Tempat Wisata

Air Terjun Sumuran Magelang – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 06:30 – 17:00, Alamat: Seloprojo, Kec. Ngablak, Kab.Magelang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Salah satu air terjun terbaik yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Air Terjun Sumuran. Air terjun ini dikenal juga dengan nama air terjun Seloprojo. Tempat ini mempunyai keistimewaan yang unik dan menarik. Ciri tersebut adalah bentuk air mancur di sana.

Wisatawan yang datang bisa menyaksikan berbagai panorama alam yang indah, serta udara yang sangat sejuk dan segar.

Air Terjun Seloprojo menawarkan keindahan yang pastinya tidak bisa dibandingkan dengan air terjun lain yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan sebagai tujuan wisata populer.

Sepanjang jalan menuju tempat wisata Air Terjun Sumuran, pengunjung akan terpesona dan takjub dengan pepohonan dan persawahan yang ada disekitarnya.

Lokasi air terjun ini berada di kota Magelang. Anda bisa mengunjungi tempat ini saat liburan dimulai bersama anak dan pasangan tercinta.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Sumuran

Daya Tarik Air Terjun SumuranSumber gambar: Google Maps Ruwanto

1. Dua air terjun

Air Terjun Sumuran merupakan sebuah kawasan wisata di Provinsi Yogyakarta. Objek wisata ini memiliki dua air terjun yang jaraknya sangat dekat.

Sebenarnya ada dua air terjun di kawasan Seloprojo yang sama, yakni Air Terjun Senthong dan Air Terjun Seloprojo. Kedua air terjun ini sebenarnya berbeda, meski banyak wisatawan yang menganggapnya sama.

Padahal, Seloprojo merupakan kawasan yang memiliki dua air terjun. Jalan menuju tempat wisata Air Terjun Seloprojo cukup licin.

Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati. Jika tidak ingin tersesat, kami sangat menyarankan Anda menggunakan jasa pemandu wisata.

Biasanya untuk mencapai tempat ini tidaklah mudah, namun kepenatan Anda saat berkendara menuju Air Terjun Seloprojo akan langsung terbayar dengan berbagai panorama yang ditawarkan tempat ini.

2. Alam yang indah

Air Terjun Sumuran memiliki ketinggian hingga 30 meter, aliran airnya akan semakin deras saat musim hujan dimulai. Kedua air terjun di lokasi ini memiliki debit air yang cukup besar dan menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Di air terjun ini kamu tidak hanya disuguhi pemandangan yang sangat indah saja, namun kamu juga bisa melihat berbagai aktivitas warga sekitar yang sedang mencari rumput atau merawat sawah di dekat tempat wisata.

Akses menuju tempat tersebut biasanya rumit, oleh karena itu wajar jika tempat tersebut relatif sepi wisatawan. Namun, inilah alasan lain mengapa Anda harus segera pergi ke Air Terjun Seloprojo.

Karena keindahan yang melekat pada tempat wisata ini, maka tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Air Terjun Sumuran merupakan surga yang tersembunyi. Selama menginap, Anda bisa menemukan berbagai spot foto menarik.

3. Dua kolam

Terdapat juga kolam renang di kawasan wisata ini. Kolam yang ada tidak hanya satu, namun Anda akan melihat dua buah kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter.

Pihak pengelola pariwisata sengaja membangun kolam renang tersebut agar dapat digunakan sebagai tempat berenang dan bermain air.

Terdapat juga 3 buah arca yang menyerupai batu candi. Oleh karena itu, tempat ini akan memberikan kesan kuno dan kolosal, seolah-olah Anda sedang berada di situs peninggalan kerajaan zaman dahulu. Hal ini pula yang menjadi daya tarik lain yang ditawarkan Air Terjun Seloprojo kepada para pengunjungnya.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun SumuranKredit foto: Google Maps Royyan Ahmad

Lokasi tepatnya Air Terjun Sumuran berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak. Anda perlu segera menuju Kabupaten Magelang, Jawa Tengah untuk bisa sampai ke tempat ini. Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena nantinya Anda akan lebih leluasa saat melakukan perjalanan menuju lokasi air terjun.

Nantinya Anda harus melintasi jalur persawahan di kedua sisinya. Ikuti jalan tersebut hingga akhirnya mencapai sebuah gerbang dengan tempat wisata di atasnya. Petunjuk arah dipasang di pinggir jalan untuk memudahkan pencarian lokasi.

Pastikan Anda memakai sepatu yang bagus karena jalan menuju air terjun licin dan sempit. Berhati-hatilah saat berjalan agar tidak terjatuh.

