Berita Wisata

Informasi lokasi, harga tiket, dan tips

Yogyakarta tidak pernah dilupakan sebagai tujuan wisata. Tak hanya wisata seni dan budaya, wisata alam juga menghiasi kota Jogja. Liburan di kota Gudeg ini tidak akan membosankan!

Termasuk destinasi alam, wisata Grojogan Watu Purbo. Berada di kaki Gunung Metapi yang sejuk karena nuansa alamnya. Ini memiliki nuansa eksotis dengan berbagai tingkat erangan, serta perasaan sejuk yang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri.

Sebelum berencana ke Grojogan Watu Purbo baca dulu informasi wisata lengkapnya, ini dia. Bisa kamu jadikan sebagai panduan liburan lho!

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Grojogan Watu Purbo: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/mas_saptanugraha)

Lokasi: Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: Buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00 WIB.

Harga: Rp 3 ribu dan biaya parkir tergantung kendaraan.

2. Jalan Menuju Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo sangat mudah diakses, baik dengan sepeda motor maupun mobil. Rute menuju lokasi juga sangat bagus dan mulus dengan jalan yang bagus.

Jika Anda mengunjungi Grojogan Watu Purbo dari pusat kota Jogja, cukup arahkan kendaraan Anda ke Jalan Magelang. Dengan rute Jalan Magelang, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Arahkan kendaraan lurus ke utara melalui Jalan Magelang. Dari Jombor, lurus terus melalui Jalan Magelang menuju RSUD Sleman.

Dari RS Sleman, arahkan kendaraan agak jauh ke arah Tempel Bangjo atau Monumen Tempel Palagan Palbapang. Dari bangjo Anda bisa belok kanan ke jalan yang lebih kecil atau disebut Jalan Tempel.

Dari Jalan Tempel bisa cek peta google, untuk rute tercepat menuju Grojogan Watu Purbo. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena jalurnya bagus dan lokasinya mudah ditemukan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Dekat Plunyon Kalikuning Sleman Yang Sedang Viral

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/ion.hazardas)

Karena terletak di kaki Gunung Merapi, jalur di sekitar Grojogan Watu Purbo menjadi jalur favorit untuk bersepeda. Tentunya harus membawa sepeda dari rumah ya.

Jika Anda terlalu malas untuk bersepeda, Anda juga bisa menikmati sejuknya aliran sungai di tengah alam. Jika ingin singgah sebentar dalam suasana teduh, siapkan peralatan berkemah dari rumah ke tempat penampungan.

Dan satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, abadikan kenangan Anda dengan latar belakang grojogan berlapis ini. Dijamin epik, ya! Setelah mengunjungi tempat ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke destinasi terdekat seperti Landmark World Merapi, Museum Ullen Sentalu atau Bunker Kaliadem.

4. Fasilitas yang tersedia di Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/gdhindarto)

Seperti destinasi alam lainnya, di sini juga ada yang menawarkan kenyamanan. Seperti adanya tempat parkir yang aman dan luas, mushola, spot foto yang epic dan luas.

Tentunya di Grojokan Watu Purbo juga terdapat beberapa warung yang menawarkan aneka jajanan saat lapar. Jajanan yang dikelola oleh warga sekitar, tersedia dari berbagai makanan dan minuman dingin maupun panas.

5. Tips Berkunjung ke Grojogan Watu Purbo

Grojogan Watu Purbo: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPotret Grojogan Watu Purbo (instagram.com/ekoandriyanto32)

Karena berada di kaki Gunung Merapi, terkadang cuaca bisa berubah secara tiba-tiba. Oleh karena itu, pastikan cuaca di sekitarnya cerah, termasuk cuaca utara ya.

Untuk jaga-jaga kalau di tengah tujuan hujan, siapkan jas hujan atau payung ya. Hindari menggunakan sepatu berbahan kain, karena seperti yang kalian tahu itu wisata bahari ya.

Gunakan losion atau sarung tangan agar tidak kepanasan di jalan. Berkendara dengan hati-hati, terutama di Jalan Magelang yang cukup ramai.

Dengan beberapa info tentang Grojogan Watu Purbo di atas, saya harap dia bisa mempersiapkan Anda sebelum Anda pergi. Ingat, jangan membuang sampah sembarangan dan selalu cintai lingkungan kita. Selamat liburan alam!

Baca Juga: 5 Wahana Ayunan Suspended di Jogja, Cocok Buat Penikmat Tantangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Back to top button