Tempat Wisata

Pantai Sarang Tiung Kotabaru – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Pantai Sarang Tiung Pesona Pantai Eksotis dan Hutan Mangrove di Kotabaru yang memukau dengan keindahan terumbu karangnya yang mencengangkan menambah daya tarik alamnya yang memikat.

Harga tiket: Rp 11.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sarang Tiung, Kec. Pulau Laut Utara, Kab.baru, Kalimantan Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia. Sebagai pulau terbesar, Kalimantan mempunyai banyak tempat wisata menarik yang layak untuk dikunjungi. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Pantai Sarang Tiung.

Pantai ini tepatnya berada di Kecamatan Pulau Laut Utara, Desa Gedambaan. Penduduk setempat sering menyebut pantai ini sebagai Pantai Gedambaan.

Pantai ini mempunyai pesona yang begitu mempesona dan menyejukkan mata. Lokasi pantai yang strategis disertai dengan daya tariknya yang luar biasa.

Hal inilah yang akhirnya menjadi alasan mengapa banyak pengunjung datang ke tempat ini. Anda akan menyaksikan hamparan laut yang luas, indahnya gunung-gunung yang menjulang tinggi di sekitar pantai serta pesona hutan yang akan memukau dan mempesona semua orang. Bagi anda yang mencari tempat yang tenang, tempat ini sangat direkomendasikan.

Daya Tarik Pantai Sarang Tiung

Daya tarik Sarang TiungSumber gambar: INFO TANAHBUMBU Google Maps

Panorama pantai

Panorama Pantai Sarang Tiung sangat indah. Anda akan menemukan hamparan pasir putih yang begitu halus dan lembut, serta hamparan air laut biru jernih yang membentang panjang.

Selain itu, Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan hijau di kiri dan kanan pantai. Selain itu, terdapat hutan bakau di sekitar pantai yang menjadi salah satu keistimewaan dan daya tarik pantai ini.

Keajaiban hutan bakau

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat hutan bakau yang lebat di Pantai Gedambaan. Hutan mangrove sendiri merupakan hutan mangrove yang tumbuh di daerah pesisir pantai dan kehidupannya sangat dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Di Pantai Gedambaan Anda bisa melihat langsung hutan mangrove.

Hutan yang ditumbuhi pepohonan yang rimbun juga menjadi habitat beberapa hewan yang hidup di kawasan hutan bakau. Misalnya kepiting, ikan dan masih banyak yang lainnya.

Keindahan terumbu karang

Pantai Sarang Tiung menawarkan pemandangan dan daya tarik lain yang sayang untuk dilewatkan oleh para pecinta alam, yaitu keindahan terumbu karang. Banyak terumbu karang hijau yang hidup sangat subur di sini. Terumbu karang ini merupakan salah satu karang yang mengelilingi kawasan pantai.

Di tempat ini Anda juga bisa langsung berinteraksi dan mengagumi keindahan terumbu karang yang ditumbuhi alga hijau dan berbagai tumbuhan lainnya.

Karena ekosistem terumbu karang yang masih terjaga di sini, pantai ini patut diacungi jempol. Karena sangat sulit menemukan pantai yang terumbu karangnya masih utuh

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Sarang TiungKredit foto: Google Maps Chandra Mirtamiharja

Jika ingin datang ke Pantai Sarang Tiung bisa langsung menuju Desa Gedambaan, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pusat kota Kotabaru.

Sangat disarankan untuk berangkat dari kota ini karena perjalanan hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Dari Kotabaru Anda perlu mengambil arah menuju desa Gedambaan. Sesampainya di desa tersebut, ikuti saja jalan tersebut hingga akhirnya menemukan papan nama besar Pantai Gedambaan. Lokasinya cukup mudah ditemukan. Apalagi teknologi saat ini semakin maju.

Biaya masuk wisata bahari

Meski keindahan alam pantai ini sangat menakjubkan, namun harga tiket masuk pantai ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 11.000 untuk dewasa dan anak-anak. Namun untuk anak kecil, biaya tiketnya hanya Rp 1.000 saja.

Jika ingin menggunakan fasilitas berupa kursi pantai, Anda harus menyewanya. Jika ingin bermalam, tersedia akomodasi dengan harga Rp 250.000 per malam.

