Tempat Wisata

Pantai Gili Ketapang Probolinggo – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Temukan eksotisme Pantai Gili Ketapang di Probolinggo yang menyuguhkan keindahan bawah laut yang mempesona dan spot mancing seru bagi pengunjungnya.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 08:00 – 16:00, Alamat: Sapia, Kecamatan Gili Ketapang. Sumberasih, Kab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Probolinggo Jawa Timur memiliki tempat wisata yang sangat menarik salah satunya adalah Pantai Gili Ketapang. Destinasi wisata ini terletak di utara kota dan memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Selain itu, pantainya pun tak kalah menarik untuk dilihat.

Hal inilah yang akhirnya membuat wisatawan dalam dan luar negeri rela menempuh perjalanan jauh untuk menikmati beragam objek wisata Gili Ketapang.

Keindahan pantai di tempat ini seakan tak ada habisnya untuk Anda jelajahi. Bagi yang sangat menyukai aktivitas snorkeling disarankan untuk segera menuju kesana.

Anda akan terpesona dan tenteram dengan beragam keindahan alam bawah laut yang disuguhkan tempat ini.

Spesies laut dan terumbu karang yang eksotis pasti akan memanjakan mata Anda. Oleh karena itu, tempat ini tidak boleh hilang dari daftar destinasi yang wajib dikunjungi.

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Gili Ketapang

Daya tarik pantaiSumber gambar: Google Maps Ryan Rakhmad Haryadha

Panorama bawah air

Daya tarik yang ditawarkan kabupaten ini sangat beragam, salah satunya adalah panorama bawah laut Gili Ketapang. Di mata wisatawan sendiri, pantai ini sudah tidak asing lagi, terutama bagi mereka yang hobi diving dan snorkeling.

Dunia bawah laut kaya akan keindahan dan keanekaragaman biota laut. Di tempat ini, terumbu karang tumbuh melimpah sehingga pada akhirnya meningkatkan keanekaragaman hayati laut. Oleh karena itu kawasan pantai ini menjadi destinasi snorkeling andalan di Kabupaten Probolinggo.

Alam yang indah

Daya tarik lainnya yang tak kalah mengesankan adalah pantai Gili Ketapang yang masih sangat indah dan mempesona. Pantai ini seolah belum pernah terjamah oleh tangan manusia, sehingga menjadikan tempat ini sebagai salah satu pantai yang masih alami dan mempesona.

Bukan hanya latar laut terbuka saja yang nantinya bisa Anda jadikan spot foto, namun Anda juga akan menemukan beberapa spot foto menarik lainnya yang layak untuk diabadikan. Titik foto ini adalah monumen bawah laut Gili Ketapang.

Tempat memancing yang menyenangkan

Para pecinta mancing pasti akan betah berada di Gili Ketapang. Di sana Anda akan menemukan tempat memancing yang seru dengan ikan yang melimpah.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke kawasan pesisir pantai, tidak heran jika menjumpai beberapa wisatawan yang sengaja membawa peralatan memancing sendiri dari rumah. Anda bisa puas memancing di laut dan pulang dengan membawa ikan-ikan besar yang pastinya nikmat untuk disantap.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat pantaiSumber gambar: Google Maps Ryan Rakhmad Haryadha

Pantai Gili Ketapang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Daerah ini berada di lepas pantai dan menuju ke sana biasanya mudah. Nantinya pengunjung bisa menggunakan akses jalan raya dari Kota Surabaya menuju Probolinggo.

Dari arah pelabuhan Probolinggo Anda masih perlu menggunakan perahu untuk sampai ke pantai. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 40 menit. Sedangkan jumlah yang harus dibayar cukup terjangkau, hanya Rp 10.000 saja.

Silakan lihat informasi pelabuhan dari Probolinggo ke Gili Ketapang. Penyeberangan dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Jika ingin menuju pantai di sini, sebaiknya singgah terlebih dahulu di pelabuhan yang ada di kawasan tersebut.

Harga tiket masuk kawasan pelabuhannya sendiri hanya sebesar Rp 2.000 saja. Dan untuk menuju pulau cantik ini anda bisa menggunakan perahu dengan biaya hanya Rp 10.000 saja. Nantinya sesampainya di Pantai Gili Ketapang, Anda akan disuguhi berbagai paket yang dinilai hemat untuk melakukan berbagai aktivitas menarik di sana.

