Tempat Wisata

Pulau Ranoh, pulau eksotis yang mempesona dan tempat glamping yang seru di Batam

Biaya Tur: Mulai dari Rp100.000, Waktu aktif: 12.00-24.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sukajadi. kota Batam. Batam, Kepulauan Riau; map: Cek lokasi

Pulau Ranoh terletak di wilayah Batam Kepulauan Riau. Pulau ini terkenal dengan pantainya yang berpasir putih bersih. Selain itu, laut yang mengelilingi pulau ini begitu indah, bersih dan berwarna biru jernih. Dari kejauhan, pulau ini memiliki potret landscape yang sangat mengesankan. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya para pengunjung pantai.

Destinasi wisata berbentuk pulau ini memiliki area yang tidak begitu luas. Luas pulau ini sekitar 536.125 meter persegi. Selain itu, keliling pulau ini hanya 3,24 kilometer. Anda bahkan dapat sepenuhnya menjelajahi pulau kecil ini dalam waktu kurang dari setengah jam. Namun, sejauh ini pulau ini tidak dapat dikelilingi oleh daratan, karena di pantai ini banyak terdapat hutan bakau.

Mangrove tumbuh subur dan padat mengelilingi pantai. Hal ini dikarenakan Pulau Ranoh telah lama menjadi vegetasi mangrove. Tentunya pemandangan yang sangat indah membutuhkan liburan di pulau ini saat berkunjung ke Kota Batam. Anda bahkan dapat mengambil beberapa foto instagenic dengan latar belakang pantai yang begitu menakjubkan yang membuat pulau ini semakin populer.

Daya Tarik Wisata Pulau Ranoh

Pemandangan di Pulau RanohSumber gambar: Twitter Petualangan hebat

1. Kecantikan alami

Pulau ini dikelola oleh panitia khusus yang mengelola tempat wisata ini bernama Adventure Ranoh Island. Hal ini memudahkan pengunjung untuk menemukan berbagai fasilitas tempat wisata ini. Dengan itu, wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan seperti jalan-jalan di pantai atau barbekyu yang menghadap ke pantai yang indah di sore hari yang menyenangkan.

Selain itu, Anda akan menemukan informasi tentang berbagai restoran yang menawarkan makan malam di pantai. Kemudian Anda juga akan menemukan minibar terdekat di sekitar pantai. Rasakan juga bekal hammock untuk berbaring, yang bisa Anda nikmati di pagi hari sambil menghirup segarnya udara pantai.

2. Pesona pasir putih

Pulau Ranoh memiliki pasir putih yang indah ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang tinggi. Ketinggian negara itu sendiri adalah 10 meter di atas permukaan laut. Tidak ada bukit atau pulau lain di sekitar pulau. Sehingga tempat wisata ini menjulang tinggi di dataran yang terhampar. Pemkot menyebutkan bahwa tempat wisata ini tidak memiliki penduduk.

Pulau ini baru dikembangkan menjadi tujuan wisata yang menarik dalam beberapa tahun terakhir. Kawasan pantai berpasir putih yang semula tidak berpenghuni telah diubah menjadi tujuan wisata yang didedikasikan untuk hiburan. Pulau ini sangat cocok sebagai destinasi tropis yang banyak diminati wisatawan. Anda juga bisa merasakan pulau yang tenang untuk relaksasi tubuh.

3. Warga yang ramah

Nah, tempat wisata ini sudah memiliki aktivitas warga yang normal pada umumnya. Ada beberapa warga dan pengelola lokal tempat wisata ini. Pulau ini menawarkan wisatawan layanan yang sangat ramah dari setiap anggota staf yang bekerja di pulau ini. Karyawan lokal bahkan menjadi teman bagi wisatawan yang berlibur.

Para wisatawan juga akan merasakan perasaan yang berbeda dari suasana kebahagiaan bersama wisatawan lain seperti keluarga. Tentunya hal ini membuat liburan semakin menyenangkan dan ingin menginap di pulau ranoh ini.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau RanohKredit foto: Facebook Dheny Rini Dharmawan

Pulau Ranoh terletak di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. Letak pulau ini berada di antara dua pulau di ujung Kota Batam. Karena terletak di antara dua pulau, ombak di lautnya tidak terlalu besar dan sangat tenang. Hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke tempat wisata ini dari pusat kota Batam.

Untuk rute menuju tempat wisata, Anda bisa menggunakan kapal umum atau speedboat yang biasanya melintas dari Pelabuhan Hasyim atau pelabuhan lainnya. Namun, sebelum tiba di tempat wisata, Anda perlu melakukan reservasi hotel terlebih dahulu. Karena akomodasi di pulau ini selalu penuh dan tidak bisa dipesan langsung di hari libur nasional.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauSumber gambar: Google Maps Joelrankiy

Biaya masuk ke Pulau Ranoh sekitar 100.000 hingga 200.000 rupiah. Namun, untuk paket liburan di pulau ini, Anda membutuhkan biaya minimal satu juta rupiah. Untuk paket menginapnya sendiri sekitar 300.000 rupiah untuk satu hari dan satu juta untuk dua hari. Sewa speed boat, tenda dan fasilitas lainnya juga datang dengan harga yang cukup mahal di tempat wisata mewah ini.

