kabupaten Langkat atau Binjai, tidak ada salahnya mengunjungi Air Terjun Siluman dan melihat sendiri keindahannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button