Tempat Wisata

Pantai Sedahan, panorama alam yang eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Sedahan salah satu pantai terpopuler dan menawan di Gunung Kidul, Jogja yang menarik untuk dijelajahi. Tersembunyi di antara perbukitan karang, objek wisata ini memiliki pasir putih yang lembut, ombak khas pantai selatan dan cocok untuk berkemah.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pendovo, Yepitu, Kec. Girisubo, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Gunung Kidul menawarkan sejumlah pantai yang indah untuk dijelajahi, salah satunya adalah Pantai Sedahan. Pantai ini disebut-sebut sebagai permata tersembunyi kabupaten ini karena keindahannya masih belum banyak dikenal dan dijamah. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi baru untuk dijelajahi di Gunung Kidul, Jogja, pantai ini sangat direkomendasikan. Lokasinya yang agak tersembunyi juga menyembunyikan pesonanya yang luar biasa.

Sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan di pantai ini, gambaran singkat dan jelas tentang berbagai aspek dari pantai ini bisa menjadi panduan untuk Anda. Dengan menggunakan informasi ini, Anda setidaknya dapat mengetahui hal-hal dasar dan atraksi yang membuat pantai ini begitu menakjubkan.

Atraksi Pantai Sedahan

Tempat Wisata di Pantai SedahanFoto dari Google Maps Valisca Ulir

Tempat wisata pantai menawarkan daya tarik yang tidak jauh dari pemandangan luasnya laut dan pantai pasir putih. Selain itu, ada berbagai atraksi lain yang bisa ditemukan di Pantai Sedahan.

1. Gundukan Karang yang Menyembunyikan Pantai Sedahan

Daya tarik paling aneh adalah gundukan karang yang berdiri kokoh di sisi kanan dan kiri pantai. Keberadaan dua gundukan karang ini seolah menyembunyikan keberadaan pantai berpasir putih ini.

Selain itu, pengunjung biasanya menikmati pemandangan pantai yang lain dari kedua bukit ini. Dibutuhkan perjuangan untuk mencapai puncak bukit karang ini, namun saat berada di puncaknya anda bisa melihat pemandangan pantai ini dari perspektif yang lebih luas, yang jauh lebih menakjubkan.

2. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang eksotis

Saat anda berkunjung ke tempat wisata di pantai ini, jangan sampai anda melewatkan pemandangan saat sunset atau sunrise. Inilah daya tarik lain yang ditawarkan pantai di desa Jepitu ini.

Pemandangan matahari terbenam atau matahari terbit dapat dinikmati tepat di pantai atau dari atas gundukan karang di kedua sisi pantai. Kedua gundukan karang ini biasanya menjadi spot populer bagi pengunjung untuk menikmati sunset.

3. Pantai tempat penyu mendarat

Atraksi lain dari Pantai SedahanFoto oleh Google Maps Husein Arbi

Anda tidak harus jauh-jauh datang ke Bali jika ingin melihat penyu bertelur. Pantai Sedahan yang masih sangat bersih dan asri seringkali menjadi tempat pendaratan penyu sekaligus tempat bertelur.

Beberapa spesies penyu langka bahkan sering terlihat bertelur di pantai ini. Namun, sebaiknya pengunjung tidak ikut campur dalam bertelur dan tidak membawa telur penyu, agar kelestariannya tetap terjaga. Anda dapat dengan mudah melihat dan menikmati aktivitas penyu ini dari jauh.

4. Air laut yang jernih dan pasir putih

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke pantai tanpa menikmati pemandangan di depan mata. Pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih halus. Ditambah dengan air laut yang jernih dengan ombak yang tidak begitu besar menambah keindahan pemandangan pantai ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Sedahan

Alamat Pantai SedahanFoto oleh Google Maps Muhammad Gege Idhar Dewangga

Pantai Sedahan terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke pantai ini sekitar 85 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 27 menit menggunakan mobil.

