Tempat Wisata

Pantai Batu Bengkung Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Pemandangan, aktivitas liburan, lokasi & harga tiket – Pantai Batu Bengkung menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis di Malang. Pantai-pantai yang indah dengan pemandangan Samudera Hindia yang indah merupakan tujuan liburan yang populer.

harga tiket: Rp 10.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab.Malang, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Malang adalah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Mulai dari edukasi, wisata gunung, kumpul alam, taman buatan, air terjun hingga pantai. Salah satu destinasi favorit, Pantai Batu Bengkung memiliki pesona yang tak tertahankan.

Pantai ini terletak di wilayah selatan Kabupaten Malang. Lokasinya dekat dengan beberapa pantai di daerah tersebut. Memiliki pesona tebing karang yang indah dengan pepohonan yang rindang di atasnya dan ombak yang cukup tinggi.

Warna pantainya biru muda dengan nuansa hijau tosca di pinggir pantai. Sering digunakan sebagai tempat beraktivitas mengumpulkan Komunitas atau mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Malang. Tentunya masih banyak lagi atraksi, keunikan dan lain-lain yang bisa Anda temukan di Batu Bengkung.

Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Atraksi Pantai Batu BengkungKredit foto: Google Maps Aji 55

1. Kolam Tumpukan Karang

Keunikan dan daya tarik kolam ini jarang ditemukan di tempat lain selain di kolam alami di tepi laut. Warna airnya pirus, jernih dan asin. Bentuknya cekungan dengan kedalaman sekitar 1,5 meter di tepi pantai. Dipisahkan dari laut oleh penghalang batu.

Air kolamnya berasal dari laut, terbawa ombak tinggi pantai eksotis ini. Ada juga beberapa ikan kecil yang dibawa masuk. Biasanya digunakan oleh pengunjung sebagai tempat mandi. Karena ombak pantai di sana sangat tinggi, Anda tidak bisa berenang langsung di laut.

2. Pemandangan Alam

Saat Anda memasuki kawasan pantai Batu Bengkung, Anda akan dibuat takjub dengan pesona pemandangan alamnya. Bebatuan berbentuk tebing di tengah laut memecah ombak dengan indah. Selain itu, pepohonan yang tumbuh di atasnya menambah manisnya pesona eksotisnya.

Pasir putihnya sangat luas dan lembut, bisa digunakan untuk duduk dan berjemur. Warna lautnya biru dan terlihat tenang. Ombaknya sangat bagus dengan tamparan yang cukup tinggi. Selain itu, ada nuansa hijau tosca untuk Anda nikmati.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Alamat Pantai Batu BengkungSumber gambar: Google Maps Meta aditya pratiwi

Alamat lengkap Batu Bengkung adalah Jalan Lintas Selatan, RT. 42RW. 06, Desa Gajahrejo, Kabupaten Gedangan, Malang, Jawa Timur. Jika Anda datang dari luar kota, Anda bisa mengambil rute terbaik dari wilayah kota Malang. Ada dua pilihan rute yang bisa ditempuh.

Rute pertama yang bisa Anda pilih adalah Rute Turen yang berada di selatan kawasan Sumbermanjing Wetan. Dari sana Anda akan menemukan pertigaan dengan penunjuk arah ke Goa Cina dan Bajulmati. Sampai Anda memasuki jalan yang dipenuhi banyak pantai.

Jika anda melihat tulisan Pantai Bajulmati dari tempat ini, berarti setelah 3 kilometer anda akan sampai di tempat tersebut. Ke arah barat, perjalanan Anda akan sedikit berliku karena Anda akan melewati banyak gunung, tetapi jalannya sudah beraspal. Maka Anda akan segera tiba di Pantai Batu Bengkung yang dituju.

Rute kedua bisa melalui arah dari kota Malang menuju Gondanglegi. Kemudian belok kiri di pertigaan pasar Gondanglegi yang terdapat pos polisi. Ikuti terus arah jalan utama hingga sampai di Monumen Pasar Wonokerto. Anda dapat mengambil garis lurus ke selatan. Sampai jumpa di daerah Bantur dan ikuti petunjuk jalan.

