Tempat Wisata

Tiket dan wahana SRAMBANG PARK

Tiket Masuk Taman Srambang: Rp 20.000 Jam: 08:00 – 17:00 WIB Nomor Telepon: -Alamat: Hutan, Hutan Jogorogo, Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia, 63262

Tempat wisata berbalut cerita rakyat legendaris menjadi daya tarik tersendiri Taman Srambang. Sebuah taman wisata di kawasan Ngawi Jawa Timur. Diresmikan pada tahun 2017, pengunjung disuguhi pemandangan indah sisi timur laut Gunung Lawu.

Biaya masuk

Dengan biaya tersebut, pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata dan berfoto sepuasnya di tempat-tempat menarik.

Biaya masuk
tiket masuk Rp20.000

Baca: Tiket Masuk BRIDAL WATERFALL dan Berbagai Spot Selfie

jam buka

Taman Srambang Ngawi buka dari pagi hingga malam. Air terjun ditutup pada pukul 15.00 untuk menghindari kemungkinan tanah longsor di musim hujan. Dan untuk menghindari kecepatan yang muncul.

jam buka
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Atraksi Taman Srambang

Pintu masuk Taman Srambang NgawiPintu masuk ke area taman dan air terjun. Foto: Google Maps / Hermanto P

Pada awalnya, satu-satunya objek wisata di tempat ini adalah air terjun Srambang yang legendaris. Kini pihak manajemen telah menambahkan berbagai fasilitas penunjang lainnya yang tak kalah menarik. Mulai dari spot foto instagramablehutan pinus yang tertata indah hingga kolam renang dengan air pegunungan yang menyegarkan.

Baca: Tiket Masuk Perkebunan Teh Jamus dan Aktivitasnya

Pesona keren air terjun Taman Srambang

Air Terjun Srambang NgawiAir Terjun Srambang Ngawi. Foto: Google Maps / Lina Wahyuningtyas

Air Terjun Srambang memiliki debit air yang cukup deras dengan ketinggian mencapai 40 meter. Di sini pengunjung bisa menikmati dinginnya guyuran air pegunungan yang membasahi wajah. Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dengan pemandangan yang indah dan suara air yang menenangkan.

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus berjalan kaki satu kilometer terlebih dahulu. Jika tidak ingin lelah, ada juga pilihan menggunakan ojek.

Baca: Tiket Masuk Coban Rondo Malang dan Aktivitasnya

Legenda Jaka Tarub dan Bidadari

Air terjun ini erat kaitannya dengan legenda Jaka Tarub. Konon air terjun ini merupakan tempat pemandian para bidadari termasuk Dewi Nawang Wulan.

Di sini dewi Jaka bertemu Tarub. Tempat ini juga menjadi tempat perpisahan bagi mereka berdua. Oleh karena itu kata srambang berarti melihat. Pesan dari Jaka Tarub agar Dewi Nawang Wulan sering mengunjunginya dan anaknya.

Diselimuti kisah-kisah legendaris, tak heran ada pengunjung yang membasuh muka dengan harapan awet muda bak bidadari. Bahkan ada pengunjung yang membawa pulang botol air minum dari sini.

Baca: Tiket Masuk COBAN TALUN dan Tur

kolam kaki gunung

Kolam renang di tengah hutan pinusKolam renang di taman rekreasi ini cukup unik karena berada di tengah hutan pinus. Foto: Google Maps / Andi Ardhian

Pengunjung bisa menikmati kesejukan berenang di perairan Gunung Lawu. Pengelola telah menyediakan kolam renang dengan desain yang unik. Terdiri dari beberapa anak tangga dan warna cerah, kolam renang ini terlihat sangat ceria.

Ditambah dengan seluncuran air, anak-anak akan tertarik untuk bisa bermain di kolam renang ini. Seolah untuk mengenang legenda Jaka Tarub di tempat ini, pengelola juga mendirikan beberapa patung bidadari di tepi kolam.

Baca: Tiket Masuk Coban Rais dan Berbagai Wahana

Taman dan hutan dengan desain kontemporer

Keindahan taman di Taman Srambang Ngawi.  Foto: Google Maps / Bambang PujirKeindahan taman di Taman Srambang Ngawi. Foto: Google Maps / Bambang Pujir

Taman bunga juga menjadi salah satu konsep dari objek wisata ini. Di atas bukit Anda bisa melihat taman bunga berbentuk simbol hati. Bunga setinggi pinggang dengan berbagai warna juga bisa dilihat di sisi lain bukit. Di antara taman-taman tersebut juga terdapat miniatur kincir angin yang juga dijadikan sebagai spot foto para pengunjung

Hutan Pinus di Taman Srambang Ngawi.  Foto: Google Maps / Erri PrasetyaHutan Pinus di Taman Srambang Ngawi. Foto: Google Maps / Erri Prasetya

Berjalan di sekitar tempat ini tidak akan membosankan bagi wisatawan. Jalan santai di tengah hutan pinus mudah ditempuh pengunjung, karena jalurnya cukup memadai.

Pengunjung bisa menikmati rimbunnya pepohonan di sisi kanan dan kiri. Tanaman pekarangan bertebaran di antara pepohonan dan menambah keindahan hutan ini. Pengunjung juga bisa meregangkan hammock di antara dua pohon pinus sambil bersantai dan menikmati sejuknya suasana di kaki Gunung Lawu.

Baca: Keajaiban Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu

Tempat foto Instagramable

Payung gantung aneka warna di Taman Srambang Ngawi.  Foto: Google Maps / RideR SFUPayung gantung aneka warna di Taman Srambang Ngawi. Foto: Google Maps / RideR SFU

Ada banyak spot foto yang tersebar di berbagai sudut Taman Srambang. Bola warna-warni menggantung dari tutupan hutan di atas jalan setapak. Jembatan kayu di sini juga dihiasi dengan payung warna-warni yang tergantung di atasnya. Jika ingin sudut pandang yang lebih baik, pengunjung bisa memanjat rumah pohon yang terletak di tepi hutan.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas di Taman Srambang cukup memadai. Diantaranya adalah tempat parkir, pendopo sebagai tempat berteduh, mushola dan kamar mandi. Di sekitar objek wisata juga terdapat warung-warung yang dikelola oleh warga sekitar.

Rute dan lokasi Taman Srambang

Akses menuju Taman Srambang cukup mudah melalui jalan beraspal. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa dari Terminal Ngrambe menuju objek wisata Taman Srambang.

Jika menggunakan mobil, pengunjung harus memarkir kendaraannya kurang lebih 500 meter dari lokasi objek wisata. Rute termudah adalah melalui Pasar Jogorogo.

Tempat wisata ini terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi. Situs ini berjarak 33 kilometer dari pusat kota Ngawi dengan waktu tempuh 30 menit hingga satu jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button