Tempat Wisata

Pulau Lengkuas, pulau indah di Belitung dengan pesona mercusuar tua

Pulau Lengkuas adalah salah satu pulau cantik dan unik di Sijuk, Belitung yang memiliki ikon mercusuar tua Belanda. Pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih, bongkahan batu granit besar dan keindahan bawah laut yang memukau.

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab.Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.; map: Cek lokasi

Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di negara ini, yang terdiri dari dua pulau besar yang membentuk namanya, serta beberapa pulau kecil di sekitarnya. Cukup banyak titik lokasi yang ada begitu mempesona dan menyuguhkan panorama alam yang luar biasa. Pulau Lengkuas sepertinya menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke sana.

Bukan hanya namanya saja yang unik karena sangat mirip dengan salah satu bahan dapur yang alami dan berkhasiat ini. Pulau ini menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung yang datang. Alam begitu indah untuk dilihat dan berbagai hal bisa dilakukan untuk membuat liburan semakin seru.

Untuk mencapainya juga tidak terlalu sulit. Itu cukup dekat dengan pulau-pulau sekitarnya dan banyak kapal dapat digunakan untuk mencapainya. Luas pulau ini juga cukup luas menawarkan pengunjung berbagai aktivitas yang akan semakin memeriahkan liburan bersama teman atau kerabat terdekat.

Pemandangan Pulau Lengkuas

Pemandangan di Pulau LengkuasKredit foto: Google Maps Wong Wai Yip

1. Mercusuar kolonial tua

Hal ini seolah menjadi daya tarik utama yang menjadi ciri khas dari tempat tersebut. Mercusuar itu seolah menjulang dan menjadi ikon pulau tersebut. Saat pengunjung sedang dalam perjalanan dan hampir tiba di tempat tujuan, ikon tersebut langsung menyapa semua orang. Beberapa bangunan juga menghiasi tampilan di bawah ini.

Mercusuar putih menyala ketika matahari bersinar, yang merupakan simbol dari tempat itu. Pulau Lengkuas tidak hanya berfungsi sebagai latar belakang yang bagus untuk foto yang diambil, tetapi pemandangannya saja sudah cukup mengesankan bagi wisatawan liburan.

Bahkan, keberadaan mercusuar yang berusia lebih dari 100 tahun membuat pulau di barat laut Belitung ini menarik banyak orang. Tak jarang, orang pergi ke sana dengan sengaja untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya mengambil alih adegan untuk film yang sedang syuting.

Tempat ini telah beberapa kali dikunjungi oleh sutradara Indonesia untuk mendapatkan inspirasi dari karya mereka dan menghasilkan berbagai film menarik. Bahkan, beberapa karya anak bangsa juga telah diakui kualitasnya dengan dianugerahi berbagai penghargaan bergengsi.

2. Pantai pasir putih yang menenangkan

Seperti kebanyakan pulau kecil di Nusantara, pulau kecil di timur Sumatera ini memiliki pantai berpasir putih yang membentang di sepanjang pantainya. Cukup kentara bagi wisatawan ketika cukup dekat dengan Pulau Lengkuas, hamparan pasir putihnya terlihat bersih dan menarik untuk dijelajahi bersama atau sendiri.

Pasir putihnya cukup lembut ketika menyentuh kulit kaki. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang datang ke sana bertelanjang kaki saat menjelajahi pantai-pantai yang mempesona. Objek wisata ini juga menjadi ikon tersendiri, menyatu dengan objek wisata sebelumnya yaitu mercusuar tua berwarna putih.

Tidak banyak karang yang ditemukan oleh pengunjung, sehingga cukup aman untuk menggunakan kawasan yang cukup terpencil ini sebagai tempat untuk menikmati lebih banyak lagi. Pantai ini juga memiliki vegetasi alami yang tak kalah menarik dengan pasir di sekitarnya.

Tampak pohon kelapa yang tumbuh tinggi di langit membuat pemandangan tempat wisata ini semakin eksotis dan menarik perhatian orang-orang yang datang. Selain itu, tanaman lain juga tumbuh subur di area tersebut, membuat pemandangan semakin sejuk.

Berkunjung ke Pulau Lengkuas tidak lengkap tanpa juga mengunjungi pantai-pantainya yang indah. Di sisi lain kawasan ini juga terdapat bebatuan besar yang menjadi ciri khas Bangka Belitung. Ini membedakan pantai-pantai di provinsi ini dari tempat-tempat wisata serupa di tempat lain, meskipun masih di daratan.

Kehadiran batu-batu ini seolah mengembalikan tempat itu ke latar belakang alam. Para wisatawan bisa menjadikannya bahan yang sangat cocok untuk berfoto-foto. Tak sedikit yang mendaki ke permukaan batu besar nan eksotis ini, karena tingginya lebih dari dua meter.

Pengunjung juga sering melakukan aktivitas fotografi di permukaan batu karang. Seolah-olah lanskap ini adalah dasar yang ditawarkan alam semesta sebagai dasar untuk memotret keindahan pulau secara keseluruhan.

3. Penangkaran penyu di tengah

Pemandangan di Pulau LengkuasSumber gambar: Twitter ID Lingkaran

Di kawasan Pulau Lengkuas ternyata juga terdapat tempat berkembang biak hewan laut yang sudah terancam punah. Sebuah cagar alam kecil berdiri di sisi tengah dan sangat menarik untuk dikunjungi bagi siapa pun yang mengunjungi pulau itu. Wisatawan dapat menemukan beberapa koleksi hewan menggemaskan.

