Tempat Wisata

Tiket Masuk Kuil Sam Po Kong 2022, Alamat, Sejarah dan Jam

Klenteng Sam Po Kong merupakan tempat ibadah umat Islam yang unik dengan bentuk bangunan menyerupai klenteng.

Jam buka: 08.00-20.00 WIB
Tiket masuk: Rp7.000,00 – Rp40.000,00
Nomor telepon: 024 7605 277, 0823 2482 6868, 0857 2556 2345
Aktivitas: Berfoto, belajar sambil jalan-jalan, beribadah
Waktu terbaik: 10.00 WIB
Membawa: Topi, air minum, payung, tabir surya, kamera
Melarang: jangan berisik
Alamat: J L. Simongan Nomor 129, Bongsari, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah
Fasilitas umum: Spot foto, toilet, pusat informasi, tempat parkir, mushola
Akses jalan: Musim semi
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang masih memiliki sejarah yang baik. Buktinya, masih banyak wisata budaya atau sejarah yang masih dibanjiri wisatawan.

Wisata budaya yang paling populer adalah Klenteng Sam Po Kong. Bagaimana kota ini bisa memiliki pagoda? Simak artikel Dolanyok berikut untuk menemukan jawabannya.

Sekilas tentang Kuil Sam Po Kong

Kelenteng Sam Po Kong adalah bangunan Islam yang bersejarah. Mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa bukan masjid tapi pagoda.

Pada abad ke-14, seorang laksamana Tiongkok bernama Zheng He/Cheng Ho sedang berlayar ke Indonesia dan terjadi gelombang besar yang menghanyutkan kapal Cheng Ho sehingga terdampar di daerah Simongan yang saat ini menjadi pintu masuk kelenteng.

Klenteng ini dibangun karena pada saat itu banyak warga keturunan Tionghoa yang singgah di tempat ini, maka Laksamana Cheng Ho membangun sebuah rumah ibadah yang bisa digunakan bersama, warga Tionghoa yang dihormati dan juga bisa digunakan untuk beribadah umat Islam.

asal namanya

Ternyata ada perjalanan unik dari klenteng ini. Pada mulanya klenteng ini bernama Gedung Batu, yang melekat pada monumen Laksamana Zheng. Mengapa disebut bangunan batu?

Karena bangunannya berbentuk gua yang terletak di atas bukit berbatu. Bentuk gua juga berbentuk seperti batu besar.

Sebuah tempat peribadatan dibangun di depan goa karena bangunannya umumnya masih mengadopsi bangunan klasik Tionghoa, orang Indonesia yang memiliki darah Tionghoa menyebutnya klenteng.

cerita

Pagoda ini dibangun oleh seseorang yang beragama Islam untuk tujuan ibadah. Mengapa klenteng bisa dijadikan tempat ibadah umat Islam?

Laksamana Zheng atau Zheng He sebenarnya adalah seorang Muslim. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukannya sebuah artikel yang artinya “Mari kita mengheningkan cipta bersama mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an”.

Ternyata Laksamana Zheng dan krunya telah memeluk agama Islam. Jadi dia mendirikan pagoda ini untuk beribadah bersama krunya.

Bagaimana seorang warga negara Cina bisa datang ke Semarang? Ini karena pada abad ke-15, Laksamana Zheng mengirim wakilnya, Wang Jing Hong, untuk mengarungi pantai utara Jawa.

Saat itu ia sedang sakit parah dan Laksamana Zheng memerintahkan anak buahnya untuk berlabuh di daerah Simongan. Laksamana Zheng kemudian menemukan sebuah gua dan beristirahat di sana untuk menjaga Wang Jing Hong.

Setelah kondisi Wang Jing Hong berangsur membaik, Laksamana Zheng memutuskan untuk kembali melanjutkan perjalanannya ke barat. Dia memerintahkan sepuluh anak buahnya untuk menjaga Wang Jing Hong dan meninggalkan mereka sebuah kapal yang kemudian digunakan untuk mengejar Laksamana Zheng.

Namun ternyata Wang Jing Hong jatuh cinta dengan seorang wanita pribumi dan menikahinya. Hal yang sama terjadi pada bawahannya yang juga menikah dengan penduduk asli. Kemudian mereka mulai membuka lahan untuk perumahan.

daerah

Candi ini terbagi menjadi beberapa area. Berikut adalah area dan detail dari pagoda ini:

  • Kuil Dewa Bumi
  • Kuil Penebus Bumi
  • Pura Sam Po Tay Dijen
  • Kuil Jangkar Kyai
  • gua bangunan batu
  • Patung Zheng Ho
  • Rumah roh Ho Ping
  • Kyai Tumpeng
  • Kyai Cundrik Bumi
  • pohon rantai

Jadi ini adalah detail dari bangunan pagoda ini. Ketika Anda mengunjungi pagoda ini, cobalah untuk mengunjungi setiap sudut bangunan.

