Tempat Wisata

Tiket & Atraksi AIR TERJUN SIKULICAP

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap: Rp 5.000 – Rs 60.000 Jam: 24 jam Nomor Telepon: – Alamat: Desa Doulu, Kabupaten Tanah Berastagi, Martelu, Sibolangit, Karo, Sumatera Utara, Indonesia, 20357

Air Terjun Siculicap adalah wisata air terjun di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Terletak di bawah kawasan Penatapan Doulu, air terjun ini sangat mempesona dengan ketinggian minimal 30 meter.

Berwisata ke destinasi alam tersebut, wisatawan bisa merasakan aroma hutan pinus di sekitarnya. Lokasinya juga menjadi tempat pilihan banyak kegiatan wisata sekaligus olahraga.

Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Biaya masuk
Tiket masuk untuk pejalan kaki Rp 5.000
Tiket Masuk Sepeda Motor Rp20.000
Tiket Masuk Mobil Rp60.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana BUKIT GUNDALING Karo

Jam buka air terjun Sikulikap

Durasi jam buka
Setiap hari 24 jam

Beragam aktivitas wisata di Air Terjun Sikulikap

Selain menikmati air terjun, berbagai aktivitas lain juga bisa dilakukan di objek wisata ini. kegiatan misalnya di luar berkemah atau panjat tebing. Padahal keindahan alam kawasan tersebut cukup menenangkan bagi wisatawan. Berikut beberapa aktivitas pilihan di kawasan wisata air terjun ini.

Trekking santai ke air terjun

Rute trekking menuju air terjun Sikulikap Karo, Sumatera Utara tertata rapi dan terpandu dengan baik - nickyfitrianiJalur trekking menuju air terjun tertata rapi dan tertata dengan baik – Foto: Instagram/nickyfitriani

Pintu masuk air terjun ini berada di dekat gerbang perbatasan Deli Serdang – Kabupaten Karo. Kanan dari sisi kiri gerbang, wisatawan dapat berjalan di sepanjang jalan setapak menuju air terjun. Walaupun jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki.

Jalur trekking sudah tertata rapi di beton dan tanah berkontur curam memiliki tangga. Akses telah dikelola dengan baik dengan pagar pengaman di setiap sisi yang mengarah ke ngarai. Sepanjang perjalanan, wisatawan diajak menjelajahi petualangan wisata hutan.

Selama perjalanan hijau, pemandangan barisan pepohonan yang menjulang tinggi menemani Anda. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan menemukan berbagai jenis jamur, anggrek hutan hingga monyet gantung. Semakin dekat air terjun datang, semakin tenang gumaman air yang mengalir.

Baca: Tiket Masuk SAPO JUMA Karo dan Keanekaragaman Kecantikan

Menikmati keindahan air terjun

Pintu masuk kawasan wisata air terjun Sikulikap KaroPintu masuk kawasan wisata air terjun – Foto: Instagram/airterjunsiulikap

Dalam bahasa setempat, air terjun Sikulikap disebut Sampuren Sikulikap. Aliran air jatuh dari tebing berbatu setinggi sekitar 30 meter. Sedangkan moncongnya dibingkai oleh tebing dan pepohonan dengan bebatuan di bawahnya.

Daerah sekitarnya adalah ruang hijau yang penuh dengan pepohonan dan tanaman yang rimbun. Hutan merupakan bagian dari kawasan ekosistem Taman Nasional Gunung Leuser, sedangkan kawasan Lau Debuk Tanah Karo.

Di bawah air terjun terdapat tempat perlindungan wisata dengan atap ala budaya Karo. Di dekat air terjun, wisatawan bisa merasakan percikan air dan udara lembab. Suhu udara juga lebih sejuk dan terasa menyegarkan.