Dari pusat kota Yogyakarta, pergi ke timur melalui Jl. CH. Ahmad Dahlan pergi ke Jl. Panembahan Senopati 9. Setelah sampai perempatan, lanjutkan di Jl. Brigjen Katamso ke simpang berikutnya, ke timur menuju Jl. Kolonel Sugiono.

Setibanya di pertigaan menuju ke selatan melalui Jl. Sisingamangaraja lurus saja sampai menemukan Jl. Imogiri Barat. Saat Anda menemukan pertigaan, pergilah ke timur menuju Jl. Bakulan Imogiri, lalu lewat pertigaan, pilih barat menuju Jl. Imogiri Siluk.

Setelah jalan terus melewatinya, Anda akan melewati Jl. Siluk bakar. Saat sampai di pertigaan arah timur, Anda akan melewati Jl. Festival Panggang Wonosari. Kemudian dilanjutkan ke Jalan Pantai Selatan Jawa. Setelah sampai disini ada pertigaan lagi, ambil arah selatan lalu langsung menuju Jalan Wediombo Jungwok. Terus lurus ke Pantai Jungwok. Ikuti jalan di Pantai Jungwok ini untuk sampai ke lokasi Sedahan yang Anda tuju.

Setiap pengunjung yang memasuki Pantai Sedahan akan dikenakan tiket masuk. Tarifnya sangat murah yaitu Rp 5.000 untuk tiket masuknya. Selain itu, jika membawa kendaraan sendiri, Anda perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Karena pantai ini memiliki fasilitas camping, Anda perlu membayar biaya sebesar Rp 10.000 per tenda. Jika tidak membawa tenda, jangan khawatir karena disini juga ada perusahaan rental tenda dengan harga yang berbeda-beda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sedahan

Aktivitas Pantai SedahanKredit foto: Facebook Adeliana Puspita Ningsih

Kawasan pantai ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan. Namun, ini merupakan daya tarik yang tidak bisa didapatkan dari pantai lain yang sudah populer. Anda juga tidak perlu khawatir saat berkunjung ke pantai ini karena ada banyak aktivitas menarik dan menyenangkan yang bisa dilakukan di sini.

1. Nikmati pemandangan eksotis

Pantai Sedahan memiliki daya tarik berupa dua gundukan karang yang mengapit kanan dan kiri. Semakin eksotis karena Anda akan merasa seperti berada di pulau pribadi dan tersembunyi.

Hamparan air laut yang jernih berwarna kebiruan diapit oleh dua bukit karang dan pantai pasir putih yang halus akan memberikan perasaan yang menenangkan. Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto dengan latar belakang pantai dan dua gundukan karang yang mengapitnya.

2. Lihat panorama matahari terbenam dan matahari terbit

Aktivitas seru yang wajib kamu lakukan di pantai ini adalah menikmati pemandangan sunset dan sunrise dari atas Coral Hill. Mendaki puncak ini membutuhkan usaha, tetapi pemandangan matahari terbenam dari atas sini bahkan lebih mempesona.

Hal yang sama juga bisa dicapai saat melihat pemandangan matahari terbit. Jangan lupa untuk mengabadikan pengalaman tak terlupakan ini di kamera. Pengalaman yang tak terlupakan dijamin.

3. Berkemah di sekitar pantai

Anda bisa menikmati pemandangan Pantai Sedahan lebih lama sambil berkemah. Ada beberapa tempat yang bisa kamu pilih sebagai camping ground. Di sebelah pantai berkemah adalah tempat perkemahan yang populer di bukit karang yang mengapit pantai ini.

4. Memancing di Bukit Karang

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai SedahanKredit foto: Facebook Vonny Jesicha Pobela

Saat berkemah tidak ada salahnya mencoba sensasi memancing dari satu sisi puncak bukit karang di pantai ini yang berada di sisi timur. Tempat ini merupakan tempat memancing yang populer karena banyak pemancing yang menangkap ikan besar di sini. Namun, Anda harus berhati-hati karena karangnya licin, terutama setelah hujan.