Penyu sudah terancam oleh beberapa hal, salah satunya pencemaran laut. Untuk itu, pemerintah sengaja mendirikan suaka bagi satwa tersebut, khususnya penyu hijau. Tipe ini bahkan lebih sulit ditemukan dibandingkan berbagai varian lainnya.

Penyu hijau yang dibudidayakan di zona ini terus dilepasliarkan ke laut untuk kembali ke habitat aslinya. Penangkaran membawa mereka hanya ketika mereka masih kecil dan membutuhkan tempat yang aman dari pemangsa yang mematikan atau kerusakan alam yang terjadi.

Alamat, Rute dan Perkiraan Biaya Ke Pulau Lengkuas

Daya Tarik Pulau LengkuasSumber gambar: Twitter panggil aku rina

Pulau cantik ini terletak di bagian utara salah satu pulau terbesar di provinsi ini, yaitu Pulau Belitung. Namun, keberadaannya di Barat agak terbalik. Tidak terlalu sulit untuk mencapai tempat tersebut. Semua orang dapat dengan mudah mencapainya dengan perahu dari Belitung atau titik lain di daerah tersebut.

Biasanya wisatawan yang ingin ke sana menggunakan perahu atau speedboat kecil dari Tanjung Kelayang. Pantai eksotis di Pulau Belitung ini menjadi titik awal perjalanan menuju ke sana. Tidak butuh waktu lama juga, hanya sekitar setengah jam.

Tidak ada harga khusus jika ingin menjelajahi seluruh tempat di pulau mungil nan eksotis ini. Hanya saja jika ingin ke sana harus melalui jalur laut yang artinya harus menggunakan kapal atau kapal super cepat.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan jasa transportasi laut hanya sekitar ratusan ribu rupiah. Kisaran harga tiket perjalanan ke dan dari tempat ini adalah 300 hingga 500 ribu.

Hal menarik yang bisa dilakukan di pulau Lengkuas

Kegiatan Pulau LengkuasSumber gambar: Google Maps Aditya Samawi

1. Nikmati keindahan alam

Tempat wisata berupa pulau-pulau tidak akan habis untuk bisa menikmati berbagai sisi kekhasannya. Dengan alamnya yang mempesona, Pulau Lengkuas sangat menarik untuk dijelajahi berbagai tempat di dalamnya. Pengunjung tidak akan pernah kehabisan untuk bisa menjelajahi semua titik yang ada di dalamnya.

2. Kunjungi Situs Konservasi Penyu

Memang sangat menarik untuk melihat koleksi hewan yang satu ini. Darimana? Kebanyakan penyu yang diternakkan masih sangat muda. Ukurannya yang kecil membuatnya terlihat lebih imut dan menggemaskan.

3. Rasakan kelembutan pasir pantai saat matahari terbenam

Momen pribadi merupakan waktu yang sangat berharga bagi pengunjung ketika datang ke pulau Lengkuas. Pancaran jingga cerah matahari begitu mencolok sehingga bisa dijadikan sebagai latar belakang untuk foto yang diambil. Selain itu, menambah kesan yang sangat menenangkan.

Penginapan murah dekat pulau lengkuas

Akomodasi di Pulau LengkuasKredit foto: Google Maps Suyandi Liyis

1. Resor Keyakinan Sheraton

Penginapan kelas atas ini terletak tidak jauh dari Tanjung Kelayang. Wisatawan yang ingin menginap di tempat wisata ini harus dekat dengan pantai. Harga tempat ini cukup tinggi, lebih dari satu juta per malam. Namun, berbagai fasilitas seperti kolam renang dan restoran bisa dibeli di dalamnya.

2. Tenda Pantai Billiton Eco

Hampir sama dengan hotel sebelumnya, penginapan ini menawarkan paket deluxe dengan berbagai fasilitas seperti restoran dan AC di setiap kamar, namun yang membedakan hanya lokasinya. Penginapan ini terletak di sisi utara Tanjung Kelayang. Harganya juga berkisar dari 500 hingga sejuta.

3. Airy Premier Tanjung Kelayang Belitung

Penginapan ini cocok untuk tamu objek wisata yang mengesankan ini. Harga sewa per malam cukup murah, hanya beberapa ratus ribu. Selain itu, pengunjung dapat menikmati fasilitas seperti kolam renang, restoran dan AC di setiap kamar.

Fasilitas yang tersedia di Pulau Lengkuas, Belitung

Fasilitas Pulau LengkuasKredit foto: Google Maps Sofi Reksoyudo

Pulau Lengkuas masih belum memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas di sana. Selain penginapan murah, pulau menarik ini juga memiliki warung makan dan toilet umum. Ada beberapa tempat yang memiliki warung toilet. Selebihnya, tidak banyak yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Berkunjung ke Bangka Belitung memang memberikan kesan tersendiri. Tidak hanya kaya akan hasil tambang berupa timah, keindahan alamnya tidak hanya terdapat di dua pulau besar tersebut. Namun, zona kecil seperti Pulau Lengkuas adalah tujuan alternatif yang sempurna bagi mereka yang ingin melihat sisi lain daerah tersebut.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button