Baca: Tiket Masuk LAU KAWAR Karo dan Berbagai Kegiatannya

Rasakan kesegaran air dari mata air alami

Pengunjung menikmati semburan air terjunAir terjun ini memiliki semburan air dari tebing dengan ketinggian 30 meter – Foto: Instagram/bhagusardiansyah98

Aliran air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mandi atau berenang langsung di bawah air terjun.

Wisatawan bisa merasakan sejuknya air secara alami dan segar dari tepian sungai. Airnya berasal dari Taman Hutan Raya di kawasan hutan lindung Bukit Barisan.

Baca: Tempat Wisata Terpopuler di Karo

Bersantai di Area Air Terjun yang Sejuk

Air Terjun Sikulikap berada di kawasan berhawa sejuk khas dataran tinggi. Keindahan air terjun bisa dilihat dari dermaga kecilnya. Dengan udara yang datang langsung dari Pegunungan Karo.

Destinasi wisata ini terletak di tengah hutan Berastagi sehingga menawarkan pemandangan yang indah. Terletak di bawah pemandangan Doulu, wisatawan dapat menikmati aroma pohon pinus di sekitarnya.

Pilihan Pojok Foto yang Instagramable

Foto rumah pohon di depan air terjun SikulikapFoto-foto dari rumah pohon di depan air terjun Sikulikap – Foto: Instagram/ijal_mahendri

Pihak pengelola air terjun sebenarnya sudah menyediakan beberapa wahana yang bisa dijadikan background foto. Namun, keindahan air terjun sudah terlihat sebelum tiba di lokasi. Tak heran banyak yang mengabadikan momen dalam perjalanan menuju air terjun.

Di sebelah air terjun terdapat gubuk bergaya etnik karo, yang biasa digunakan sebagai photo booth. Selain itu, ada juga rumah hobbit dan rumah pohon yang tak kalah menarik. Dengan latar belakang air terjun yang deras, gambar yang diambil terlihat eksotis.

Mendaki

Aktivitas pendakian di samping air terjunAktivitas olahraga ekstrim mendaki air terjun Sikulikap – Foto: Instagram/fredensembiringmilala

Situs Air Terjun Sikulikap telah lama menjadi tempat pilihan untuk panjat tebing. Destinasi wisata ini memiliki dinding batu dengan tantangan pendakian yang cukup sulit. Dengan sudut kemiringan tegak hingga 90°, wisatawan lokal maupun mancanegara disuguhkan medan yang menantang.

Bahkan beberapa komunitas dan asosiasi yang menampung para atlet rutin berlatih di lokasi ini. Tempat pilihan untuk olahraga ekstrim ini berada tepat di sebelah sungai air terjun.

Di tempat ini, wisatawan bisa berlatih, sekaligus menguji keberanian dan adrenalin mereka. Untuk menaklukkan medannya yang ekstrem, wisatawan perlu membekali diri dengan perlengkapan keselamatan, pelatihan, dan disiplin.

Berkemah di sekitar air terjun

Berkemah di hutan sekitar air terjunPasang tenda dan bersantai di perkemahan – Foto: Instagram/novelionita

Kawasan Wisata Air Terjun Sikulikap juga menawarkan kawasan khusus sebagai tempat perkemahan. Di kawasan ini, wisatawan bisa mendirikan tenda untuk bermalam dan beristirahat.

Kegiatan camping di kawasan Air Terjun Sikulikap memang cukup banyak peminatnya. Selain dari cara menginap disini, wisatawan juga bisa merasakan sensasi petualangannya di luar.

Pemotretan sebelum pernikahan

Terletak di kawasan hutan pinus, air terjun Sikulikap memiliki efek dramatis. Tak heran jika lokasi tersebut kerap menjadi tujuan pemotretan prewedding. Deretan pohon yang menjulang tinggi menjadi pilihan calon pengantin yang mengambil tema foto alam.

Lokasi dan Akses Wisata Air Terjun Sikulikap

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Doulu Tanah Berastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 20357. Tempatnya sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Medan dan mudah dijangkau.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button