Saat sampai di pertigaan menuju Pantai Balekambang, silakan belok kiri dan ikuti jalan utama. Pantai ini berada di depan Pantai Bajulmati bila datang dari arah barat. Rute ini lebih aman dan nyaman karena akses jalan lebih mulus dan mudah dilalui. Selain itu, Anda juga dapat mencoba dari arah Kepanjen ke Gondanglegi dan seterusnya, sama.

Perjalanan menuju lokasi dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda dapat menyewanya dari akomodasi terdekat di kawasan Kota Malang. Ada juga angkutan umum berupa bus (Damri) yang akan mengantar Anda ke pantai, Anda akan menemukannya di terminal Arjosari.

Harga tiket masuk kawasan pantai Batu Bengkung

Harga Tiket Masuk Pantai Batu BengkungSumber gambar: Google Maps Aiumbrod

Malang memiliki pesona wisata alam pegunungan, edukasi, cagar alam hingga pantai-pantai eksotis yang berjejer rapi dan indah. Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai favorit di Malang.

Situs ini terletak di bagian selatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai indah ini buka 24 jam tanpa waktu tutup. Harga tiket untuk setiap kunjungan mulai dari Rp 10.000 untuk masuk, belum termasuk biaya parkir. Untuk parkir kendaraan yang tidak menginap, Rp 5.000,- sedangkan yang menginap Rp 10.000,-.

Aktivitas Menarik di Pantai Batu Bengkung

Aktivitas Menarik di Pantai Batu BengkungKredit foto: Google Maps Widodo Xpdc

1. Berkemah

Garis pantai yang panjang dan bergelombang serta pasir putih yang luas menjadikan wisata Batu Bengkung sebagai destinasi ideal untuk liburan berkemah. Banyak pengunjung yang merupakan anak muda bermalam bersama dengan tenda dan api unggun. Tidak jarang digunakan sebagai tempat kerja di luar Organisasi kampus di Malang.

Suasana pantai malam hari memang sangat bagus, ditambah dengan pemandangan langit yang cerah dengan sedikit bintang dan cahaya bulan. Saat air surut Anda juga bisa melihat keajaiban laut yang indah.

2. Menikmati matahari terbenam

Kalian masing-masing harus menjadi pemburu matahari terbenam di luar rumah. Sangat tepat jika Anda mengunjungi Pantai Batu Bengkung saat senja. Pemandangan yang didambakan itu terlukis di sela-sela hamparan air pantai yang luas.

Anda yang memutuskan untuk menikmati keindahan matahari terbenam bersama orang terkasih ditemani deburan ombak pantai, telah memilih tempat yang tepat. Keindahan tebing karang, pepohonan, laut biru yang luas ditambah dengan cahaya matahari terbenam yang kekuningan biasa akan memberikan pengalaman yang luar biasa.

3. Berenang di kolam alami

Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang sangat tinggi dan cukup berbahaya. Tingginya mencapai sekitar 2-3 meter dengan setiap pukulan. Pengelola juga menyarankan untuk tidak melakukan aktivitas di tengah laut karena berpotensi tidak aman.

Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa berenang di kolam alami di tepi Pantai Batu Bengkung. Itulah keunikan yang tidak ada di banyak tempat lain. Warnanya hijau toska dengan rasa asin seperti air di laut. Untuk menikmatinya, pastikan datang saat air pasang.

4. Mendaki tebing karang yang indah

Kawasan pantai ini dikelilingi oleh tebing karang tinggi yang dihiasi pepohonan rindang. Pemandangan ini memecah luasnya air laut dan menambah keindahannya.

Pengunjung bisa naik ke atas dan melihat pemandangan laut dari atas. Untuk mencapainya, Anda harus terlebih dahulu melewati jalan sempit dengan tali untuk berpegangan di kanan dan kiri. Saat menyeberang harus hati-hati karena terpeleset cukup berbahaya.