5. Jalan-jalan di pantai

Nah, kalau kamu suka jalan-jalan, aktivitas pantai ini juga bisa jadi salah satu rekomendasi aktivitas seru. Lokasi pantai yang dekat dengan pantai lain memungkinkan Anda untuk menjelajahi pantai-pantai tersebut sekaligus, bahkan hanya dengan berjalan kaki.

Akomodasi murah dekat Pantai Sedahan

Akomodasi Pantai JungwokSumber gambar: Google Maps Rochmat Purwanto

Menemukan akomodasi di dekat Pantai Sedahan pasti akan memudahkan kunjungan Anda. Ada beberapa pilihan akomodasi yang paling dekat dengan pantai ini.

1. Joglo Wediombo Cottage & Resto

Pilihan akomodasi pertama ini menawarkan harga terjangkau dengan kamar yang bisa ditempati dua orang. Fasilitas kamar yang lengkap beserta berbagai fasilitas penunjang lainnya seperti sarapan tentunya akan membuat Anda semakin nyaman. Lokasi penginapan ini hanya 9 menit dari Pantai Sedahan dengan mobil.

2. Lembah Bukit Hut

Penginapan bintang satu ini merupakan tipe hotel bintang satu dimana tentunya anda bisa menginap dengan harga per malam yang sangat terjangkau. Meski terjangkau, fasilitas yang Anda dapatkan tidak akan mengecewakan.

Dengan harga semalam mulai 50.000 per malam, Anda sudah bisa mendapatkan kamar tidur dengan tempat tidur dan kasur yang nyaman, meski tidak ada AC, tapi masih ada kipas angin di dalamnya. Belum lagi fasilitas kamar mandi pribadi yang pastinya akan membuat Anda semakin nyaman.

3. Akomodasi & Restoran ROOSYTA

Fasilitas akomodasi lain yang terletak di dekat pantai yang indah ini adalah ROOSYTA Lodging & Restaurant. Seperti namanya, penginapan ini juga merupakan tempat makan yang biasanya sering dikunjungi wisatawan.

Menginap di sini membutuhkan budget yang lebih tinggi, yaitu sekitar 200.000 per malam. Namun, Anda mendapatkan peralatan yang super lengkap dan tentunya akses menuju pantai lebih mudah.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sedahan Gunung Kidul

Fasilitas di Pantai SedahanFoto oleh Google Maps Ahmad Fauzi lubis

Aspek terakhir yang harus Anda ketahui adalah fasilitas pendukung apa saja yang tersedia di sini. Hal ini penting untuk diketahui karena akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda selama liburan di pantai ini.

area parkir

Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan, keamanan kendaraan jelas menjadi perhatian utama. Jangan khawatir, sudah tersedia tempat parkir di kawasan Pantai Sedahan. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil.

Toilet umum

Toilet umum juga menjadi salah satu fasilitas yang banyak diminati, terutama di sebuah objek wisata. Di kawasan pantai ini juga terdapat toilet umum yang bersih dengan air tawar yang bersih. Perlu dicatat bahwa tentu saja ada biaya yang berbeda untuk menggunakan toilet umum ini.

Tempat Ibadah (Mushola)

Untuk memberikan kenyamanan lebih bagi para pengunjung, terdapat juga musholla di kawasan pantai yang indah ini. Tempatnya dijamin bersih dengan ketersediaan air bersih yang melimpah untuk wudhu.

Tempat-tempat untuk makan

Warung makan juga berjejer di sekitar area pantai jika Anda lapar dan perlu memulihkan diri setelah lelah bermain di pantai. Menu yang dijual di toko ini tidak beragam, hanya mie instan dan kopi. Namun, itu pasti cukup untuk memblokir perut.

Itulah ulasan lengkap Pantai Sedahan di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta dari segi atraksi, aktivitas menarik yang bisa dilakukan, lokasi dan rute menuju fasilitas yang tersedia. Informasi ini pasti Anda perlukan sebelum menjelajahi pantai ini lebih jauh, sebagai referensi perbekalan dan persiapan yang mungkin Anda perlukan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button