Tempat Wisata

PANTAI INDRAYANTI: Tiket & Pesona

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti: Rp 10.000 Jam: 07:00-18:00 WIB No Telp: -Alamat: Pantai, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Dibuka sejak 2009, nama Pantai Indrayanti yang terletak di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul terus meroket. Pesona laut dan langit biru, pasir putih yang bersih, ditambah dengan fasilitas pendukung yang lengkap menjadikan pantai ini sebagai destinasi yang sayang jika dilewatkan.

Perlu diketahui bahwa nama Indrayanti sebenarnya bukanlah nama asli dari pantai ini. Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya merupakan gabungan dari nama pasangan pemilik salah satu restoran dan kafe tepi pantai.

Seiring berjalannya waktu, nama tersebut justru semakin dikaitkan dengan pantai ini. Karena itu, pantai yang dianggap paling “sempurna” dibandingkan pantai lain di Gunungkidul ini lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti.

Baca: LOKASI WISATA DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Tiket masuk Pantai Indrayanti

Selain pemandangannya yang memukau, tempat wisata pantai di DIY ini juga terkenal dengan biaya masuk yang relatif murah, antara lain Pantai Indrayanti

Tiket masuk Pantai Indrayanti
tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk PANTAI WATULAWANG dan Atraksi

Jam buka pantai

Pantai ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 18.00.

Jam Buka Pantai Indrayanti
jam buka 07.00-18.00 WIB

Eksotisme karang dan pasir Pantai Indrayanti yang bersih

Hamparan pasir putih di tepi laut menjadi daya tarik utama pantai iniPasir yang bersih menjadi pesona Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Glitok Oi

Baca: 17 Tempat Wisata Menarik di Gunung Kidul

Pantai Indrayanti merupakan salah satu objek wisata pantai di Jogja yang sangat populer di kalangan wisatawan dari dalam dan luar negeri saat ini. Bahkan, pantai ini seolah menjadi jalur wajib bagi hampir semua biro perjalanan saat membawa tamunya untuk melakukan kunjungan DIY.

Sama seperti khas pantai selatan di kawasan Gunungkidul, pemandangan di sini pun tak kalah indah. Namun kelebihan dari pantai ini adalah selain pantainya yang landai, pasir di sini relatif lebih bersih dibandingkan pantai lainnya.

Selain itu, karena dikelola oleh pihak swasta, fasilitas penunjang di objek wisata ini jauh lebih lengkap. Mulai dari toilet, mushola, kafe, restoran, hingga penginapan, wisatawan sudah tersedia.

Jangan sia-siakan di pantai ini

Pantai Indrayanti dengan kondisi pantai yang bersihKebersihan sangat penting di Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Irma Mustafa

Baca: Tiket Masuk Pantai Drini Gunung Kidul & 10 Aktivitas Berbeda

Keunggulan pantai ini adalah kegiatan membuang sampah sembarangan diawasi dengan ketat. Jadi siapapun itu, baik turis atau pedagang, akan dihukum jika ketahuan membuang sampah sembarangan.

Setiap pelanggaran akan dikenakan denda sebesar Rp10.000. Selama ini sangat efektif dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan kawasan wisata.

Pemandangan laut dari atas tebing

Pemandangan dari atas tebingLaut lepas dapat dilihat dari atas tebing di sisi barat Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Ahmad Idros

Baca: Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Negeri Bukit

Bagi yang ingin menikmati pantai dan kawasan laut dari ketinggian bisa mendaki bukit yang ada di dekat pantai. Situs ini berada di pantai barat dan timur. Selain itu, wisatawan dapat melihat dari atas tebing ini lanskap lebih terlihat di sekitar pantai.

Main di batu

batu di pantaiTebing karang menjadi salah satu daya tarik utama Pantai Indriyanti. Foto: Google Maps/Abraham Renaldo

Baca: Pantai Wohkudu Pesona Hijau & Perbukitan Karang

Karena kontur tanahnya yang landai, wisatawan bisa lebih leluasa bermain di area pantai. Selain itu, keberadaan bebatuan karang memungkinkan banyak ikan berenang di bebatuan tersebut.

Pada saat permainan air, tidak jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga bermain di bebatuan. Mereka biasanya tergoda untuk menangkap ikan di bebatuan hanya dengan tangan kosong.

Bersantai di pantai

payung di pantaiPayung berjajar di tepian Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/Triyas Handoko

Baca: GLASS TERRACE dengan tiket dan wahana

Di pantai ini, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di pasir putih dan bersih. Lebih nyaman dipasangkan dengan ombak yang relatif rendah. Untuk bersantai, wisatawan bisa menyewa payung dan gazebo yang tersedia di mana-mana. Sewa saja dari masyarakat sekitar pantai.

Sedangkan harganya cukup murah. Wisatawan bisa menyewa payung dengan harga Rp 20.000 per unit, sedangkan wisatawan bisa menyewa gazebo dengan harga Rp 30.000 per unit.

Akomodasi di Indrayanti

Akomodasi merupakan salah satu fasilitas terpenting di pantai ini. Karena wisatawan yang datang ke pantai ini kebanyakan adalah wisatawan dari luar.

Harga bermalam di pantai ini juga sangat bervariasi, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 2 juta per malam. Hal ini memungkinkan wisatawan yang ingin menikmati eksotisme malam di tepi laut lepas untuk memilih akomodasi yang sesuai dengan budget mereka.

Baca: 11 Pantai Eksotis di Gunung Kidul

Asyiknya jet ski di pantai

Jet ski di Pantai IndrayantiWisatawan juga bisa menikmati serunya jet ski di Pantai Indrayanti. Foto: Google Maps/karyadi agus priyono

Baca: Tiket Masuk Pantai Glass Terrace dan Wahana Unik

Jangan berpikir berwisata di pantai DIY itu monoton. Di pantai ini, wisatawan dapat merasakan fasilitas wisata seperti pantai di Bali dan Lombok, mis. B. naik jet ski di atas air.

Di pantai ini, wisatawan bisa menyewa jet ski dengan harga yang relatif murah. Wisatawan bisa menyewanya selama 15 menit dengan harga Rp 250.000.

Rute dan lokasi Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk menuju pantai ini, wisatawan bisa menuju Kecamatan Tepus dari Wonosari kemudian mengikuti petunjuk arah yang mengarah ke pantai ini.

Jalur melalui Wonosari memang lebih direkomendasikan karena lebih mudah dilalui dibandingkan jalur lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, wisatawan dapat menghubungi nomor telepon pengelola 0817 279 545

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button