5. Olahraga pantai

Hamparan pasir pantai yang luas tanpa sekat membuat Pantai Batu Bengkung cocok untuk berkemah. Bisa juga digunakan sebagai lapangan olahraga, seperti voli pantai dan sejenisnya.

Anda bisa bermain bola voli atau sepak bola bersama keluarga atau teman, ditemani suara deburan ombak yang menenangkan. Anda bisa menyiapkan alat seperti bola dan sejenisnya dari rumah. Karena tidak ada tempat untuk menyewa.

6. Ambil foto

Tentunya jika saat ini Anda sedang beraktivitas atau jalan-jalan tanpa berfoto, rasanya belum lengkap. Kecanggihan teknologi foto dan kebutuhan update akun media sosial menjadikan aktivitas wajib yang tidak boleh dilupakan.

Banyak sekali spot foto yang cocok dijadikan background. Kehadiran tebing, laut yang hijau, kolam dan pasir yang bersih turut andil dalam pemilihan subjek terbaik untuk foto Anda. Selain koleksi pribadi, kamu juga bisa mempermanis timeline media sosial kamu.

Akomodasi murah dekat Pantai Batu Bengkung

Akomodasi murah dekat Pantai Batu BengkungSumber Gambar: Google Maps Aldi Wahyu

1. Bromo Guesthouse Keluarga

Jika Anda merencanakan perjalanan selain kawasan Pantai Bengkung, alangkah baiknya jika Anda mencari tempat menginap. Salah satunya adalah Bromo Guest House Family yang berjarak sekitar 34 km dari lokasi. Harga per malam yang harus Anda bayar untuk menginap adalah Rp 95.628,-

2. Hotel Mirabell dan Aula Konsentrasi

Salah satu dari sedikit penginapan di dekat lokasi tepi pantai ini. Hotel ini berjarak sekitar 22,0 km dari kawasan Kabupaten Gedangan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan sering dijadikan tempat singgah oleh para wisatawan dari luar kota saat ingin menjelajahi kota Malang. Biaya per malam adalah Rp 289.256,-.

3. Hotel Lahor Indah

Penginapan ini berjarak sekitar 38 km dari Pantai Batu Bengkung. Menawarkan fasilitas ramah perjalanan. Harga yang harus dibayar per malamnya sekitar Rp 110.617.00.

4. Resor dan Konvensi Ijen Suites

Bagi anda yang ingin merencanakan perjalanan ke beberapa tempat wisata selain Batu Bengkung. Ijen Suites Resort and Convention di pusat kota bisa menjadi pilihan. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap dan nyaman. Jarak ke pantai sekitar 50 km. Harga yang ditawarkan per malam adalah Rp 365.445,-

5. Hotel Tugu Malang

Jika Anda mencari akomodasi dengan fasilitas yang baik dan lengkap, Hotel Tugu Malang bisa menjadi pilihan. Lokasinya sekitar 50 km dari kawasan Batu Bengkung. Harga per malamnya berkisar Rp 710.628, cukup mahal untuk kantong pelajar atau mahasiswa. Namun, itu tidak termasuk akomodasi kelas atas.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Batu Bengkung

Fasilitas di Pantai Batu BengkungSumber gambar: Google Maps Isnan Wijarno

Fasilitas di kawasan pantai ini cukup lengkap, meski pengelolaannya terlihat kurang baik. Selama ini Pantai Batu Bengkung masih dikelola oleh warga dengan sistem yang tidak terstruktur. Selain itu, tidak ada campur tangan pemerintah dalam pengembangannya.

Fasilitas yang dapat dijumpai adalah kamar mandi atau toilet, tempat parkir dan beberapa tempat pembuangan sampah. Sementara itu, warung makan hanya tersedia hingga malam hari. Selebihnya, jika ingin bermalam di sana, bisa membawa dari rumah.

Demikian uraian singkat tentang Pantai Batu Bengkung Malang yang meliputi atraksi, fasilitas, harga tiket, informasi rute terbaik dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Bisa juga menjadi referensi bagi anda yang datang dari luar kota dan berniat mencari penginapan terdekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button