Tempat Wisata

Pulau Enggano, pulau cantik yang memanjakan mata di Bengkulu Utara

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan di sebelah utara Bengkulu. Pulau eksotis ini memiliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan ombak yang cocok untuk berselancar.

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Daerah. Enggano, Kab.Bengkulu Utara, Bengkulu; map: Cek lokasi

Pulau Enggano merupakan salah satu pulau kecil yang termasuk dalam Wilayah Administratif Kabupaten Bengkulu Utara. Terletak di bagian barat Provinsi Bengkulu, pulau ini tidak hanya kecil, tetapi juga memiliki pesona alam yang luar biasa.

Nama Enggano berasal dari bahasa lokal dan berarti “telanjang”. Disebut demikian bukan tanpa alasan, konon orang yang tinggal di tempat ini, baik pria maupun wanita, memiliki batang tubuh yang telanjang.

Di balik namanya adalah pulau yang sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga karena menawarkan pemandangan yang menarik. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan dan fasilitas penunjang aktivitas pengunjung di pulau Enggano.

Tempat Wisata Pulau Enggano

Pemandangan pulau EngganoSumber gambar: Facebook Turisindo.com

1. Destinasi alam yang menakjubkan

Pulau Enggano memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Uniknya, setiap destinasi memiliki ciri khas tersendiri karena juga tersebar di seluruh pulau, mulai dari pantai, danau, gua hingga hutan belantara.

2. Suasana alami dan asri

Pulau yang menjadi daratan pertama Cornelis de Houtman saat berlayar di Samudera Pasifik ini memiliki nuansa alam. Ini karena tidak banyak campur tangan manusia di tempat ini. Bahkan pemerintah berusaha melestarikan tempat itu dan hanya mengalokasikan dana untuk memudahkan akses ke pulau itu.

Suasana alam di pulau ini juga terasa sangat sejuk dan asri karena hampir seluruh pulau ditumbuhi pepohonan hijau. Pengunjung yang datang ke tempat ini mendapatkan udara segar dan bebas polusi.

3. Air laut yang bersih

Objek wisata yang dimiliki Pulau EngganoKredit foto: Google Maps Bunga Trianthie Pratidina

Daya tarik pulau Enggano adalah airnya yang bersih dan jernih. Air jernih ini tidak hanya terdapat di pantai, tetapi di semua sumber air seperti danau dan sungai. Maka tak heran jika tempat ini menjadi destinasi populer bagi pengunjung yang senang bermain air.

4. Gelombang besar

Pantai-pantai di pulau ini memiliki ombak yang cukup besar dan tinggi, sehingga cocok untuk olahraga air. Ombak di lokasi ini dikenal ideal bagi para peselancar karena meski ombaknya besar, namun tetap aman dan tidak berbahaya. Pengunjung dapat menaklukkan ombak yang berdiri di atas papan selancar.

Alamat, lokasi rute dan biaya perjalanan ke pulau Enggano

Alamat pulau EngganoKredit foto: Facebook Nuansa.berita

Pulau indah ini berada di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Terletak di Provinsi Bengkulu bagian barat dengan pusat pemerintahan di Desa Apoho, pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia di perairan Samudera Pasifik.

Jarak dari pulau ini ke Provinsi Bengkulu adalah 156 km atau 90 mil. Daerah yang paling dekat dengan pulau ini adalah Kota Manna yang terletak di sebelah selatan Bengkulu dengan jarak sekitar 96 km atau sama dengan 60 mil.

Untuk mencapai pulau indah ini Anda harus menyebrang menggunakan kapal yaitu kapal Raja Enggano dari Bengkulu menuju Pelabuhan Kahyapu, Enggano. Perahu ini hanya berlayar dua kali seminggu, pada hari Sabtu dan Rabu.

Kapal berangkat dari Pelabuhan Bengkulu sekitar pukul 18:00 WIB dan tiba di Enggano antara pukul 04:00 hingga 05:00 WIB. Artinya, waktu tempuh dengan transportasi laut sekitar 8 jam.

Biaya perjalanan menuju Pulau Enggano sebenarnya tidak mahal mengingat pengunjung hanya perlu naik perahu. Selain itu, harga boat trip sangat terjangkau, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk kelas Ekonomi dan sekitar Rp 50.000 untuk kelas VIP. Untuk memudahkan pengunjung dalam perjalanan ke Enggano, ada kamar tidur, kamar mandi, AC, dll yang bisa dinikmati.

Aktivitas menarik di pulau Enggano

Aktivitas menarik di pulau EngganoSumber gambar: Facebook Sakar Bengkulu

1. Berselancar di Pantai Kahyapu

Perairan Enggano merupakan tempat yang ideal untuk olahraga air, salah satunya adalah selancar. Bagi Anda yang menyukai olahraga ini, jangan lewatkan kesempatan unik untuk berselancar di Pantai Kahyapu.

2. Berkemah di pantai

Pantai di Kahyapu tidak hanya terkenal dengan ombaknya yang bagus, tetapi juga cocok untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Tidak perlu membawa perlengkapan camping seperti tenda dan sejenisnya, karena di lokasi ini sudah dibangun pondok selancar yang bisa digunakan untuk bermalam.

3. Berkunjung ke Pantai Ujung Batu

Berada di Enggano tentu tidak lengkap jika tidak mengunjungi Pantai Ujung Batu. Di pantai ini, pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan laut lepas, tetapi juga pemandangan tebing karang yang ditumbuhi tanaman hijau. Bebatuan yang mengelilingi pantai tidak terlalu lebar namun cukup unik karena menjorok ke laut.