Sedangkan untuk tiket masuknya, pengunjung yang ingin datang ke Pantai Gili Ketapang tidak dipungut biaya masuk sama sekali, yakni gratis masuk. Biaya yang akan Anda keluarkan akan mencakup biaya transportasi dan aktivitas selama Anda menginap.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas pantaiKredit foto: Google Maps Agung Nugraha

1. Berburu Foto di Pantai Gili Ketapang

Berada di kawasan pulau dengan sajian alam yang begitu indah pasti kurang lengkap rasanya jika tidak mencari foto-foto menarik dan instan.

Oleh karena itu, sebelum Anda berlibur ke tempat ini, cobalah jelajahi semua spot foto yang ada di sana. Selain spot foto bawah air, masih banyak spot lain yang bisa dimanfaatkan.

Kawasan pantai di Pantai Gili Ketapang juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan. Jika tidak, Anda tidak boleh melewatkan salah satu gua di sana. Gua yang diberi nama “Gua Kucing” ini pastinya menawarkan gambar-gambar yang indah dan menarik.

2. Eksplorasi pulau

Tempat wisata yang bisa Anda temukan tidak hanya terkonsentrasi di suatu kawasan tertentu saja. Jadi jika Anda ingin puas nantinya berkunjung ke sana, Anda bisa melakukannya dengan menjelajahi pulau tersebut.

Apalagi jika Anda berwisata bersama pasangan tercinta, pastikan momen liburan Anda tidak dihabiskan hanya dengan duduk dan bersantai. Ada banyak keindahan yang menunggu untuk Anda kunjungi di setiap sisi pulau.

3. Snorkeling

Seperti yang beberapa kali disebutkan, tempat ini menawarkan panorama bawah laut yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.

Biota laut yang sangat beragam memberikan pemandangan alam bawah laut yang begitu mempesona. Anda tidak akan kesulitan menemukan spesies ikan lucu dengan berbagai warna.

Aktivitas snorkeling menjadi hal yang wajib dilakukan saat Anda berkunjung ke Pantai Gili Ketapang. Jangan lupa untuk mengambil foto Anda di bawah air.

Di kawasan pantai ini Anda dapat menikmati berbagai jenis petak yang sengaja ditempatkan dan ditanam di dasar pantai oleh pihak pengelola. Hal inilah yang akhirnya membuat wisatawan ingin mencoba aktivitas snorkeling di tempat ini.

Misalnya, petak-petak yang ditanam masyarakat setempat antara lain beton berbentuk persegi dan terdapat ukiran kata-kata lucu dan unik di permukaannya. Berfoto dengan latar belakang properti bawah laut tentu akan menjadi pengalaman seru dan hasil foto berbeda.

4. Makan kuliner

Jika sudah puas dengan beragam aktivitas di sana, langkah selanjutnya adalah menikmati kuliner lezat. Di sana sudah terdapat beberapa stand dimana Anda bisa memilih menu sesuai selera. Aneka masakan ikan yang mampu menggugah selera pasti akan membuat lidah Anda bergoyang-goyang.

5. Wisata ala backpacker

Saat Anda berkunjung ke Pantai Gili Ketapang, Anda juga bisa berwisata ala backpacker. Banyak manfaat yang bisa didapat dengan melakukan kegiatan ini, salah satunya adalah Anda bisa lebih menghemat biaya.

Selain itu, Anda dapat menikmati seluruh destinasi wisata yang ditawarkan tanpa ada batasan waktu. Nantinya anda bisa bermain sepuasnya dan pastinya tidak akan banyak membuang anggaran anda. Di Gili Ketapang, Anda bisa mendapatkan pengalaman seru dengan mengikuti aktivitas wisata ala backpacker.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas pantaiSumber gambar: Google Maps muhammad imran735

Pantai Gili Ketapang banyak dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri. Berbagai fasilitas telah disediakan di tempat ini untuk memudahkan pengunjung berlibur ke sana.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain homestay yang nyaman, tempat parkir yang aman dan luas, spot foto menarik dan Instagrammable yang bisa membuat halaman Instagram Anda semakin berwarna, dan banyak spot mancing. Selain itu, di lokasi juga tersedia warung makan dan restoran bagi pecinta kuliner.

Bagi pengunjung yang membutuhkan pemandu, pantai ini juga menyediakan beberapa pemandu yang siap menemani liburan Anda agar semakin seru dan maksimal.

Bagi yang ingin snorkeling atau naik banana boat atau motorboat, tersedia juga fasilitas tersebut.

Pantai Gili Ketapang di Kabupaten Probolinggo bisa dijadikan salah satu alternatif tempat berlibur menjelang dimulainya liburan. Anda yang menunggu kesempatan untuk snorkeling tidak perlu ragu untuk segera mengunjungi tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button