Untuk jam operasionalnya sendiri, pulau ini hanya buka dari pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB. Jadi anda tidak bisa mengunjungi tempat wisata ini di pagi hari untuk melihat matahari terbit.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Ranoh

Aktivitas di Pulau RanohSumber gambar: Twitter Paket Wisata Bintan – Wisata Malaysia dan Singapura

1. Berkemah

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di tempat wisata berbentuk pulau dengan perpaduan laut yang indah ini adalah berkemah. Anda bisa berkemah di tepi pantai sambil menikmati BBQ bersama teman-teman. Jangan lupa ajak banyak teman ke tempat wisata ini selama liburan kamu. Namun, menyewa kamar backpacker di tenda glamping membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sewa kamar backpacker sendiri sekitar 350.000 rupiah per malam. Harga sewa glamping yang digunakan di tenda sekitar 450.000 rupiah untuk satu tenda. Jadi jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat wisata ini, Anda harus benar-benar membawa uang yang banyak. Hal ini disesuaikan dengan massa lokasi yang banyak diminati.

2. Bola Voli dan Sepak Bola

Banyak jenis permainan dan olahraga yang bisa dimainkan di Pulau Ranoh. Namun, olahraga yang paling menarik di pantai tentu saja adalah voli pantai dan sepak bola. Anda bisa bermain bersama teman-teman, yang akan menambah keseruan liburan Anda. Selain itu, kamu juga bisa membentuk tim untuk bermain dengan tim wisata lain yang akan menambah pengetahuanmu.

3. Snorkeling

Snorkeling tentunya menjadi suatu keharusan bagi wisatawan yang berlibur di pulau ini. Menikmati keindahan kekayaan laut Kepulauan Riau tak lain adalah snorkeling. Anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis ikan dan terumbu karang indah yang hidup di air laut Batam. Anda juga bisa berfoto sambil snorkeling untuk mengabadikan kenangan.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi di Pulau RanohKredit foto: Instagram Travel Batam

1. Vila Pantai

Jika Anda ingin tinggal dekat dengan pulau ini dengan fasilitas lengkap, sebaiknya pilih villa pantai. Villa ini memiliki berbagai fasilitas yang lengkap antara lain ruang keluarga, balkon untuk Anda bersantai dan dapur untuk memasak. Liburan akan terasa seperti di rumah sendiri. Vila ini sangat luas dengan dua kamar tidur yang dapat menampung hingga delapan orang.

tempat tidur tingkat 2

Tempat tidur susun di Pulau Ranoh sendiri merupakan penginapan yang tidak memakan tempat. Bentuk penginapan ini menyerupai asrama atau dormitory. Setiap kamar terdiri dari banyak kasur dua lantai. Kamar seperti ini sangat cocok bagi anda yang datang ke pulau cantik ini bersama rombongan. Setiap tempat tidur memiliki penutup privasi yang tidak dapat dilihat oleh pengguna lain.

Selain itu, setiap tempat tidur dilengkapi dengan kasur empuk yang besar, bantal dan selimut. Bahkan ada sumber listrik untuk setiap tempat tidur.

3. Glamping

Glamping sendiri merupakan singkatan dari kata glamour camping, dimana menginap di tenda akan membuat anda serasa berkemah dengan fasilitas yang cukup mewah. Bahkan, Anda harus membayar ratusan ribu rupiah untuk menyewa tenda tersebut. Namun, ini bisa menyelamatkan Anda dari menginap di tempat lain yang harganya jauh lebih mahal dari fasilitas glamping ini.

Fasilitas yang tersedia di Kawasa Pulau

Fasilitas di Pulau RanohSumber gambar: Google Maps Joelrankiy

Fasilitas di situs Pulau Ranoh sangat lengkap dan memadai. Mulai dari olahraga air hingga fasilitas permainan tersedia di tempat wisata ini. Permainan yang bisa dinikmati wisatawan antara lain catur Cina dan frisbee. Ada juga fasilitas voli dan sepak bola, fasilitas camping, lazy bag, dan payung dengan bangku untuk bersantai bagi wisatawan.

Fasilitas olahraga air, sementara itu, termasuk taman air, jet ski, kano ganda untuk snorkeling. Semua fasilitas tersebut dapat Anda nikmati selama berlibur di pulau yang indah ini. Hal ini membuat liburan Anda terasa sangat sempurna karena Anda dapat menikmati fasilitas yang luar biasa tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi wisata di Pulau Ranoh yang berada di Kota Batam. Jadi ketika Anda berkunjung ke kota ini, Anda harus menjelajahi keindahan pantainya yang menjadi primadona Kota Batam itu sendiri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button