Berita Wisata

Jaga ekosistem laut, PT Semen Tonasa tanam total 150.000 mangrove dan bersihkan pulau dari sampah plastik

JurnalPost.com – PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep, Forkopimda dan masyarakat sekitar melakukan kegiatan penanaman mangrove dan pembersihan pantai dari sampah plastik di Pulau Laiya, Pulau Polewali dan Pulau Karangrang pada Minggu, 2 Oktober 2022.

Kegiatan yang digagas oleh PT Semen Tonasa ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Arimurti, Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau, Wakil Bupati Kabupaten Pangkep Syahban Sammana, Pejabat Forkopimda Kabupaten Pangkep, beberapa Kepala OPD, Jajaran PT Semen Tonasa Group 1 dan anggota tim Reaksi Cepat Semen Tonasa.

Direktur Utama PT Semen Tonasa Mufti Afimurti menyampaikan bahwa PT Semen Tonasa, sebagai bagian dari keluarga besar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, serta sebagai bagian dari masyarakat Kabupaten Pangkep, senantiasa melakukan berbagai hal dalam rangka penerapan profesionalisme. , kerja yang efisien, praktik bisnis yang berwawasan lingkungan dan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik.

“Sebagai bentuk penegakan, perusahaan selalu menyelaraskan berbagai aktivitas bisnis agar sejalan dengan Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dimana, tujuan pembangunan berkelanjutan adalah komitmen dan upaya untuk turut serta membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi kemiskinan, kesenjangan sosial dan perubahan iklim. dia berkata

“Kegiatan penanaman mangrove dan pembersihan pantai dari sampah plastik yang kami lakukan hari ini merupakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dilakukan PT Semen Tonasa setiap tahun. Sejak tahun 2015, total 150.000 mangrove telah kami tanam di pesisir dan pulau-pulau Kab. Pangkep. Dan pada kesempatan kali ini kami melakukan penanaman 15.000 mangrove di 3 pulau yaitu Pulau Laiya, Pulau Polewali dan Pulau Karangrang,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Kabupaten Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau sangat menikmati kegiatan ini. “Atas nama Pemerintah Kabupaten Pangkep, saya mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan dukungan PT Semen Tonasa terhadap program pemerintah selama ini. Kegiatan kami hari ini adalah bukti bahwa PT Semen Tonasa telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Diharapkan penanaman mangrove dapat mengurangi abrasi di nusantara. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen PT Semen Tonasa. Semoga apa yang diberikan kepada masyarakat dapat bermanfaat kedepannya bagi masyarakat dan juga bagi lingkungan. dia berkata.

Di tempat yang sama, GM Komunikasi dan Hukum Semen Tonasa Andi Muhammad Said Chalik mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. “Penanaman pohon bakau dan pembersihan pantai dari sampah plastik yang kami lakukan hari ini merupakan langkah awal kami dalam membantu melestarikan lingkungan. Lingkungan hijau, kualitas udara dan air yang baik, serta pelestarian flora dan fauna di masa depan adalah tanggung jawab kita bersama. Semua ini hanya bisa kita wariskan kepada generasi penerus kita jika kita konsisten dan berkelanjutan, sekarang melestarikan lingkungan. dia berkata

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan, habitat dan ekosistem kita dengan baik. “Dan justru kepada masyarakat yang hadir hari ini, Mangrove ini kami titipkan. Tolong jaga dirimu, tolong jaga dirimu. Ajak anak-anak kita untuk sibuk juga. Sehingga semua ini menjadi amal untuk kita semua. Itu, hijau dan indahnya Bumi kita di masa depan, inilah kontribusi dan bantuan kita hari ini,” tutupnya.

Selain penanaman mangrove dan pembersihan pantai dari sampah plastik, juga dilakukan penyerahan bantuan pemeliharaan mangrove dan bantuan semen untuk tiga masjid.

Source: jurnalpost.com

Related Articles

Back to top button