Baca juga: Tempat Makan di Semarang

aktivitas

Di pagoda ini Anda dapat melakukan banyak hal:

Mengambil gambar

Hampir seluruh bagian klenteng ini bisa dijadikan spot foto menarik. Pengelola tempat ini mengatakan hampir semua wisatawan yang datang kesini ingin berfoto di tempat ini.

Sewa pakaian tradisional Cina

Bagi Anda yang ingin berfoto selfie dengan cara yang berbeda, Anda bisa menyewa baju adat Tionghoa di sini. Ada berbagai ukuran pakaian, dari ukuran anak-anak hingga dewasa.

Jika Anda berencana untuk mengambil foto, Anda perlu mengetahui bahwa ada area tertentu yang tidak boleh dimasuki wisatawan untuk mengambil foto. Ini untuk menjaga kedamaian orang-orang Tionghoa yang berdoa.

alamat

Klenteng ini terletak di Jl. Simongan Raya Nomor 129, Bongsari, Semarang, Jawa Tengah. Sekarang setelah anda berwisata ke klenteng, anda bisa mengunjungi tempat wisata lain yang terdekat dari tempat wisata religi ini.

Objek wisata tersebut adalah Lawang Sewu, Simpang Lima, Kota Lama Semarang, Desa Wisata Kali Pancur dan masih banyak lagi.

Biaya masuk

HTM ke pagoda ini cukup terjangkau.

Wisatawan Area wisata di hari kerja Kawasan wisata akhir pekan Tempat sholat di hari biasa Tempat sholat akhir pekan
anak-anak Rp5.000.000 Rp 8.000,00 Rp15.000.00 Rp15.000.00
ban Rp 7.000.00 Rp10.000,00 Rp 27.000,00 Rp 28.000,00
anak-anak asing Rp 7.000.00 Rp 8.000,00 Rp25.000.00 Rp 28.000,00
Dewasa Asing Rp 10.000.00 Rp15.000.00 Rp40.000,00 Rp 45.000,00

Jika Anda ingin menjelajahi seluruh sudut pagoda ini, Anda harus membayar tiket terusan.

jam operasional

Jika Anda ingin mengunjungi klenteng ini, Anda bisa datang dari pukul 08.00-20.00 WIB. Waktu terbaik untuk mengunjungi pagoda ini adalah di pagi hari.

perabot

Fasilitas objek wisata klenteng ini cukup lengkap, seperti:

  • tempat foto
  • Toilet
  • Pusat Informasi
  • area parkir
  • ruang sholat

Pagoda ini tidak menawarkan akomodasi dan restoran. Yang lapar dan butuh tempat istirahat bisa mencarinya di tengah kota.

Kamu bisa datang ke Maylisa, toko ini menjual berbagai macam brownies yang enak. Sebenarnya tempat ini cocok untuk mencari oleh-oleh. Jika ingin makan, Anda bisa datang ke Delman Resto yang menawarkan beragam menu.

Untuk akomodasi, Anda bisa memilih antara hostel dan hotel. Pilihan akomodasinya adalah Kostel Wood 7296, DS Residence Siliwangi, Nozz Hotel dan lainnya.

Tips Perjalanan

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar liburan seru di klenteng ini:

  • Datanglah pada hari-hari besar Buddhis seperti Konfusianisme, Taosime atau Tahun Baru Imlek. Karena pada waktu-waktu tersebut, Anda bisa menyaksikan parade budaya yang menyuguhkan berbagai kesenian Tionghoa.
  • Namun bagi anda yang tidak suka keramaian, anda bisa datang di hari biasa untuk hasil foto yang maksimal.
  • Sewa pemandu untuk mengetahui seluk beluk dan sejarah tempat ini. Karena tempat ini penuh dengan ilmu.

Anda tidak perlu menerapkan tips ini, mereka hadir dalam bentuk opsi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

pertanyaan dan jawaban

Untuk informasi mengenai wisata klenteng ini, simak pertanyaan dari netizen berikut ini:

Kesimpulan

Itulah sedikit ulasan tentang Klenteng Sam Po Kong di Semarang. Bagi Anda yang menyukai wisata budaya, Anda bisa datang ke sini.

Selain itu, Anda dapat menemukan banyak wisata budaya di kota ini. Ayo cintai negaramu dengan jalan kaki ke situs warisan budaya ini.

Baca juga: Rekomendasi Sewa Bus Semarang Terpercaya Dalam dan Luar Kota

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button