Biaya masuk wisata alam

Jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Air Terjun Sumuran, Anda perlu menyiapkan anggaran untuk membayar tiket masuknya. Tiket masuk air terjun ini relatif murah, hanya Rp 3.000 per orang. Tarif parkir kendaraan roda dua kini hanya Rp 2.000.

Bagi pengunjung yang berasal dari perkotaan dan mencari tempat wisata dengan udara yang sangat segar, Air Terjun Seloprojo sangat cocok.

Tempat ini masih sangat alami, asri dan jauh dari polusi. Untuk menciptakan suasana yang benar-benar tenang, pilihlah hari selain hari libur.

Air terjun ini dibuka pada pukul 08.00 dan ditutup pada pukul 17.00. Sedangkan untuk harinya sendiri, Air Terjun Seloprojo buka setiap hari dan tidak ada hari libur. Tempat wisata ini saat ini masih dalam tahap pengembangan, jadi sebaiknya hindari berkunjung pada malam hari.

Bagi Anda yang sangat menyukai petualangan, berkunjung ke air terjun ini sangat direkomendasikan. Dari sana Anda bisa menjelajahi kawasan air terjun hingga ke bagian paling terpencil.

Suasana pedesaan yang unik dan khas sangat melekat di tempat ini. Tak kalah menariknya, warga sekitar kawasan wisata terkenal sangat ramai dikunjungi wisatawan. Untuk itu, Anda tak perlu ragu lagi untuk segera menuju air terjun di Kota Magelang ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan Air Terjun SumuranSumber gambar: Google Maps Firefly kdev

Abadikan alam yang indah

Seperti yang telah disebutkan di atas, Air Terjun Sumuran merupakan kawasan wisata yang masih sangat asri. Disana Anda akan menjumpai pepohonan hijau yang tumbuh lebat dan menjulang tinggi seolah menjulang ke langit. Keindahan yang tersaji di sana merupakan ciptaan Yang Maha Kuasa.

Oleh karena itu, sayang sekali jika tidak diabadikan dalam sebuah bingkai foto. Pastikan Anda mengabadikan keindahan yang ditawarkan setiap sudut air terjun dengan kamera Anda. Spot foto Instagramable bisa dengan mudah didapatkan dan langsung dihadirkan di media sosial.

Perkemahan di Air Terjun Sumuran

Tidak disarankan untuk mengunjungi tempat ini pada malam hari namun jika anda bertekad untuk datang dan menginap di tempat ini maka tidak dilarang juga.

Namun pastikan Anda mengetahui jalan menuju tempat ini. Suasana malam di sana tentu akan berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya.

Anda bisa membawa perlengkapan berkemah dan mendirikan kemah di dekat air terjun. Menjelang malam, menyalakan api unggun dan mendengarkan suara air terjun di tengah pepohonan lebat tentu menjadi pengalaman yang mengasyikkan.

Namun, pastikan Anda membawa perlengkapan berkemah sendiri. Sebab di tempat ini belum tersedia persewaan perlengkapan bagi yang ingin berkemah.

Berenang dan mandi

Saat memasuki Air Terjun Sumuran anda akan merasakan nuansa Bali yang sangat kental. Sebab, di lokasi ini terdapat tiga buah patung berkepala burung. Patung-patung ini mirip dengan patung pura yang ada di Pulau Bali.

Air terjun mengalir indah ini muncul langsung dari Gunung Telomoyo dan mengalir ke dalam dua kolam yang dibuat oleh pihak pengelola pariwisata. Kedalaman kolamnya cukup dangkal, hanya 1 meter.

Di sana Anda tidak hanya bisa menikmati panorama, tapi juga berenang dan mandi di kolam dangkal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun SumuranSumber gambar: Google Maps Christian Budiono

Meski Air Terjun Sumuran termasuk objek wisata yang tergolong baru, namun tempat ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup menunjang aktivitas wisatawan yang mengunjunginya. Salah satu fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah gazebo di samping kolam renang.

Dengan gazebo ini Anda bisa duduk bersantai bersama keluarga sambil menikmati makan siang. Terdapat juga tempat perkemahan bagi yang ingin bermalam di sana.

Toiletnya juga lebih dari satu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu berdebat dengan pengunjung lain jika ingin menggunakannya. Tempat parkirnya sendiri terletak di dekat kantor pos untuk pembayaran tiket.

Air Terjun Sumuran di Magelang merupakan kawasan wisata baru dan cukup populer. Alamnya yang begitu indah dan air terjunnya yang jernih membuat semua orang akan merasa rileks dan betah berada di sana. Oleh karena itu, segera nikmati kenyamanan mengunjungi air terjun bersama keluarga tercinta.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button