Anda bisa mengunjungi kawasan pantai Gedambaan kapan saja karena pantai ini buka dari pagi hingga sore hari. Namun waktu terbaik untuk melakukan perjalanan adalah pagi dan sore hari. Jam bukanya sendiri dimulai pada pukul 7 pagi.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pantai Sarang TiungKredit foto: Facebook Wajah Kalimantan Selatan

1. Bersantai di pinggir Pantai Sarang Tiung

Kurang rasanya jika pergi ke pantai tanpa menikmati keindahan pantai dari pinggir pantai. Objek wisata ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik yang cocok untuk anda jika ingin melepas kepenatan.

Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Sarang Tiung untuk bersantai. Selain itu, pihak manajemen hotel telah menyediakan gazebo yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga. Paviliun ini cukup besar sehingga dapat menampung rombongan.

Jika ingin suasana santai di sini semakin seru, maka Anda bisa menyewa hammock. Setelahnya Anda bisa berbaring di hammock dan memandangi panorama pantai yang indah.

2. Berenang

Aktivitas lain yang tak kalah menarik di tempat ini adalah berenang. Air laut di tempat ini berwarna biru dan terlihat sangat bersih dan jernih. Untuk itu tak heran jika banyak wisatawan yang berenang di Pantai Gedambaan.

Namun ingat, meski ombak di sini cukup tenang, namun Anda harus selalu berhati-hati dan tidak mengalihkan pandangan dari si kecil yang sedang bermain air di sana.

Disarankan untuk berenang dengan jarak maksimal 100 m dari bibir pantai. Hal ini untuk menghindari pengunjung hanyut terbawa arus air.

3. Bersantai di taman

Salah satu hal yang menarik dari Pantai Sarang Tiung adalah pihak pemerintah telah menyiapkan taman di kawasan pantai. Taman berfungsi sebagai tempat beristirahat ketika Anda lelah setelah seharian beraktivitas. Tanaman di taman akan langsung membuat Anda rileks.

Pengunjung bisa duduk di kursi-kursi yang ditempatkan di sepanjang area pantai. Saat melihat keindahan panorama pantai taman ini, akan terasa sangat menyenangkan.

Birunya langit bertemu dengan indahnya pasir pantai, tentu semua orang akan merasa terpesona.

4. Bermain di pantai

Pantai Sarang Tiung memiliki pasir yang putih dan lembut sehingga sangat cocok bagi Anda yang membawa si kecil untuk diajak bermain. Ajaklah anak Anda untuk membangun istana pasir.

Pasir halusnya sangat aman untuk dimainkan anak Anda. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk mencari kerang yang nantinya bisa dijadikan hiasan. Pastinya kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

5. Berburu Foto

Kegiatan ini sayang untuk dilewatkan saat Anda berada di Pantai Gedambaan yang terkenal keindahannya. Potensi alam Gedambaan yang kaya dan subur membuat kawasan pantai ini menjadi kawasan favorit para fotografer. Panorama pegunungan berpadu dengan hutan bakau menjadikannya spot yang Instagrammable.

Pihak pengelola telah memasang ayunan yang cukup besar di pinggir Pantai Gedambaan. Tak sedikit wisatawan yang menjadikan ayunan sebagai spot foto menarik.

Sambil berayun, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang lautan luas.

6. Menikmati wisata kuliner

Aktivitas lain yang juga sangat direkomendasikan bagi para pecinta kuliner di Pantai Sarang Tiung adalah menikmati kuliner yang terkenal sangat nikmat. Terdapat banyak warung dan restoran di sekitar lokasi.

Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan setelah bermain di pantai. Warung-warung di sini juga menjual berbagai makanan khas Kotabaru.

Rasanya yang nikmat dan harganya yang sangat terjangkau pasti bikin nagih. Untuk itu, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi berbagai hidangan khas di tempat wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Sarang TiungSumber gambar: Google Maps Abdul Rahmat

Pantai Sarang Tiung memberikan fasilitas yang memadai kepada para pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Misalnya saja tersedia tempat parkir yang cukup luas dan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan pribadi di tempat parkir.

Anda juga bisa dengan mudah menemukan toilet di sana. Terdapat toilet khusus untuk pengunjung pria dan wanita. Bagi yang mencari relaksasi, pengelola objek wisata juga menyediakan pondok-pondok di kawasan pantai untuk bersantai dan melepas penat.

Saat berkunjung ke Pantai Gedambaan, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa bekal makanan dari rumah. Pasalnya di tempat wisata ini Anda bisa menikmati beragam menu kuliner lezat di warung dan restoran yang ada di kawasan pantai.

Demikian ulasan lengkap Pantai Sarang Tiung yang wajib Anda ketahui. Pantai di Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan ini patut untuk dikunjungi. Apalagi menjelang hari raya, kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button