4. Speleologi di gua karst

Bermain puas di pantai, pengunjung bisa mencoba wisata alternatif lain dengan menjelajahi gua-gua di sebuah tempat di Enggano yang bernama Goa Karst. Gua indah yang belum banyak diketahui pengunjung ini patut dikunjungi karena menawarkan pemandangan indah yang tiada habisnya.

5. Menjelajahi cagar alam

Pulau Enggano tidak hanya memiliki pantai yang eksotis tetapi juga diberkahi dengan hutan hijau yang rimbun. Hutan yang juga merupakan cagar alam ini dipenuhi dengan pohon bakau yang cukup tua untuk berakar di mana saja.

Hutan lindung ini, serta Cagar Alam Teluk Klowe, juga merupakan rumah bagi berbagai macam hewan. Pengunjung dapat menemukan berbagai fauna unik dan langka saat mereka berjalan lebih jauh ke dalam hutan. Saat trekking, para ahli atau pemandu wisata disarankan kepada pengunjung agar tidak salah jalan.

6. Nikmati keindahan Pantai Kaki Batu

Aktivitas di pulau EngganoFoto dari Google Maps Afrizon Rafles

Enggano memiliki objek wisata pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Telapak Kaki Batu Layar yang memiliki laguna unik yang terlihat seperti telapak kaki manusia dari kejauhan. Selain panorama pantai yang eksotis, pantai di tempat ini juga bisa menjadi tempat favorit untuk memancing keluarga.

7. Kunjungi padang lamun di Kaana dan Kahyapu

Aktivitas yang wajib dilakukan di Enggano adalah berkunjung ke Padang Lamun. Perlu diketahui bahwa rumput laut merupakan tumbuhan yang dapat hidup dan beradaptasi dengan air asin. Sepintas, lamun ini tidak jauh berbeda dengan lamun, karena bentuknya tidak jauh berbeda.

Enggano memiliki padang lamun yang cukup luas di sekitar perairan Kahyapu dan Kaana. Pengunjung tidak hanya diperbolehkan melihatnya secara langsung, tetapi juga snorkeling untuk menikmati keindahan rumput laut lebih dekat.

8. Berenang di Danau Blak Biru

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menikmati segarnya air Danau Blak Blau. Danau ini sekarang memiliki air yang sangat jernih dan berwarna pirus. Nama Blak Blau sendiri diambil dari warna air danau yang secara alami berwarna pirus. Jadi jangan lewatkan destinasi yang mempesona ini selama liburan Anda di Enggano.

9. Mendaki Tebing Pakiu

Aktivitas memompa adrenalin ini tidak boleh dilewatkan, terutama bagi Anda yang menyukai tantangan. Pendakian di Tebing Pakiu bisa dilakukan saat air laut sudah surut karena pengunjung tidak hanya bisa mulai mendaki tapi juga disuguhi tebing-tebing putih nan megah. Namun, tebing itu digunakan sebagai benteng alami oleh tentara Jepang.

10. Bermain air di Pantai Koomang

Hal lain yang harus dilakukan di Enggano adalah mengunjungi Pantai Koomang. Di pantai ini, pengunjung bisa bermain di air yang jernih seperti kaca. Selain itu, pengunjung dimanjakan dengan adanya bebatuan besar atau tebing yang menjorok ke luar dan memiliki lubang di bagian bawahnya untuk menciptakan laguna alami. Di tempat ini, pengunjung bisa berenang atau snorkeling.

Akomodasi murah selanjutnya dari Pelangi Enggano

Akomodasi di pulau EngganoFoto dari Google Maps Don Doga

1. Hotel Wisata Berlian Enggano

Hotel Wisata Berlian Enggano berlokasi strategis di dekat pantai dan pelabuhan Kahyapu, Enggano. Penginapan ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai kedamaian dan ketenangan karena berada di kawasan yang cukup tenang. Selain itu, penginapan ini menyuguhkan alam yang asri dan hijau di sekitarnya.

2. Homestay Syifa Pelangi Enggano

Akomodasi terdekat dari Pulau Enggano adalah Syifa Pelangi Enggano Homestay. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang mencari akomodasi murah namun menghargai kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Menariknya, tempat ini dekat dengan Bandara Enggano, sehingga mudah dijangkau.

3. Akomodasi Dandi

Terakhir adalah Dandi Inn yang tidak jauh dari Syifa Pelangi Enggano Homestay. Sebenarnya penginapan ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja desain dan konsep penginapannya berbeda yaitu bangunannya yang didominasi oleh kain dan kayu berwarna coklat sehingga terlihat etnik dan unik. nyaman.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Enggano Bengkulu

Fasilitas di pulau EngganoSumber gambar: Facebook @aydilla.putri.1

Meski merupakan pulau kecil, Pulau Enggano memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Wisata bahari ini sudah memiliki bandara kecil, pelabuhan, persewaan kendaraan bahkan akomodasi. Mengingat pulau ini merupakan pulau berpenghuni, mencari tempat makan tidak akan sulit.

Jadi Anda bisa nyaman berlibur di tempat ini sampai puas dengan fasilitas yang tersedia. Selain itu, dengan banyaknya panorama alam yang bisa Anda nikmati, bisa membuat liburan Anda di pulau ini semakin berkesan.

Demikian sekilas mengenai atraksi, rekomendasi aktivitas dan fasilitas di Pulau Enggano di Bengkulu Utara. Meski lokasi pulau ini cukup jauh dari kota, namun pemandangan dan pesona alamnya tidak akan mengecewakan siapapun yang mengunjunginya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button